Travel More, Explore More: Solo Travelling Atau Travelling Bareng Teman?

HeyDeeRahma.com – Travel More, Explore More: Solo Travelling Atau Travelling Bareng Teman? | Beberapa hari lalu, aku membuka polling di instagram story mengenai preferensi manteman netizenku soal mengenai solo travelling versus travelling bareng teman. Polling ini jadi semakin menarik ketika partisipan juga mengutarakan alasan mereka kenapa memilih salah satu dari pilihan yang tersedia.

Memang sih, yang aku lihat, gaya jalan-jalan ala solo yang kurang diminati di pollingku ini nggak cocok buat semua orang. Terutama buat perempuan yang kebayangnya kurang aman kalo jalan-jalan sendirian. While, menurut pengalamanku sendiri, aku sudah pernah pernah mencoba keduanya. On my opinion, tiap pilihan punya konsekuensinya masing-masing sih, jadinya aku menyesuaikan saja dengan kebutuhanku travelling. Aku ceritain deh ya plus minusnya disini, okay!

SOLO TRAVELLING

Solo Travelling itu ribetnya ditanggung sendiri. Begini maksudnya, kalo udah komitmen mau solo travelling, tentunya budget seperti penginapan dan sewa kendaraan nggak bisa di-sharing. Otomatis, budget membengkak dan harus ditanggung sendiri. Plus, kalo ada challenge seperti tersesat di negara/kota yang lagi dikunjungi, kamu dituntut buat lebih mandiri.

Enaknya solo travelling, kamu bebas nentuin mau kemana aja, tanpa mesti diskusi dulu sama temen-temen yang lain. Jadi, kamu akan sangat lebih fleksibel nih dalam segi waktu dan pilihan destinasi. Plus, dengan solo travelling kamu jadi lebih aware dengan hal-hal baru yang ada di sekitarmu ketika mengunjungi destinasi impian. Sebagian orang juga lebih nyaman solo travelling karena males sama drama-drama yang kadang muncul kalo harus barengan sama oranglain/teman. Gitchu, guys.

Feedback dari teman-teman yang memilih solo travelling

Kalo menurut pengalaman aku, solo travelling itu ngebantu banget buat maksa diri kita lebih mandiri, lebih teliti, juga lebih berani. Terus dalam perjalanan itu, aku biasanya suka kontemplasi diri atau bahkan keluar ide dan inspirasi seru buat kontenku selanjutnya. Pulang-pulang feel so refreshed! Nggak enaknya, ya nggak ada yang bisa bantuin moto bagus ala instagram hahaha.

TRAVELLING BARENG TEMAN

Travelling bareng teman, asyiknya bisa saling sharing momen kebersamaan dan memperat persahabatan. Nikmatin momen seru juga bisa dibagi buat bersama-sama. Terus, budget penginapan hotel, trip, sama sewa kendaraan bisa dibagi rame-rame, yang bikin perjalanan lebih hemat. Kalo hemat budget trip, makin banyak trip yang bisa direalisasikan lagi kan? Hehehehe.

Nggak enaknya, kalo travelling bareng temen, suka ada drama-drama yang tetiba muncul gitu. Misalnya, ada yang nggak biasa jalan kaki jauh dan lama, akhirnya gampang capek. Harusnya hari itu bisa buat 3 destinasi, tapi bisa jadi cuma 1-2 destinasi aja yang bisa kesampaian. Ada juga yang berantem atau ngambek karena kalah suara karena destinasi yang pengen dikunjungi nggak dipilih sama temen-temennya. Atau nemu temen yang pengennya difotoin mulu, tapi gak mau fotoin temennya. Duh, pukpuk dulu deh kalo gitu hehehe.

Alasan traveller mengapa lebih suka jalan-jalan bareng teman.

Pengalamanku, kalo travelling bareng teman serunya ya bisa ada temen ngobrol dan diajak diskusi selama perjalanan. Terus kalo ke tempat wisata ekstrim seperti Nusa Penida di Bali gitu jadi bisa saling jaga. Bisa sharing cost juga lumayan membantu banget deh travelling bareng teman buat lebih hemat. Nah, itu kan baru sukanya, kalo dukanya travelling bareng teman, ya paling males aja sih kalo ketemu yang rempong dan lelet. Hehehe.

Well, in the end apapun pilihan gaya travellingnya, jangan sampai kelupaan ngecek agenda travel fair juga. Kenapa? Just simply because this is the very basic thing before you go. Selain itu, tiket pesawat juga jadi pengeluaran paling gede pas travelling. Jadiiii, supaya kamu bisa lebih berhemat, solusinya adalah beli tiket di travel fair yang banyak promonya. So, aku mau sharing sekalian nih, sama temen-temen soal Kompas Travel Fair yang bakalan ada di JCC Senayan tanggal 7-9 September 2018 ini ;)

KOMPAS TRAVEL FAIR DIDUKUNG OLEH CIMB NIAGA

Beberapa kali travelling, aku seringkali dapat tiket pesawat murah lewat travel fair. Adanya travel fair itu membantu banget supaya bisa dapetin tiket pesawat ke destinasi seru, seperti jepang, korea, australia, hongkong, singapura, dan destinasi lainnya dengan harga miring. Travel fair terdekat yang aku tahu adalah Kompas Travel Fair 2018 yang bakal diadain di JCC Senayan minggu pertama di bulan September.

Kompas Travel Fair 2018 yang didukung oleh CIMB Niaga berlokasi di Main Lobby dan Plenary Hall JCC Senayan dengan tiket masuk Rp25.000 per orang ya, guys!

FYI, Kompas Travel Fair 2018 yang didukung CIMB Niaga ini, punya 3 program utama buat nasabah kartu kredit juga kartu debit CIMB Niaga: 1) Cashback sampai 2 juta rupiah, 2) Cicilan 0% hingga 24 bulan, dan 3) Bisa hemat hingga 50% kalo belanja pakai Poin Xtra.

Ada juga promo gratis koper kalau kamu transaksinya pakai kartu kredit CIMB Niaga yang jenis JCB Ultimate, World Mastercard, Visa Infinite, dan Preferred Visa Infinite. Atau gratis voucher belanja hingga Rp300.000 untuk kamu yang ingin belanja non-ticket di KTF 2018. Yes, jadi di travel fair nggak melulu cuman persoalan belanja tiket murah aja, kamu bisa sekalian cari koper dan produk/aksesoris travelling lainnya yang berguna juga biar travelling kamu nyaman ;)

Kalo belum punya kartu kredit CIMB Niaga, di KTF 2018 kamu bisa sekalian ajuin kartu kredit instan CIMB Niaga Wave n Go, lho. Jadi, kamu hanya tinggal bawa KTP, NPWP, dan Surat Keterangan Penghasilan buat kelengkapan administrasinya. Daaaaan voila…! Kartu kredit CIMB Niaga-mu akan jadi dalam waktu 3 jam aja. Asyik ya, memudahkan banget! Abis itu, tinggal belanja belenji berburu tiket murah deh di KTF 2018! :D

Memanfaatkan promo kartu kredit cimb niaga buat travelling hemat :)

Udah gitu, kartu kredit Visa Platinum CIMB Niaga punya banyak benefit seru buat traveller, diantaranya:

  1. Bebas iuran tahunan di tahun pertama dan tahun selanjutnya hanya dengan bertransaksi retail minimum 24juta rupiah dalam setahun.
  2. Double Poin Xtra setiap bertransaksi di website maskapai penerbangan.
  3. Poin Xtra yang sudah terkumpul bisa kamu tukarkan ke berbagai mileage programs dan dapatkan fasilitas Airport Lounge yang ada di kota-kota besar di Indonesia.
  4. Cicilan 0% 3 bulan hanya dengan transaksi retail minimal 500ribu rupiah.
  5. Gratis perlindungan asuransi berupa Purchase Protection dan Travel Insurance (Cek aja ke  bit.ly/FREETRAVELINSURANCE ya!).

Nah, yang terakhir ini juga nggak kalah penting ya, asuransi perjalanan tuh perlu banget biar kalo ada apa-apa pas perjalanan, sudah ada perlindungan dari asuransi. Next time deh di blogpost aku sharing soal asuransi perjalanan ini yhaa.

Oh ya, selain di KTF2018, kamu juga bisa apply kartu kredit visa platinum cimb niaga melalui cara online. Caranya, langsung aja ke https://www.cimbniaga.com/in/personal/products/cards/credit-card/products/platinum-card.html, lalu klik “Kami Akan Hubungi Anda” dan isi data sesuai kolom, lalu klik Submit. Tinggal tunggu dihubungi sama CIMB Niaga deh!

Info lebih lanjut hubungi CIMB Niaga 14041 atau kunjungi bit.ly/CIMBKTF aja ya, guys! Happy hunting! ;)

===

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

LIKE MY BLOGPOST? FOLLOW MY SOCIAL MEDIA:

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

Others articles related to travel and fashion lifestyle:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

22 Comments

  1. Lebih aman dan lebih rame kalau travel bareng teman. Tapi kalau ada teman yang diajak travel gak mau dan banyak alasan, yaudah mending solo travel aja.

    • Hi Erwin :)

      Terimakasih sudah mampir ke blog heydeerahma.com.

      Hehehe. Berarti menyesuaikan dengan situasi perjalanan yaaah..

      Cheers,
      Dee Rahma

    • Hehehe wajar itu. Tapi, sesekali belajar beranikan diri solo travelling seru juga lho ;)
      Makasi ya udah mampir ke blog heydeerahma.com!

      Cheers,
      Dee

  2. Aku penganut 2-2nya,, kalau pgn mengunjungi banyak tempat, aku pilih solo.. kalau pgn nyiptain momen, pilih bareng temen..

    -Traveler Paruh Waktu

    • Good, menyesuaikan sikon dan kondisi yaaah :D
      Makasi ya Bara sudah menyempatkan mampir ke blog heydeerahma.com ;)

      Cheers,
      Dee

  3. waktu masih muda suka travelling sendiri, but semakin …tua…hehehe, ntah mengapa aku suka merasa kesepian saja, ;ebih suka cari bareng teman tapi nggak rame, paling 1 atau 2 gitu.

    • Baiklah, ternyata preferensi travelling bareng teman atau solo travelling juga berbanding lurus dengan perkembangan usia yah. Makasi sudah mampir ke blog heydeerahma.com :D

      Cheers,
      Dee

  4. Klo gw sih tergantung tujuannya, klo misal ke remote area, gunung, pantai, air terjun pasti butuh teman.

    Klo cm city tour sih enak solo traveling spy lwbih bebas hahaha

  5. Kalo saya sih lebih memilih untuk traveling bareng temen.
    Gak perlu sampai ramean juga kok, berdua aja udah cukup.
    Minimal ada temen jalan dan ngobrolnya.
    Yang lebih penting lagi sih ada temen yang bantu fotoin, wkwwkwk :lol:

  6. Setuju.
    Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan ya.
    So far, aku memang lebih ke #TravellingBarengTeman minimal dengan pasangan apalagi kalau jenis travel yang berbau petualangan dan outdoor.
    Lain cerita kalau mau nonton ke mall, eh ini travelling juga ya, bahahaha… solo travelling is totally fine for me, jadi ga banyak drama, hahaha…

  7. Aku lebih senang traveling bareng teman sih Kak. Kalau solo traveling itu bikin garing, trus gak ada yang fotoin. Ah, bentar lagi KOmpas Travel Fair. yeaaay…. :D

    • Hehehe, tim #TravellingBarengTeman nih ya :D
      Iya nih, KTF bentar lagi. Ajak semua travelmate kak sulung ke Kompas Travel Fair ya, kak! :)

      Cheers,
      Dee – heydeerahma.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *