Sehari Seseruan Bareng Pesawat Baru Citilink Airbus A320 Neo

simple-fashion-statement-with-earrings-heydeerahma-indonesia-fashion-influencer-at-citilink-airbus-a320-neo-fashion-travel-lifestyle-personal-blog

HeyDeeRahma.com – Sehari Seseruan Bareng Pesawat Baru Citilink Airbus A320 Neo | Aku ingat sekali, terakhir kali travelling menggunakan armada pesawat Citilink adalah ketika aku liburan ke Bali akhir tahun 2016 lalu. Aku benar-benar excited karena Bali menjadi salah satu travel bucket list yang harus aku realisasikan tahun 2016 selain Sumbawa, Lombok, Singapura, Melaka, dan Kuala Lumpur. Ceritanya sih sepanjang tahun 2016 mau full travelling gitu deh. Syukurlah dari modal niat, banyak doa, dan usaha, akhirnya satu persatu mimpi pun kesampaian. Mudah-mudahan selanjutnya ada kesempatan buat eksplor Raja Ampat, Sydney, dan Wae Rebo deh ya!

Awal perjalananku ke Bali dengan Citilink bermula dari keinginanku untuk menginjak Pulau Dewata yang sudah kutulis dalam dreambook sejak awal tahun 2016. Seakan diamini oleh semesta, mimpiku ini kembali dikabulkan beberapa bulan kemudian dalam acara gathering sebuah hotel di Jakarta. Di acara ini, aku tidak menyangka diberi kesempatan untuk memenangkan sebuah tiket pesawat citilink roundtrip ke Bali karena menang lomba live tweet. Sontak saja aku happy pake banget! Bali, I am coming soon!

By the way, aku nggak akan menceritakan pengalamanku travelling di Bali disini, tapi aku janji akan bikin satu postingan khusus yang berisi cerita perjalananku di Bali selama sebulan. Yes, benar sebulan! Penasaran kan ngapain aku sebulan disana. Stay tune deh ya, aku bakalan kabarin kalo nanti postingannya udah jadi! Tapi, sekarang aku mau cerita pengalaman yang nggak kalah seru ketika akhir Februari 2017 lalu main ke Hanggar IV Garuda Maintenance Facility (GMF) di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng dulu nih, gaes!

Citilink, Maskapai Bernuansa Warna Hijau Nan Segar

Citilink. Mendengar namanya saja sudah terkesan profesional dan berkelas. Bagaimana tidak? Sebagai salah satu Low Cost Carrier (LCC) yang berada dalam satu grup maskapai penerbangan Garuda Indonesia, tentu Citilink diciptakan untuk memberikan fasilitas dan layanan yang kurang lebih sama dengan Garuda Indonesia dengan harga yang lebih terjangkau.

Buktinya, Cilink beberapa kali telah mendapatkan penghargaan dari industri setelah membuat turnaround demi meningkatkan pelayanannya. Penghargaan yang diraih, diantaranya adalah:

  • Indonesia Travel and Tourism Foundation untuk kategori Leading Low Cost Airline 2011/2012.
  • Markplus Insight untuk kategori Service To Care Award 2012/2013.
  • Anugerah Adikarya Wisata 2012 sebagai Maskapai Penerbangan Nasional Terbaik untuk kategori Transportasi.
  • ITTA Foundation untuk kategori Indonesia Leading Low Cost Airlines 2012/2013.

Keputusan Garuda membuat Citilink ini juga bukan tanpa alasan. Menurut hasil riset yang aku temukan, ternyata pertumbuhan industri penerbangan di Indonesia kini mencapai angka 20-21% per tahun. Ditambah dengan minat masyarakat Indonesia menggunakan lcc hingga mencapai 80% pangsa pasar dibanding menggunakan maskapai full service hanya 20%. Maka, untuk menjawab perubahan market tersebut, Citilink yang mulai merintis penerbangan murah sejak tahun 2002 mulai berbenah dan melakukan rebranding.

Kini, aku merasakan rebranding yang dibuat oleh Citilink benar-benar berbeda dengan maskapai penerbangan murah lainnya yang ada di Indonesia. Mayoritas menggunakan warna utama hijau yang fresh sebagai branding Citilink, kesan ramah, dinamis, profesional, sekaligus sporty tercermin dari uniform style para pramugari Citilink. Oya, satu lagi deh yang bikin Citilink makin beda dan “nancep” banget di kepala kalo travelling naik Citilink: pantun! Iya, siapa yang nggak kenal sama pantun-pantun yang dilantunkan Air Cabin Crew Citilink sebelum take-off maupun sesaat setelah pesawat landing. Perjalanan jadi berasa lebih fun!

Citilink Menambah Armada Pesawat Airbus A320 NEO

Sejak awal rebranding, maskapai Citilink sudah menggunakan armada Airbus sebanyak 44 pesawat dengan tipe Airbus 320 yang berfokus pada penerbangan domestik dengan membangun hub bandara di wilayah Indonesia Barat, Tengah, dan Timur. Bahkan, terakhir, aku dapat informasi dari Linkers, Inflight Magazine Citilink, bahwa maskapai dengan warna khas hijau ini sudah memiliki rute baru ke Jayapura loh, gaes! Asik, makin mudah dan nyaman deh eksplor Indonesia dari Barat ke Timur!

Ngomongin soal maskapai, dunia penerbangan memang bikin aku penasaran. Aku senang banget perhatiin uniform style-nya pramugari yang cantik-cantik di bandara waktu masih kecil dulu. Apalagi semenjak nonton filmnya Mas Leonardo di Caprio dengan  judulnya Catch Me If You Can sama The Aviator yang settingan ceritanya di dunia penerbangan gitu. Rasanya penasaran pengen banget bisa main ke hangar buat lihat pesawat secara detail dari deket dan main ke kokpitnya!

Dan ternyata akhir Februari lalu, tepatnya tanggal 24 Februari 2017, mimpi aku kesampaian lagi! Aku menerima e-mail dari Citilink yang seketika mengabulkan mimpi masa kecilku jadi kenyataan buat main ke kokpit pesawat beneran di acara press conference pesawat baru citilink Airbus A320 Neo! Nih langsung aku kasih lihat foto-fotonya ya biar kelihatan ekspresi bahagiaku waktu itu!

hdr-lifestyle-travel-fashion-bersama-pramugari-citilink-di-gmf

Kamu pilih aku atau pramugari citilink itu, beb?

hdr-travel-influencer-from-indonesia-for-citilink-airbus-a320-neo-launching

Interiornya mewah! Plus, katanya pesawat Airbus A320 Neo ini sih lebih ramah sama polusi suara, gaes! Traveller pasti makin betah deh terbang bareng citilink ;)

 

 

Fact About Citilink Airbus A320 Neo

Jadi, ceritanya acara kemarin itu adalah untuk menyambut pesawat Airbus A320 Neo pertama (dari total 5 armada yang dipesan Citilink) yang baru saja didatangkan dari kantor pusat Airbus di Toulouse, Prancis. Generasi terbaru dari seri Airbus 320 ini menjadi salah satu tipe pesawat favorit bagi maskapai penerbangan berbiaya murah di seluruh dunia untuk penerbangan jarak dekat-menengah, dan memiliki kapasitas penumpang hingga 180 orang dalam satu kali penerbangan khusus untuk kelas ekonomi dengan kemampuan peredaman suara mesin pesawat yang lebih tinggi. Artinya, kenyamanan penumpang akan semakin meningkat! Yay!

hdr-indonesia-lifestyle-blogger-main-ke-hanggar-citilink-

Foto kanan: Yay! Welcoming New Airbus A320 Neo for Citilink! // Foto kiri atas: Penari memeriahkan kedatangan pesawat baru Citilink Airbus A320 // Foto kiri bawah: Jajaran direksi menyambut pilot yang membawa pesawat baru milik Citilink Airbus A320 NEO di hanggar 4 Garuda Maintenance Facility (GMF), Tangerang, 24 Februari 2017 lalu.

indonesia-lifestyle-blogger-hdr-in-citilink-launching-event

Citilink menjadi maskapai pertama di Indonesia yang mengoperasikan pesawat seri A320NEO keluaran terbaru Airbus ini loh, gaes!

Mengandalkan mesin CFM Leap-1A yang memberikan daya angkut lebih besar, serta jarak tempuh yang lebih jauh, diharapkan armada baru Citilink ini bisa melayani rute penerbangan domestik di wilayah Timur Indonesia maupun penerbangan carter internasional untuk rute ke China dan Jeddah. Selain itu, dengan kemampuan mesin yang bisa menghemat bahan bakar sampai 15%, Airbus A320 Neo yang merupakan pesawat ke-45 Citilink juga diharapkan bisa memangkas biaya operasional hingga 8% dengan mengurangi transit yang dapat menghemat waktu perjalanan. Dengan kemampuan menghemat bahan bakar sekitar 1,4 juta liter, atau konsumsi untuk 1.000 kendaraan kelas menengah atau penghematan 3.600 ton C02 per pesawat per tahun, maka lima armada pesawat Airbus A320 Neo siap didatangkan oleh Citilink sepanjang tahun 2017 ini.

Sneak peek Airbus A320 Neo untuk Citilink by Manwel Farrugia.

Sekali lagi, selamat untuk Citilink atas kedatangan armada pesawat baru Airbus A320 Neo!

***

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Stay awesome and wear your best smile!

Love,

signforblogFacebook | Twitter | Instagram | Migme

Share this to your friends:

heydeerahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

42 Comments

  1. Selain warnanya hijau cerah, yang saya suka dari citilink itu kalo pas naik dan turun selalu dikasih pantun, unik aja

  2. “Aku pilih kamu dong beb,” Hihihi.. Kece ya pesawat citilink yang ini. Penerbanganku pakai citilink dulu deh biar dapat pesawat ini, hahaha.

  3. Seneng maskapai Indonesia ada yang udah one step ahead memilih armada yang bersahabat dengan lingkungan. Smg pankapan kita bisa travelling bareng naik citilink ya Dee, hihi

  4. Cool! Jadi pengen nyobain juga. Airbus yang baru ini rutenya khusus ke Indonesia bagian timur ya?

    • Menurut info yang aku dapatkan, memang airbus a320 punya citilink ini untuk penerbangan dengan jarak menengah ke indonesia timur, karena bahan bakarnya lebih irit :)

  5. Cityllink makin bergairah ya kaaaak eaaaa
    Hmmm kapan kapan pengen gitu cuz bikin itinerary trus kalo bisa sih dapet promo citylink yang cakep dengan rute agak jauhan

  6. Sebagai orang yang belum pernah terbang naik pesawat, aku jadi iri gitu lihat pengalamanmu seru-seruan sama pesawat Citilink. :D Pilihan mereka untuk rebranding tepat banget tuh! Oke, anak pemasaran sotoy. Wahaha.

    Btw, “Catch Me If You Can” itu film jadul banget. Kayaknya keluarnya pas aku masih SD. Buahaha.

    • Aih, semoga next ada undangan famtrip yang jauh ya biar mimpimu kesampaian :D

      Cie anak pemasaran~ Sama dong! Oiya aku nontonnya streaming gitu bukan pas launching filmnya di bioskop ;)

  7. Aku pernah sekali naik citilink dan emang ada pantun2 gitu huakakakak rasanya aneh & lucu aja pas pramugaranya baca pantun XD

    • Hehehe iya awalnya aku juga nggak ngeh, eh kok ada pantun ya. Taunya emang trademark-nya begitu. Tapi justru itulah yang bikin citilink jadi beda.

    • Awal tahun ini sih neo baru datang satu pesawat, dan sepanjang tahun 2017 akan ada neo lainnya yang datang. Semoga ya pas mudik udah banyak neo yang beroperasi di ciitlink :)

  8. Aku belum pernah naik citilink. Penasaran sama ciri khasnya citilink yang katanya suka dibacain pantun. Bener-bener penasaran. Ditambahnya armada citilink, semoga kualitasnya semakin meningkat yaa. Selalu memberikan yang terbaik buat para penumpangnya. Seruuuu banget sih kamu bisa nyobain ruangannya pilot :)

    • beruntung banget bisa diajak citilink main ke hanggar-nya garuda nih <3
      yoi, nyaman, dan pantunnya itu lucu-lucu!
      yang paling penting sih, jarang delay. sayang kalo mau travelling pesawatnya delay, nanti itinnya nggak dapet semuanya #gamaurugi :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *