Pekerjaan Kekinian Di Era Serba Digital

Zaman sekarang ini bisa dikatakan sebagai zaman digital. Hampir semua kegiatan manusia menggunakan teknologi digital. Sebuah kemajuan luar biasa dari evolusi manusia. Perubahan zaman dan teknologi ini memaksa manusia untuk menyesuaikan diri. Berbagai lini pekerjaan berubah haluan cara kerja dan alat penunjangnya. Sudah pasti, manusia sebagai user harus terus belajar dan menambah pengetahuan tentang teknologi terkini.

Perkembangan situasi ini sekaligus membuka peluang dan kesempatan kerja baru. Ada beberapa jenis pekerjaan yang muncul sebagai akibat dari perubahan ini, yang sebelumnya mungkin tidak ada atau tidak banyak. Mau tahu apa saja pekerjaan kekinian di era serba digital? Mari kita bahas satu-per satu.

Programer aplikasi ponsel

        Sejak operating system ponsel android muncul, para programer aplikasi ponsel semakin bertambah. Mereka bisa membuat sebuah program berupa games, foto editor, aplikasi peta, dan lain-lain yang bisa kita dapatkan di play store android. Beberapa jenis usaha baru pun kini memanfaatkan jasa programer agar pemasaran produk bisa dilakukan melalui ponsel android. Contoh yang sudah mengaplikasikannya antara lain traveloka.com dan Gojek.

Pedagang online

        Yang satu ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Pedagang online menjamur sebagai dampak perkembangan teknologi ini, baik pedagang individu maupun situs jual beli. Beberapa situs jual beli pun kini sudah bisa diakses menggunakan ponsel sehingga lebih mudah diakses. Pedagang online membutuhkan ponsel yang memiliki kapasitas besar untuk mendukung pekerjaan mereka, karena biasanya pedagang online memiliki akun di lebih dari satu berupa situs jual beli atau melalui media sosial.

Marketer online

        Kemajuan teknologi ini juga mampu menciptakan pekerjaan/usaha yang tanpa modal, yakni menjadi marketer. jika cara konvensional marketer harus kes ana-kemari mencari calon pembeli, kini marketer online cukup menggunakan ponsel atau komputernya menawarkan barang milik orang lain dan ia akan mendapatkan komisi.

Hacker

        Kemajuan teknologi ternyata ada juga yang dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak baik. Semakin banyaknya user internet, memicu semakin banyak pula orang yang berprofesi sebagai hacker. Biasanya mereka mencuri akun seseorang yang sudah punya reputasi bagus, kemudian banyak teman atau follower akan mereka tipu. Yang paling baru, para hacker juga mengincar pengguna internet banking dan melakukan phising yang merugikan nasabah. Kalo yang ini, jangan ditiru ya, gaes. Hehehehehhe.

Copywriter

        Mereka yang bekerja sebagai copywiter adalah memiliki tugas menulis naskah yang biasanya digunakan untuk meningkatkan penjualan. Perkembangan teknologi dan media membuat beberapa pengusaha dan pengiklan memilih copywriter untuk membuat artikel/kalimat persuasif untuk meningkatkan awareness khalayak.

Admin di sosial media

        Sosial media kini berkembang cukup pesat. Ada beberapa orang yang memang berpenghasilan dari sosial media. Biasanya mereka akan membuat fanpage atau grup yang membernya ribuan orang. Pemilik situs atau grup sering kali tidak bisa mengatur semuanya, sehingga ia akan mempekerjakan admin-admin yang melayani respon member, melayani pembelian, atau melayani komplain.

Blogger

        Bagaimana caranya seorang yang membuat blog dan menulis blog bisa mendapatkan penghasilan? Banyak caranya asalkan pengunjung di blog Anda sudah banyak. Salah satunya, daftarkanlah di Google Adsense untuk menampilkan iklan dari Google yang sistemnya Pay Per Click (PPC). Anda akan dibayar setiap ada mengeklik iklan. Feenya nanti bisa diambil melaui Western Union. Pekerjaan lain terkait blog adalah menjadi pembuat blog/situs web, menjadi konsultan blog, konsultan SEO, web designer dan lain-lain.

Tutor online

        Dengan adanya internet kini juga memungkinkan adanya kursus/kuliah jarak jauh. Guru atau tutor dengan murid tidak perlu bertatap muka langsung, cukup dengan menggunakan video call (Skype).

Selain pekerjaan-pekerjaan di atas, masih banyak pekerjaan lain yang ada dan mulai bermunculan. Untuk mendukung beberapa pekerjaan di atas tentu diperlukan teknologi kekinian yang sudah semakin berkembang. Misalnya dengan ponsel ASUS Zenfone 2, dengan kapasitas memorinya yang besar, akan memudahkan pekerjaan kamu yang berkaitan dengan penyimpanan data yang besar atau kecepatan yang tinggi. Menulis dan melakukan maintain sosmed pun bisa menggunakan ponsel dimanapun kapanpun ;)

Dengan kamera beresolusi tinggi dengan kemampuan 13MP, ASUS Zenfone 2 juga akan menguntungkan kameraman atau pedagang online untuk memotret produk dan diunggah di situs penjualannya. Bukan rahasia lagi, foto yang baik lebih akan menarik perhatian pembeli. Pekerjaan yang berkaitan dengan internet dan dunia digital memiliki ritme yang cepat, untuk itu dibutuhkan teknologi pendukung yang semakin canggih dan hemat waktu. ASUS Zenfone 2 bisa menjadi partner kerja kamu lho, buktikan ya!

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

24 Comments

  1. Pekerjaan diatas memerlukan ekstra kesabaran khususnya dari “kata tetangga” krn ada saja nanti yg bilang, itu ngapain diam di rumah tapi bisa gonta ganti mobil. Ngepet ya? hehehe

  2. untung yaa mba bisa menikmati hidup di jaman kekinian (dunia internet) jadi pengin eksis terus ngeblog sebagai publisher adsense, job reviewier, tutor online ..hihihi *wiih rakus nih. Salam kenal ya (@cputriarty)

    • wihh, keren nih, udah praktek banyak banget di dunia internet yaa..

      salam kenal juga, putri ;)

      =Dee=

  3. Intinya, membuka diri terhadap perkembangan. Ambil baiknya, buang jeleknya. Semua selalu seperti dua sisi mata uang ‘kan ?

  4. betulll.. era digital makin memungkinkan pekerjaan yg bisa dikerjakan secara online/tanpa ke kantor.. makin.fleksibel aja deh hidup kita.. :)

    • iyaa, bener bingitz mak tetty.
      sangat membantu ya untuk bunda-bunda ttp dapet income dari rumah ;)

  5. zenfon duaaaaa… mupeng berat yaaa :O
    aku baru ngejalanin satu, as a blogger, itu jugaa yaa masih on off on off -___-“

  6. Satu lagi, pembuatan web jurnalisme warga akan semakin banyak, misalnya Indonesiana, Kompasiana dan tidak menutup kemungkinan akan muncul bentuk baru. Oh iya, rekrutmen admin web jurnalisme warga atau kurator juga akan semakin banyak :)

  7. Banyak yg rekomen nih Asus Zenfone2… Tapi krn kantongnya blm mampu2 jg jd malas ngintip spec-nya… takut ngiler *hahahha…jd curhat*

  8. Nah, anak-anak kita kelak mungkin juga akan menjalani profesi yang sekarang ini belum ada.

      • jadi salah banget ya kalau maksa anak buat nurut sama pandangan orang tua yang belum tentu cocok sama tantangan zamannya nanti :D

    • Iyes, youtuber juga yah ^_^
      Kayak Sacha Stevenson yang lucu-lucu itu videonya…

      -Dee-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *