Tetap Tampil Stylish Dengan Jam Tangan Kece

HeyDeeRahma.com – Tetap Tampil Stylish Dengan Jam Tangan Kece | Dulu saat masa awal pubertas aku pernah merasa gak pernah pede buat make jam tangan karena menurut aku tanganku kurus dan gak kece kalo pakai jam tangan. Huhuhu. Ada nggak sih yang kayak aku gitu?

Eitsss.. Tapi itu dulu gaes… Karena semenjak SMA dan banyak kegiatan, mulai deh tuh berasa ribet karena harus selalu ngecek handphone cuma buat lihat waktu. Akhirnya, dibeliin lah aku sebuah jam tangan kece dengan strap kulit hitam sebagai kado ultahku. Yay senang! Inget banget, itu jam sampe buluk kayaknya karena keseringan digunakan setiap hari. Hehehehe.

By the way, udah lama banget yah aku gak nulis artikel tentang fashion? Kadang kangen juga sih nulis fashion, tech, selain travel. Apa daya, kesibukan makin menjadi hohoho. So, gak perlu nunggu lama.. Here I am, sharing new fashion post for all of you. Sesuai judul, ini panduan buat kamu biar gak salah pilih beli jam tangan kece untuk menunjang your daily total look! Enjoy!

Source: Unsplash.com

Kamu Pakai Jam Tangan di Pergelangan Tangan Kiri atau Kanan?

Berhubung udah terbiasa memakai jam tangan kemana-mana, sekarang malah merasa aneh kalo keluar rumah gak ada jam tangan yang melingkar di pergelangan tanganku, seakan separuh hatiku menghilang #eh. Tapi beneran sih, jam tangan itu melengkapi penampilan fashion kamu hari itu. Misalnya, kalo hari ini mau pakai baju formal, bisa disesuaikan jam tangannya dengan strap yang gelap model classic. Kalo mau sedikit fancy, bisa pakai jam tangan berwarna putih, dsb tinggal disesuaikan aja sama outfit kamu hari itu.

By the way, kalo keseharian, aku biasanya pakai jam tangan ganti-ganti sih ya, kadang di pergelangan tangan kiri, kadang di kanan. Suka-suka deh. Tapi biasanya kalo banyak nulis manual kayak pas nulis jurnal gitu, aku suka pindahin jam tanganku ke sebelah kiri. Rempong soalnya kalo pas nulis jam tangannya di tangan kanan juga. Hehehehe. Kalo kamu gimana gaes?

Source: Giphy.com

Tips Beli Jam Tangan Kece Fashionable ala Dee

Dari awalnya gak ngerti, perhatiin fashion, terus demen ngeliat jam tangan yang kece-kece di internet, akhirnya perlahan ngerti deh jam tangan apa yang cucok dipakai di pergelangan tanganku yang indah ini. #ehm, dan kini kumau sharing sama manteman tips beli jam tangan kece ala dee.

Kulitmu Eksotis atau Putih?

Buat kamu yang punya kulit eksotis sawo matang, sebaiknya kalo mau beli jam, pilih warna lembut dan netral seperti coklat muda, krem, hitam, dan silver. Hindari warna cerah seperti pink, hijau, atau warna-warna pastel lainnya karena malah bikin kulit kamu jadi malah makin kusam.

Sementara buat yang punya kulit putih cerah, pilihan warna jam tangannya lebih banyak, bisa warna putih, gelap, cerah, dan soft seperti steel gold atau rose gold. Kalo kamu pede, bisa juga warna yang lebih festive, seperti merah, biru muda, kuning sehingga kontras dengan warna kulit putihmu.

Ukuran Tanganmu Besar atau Kecil?

Jam tangan kan bentuknya cem-macem tuh ada yang kotak, oval, lingkaran, persegi panjang, jajargenjang. Ealah, ini jam tangan ato belajar matematika sih.. Krik krik. Oke lanjut.. Jadi, dari bentuk jam tangan itu kan bisa disesuaikan sama ukuran tangan kamu, Kan gak lucu ya tangannya mungil kecil, tapi maksain pake jam tangan segede gambreng mirip punyanya Power Rangers pas mau berubah kostum. Kan jadi gak kece gitu deh ya jadinya. So, make sure aja jam tangan yang kamu pilih ukurannya sesuai.

Baca juga: Memaksimalkan Daily Wear Supaya Tetap Terlihat Stylish

FYI, buat temen-temen yang tangannya kecil seperti aku, pilihlah jam tangan dengan tali tipis dan kecil. dengan desain klasik Tapi, kalo kamu berencana beliin jam tangan temen, pacar, ortu, atau gebetan kamu dengan ukuran pergelangan tangan besar, sebaiknya pilihin jam tangan dengan tali sedang hingga lebar. Make sure juga material jam nggak terlalu tipis biar awet dipake. Hohoho.

Material Stainless Steel/Tali Kulit/Kanvas/Plastik?

Pilihannya kembali lagi sih sama kebutuhan kamu akan jam tangan. Misalnya nih ya, buat yang material plastik emang enaknya dipakai buat travelling dan underwater dengan kemampuan water resistent. Sementara untuk Stainless Steel/Kulit yang berikan kesan elegan bisa dipakai untuk acara-acara formal seperti jam tangan bonia yang jadi inceranku. *kode biar ada yang kadoin bonia* Daaaaan tali kanvas bisa digunakan untuk daily lifestyle atau pas weekend di acara-acara yang lebih santai yang memberikan kesan funky, youthful, tapi tetap trendi.

Classic atau Sporty?

Biasanya kalo pas diundang acara gathering atau pas travelling, aku pakai jam tangan yang berbeda. Aku pilih desain jam tangan yang klasik kalo ke acara yang lebih formal seperti meeting atau nikahan temen. Sementara, kalo travelling, aku pakai untuk memberikan kesan yang santai, ceria, dan adventurer. Oya, perhatikan juga material strap jam tangan, karena ada beberapa orang yang malah alergi terhadap bahan tertentu.

Nah, sudah ada bayangan kan mau beli atau pakai jam tangan yang gimana sesuai dengan style-mu? Selanjutnya, berhubung aku suka jalan-jalan, jadi aku sekalian sharing sama temen-temen deh ya gimana cara milih jam tangan yang pas buat travelling. Sooo, kalo kamu ngaku traveler, baca sampai habis yes! :)

Source: Unsplash.com

Beli Jam Tangan Buat Travelling. Pilih Yang Gimana Ya?

Namanya travelling, bakal banyak kegiatan outdoor yang dilakukan untuk eksplor suatu daerah tertentu atau malah nyobain experience baru yang belom pernah dilakukan sebelumnya, seperti sea walking di bali, riding/touring, atau diving. Nah, biar kamu gak salah pilih jam tangan travelling, pastikan aja jam tangan kamu memenuhi kriteria di bawah ini yaaah.

Wajib Anti Air!

Dulu awal suka jalan-jalan, aku sering main ke pantai dan itu repot banget kalo pas mau cobain experience di air malah kelupaan copot jam tangan, mesti taroh tas dulu lah, atau nitip temen. Rempong. Makanya,  lebih nyaman pakai jam tangan yang udah ada fitur water resistant. Sekarang kan udah banyak tuh jam yang tersedia buat traveler dan divers sehingga bisa dipakai menyelam di kedalaman sampai 1000 m!

Perhatikan Kekuatan Tahan Air

Kalo kamu sudah tahu jam tangan kamu tahan air, tahapan selanjutnya adalah memperhatikan kekuatan tahan air jam tangan tersebut. Untuk kebutuhan berenang atau snorkeling, biasanya jam tangan itu harus punya kekuatan tahan air hingga 10 ATM. ATM atau Atmosphere Pressure merupakan indikator tingkat tekanan udara yang dapat diterima oleh jam tangan. Semakin tinggi angkanya, maka daya tahan terhadap tekanan udara yang ditimbulkan karena air juga akan semakin tinggi. 1 ATM = 10 m.

Perhatikan juga nih gaes, ternyata jam tangan yang hanya bertuliskan Water Resistant (tidak ada tulisan BAR/ATM/M di bagian belakang/back case jam) sebenarnya tidak dapat digunakan untuk berenang karena jika hanya ada tulisan Water Resist 100m berarti jam itu tidak bisa digunakan menyelam sampai kedalaman 100m yang tekanan airnya tinggi. Hanya tahan air untuk kegiatan harian, percikan air, dan hujan.

Baca juga: Punya Smartwatch Penting Nggak Sih? 

Untuk kegiatan memancing, gunakan minimal Water Resistant 5 ATM / 5 Bar / 50 m. Sementara itu, untuk berenang, snorkeling, rekreasi olahraga air gunakan minimal Water Resistant 10 Bar / 10 ATM / 100 m. Diatas angka 10 ATM, lebih cocok digunakan buat kamu yang pecinta diving atau olahraga air profesional. FYI, jam tangan yang didesain secara khusus untuk menyelam menggunakan tabung, pada backcase-nya akan tertulis Diver’s Watch atau Dive Watch.

Perlukah Jam Tangan Dengan Fitur Penunjang?

Beberapa jam tangan juga dilengkapi dengan fitur penunjang lainnya seperti stopwatch dimana bagian jam, menit, dan detik menjadi 3 bagian berbeda sehingga waktu yang tertera lebih akurat. Ada juga jam tangan yang dilengkapi dengan penunjuk nama kota di seluruh dunia yang bisa memberitahu lokasi dimana kamu berpijak saat itu. Jadi, kamu gak perlu lagi deh mencocokkan waktu dengan negara yang kamu singgahi.

Ada juga jam tangan yang sudah dilengkapi GPS dengan daya tahan kuat dengan pengisian daya menggunakan cahaya. Atau kamu juga bisa pilih jam tangan tahan lumpur buat kamu yang seneng olahraga ekstrim/adventure. Semuanya tersedia sesuai dengan kebutuhan kamu, tentunya pilih yang simpel dan bikin kamu nggak ribet selama travelling nanti yah!

Stylish & Fashionable!

Sekarang kan jamannya setiap orang travelling wajib foto dan upload di Instagram yah. Jadi, kalo kamu mau kelihatan kece dan fierce di depan kamera, pakailah jam tangan yang stylish buat menunjang penampilan/total look kamu. Ini boleh dilakukan boleh nggak sih, tergantung personal style kamu. Kalo aku sih gak pernah ribet kalo soal ini, asalkan bisa nyaman dan happy jalan-jalannya! Hehehehe. Oiya, jangan lupa kalo beli jam tangan baru, beli yang ada garansinya biar lebih aman kalo di masa depan mau servis!

Fiuh, akhirnya sampai juga nih di penghujung tulisan. Semoga sharing dan tips dari HeyDeeRahma.com berguna ya buat temen-temen yang masih galau milih jam tangan sesuai dengan kebutuhan dan personal style kamu. Kalo ada yang mau ditanyain, langsung aja tulis di kolom komentar, e-mail, ataupun dm di IG. I’ll be glad to answer as I can! See you, gorgeous! :)

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan foto dan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin menggunakan foto atau mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

Others articles related to fashion and lifestyle:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

2 Comments

  1. Pergelangan tangan kecil, kulit sawo matang, itu aku banget deh. Dari dulu ngerasa gak pernah cocok sama beberapa model dan warna jam tangan. Jadi sekarang kalau mau beli jam tangan, milih yang simple, kecil, dan gak mencolok. :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *