Mau Dapat Skor Tes TOEFL dan IELTS Tinggi? Ikuti 7 Tips Penting Berikut Ini!

7 TIPS PENTING UNTUK DAPATKAN SKOR TINGGI SAAT TES TOEFL DAN IELTS

HeyDeeRahma.com – Mau Dapat Skor Tes TOEFL dan IELTS Tinggi? Ikuti 7 Tips Penting Berikut Ini! | Batas wilayah antarnegara semakin tak terasa. Kesempatan untuk studi, berkarya, maupun bekerja bagi siapapun yang berminat berkompetisi secara global terbuka lebar. Namun, tentunya untuk mencapai hal tersebut, kesiapan individu untuk menghadapi persaingan dunia wajib diperhatikan. Salah satu aspek yang paling penting untuk bertahan dan bersaing dalam persaingan dunia yang semakin kompetitif adalah dengan mempersiapkan basis kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa inggris.

Memiliki pengalaman bekerjasama dengan berbagai warga negara dunia, mulai dari Singapura, Polandia, Yunani, Korea, dan Jepang membuat pandangan saya terbuka. Saya melihat partner kerja saya dari Jepang memiliki latar belakang kuliah di Australia, sehingga saya salut dengan kemampuan bahasa inggrisnya yang begitu lancar. Ia dapat mengenyam beberapa pengalaman kerja sekelas global, diantaranya Australia, Jepang, Indonesia, dan Hawaii. Betapa jelas kesempatan dan peluang terbuka sangat luas apabila kemampuan bahasa inggris kita sudah mumpuni, ditambah dengan networking dan skill yang oke juga tentunya ya ;)

Berdasarkan data yang saya dapatkan dari situs online SWA Magazine, ditemukan informasi bahwa Indonesia berada di urutan ke-32 dengan level kemampuan bahasa inggris menengah. Data ini diperoleh dari hasil penelitian EF English Proficiency Index (EPI) yang digunakan untuk mengukur tingkat rata-rata kemampuan bahasa inggris orang dewasa di suatu negara. EF melakukan riset kepada 910 ribu orang dewasa berusia 18-30 tahun yang tersebar di 70 negara. Angka rangking ini masih berada di bawah Singapura, Malaysia, dan India. Sementara itu, lima besar skor tertinggi diraih oleh Swedia, Belanda, Denmark, Norwegia, dan Finlandia.

Dari data tersebut, terdapat fakta bahwa bahasa inggris menjadi bahasa utama yang sangat penting dan wajib dikuasai bagi siapapun pada masa globalisasi saat ini sebagai bekal seorang individu menghadapi persaingan, sekaligus menguasai komunikasi secara global. Tak heran, banyak orang berlomba-lomba untuk membekali diri mereka sedini mungkin dengan les bahasa inggris, entah untuk sertifikasi studi, kebutuhan percakapan bisnis saat masuk ke dunia kerja, maupun sebagai pemenuhan syarat pengajuan beasiswa kuliah di luar negeri.

Saya memiki seorang sosok yang inspiratif bagi saya. Seorang perempuan hebat yang pantang menyerah meraih mimpinya untuk mendapatkan beasiswa sekolah strata dua di luar negeri. Tak terhitung berapa malam panjang yang ia habiskan untuk belajar memenuhi skor TOEFL dan IELTS yang ia butuhkan sebagai kunci emas mencapai cita-citanya. Setelah sukses mengenyam pendidikan di luar negeri, saya pun  sempat berbincang dan beliau membagi pengalamannya mempersiapkan tes TOEFL dan IELTS yang akan saya tulis dalam blogpost saya kali ini. Simak yuuk sampai habis, terus setelah itu kasih komen yaa di blogpostku biar aku makin semangat nulis buat kalian para readers kesayangan akuu ;)

TOEFL atau IELTS?

Pasti semua setuju dooong biasanya kita denger kata TOEFL ketika seseorang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri? Selain TOEFL (Test of English as a Foreign Language), ada juga tes IELTS (International English Language Testing System). Nah lhoo, mau ambil tes yang manaaa coba… Tenang aja, aku akan bantuin kamu jawabin perbedaan antara TOEFL dan IELTS.

  TOEFL IELTS
Bahasa Bahasa Inggris Amerika Bahasa Inggris Britania atau British

 

Penyelenggara ujian ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia.

 

Universitas Cambridge, British Council, IDP Education Australia.

 

Institusi yang menerima hasil tes Institusi pendidikan di Amerika Serikat dan Kanada. Institusi pendidikan di Australia, Inggris, dan Selandia Baru

 

 

Modul / Tipe Tes

 

Ada dua tipe tes TOEFL:

1.       TOEFL ITP (Instituional Testing Program)

 

2.       TOEFL iBT

Tes ini digunakan untuk wilayah Asia, dengan skor yang bersifat institusional. Artinya hasil tes ini hanya bisa digunakan untuk institusi dan wilayah lokal tertentu. Tidak berlaku untuk seluruh negara di dunia.

 

 

Ada 2 modul yang bisa dipilih dalam tes IELTS:

1.       Modul Akademik (bagi yang ingin mendaftar di universitas dan pendidikan tinggi lainnya)

2.       Modul Pelatihan Umum (bagi yang ingin mengikuti pelatihan non-akademik, untuk memperoleh pengalaman kerja, dan untuk tujuan keimigrasian

 

 

Struktur tes

 

Tes TOEFL ITP terbagi menjadi tiga sesi ujian, yaitu Listening, Structure and Written Expression dan Reading Comprehension.

 

1.    Speaking

Pada sesi ini, peserta tes akan diminta berbicara dengan seorang penilai secara langsung dengan durasi 12-14 menit. Pertanyaan yang akan ditanyakan mencakup pertanyaan tentang diri peserta tes dan sebuah topik tertentu.

2.    Writing,

3.    Listening,

4.    Reading.

 

 

Basis tes dan skor penilaian

 

Basis Tes

Secara umum, Tes TOEFL iBT (Internet Based Test) adalah tes yang sering digunakan. Artinya pertanyaan dalam tes dijawab melalui komputer yang sudah tersambung ke jaringan internet, sehingga jawaban tes anda akan dikirim langsung ke ETS.

 

Skor Penilaian

Nilai total maksimal pada TOEFL ITP adalah 500 atau 550 bahkan 600. Untuk TOEFL iBT meliputi Reading, Listening, Speaking dan Writing. Nilai tes TOEFL iBTyang terbaru memiliki nilai maksimum 120, dengan rata-rata nilai yang diminta adalah 80 atau 90.

 

 

Basis Tes

Tes IELTS berbasis jawaban dengan tulisan tangan.

 

Skor Penilaian

Tes IELTS menilai setiap bagian dengan skor 0-9, yang kemudian akan diratakan untuk skor akhir dalam skala 0-9.

 

Durasi 4 jam 2 jam 45 menit

See? Keduanya ternyata sama aja kok tujuannya untuk memastikan kamu punya kemampuan bahasa inggris yang oke, baik dalam membaca, berbicara, dan menulis sehingga kamu bisa mengikuti perkuliahan dengan lancar di universitas dengan bahasa pengantar bahasa inggris. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan universitas atau negara yang ingin kamu bidik, kemudian dari situ kamu baru bisa memutuskan apakah mau ambil tes berbasis British atau Inggris Amerika?

Bagaimana ya mempersiapkan tes TOEFL dan IETLS?

Baik tes TOEFL dan IELTS memiliki struktur tes yang kurang lebih sama, yaitu Reading, Listening, Writing, dan Speaking. Aku bikinkan tabel supaya kalian mudah yaa mempelajari strategi mendapatkan skor toefl atau ielts yang tinggi ;)

Jenis Tes Hal Yang Harus Diperhatikan
Reading ·         Ide-ide utama

·         Ringkasan

·         Informasi penting

·         Kalimat penyisipan

·         Kosakata

·         Tujuan retoris

·        Ide keseluruhan bacaan

 

 

Listening

 

·         Ide utama

·         Detail penting

·         Implikasi

·         Hubungan antara ide-ide

 

 

Writing

 

Latih dirimu untuk menulis ringkasan apa yang menjadi topik pembahasan, dan belajar menulis esai sesuai dengan tata bahasa yang baik.

 

 

Speaking

 

Latih dirimu menyampaikan ide dan pendapat sesuai dengan topik yang dibahas.

 

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini untuk mempersiapkan tes toefl maupun tes ielts dengan maksimal:

  1. Tes toefl maupun tes ielts harus dipersiapkan dengan matang minimal sebulan dari jadwal tes. Supaya membantu kamu mempelajari struktur tes, coba saja tes toefl online yang tersedia di http://www.efset.org/.
  2. Tingkatkan kemampuan mendengar bahasa inggris dengan rajin menonton film/mendengarkan musik/mendengarkan radio berbahasa inggris.
  3. Gunakan kosakata (vocabulary) baru dalam bahasa inggris supaya bisa sekaligus melatih lafal (pronunciation), serta makna kata tersebut sesuai konteks.
  4. Latih kemampuan scanning dan skimming untuk menemukan informasi dengan cepat dan tepat.
  5. Biasakan membacakan teks bahasa inggris yang ditulis akademisi, jurnal, ataupun koran berbahasa inggris.
  6. Melatih kemampuan menulis esai dan pelajari buku tatabahasa. Selesai menulis, mintalah review dari mentor bahasa kamu.
  7. Untuk bisa menghadapi tes wawancara dengan mulus, gunakan bahasa inggris untuk membahas keseharianmu bersama teman. Oya, jangan lupa setiap latihan tes TOEFL dan IELTS, ukurlah lamanya waktu berlatihmu ya!

Oya soal rekomendasi tempat les bahasa inggris yang bagus, aku saranin di EF aja. Karena setau aku EF menggabungkan pelatihan bahasa, dengan pertukatan budaya, prestasi akademik, dan perjalanan pendidikan untuk memberikan kursus dan program yang mengubah mimpi kamu bisa jadi peluang internasional, baik untuk karir atau sekolah lagi. EF juga udah ada di lebih dari 50 negara, dan temen-temen aku juga banyak yang rekomendasiin kursus bahasa inggris disini dan udah ketje-ketje kemampuan berbahasa inggrisnyaaa ;)

Sooo, udah paham kan gaes seperti apa beda toefl dan ielts? Now it’s your turn this knowledge to be your weapon to success! Goodluck, my dear!

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik tombol share ya yang ada di bawah artikel ini. Share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

 

See you on the next blogpost.

Stay awesome and wear your best smile!

Love,

signforblogFacebook | Twitter | Instagram | Migme 

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

8 Comments

  1. Aku nih kak masih empot-empotan sama bahasa inggris. Kadang ngerasa kalau kurang dipraktekkan jadi banyak lupanya. Huhuhu. Makasih sharingnya, Kak :)

    • Kalo persoalan bahasa memang kunci suksesnya harus rajin praktek setiap hari :) Coba ajak teman yg punya goals sama dg kamu supaya bs nambah semangatnya..

  2. huaa. lengkap banget. aku toeflnya belum sampai 550 nih. mau ngejar LPDP susah banget.. -__-
    kira2 latihan apalagi ya mba yang paling cepet di luar ikutan bimbel?

    • Coba ikuti tips yg aku tulis :) Dan fokuskan diri buat ikutan LPDP tahun depan. Persiapkan diri dari sekarang. Kebanyakan orang pengen cepet bisa, tapi lupa udah konsisten berproses belum hehehe.

  3. terakhir ikutan tes ini udah lama bgt yaaa.. mungkin skr kalo ikut lg, blm tentu sebagus dulu -__-.. kurang latihan semakin ke sini mbak.. apalagi sejak kerjaan di kantor udah ga ketemu lgs ama nasabah, jd makin berkurang bicara ama nasabah asingnya.. imbasnya ke bhs inggrisku yg makin lama makin gagap kalo ngomong.. untungnya utk reading dan listening masih lumayan krn kerjaan memang berhubungan ama bhs inggris trs..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *