Tips Bekerja Dari Rumah Dengan Nyaman

5-tips-bekerja-dari-rumah-ala-lifestyle-blogger-indonesia-heydeerahma-dot-com

HeyDeeRahma.com – Tips Bekerja Dari Rumah Dengan Nyaman | Tidak semua jenis pekerjaan dilakukan di gedung-gedung tinggi dan memakai formal suit. Saat ini tren bekerja dari rumah atau home office ternyata telah banyak dilakukan. Umumnya, pelaku adalah mereka yang melakukan bisnis online, atau berprofesi sebagai blogger dan vlogger. Bekerja di rumah artinya kita memiliki kuasa penuh atas deadline serta schedule. Kita dapat atur cara bekerja seefektif mungkin menurut gaya masing-masing individu. Namun, untuk memaksimalkan performa kerja, ada baiknya tempat kerja di rumah kita memiliki desain yang membuat kita makin nyaman. Setuju nggak, gaes?

Sebagai seorang lifestyle blogger, aku pun sering menghabiskan waktu produktif di rumah yang secara tidak langsung menjadi kantor atau bahasa kerennya: home office. Oleh karena itu, aku juga merasakan bagaimana desain ruangan yang nyaman turut menunjang kualitas kerja, terutama untuk mendapatkan inspirasi menulis. Nah, kali ini, aku mau sharing sama temen-temen beberapa tips yang wajib kamu perhatikan untuk menciptakan ruang kerja di rumah yang nyaman berikut ini.

Rencanakan dan Buat Desain Ruangan Kerja Sendiri

tips-bekerja-dari-rumah-ala-indonesia-lifestyle-blogger-heydeerahma

Ruang kerja nyaman, kerja pun jadi lebih produktif.

Your home is your working space. Ketika bekerja di rumah, kamu adalah bos dari tempat kerjamu sendiri. Jadi kamu bebas untuk memilih dan membuat desain ruangan kerja sesuai dengan imajinasi dan kemampuan kamu, gaes! Pastikan desain home office sesuai dengan yang kamu bayangkan, sehingga kedepannya kamu bisa jadi lebih nyaman dan produktif. Tempat kerja yang sesuai juga akan membuat kamu jadi lebih semangat dan terpacu untuk menyelesaikan deadline sesuai dengan schedule yang sudah kamu rencanakan.

Soal desainnya sendiri, kamu nggak usah khawatir! Sekarang udah banyak kok referensi desain ruangan kerja minimalis yang bisa kamu dapatkan sebagai inspirasimu. Kamu bisa mencoba untuk mulai mendapatkannya di beberapa platform media social seperti tumblr dan pinterest. Gunakan kata kunci “home office design inspiration” untuk menemukan berbagai macam desain home office yang keren!

Tips dari aku buat kamu yang pengen bikin ruangan kerja nyaman tanpa keluar bujet banyak untuk renovasi, coba deh gunakan desain interior gaya minimalis dengan background tembok warna putih sehingga membantu ruangan kerjamu terlihat lebih luas. Atau kamu juga bisa bereksperimen dengan pilihan warna cat warna-warni yang sesuai dengan imajinasimu. Namun, pastikan lagi warna yang kamu pilih sesuai dengan personality dan seleramu, sehingga kamu nggak cepet bosan ya…

Berikut beberapa karakter warna yang bisa kamu pilih untuk desain home office-mu!

Hijau: Warna hijau dipercaya dapat menenangkan dan membangkitkan kreatifitas. Kamu dapat menggunakan warna hijau ini di salah satu sudut dinding ruangan home office di rumahmu!

Biru: Warna biru adalah warna yang dapat membuat kamu merasa rileks, juga menyejukkan. Fungsinya sendiri hampir sama dengan warna hijau. Gunakan warna biru muda seperti warna air laut atau langit yang cerah disudut ruang kamarmu agar kamu bisa merasa rileks di sela deadline-mu yang ketat!

Merah dan kuning: Kedua warna ini dipercaya dapat membantumu mengingat hal-hal yang penting. Ini sangat berguna untuk kamu yang dalam pekerjaannya membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Kedua warna ini juga dapat berguna untuk mendorong kesuksesan kamu dan jadi lebih percaya diri loh, gaes!

Sediakan Lemari Penyimpanan Barang

indonesia-lifestyle-blogger-heydeerahma-berbagi-tips-bekerja-dari-rumah-fimela-dot-com

Rapikan dokumen secara berkala!

Walau kerjamu dilakukan dirumah, pastikan ruang kerjamu selalu rapi ya, gaes! Menurut pengalaman, meja yang berantakan malah bikin waktu kerjamu nggak efisien karena malah bikin bingung sendiri mencari dokumen yang diperlukan. Untuk mengatasinya, aku biasanya menyediakan lemari penyimpanan barang serba guna.

Tujuannya, supaya bisa mengelompokkan jenis dokumen, yang nantinya dalam setiap kelompok dokumen, ditempelkan stiker label yang sudah diberi nama di setiap depan laci lemari agar memudahkan pencarian di kemudian hari.

Kalo saranku, kamu nggak usah pakai lemari penyimpanan yang terlalu besar, yang penting dapat menyimpan kebutuhanmu. Kalaupun ada barang yang sudah tidak terpakai, segera singkirkan sehingga tidak memenuhi ruangan kerjamu. Kamu juga dapat menggunakan box file agar lebih teratur sebelum menyimpannya dalam lemari.

Pencahayaan Yang Baik

indonesia-lifestyle-blogger-heydeerahma-membagi-tips-bekerja-dari-rumah-fimela-dot-com

Maksimalkan pencahayaan di ruang kerjamu.

Jika duduk di depan laptop dalam waktu lama adalah yang kamu lakukan saat bekerja di rumah, pastikan pencahayaan ruangan baik dan terang. Jangan sampai matamu jadi kurang kemampuan pengelihatannya karena kamu memaksakan untuk kerja di ruangan yang pencahayaan redup. Matamu adalah salah satu aset berharga, jadi pastikan dijaga dengan baik ya agar semua deadline pekerjaan-mu dapat diselesaikan.

Jika ruang kerjamu dirumah cukup besar, belilah lampu dengan daya watt yang besar. Atau kamu bisa tambahkan pencahayaan lampu meja di meja kerjamu seperti yang aku lakukan di meja kerjaku. Kamu juga bisa mengatur posisi tempat kerja yang dekat dengan jendela kamarmu supaya sinar matahari masuk ke dalam meja kerjamu.

Pilih Kursi dan Meja Kerja Yang Nyaman

indonesia-lifestyle-blogger-heydeerahma-bagikan-tips-bekerja-dari-rumah-fimela-dot-com

Kursi nyaman bikin betah kerja di home office!

Ketika kamu kerja di kantor, terkadang kita merasa bahwa kursinya tidak sesuai dengan kenyamanan tubuh kita. Kita juga tidak dapat merubahnya karena itu termasuk dalam standar fasilitas perusahaan. Salah satu keuntungan kerja dirumah adalah kamu dapat memilih kursi dan meja kerjamu sesuai dengan kenyamanan tubuhmu sendiri. Pilihkan kursi dan meja yang sesuai dengan tinggi tubuhmu ketika sedang duduk.

Kamu juga bisa tambahkan bantal kecil untuk senderan kursi jika merasa lelah. Pilih alas dudukan kursi yang soft jika pekerjaanmu akan memakan waktu lama untuk duduk.  Soal meja, pilih sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan. Pilihan kursi berlengan juga menjadi alternatif yang baik sehingga dapat menopang tanganmu ketika kelelahan mengetik.

Sirkulasi Udara Yang Baik

tips-bekerja-dari-rumah-ala-top-blogger-indonesia-heydeerahma

Mana betah kerja di tempat yang sumpek?

Berada dalam ruangan untuk jangka waktu yang lama, kamu membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Pastikan ruangan bersih sehingga tidak menggangu pernafasan. Ventilasi udara saja tidak cukup, kadang kamu perlu menambahkan kipas angin atau AC jika suasana ruang kerjamu memanas.

Saranku, supaya kamu bisa nyaman bekerja di dalam ruangan, pilihlah produk yang baik sehingga kipas angin atau AC yang kamu pasang tidak mudah rusak dan malah menggangu produktivitasmu dalam keseharian. Salah satu produk yang sedang naik daun adalah dari Gree yang saat ini sedang booming di Indonesia. Gree sudah muncul di beberapa program acara tivi loh, gaes! Eksis banget ya…

Yuk Kenalan Dulu Sama Gree!

Memadukan riset, pengembangan, dan pemasaran sejak tahun 1991, Gree merupakan perusahaan pendingin udara internasional yang berasal dari China. Gree baru masuk ke Indonesia pada tahun 2015, selengkapnya dapat kamu lihat disini. Bersaing dengan perusahaan pendingin udara lainnya, Gree menawarkan beberapa keunggulan yang sangat berguna untuk para pekerja kreatif yang menjadikan rumah sebagai home office-nya. Memiliki misi untuk menciptakan lingkungan yang nyaman, AC Gree ini terdiri dari beberapa tipe, yaitu U-Crown Deluxe Inverter, Silent King Inverter, Low Watt COO Series dan Standard MOO Series.

tips-bekerja-dari-rumah-ala-lifestyle-blogger-indonesia-heydeerahma

Ruangan tambah nyaman pakai pendingin ruangan dari Gree.

Aku sendiri tertarik dengan seri Low Watt COO dari Gree, yang berupa AC berdaya rendah sehingga kamu dapat menghemat biaya listrik sekaligus menjaga keramahan lingkungan. Kamu dapat menghemat 38% dibandingkan dengan pendingin biasa hanya dengan konsumsi 310 watt. Lumayan banget kan, gaes? Jadi bisa hemat sedikit pengeluaran bayar listrik bulanan deh!

Lalu, buat kamu pekerja kreatif yang sangat membutuhkan tempat dingin macam yang lebih stabil agar bisa fokus kerja, kamu dapat menggunakan Standard MOO Series yang sudah mendapatkan penghargaan sebagai “World Brand”. MOO Series memiliki frozen power yang dapat mendinginkan AC sebanyak 30% lebih cepat dibandingan dengan AC biasa lainnya. Jadi kamu tidak perlu menunggu terlalu lama agar ruangan menjadi dingin, dan kamu bisa segera mendapatkan mood kerja yang lebih baik! Pssst… Aku kasih bocoran nih, buat kamu yang kepikiran mau beli pengingin ruangan buat home office, Gree lagi kasih promo 180 hari ganti baru, loh! Keuntungannya, kalo selama 180 hari setelah instalasi ac terjadi malfungsi, maka kamu bisa minta klaim ganti ac baru dari Gree! Iyes, AC BARU! Promonya terbatas, jadi cek aja langsung kesini ya.

Oya, namanya barang elektronik, tentu AC juga membutuhkan perawatan ya, gaes! Layaknya mahluk hidup, panjang tidaknya masa guna AC tersebut berbanding lurus dengan perawatan yang kita berikan. Setuju dong, gaes? Seringkali kita terlalu fokus dan sibuk bekerja sehingga lupa untuk merawat AC yang ada di home office kita. Ketika tiba waktunya AC yang kita pakai rusak dan mulai bermasalah, baru deh mulai kelabakan, karena kenyamanan kita dalam bekerja jadi terganggu dan hal itu dapat membuat schedule kita berantakan. Hayo siapa yang udah pernah ngalamin pengalaman yang sama seperti aku? Ngaku!

Nah, untuk menghindari hal tersebut, aku bakalan kasih kamu beberapa contekan nih untuk mengetahui penyebab AC rusak yang harus wajib diketahui biar kalo pas kena masalah, kamu udah tau sumber permasalahannya. Check this out!

Dua Kesalahan Kecil Dalam Pengoperasian AC Yang Perlu Kamu Ketahui

Sudah rutin service namun AC di home office kamu tetap cepat rusak? Ternyata ada 2 hal simple tapi fatal yang seringkali kita lakukan dan menyebabkan AC jadi cepat rusak.

Lupa Mematikan AC

Hal sederhana ini ternyata fatal akibatnya jika diabaikan loh, gaes! Kita kadang sengaja tidak mematikan AC saat berpergian karena berpikir saat kembali lagi kita menginginkan udara di ruangan kita sudah dingin atau bahkan kejadiannya lupa mematikan AC setelah selesai kerja. Dua hal ini sederhana, namun ternyata malah membuat komponen AC jadi panas dan lebih cepat rusak loh. Solusinya, gunakan timer yaa agar tidak lupa mematikan AC di home office-mu!

Langsung Menyalakan AC Setelah Listrik Terputus

Di musim hujan saat ini, terkadang lampu dan aliran listrik sering padam mendadak. Pastikan saat hal ini terjadi sama kamu, berilah sedikit jeda jika ingin menyalakan kembali pendingin ruangan sesaat setelah aliran listrik padam karena apabila tidak berhati-hati, kompesor AC juga dapat cepat rusak karenanya. Lebih baik tunggu beberapa menit sebelum menyalakan AC daripada harus beli AC baru dalam waktu dekat, kan?

Overall, itu adalah beberapa tips bekerja dari rumah dengan nyaman yang dapat aku share sesuai pengalamanku sebagai lifestyle blogger. Apakah kamu punya pengalaman serupa, gaes? Kalau ada masukkan dan tips ala kamu sendiri, jangan sungkan tinggalkan komentar ya, gaes!

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost, my dear!

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

Share this to your friends:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

12 Comments

  1. Tipsnya oke bangett deee..aku belum kesampaian punya small space untuk ruang kerja…pencahayaan dan pengudaraan itu penting banget untuk suatu ruang..kalo dua hal itu kurang, kesehatan kita bisa berdampak, mood juga jadi turun heheheh

  2. Kalau saya yang penting pencahayaan, terutama yang alami dari matahari, harus ada terutama buat ruangan kerja dan tidur. Soalnya kalau cahaya kurang terang bisa mempengaruhi mood dan kenyamanan hehe.

  3. Pengen banget punya ruangan kerja sendiri dengan design keren ga lupa ada ac nya ( manja banget hihi ) makasih mba Dee tips AC nya berguna banget buat aku yang tinggal di daerah yang sering mati listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *