Review Hotel: Pop Hotel Banjarmasin Beserta Rekomendasi Wisata Banjarmasin

HeyDeeRahma.com – Review Hotel: Pop Hotel Banjarmasin | Banjarmasin. Tak terbayang bisa menjejakkan kaki di kota Banjarmasin yang ada di Pulau Kalimantan. Apalagi aku tidak pernah menuliskannya dalam travel bucket list sebelumnya. Tapi, ternyata universe baik sekali mengizinkan aku untuk melihat langsung seperti apa Kota Banjarmasin yang ternyata malah jadi kenangan jalan-jalan yang cukup berkesan buatku. Disana aku enjoy sekali ketika menyusuri sungai martapura untuk menuju pasar terapung lokbintan dan senangnya lagi selama di banjarmasin aku menginap di hotel yang nyaman: Pop Hotel Banjarmasin. Let’s check my story!

Tahukah kamu suku asli Banjarmasin bernama Suku Banjar? Dengan julukannya sebagai Kota Seribu Sungai, kota ini kebanyakan menyajikan wisata yang berhubungan dengan wisata air atau wisata sungai, guys… Tercatat, sekitar 11 tahun lalu atau tahun 1997, masih ada 117 sungai yang mengalir di sudut-sudut kota Banjarmasin. Sayangnya, kini sungai di banjarmasin semakin berkurang menjadi sekitar 60 sungai.. Hiks hiks. Tapi, menurutku kota banjarmasin tetap kota yang asyik buat dikunjungi untuk berwisata kok.

Pop Hotel Banjarmasin: Compact Hotel For Smart Traveller

Aku sampai di Bandara Syamsuddin Noor di Banjarmasin sekitar siang hari jam 11 waktu lokal Banjarmasin. Kemudian, aku langsung menuju ke Pop Hotel Banjarmasin yang menempuh waktu kira-kira 45 menit. Langsung aja ya aku infoin honest review aku selama nginep di Pop Hotel Banjarmasin :)

Bathroom Area

Kenapa bathroom area jadi hal pertama yang aku bahas? Well, karena menurut aku kamar mandi hotel yang bersih itu kriteria pertama yang aku perhatiin banget ketika mau nginep di suatu hotel. Nah, pas nginep di pop hotel banjarmasin, posisi bathroom-nya ini ada di dekat pintu masuk yang berwarna hijau di foto, guys. Jadi, bathroom-nya bentuk kapsul ringkes gitu. Suprisingly, walaupun kelihatan kecil dari luar, tapi di dalam spacey kok. Udah disediain sampo, sabun, dan handuk juga. Tapi, yang paling penting, kamar mandinya udah approved by Dee: Bersih! Hehehe.

Bed Quality

Sebelum ngomongin bed quality-nya, aku tetiba inget di lorong hotel menuju kamar, terdengar backsound suara burung berkicau gitu, guys. Unik ya suasana yang dibuat sama pop hotel banjarmasin buat tamunya. Setau aku pas nanya sama resepsionis, disini jumlah kamarnya ada 120, dan lebih ke tipe budget hotel buat smart traveller gitu. Soal bed, aku dapat kamar double yang bed linen-nya comfy, dan bersih. Cukup luas deh buat guling-guling rebahin badan. Hahaha. Pilihan tipe bed-nya emang hanya ada 2: twin dan double. Pilih deh sesuai kebutuhan kamu.

Room Facility

Sebagai hotel budget, pop hotel banjarmasin menyediakan sabun, sampo, dan handuk untuk setiap tamunya. Di dalam kamar ada fasilitas tv kabel, internet, ac, dan safe deposit box. So far aku suka dengan fasilitas di dalam kamar pop hotel banjarmasin. Internetnya lumayan kenceng di kamar dan pilihan tv kabelnya banyak. Mayan buat ngatasin bosen kalo belum bisa tidur kaaan atau buat hiburan kalo lagi trip sama keluarga.. Yang paling penting lagi nih: kamarnya nggak bau rokok, soalnya aku males banget sama bau rokok hehehe. :D

Lobby & PitStop Dining Area

Di hotel ini ada beberapa spot yang cocok dijadiin buat instagram photo, salah satunya di sudut PitStop dan di dekat lift. Nah, PitStop di Pop Hotel Banjarmasin ini  semacam tempat cafe lounge yang juga ada convenient store-nya. Posisinya pas di lobby hotel. Pas ngobrol lagi sama orang hotelnya, PitStop ini ternyata buka 24 jam, terus tamu maupun orang umum yang sekedar mau meet up sambil jajan nasi kuning, nasi goreng, atau makanan ringan bisa kesini. Soal makanannya sih standar hotel budget ya menurutku, biasa aja. Kalo aku sih seneng lama-lama di PitStop soalnya nyaman, terus buat ambil foto juga seru, pluas bisa sambil ngerjain draft blogpost dengan wifi yang disediakan hotel di area PitStop. Lengkap!

Kesimpulan Review Pop Hotel Banjarmasin

Overall, aku lihatnya Pop Hotel Banjarmasin ini sebagai hotel budget yang eco-friendly dan pastinya value for money dan cocok dijadikan penginapan buat family trip atau business traveller. Lokasinya sih emang nggak terlalu dekat sama bandara, tapi kalo nginep disini, gampang banget aksesnya ke pusat-pusat bisnis di banjarmasin. Staff hotelnya juga helpful dan gercep banget servisnya. Soal budget menurut aku masih oke yah mulai dari 200-300ribuan per malam.

PRO

• Kamar luas, pilihan channel tv banyak • Banyak spot buat foto instagram • Staf ramah dan sigap • PitStopnya pewe buat kongkow Wifi kenceng

CONS

• Akses menuju bandara lumayan jauh, butuh sekitar 30-45 menit. Tapi akses ke pusat bisnis gampang kalo nginep disini.

Rate Pop Hotel Banjarmasin
Room: 4/5 – Food: 3/5 – Service: 4/5 – Facility: 4/5

Semoga review ini membantu teman-teman yang lagi cari referensi hotel buat business trip atau wisata ke banjarmasin yah! Kalo ada pertanyaan soal hotel atau tips staycation/solo travelling jangan ragu tanya aja di kolom komentar atau email aku, aku usahakan jawab sebisa aku :)

Pop Hotel Banjarmasin
Alamat: Jl. H.Djok Mentaya No.50, Kertak Baru Ilir, Banjarmasin Tengah,
Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70111
No. Telp: +62 (511) 672 3888
Promo Booking: Pop Hotel Banjarmasin

Wisata Di Banjarmasin. Kemana Saja?

Kalo sudah ngomongin review hotel banjarmasin, kayaknya kurang lengkap deh kalo aku nggak sharing apa saja destinasi wisata banjarmasin yang recommended buat dikunjungi. Ini  aku share yaa daftar destinasi jalan-jalan ke banjarmasin.

Mengetahui Sejarah Perjuangan Rakyat Banjar di Museum Wasaka

Disini kamu bisa menyaksikan cerita perjuangan rakyat Kalimantan Selatan melawan penjajahan Belanda. Lokasinya berada di Gang H. Andir, Kampung Kenanga Ulu, Kelurahan Sungai Jingah, Kota Banjarmasin—tepat di tepi Sungai Martapura dan Jembatan Banua Anyar (Jembatan 17 Mei) yang terkenal. Sebenarnya, bangunan museum ini asalnya adalah rumah tradisional Banjarmasin yang dijadikan Museum Wasaka di tahun 1991.

Di dalam museum, tersimpan 400-an koleksi benda bersejarah senjata tradisional yang digunakan rakyat Banjar saat masa perjuangan kemerdekaan. Disini juga ada loh teks proklamasi warga Kalimantan Selatan ketika sepakat bergabung sebagai bagian dari NKRI. Museum Wasaka buka setiap hari Selasa-Minggu, mulai dari pukul 09.00-12.00 WITA (kecuali hari Jumat hanya sampai pukul 11.00).

Pengalaman Berbelanja Di Pasar Terapung Lokbaintan

Berbelanja di Pasar Terapung Lokbaintan jadi salah satu aktifitas wisata banjarmasin yang paling berkesan buatku. Lokasinya berada pas di tengah Sungai Martapura yang ada di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Disini, kita bisa melihat para penjual menjajakan sayuran, buah, makanan tradisional, hingga suvenir lokal dari atas kapalnya dengan beragam harga mulai dari 2 ribu hingga 15 ribuan. Bila kamu berencana kesini, kamu harus berangkat sebelum matahari terbit, karena pasar ini cuma buka sejak pukul 06.00 hingga 08.oo WITA saja.

Titik poin keberangkatan mulai dari Warung Soto Bang Amat, sebuah warung yang menjual soto banjar khas Banjarmasin. Untuk menuju ke Pasar Terapung Lokbaintan, kamu perlu menyewa sebuah perahu kelotok yang ada di samping warung. Setiap perahu disewakan seharga Rp350.000 untuk rombongan maksimal 20 orang. Ketika matahari sudah menampakkan dirinya, aku pun bisa menyaksikan kehidupan masyarakat di pinggir Sungai Martapura di pagi hari yang sedang beraktifitas mencuci pakaian, piring, bahkan mandi dan menggosok gigi dengan air dari Sungai Martapura. Aku sangat merekomendasikan kamu berwisata ke pasar terapung lokbaintan!

 

Icip-Icip Kuliner Lontong Orari

 Lokasinya ada di Jalan Sungai Mesa, Seberang Mesjid, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin. Lontong Orari bisa dinikmati untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Berdiri sejak tahun 1980-an, asal nama “Orari” karena dulunya tempat ini sering dijadikan tempat berkumpulkan anak muda komunitas radio amatir. Lontong Orari bisa dipesan 1/2 porsi atau 1 porsi. Aku sih pesan 1/2 porsi karena ternyata memesan setengah saja isinya sudah banyak, apalagi 1 porsi. Hehehe. Isinya ada lontong berbentuk segitiga yang membuatnya unik, potongan ayam, sayur nangka, dan telur bebek pindang.

Dari segi rasa, bumbunya terasa pas dengan kuah yang kental. Kalo kamu suka pedas, kamu bisa menyantapnya dengan tambahan sambel pedas yang tersedia di tiap meja. Dimakan bersamaan dengan kerupuk. Endeuuuuus! Kamu juga bisa menyantapnya dengan ikan haruan yang khas di Banjarmasin. Setiap 1/2 porsi harganya Rp 33 ribu, sementara itu 1 porsi Rp 35 ribu. Bila kamu ingin mencoba paket lontong orari lengkap berisi lauk ikan haruan, telur, dan ayam siapkan saja gojek Rp 60 ribu per porsi.

Belanja di Kampung Batik Sasirangan

Sasirangan adalah kain khas suku Banjar di Kalimantan Selatan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Kalo kamu main ke Kampung Batik Sasirangan, disana kamu akan bisa menemukan kain dengan motif-motif yang beragam. Biasanya kain sasirangan dipakai saat upacara adat setempat, seperti untuk ikat kepala (laung), sarung (tapih bumin) dan sabuk untuk lelaki, atau kerudung (kekamban), selendang, dan kemben (udat) untuk wanita.

Perkembangannya, memang kain sasirangan tidak hanya jadi pakaian adat, tapi bagian dari fashion modern dengan sentuhan kain tradisional yang diaplikasikan ke dalam bentuk selendang, kebaya, bahkan aksesoris seperti sapu tangan, sprei, taplak meja, dan gorden. Alamat Kampung Batik Sasirangan ada di Jalan Seberang Masjid Kelurahan Kampung Melayu. Maaf ya guys, aku nggak bisa kasih GoogleMap-nya karena nggak nemu euy. Kalo kamu pengen kesini, tanya saja patokan nya ama orang hotel tempat kamu menginap atau kalo mau lebih gampang minta dianterin sama driver lokal yang kamu sewa pas jalan-jalan ke banjarmasin.

Menikmati Banjarmasin Dari Ketinggian Menara Pandang

Ini adalah ikon wisata baru kota banjarmasin yang lokasinya berada di Siring Jalan Kapten Pierre Tendean Banjarmasin. Disini kita bisa melihat keindahan kota banjarmasin dari ketinggian. Menara Pandang memiliki 4 lantai yang lantai paling atasnya adalah area terbuka dimana kita bisa melihat area Sungai Martapura dan Kubah Mesjid Raya Sabilal Muhtadin yang jadi ikon Banjarmasin.

Biasanya Menara Pandang ramai dikunjungi saat akhir pekan, terutama hari Minggu. Walaupun begitu, Menara Pandang buka setiap hari dari pukul 10.00 – 21.00 WITA dengan biaya masuk gratis, kecuali parkir Rp 2 ribu. Di sekitar Menara Pandang terdapat lapangan luas yang kerap dijadikan berbagai macam acara lomba dan perayaan acara besar seperti Bakti Sosial atau Expo.

Foto Di Depan Ikon Patung Bekantan

Selain Pasar Terapung, adalagi yang khas dari Banjarmasin, yaitu Bekantan. Yes, hewan primata ini banyak ditemukan di Kalimantan, termasuk Banjarmasin sehingga dijadikan ikon Banjarmasin. Kebetulan, aku kesini saat menjelang sore. Pemandangannya sangat bagus sekali deh pas sunset, apalagi di sekelilingnya ada pemandangan kapal yang berlayar. Patung Bekantan ini memang baru saja dibangun pemerintah setempat untuk menjadi ikon dengan dana mencapai 2,6 miliar.

Lokasinya ada di Tepi Sungai Martapura di Jalan Kapten Pierre Tendean no. 12, Sungai Baru, Banjarmasin Tengah (tepat disebrang Taher Square) dan masih berada di satu kawasan dengan Menara Pandang. Di beberapa waktu tertentu, patung bekantan ini akan mengeluarkan air dari mulutnya seperti Patung Merlion di Singapura.

Travel Pro Tips:  

  • Untuk mencapai museum wasaka kamu bisa menyewa kapal kelotok untuk merasakan experience yang berbeda. Biasanya sepaket sama perjalanan ke Pasar Terapung Lokbaintan di Kabupaten Banjar.
  • Wisata kuliner yang bisa dicoba di Banjarmasin: Soto Banjar, Nasi Kuning, dan Lontong.
  • Di Banjarmasin juga ada beberapa destinasi wisata religi seperti Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Masjid Sultan Suriansyah dan Masjid Jami’ Banjarmasin.
  • Tetap jaga keamanan dan kebersihan yaaa guys setiap mengunjungi suatu tempat wisata. Jangan pernah buang sampah ke sungai!

Oke aku pikir itu saja yang bisa kubagikan dalam postinganku kali ini soal review pop hotel banjarmasin dan destinasi wisata banjarmasin.. Jangan bosen-bosen ya baca cerita jalan-jalan dan review hotel di blogku. Semoga bisa bermanfaat, dan kalau ada yang mau ditanyakan please feel free to ask di kolom komentar atau e-mail ya! :)

Disclaimer: All based on my experience and honest review as a guest in Pop Hotel Banjarmasin. 

===

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

LIKE MY BLOGPOST? FOLLOW MY SOCIAL MEDIA:

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan foto dan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin menggunakan foto atau mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

Others articles related to travel and lifestyle:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

61 Comments

  1. Banjarmasin cukup menyenangkan untuk dikunjungi, kebetulan 10 tahun saya di sana. dulu makanan dan minuman relatif mahal dibanding di Jakarta/Bandung, kini sama saja. Mungkin lontong ORARI yang termahal, tapi banyak kok makan enak dan khas yang 10 ribuan misal soto/sop Banjar dan sate Jl Brigjen Katamso https://goo.gl/maps/AKWwzDyMdDm. Kalau pasar terapung lebih suka yang Kuin, karena melalui sungai/anak sungai di kota, kalau pagi sekalian bisa lihat aktivitas orang sebelum berangkat kerja, sungainya sih relatif bersih dan banyak airnya, tidak seperti di Jakarta. btw keren juga nih Pop Harris Banjarmasin, kapan2 pengen coba ah.

    • Hi Wid!
      Makasi ya sudah mampir dan share banyak fakta menarik soal kota banjarmasin :)
      Ya, menurutku di banjarmasin itu yang keren wisata susur sungainya. Amazing!

      Cheers,
      Dee – heydeerahma.com

  2. Hai sist :) nanti wajib coba soto paling terkenal di Banjarmasin juga.. Soto Bang Amat hehe
    Oh iya, Pop Hotel memang unik, pernah sekali menginap disana, uniknya di bathroomnya ya ^_^ bentuk tabung gitu

    • Noted, semoga next time bisa balik lagi ke banjarmasin biar bisa icip soto bang amat! :)
      Eh iya, dari luar tabungnya kelihatan kecil dan kirain sempit di dalam, taunya cukup luas juga. Itulah salah satu keunikan Pop Hotel, menurutku.

      Cheers,
      Dee – heydeerahma.com

  3. dari dulu pengen ngerasain belanja di pasar terapung. semoga suatu saat punya rezeki bisa belanja di sana heheh

    • Amiin, seru lho main ke pasar terapung. Semoga bisa kesampaian ya jalan-jalan ke banjarmasin :)

      Cheers,
      Dee – heydeerahma.com

  4. Pop Hotel ini modern dan terkenal dengan ijo2 dan gambar2nya yg meriah. Blm pernah nyoba yang di Banjarmasin mbak. Moga2 pas ada kesempaan mudik ke rumah mertua di Banjarbaru bisa nyoba ke sana, aku pengen liat pasar terapung pagi2 hehe

    • Yap, betul sekali kak hamsa, ciri khas pop hotel memang warna hijau cerah, bikin suasana hati jadi ikutan cerah nginep disini hihihi :D
      Semoga tahun ini bisa kesampaian mudik ke Banjarbaru ya, kak :)

      Cheers,
      Dee – heydeerahma.com

  5. Ah asyik banget jalan2 ke Banjarmasi.. Konsep hotel Pop sangat2 menarik banget dah. Tempat tidurnya nyaman, bersih, dan luas lagi ya Mbak.

    Kapan2 mau ah tidur di Hotel Pop juga..

    • Yuk ke banjarmasin, seru pasar terapungnya. Aku yang bukan morning person bela-belain bangun subuh demi lihat suasana pasar terapung :D

      Cheers,
      Dee – heydeerahma.com

    • Borneo memang seru dijelajahi :)
      Salam kenal juga, Inna! Makasi ya sudah mampir ke blog heydeerahma.com! ;)

      Cheers,
      Dee – heydeerahma.com

  6. Emang nyamaaaan kalo pop hotel ini. Aku pernah stayed di pop yg klp gading, sekedar ngilangin jenuh aja. Lokasi barengan ama Mall, jd bisa lgs masuk mall. Sarapan juga enak walo ga banyak pilihan. Puas lah di sana.

    Ebuseeet itu lontong orari nya beli 1/2 porsi ama 1 porsi cuma beda 2 rb doang huahahahahaha.. Mending beli 1 yak :p. Suamiku yg pernah business trip ke banjarmasin. Tapi wkt itu dia kurang suka ama lontong orarinya. Daerah kalimantan yg kulinernya cocok ama dia, itu yg daerah pontianak. Aku sendiri blm prnh kesana :D. Kapan2 pgn juga

    • Beli satu bisa aja sih, tapi itu porsi setengah udah buanyak banget, tak sanggup ngabisinnya hahaha.
      Iya betul, kota Pontianak juga surganya kuliner. Hehehe. Aku malah belum pernah main ke pontianak. Semoga suatu saat bisa gantian main kesana :)

      Cheers,
      Dee – heydeerahma.com

  7. wah, seru jalan-jalan ke Banjarmasinnya mbak Rahmah :)

    terima kasih juga buat ulasan lengkapnya tentang PoP Hotel, aku sempet beberapa kali stay di sana juga kalau ke Bandung. Harganya hemat dan menurutku fasilitasnya juga lengkap.

    keep sharing ya mbak :)

    • Banjarmasin jadi pengalaman jalan yang cukup berkesan buatku :)

      Wuah, pernah nginap di pop hotel juga yaa, seruuu ya kalo yang ada PitStop-nya. Eh kalo Bandung ada nggak sih?

      Makasih yaa udah mampir dan support heydeerahma.com

      Cheers,
      Dee – heydeerahma.com

  8. Kulinernya menggoda dan bisa bikin lahap makan ini mah. Hotelnya juga bersahabat di kantong kak

  9. Wah kulinernya menggiurkan kak, bisa bikin lahap makan terus itu mah.
    Harga penginapannya juga bersahabat.

    • Nanti kalo jalan-jalan ke banjarmasin, nginep di pop hotel saja. Kamarnya luas buat travelling rame-rame. 😊

  10. Wah, padahal aku stay di Banjarmasin lho mbak….banyak kok kuliner lainnya yang mesti di eskplore, kalo nanti ke banjarmasin kabarin kak…..

  11. Kalo jaraknya jauh dari bandara masih bisa ditolerir lah ya, yg penting ke area bisnisnya dekat & gampang ke mana2.

    • Betul kak, kalo dekat ke area bisnis, mau cari makan lebih gampang banyak pilihannya hehehe :D

      Makasi ya udah mampir kesini :)

      Cheers,
      Dee Rahma

    • Siaaap, semoga kesampaian main ke banjarmasin yah.
      Makasi udah mampir ke blog heydeerahma.com :)

      Cheers,
      Dee Rahma

  12. Konsep pop hotel sama ya di mana mana kak? Aku pernah nginep yang di kemang. Ya begini ini. Ahahaha…

    Btw alhamdulillah ga ada foto makanan. Jadi aman… Perut yang keroncongan tak makin berontak… Wkwkwk…

    • Sepertinya mirip karena setiap chain hotel pasti sudah memiliki standar-nya masing-masing kak uwan :)

      Cheers,
      Dee Rahma

    • Hi Chelshea,

      Makasi udah mampir ke blog heydeerahma.com :)
      Setelah main ke banjarmasin ternyata banyak destinasi wisata yang menarik loh disana, yuk main ke banjarmasin juga, Chelshea! :)

      Cheers,
      Dee Rahma

  13. Udah lama gak ke Banjar. Kangen jug sih ke Pasar Terapung beli mangga kesturi
    Yang harum banget.

    Btw kalau Pop Hotel dimana2 sama
    Ya. Jadi Aman , standard nya sama. Paling yg bedain jenia sarapan tiap Kota aja.

    • Nah iya, experience ke pasar terapung memang paling ok deh kalo jalan ke banjarmasin :)

      Untuk kamar iya, kurang lebih sama, tapi untuk fasilitas PitStop gak semua pop hotel ada :)

      Cheers,
      Dee Rahma – heydeerahma.com

    • Hehehe khusus untuk porsi opor orori pesan setengah porsi aja yaaa, itu aja dah kenyang banget hehehe :D

      Anyway, makasi udah mampir ke blog heydeerahma.com

      Cheers,
      Dee Rahma

  14. Pernah sekali ke Banjarmasin dan pengen balik lagi setelah baca postingan ini. Belum sempat makan lontong orari dan naik menara pandang. Hotel Pop boleh banget nih.

  15. Wah, kok bisa berkurang begitu ya sungainya 😭

    Nah, saya tertarik sama Kain Sasirangan nih. Kainnya itu masih buatan tangan manual atau sudah menggunakan mesin ya?

    • Kalo toko yang saya kunjungi ada dua jenis kain sasirangan yang manual dan mesin. Harganya juga beda kalau yang manual hehe :D

      Cheers,
      Dee Rahma

  16. Kangen banget Banjarmasin. Pengen banget mendatangi lagi Banjarmasin. Menikmati alamnya, budaya dan kulinernya. Nginapnya pilih Hotel Pop. Banjarmasin terasa dekatnya :-)

  17. Aku suka warna hijaunya, segeeerrr. Bentuk kamar mandinya juga lucu ya. Wah kalo ke Banjarmasin memang wajib ke Pasar Terapung Lokbaintan. Aku sendiri baru sekali ke Kalimantan, itu pun hanya ke Pontianak aja.

  18. Kalau ngetrip sih enaknya pas nginep di hoyel yang tidak mahal-mahal, karena kita hanya numpang tkdur. Kurasa Hotel Pop udah amat bagus hahahahhah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *