Glamping Experience di Mongolian Camp The Highland Park Resort Bogor

HeyDeeRahma.com – (Review) Glamping di Mongolian Camp The Highland Park Resort Bogor | Pernah dong ngerasa jenuh banget dalam kerjaan ataupun sekolah? Nah, kalo rasa jenuh susah ilang, udah saatnya nyoba kegiatan baru di akhir pekan seperti travelling ke tempat baru, eksplor kuliner unik, atau nyobain GLAMPING!

Apa itu Glamping?

Glamping merupakan singkatan Glamorous Camping yang muncul sebagai global trend sejak dua tahun lalu. Sudah banyak resort lokal yang mengusung konsep wisata glamping dimana kamu bisa menikmati suasana alam bebas tanpa mengorbankan kenyamanan, rasa aman, dan kemewahan.

Inget kan jaman dulu pramuka pernah ada kegiatan kemah dimana wajib bawa tenda, peralatan masak, dan lain-lain yang bikin riweuh banget? Belom lagi harus kebingungan gimana saat harus ke kamar mandi. Duuh ngebayanginnya aja udah malesss!

Suasana glamping di The Highland Resort Bogor

 

Nah, wisata glamping berusaha meminimalisir kerempongan itu dengan menyediakan sebuah resort gaya kemah, namun dengan fasilitas hotel bintang. Yes, glamping menjawab keinginan masyarakat urban yang mau mencoba camping berpetualang di alam bebas tanpa harus repot. Praktis dan fun kan!

Oya, sebelumnya aku juga pernah sharing tentang pengalaman luxperience aku ketika menginap di Kila Senggigi Lombok yang konsep resortnya berada di pinggir pantai. Nah, sekarang aku akan berbagi lagi nih pengalaman menginap di tempat yang bukan pantai lagi, tapi di kaki Gunung Salak, Bogor! Wuiiih, penasaran dong pasti. Apalagi kan cerita staycation-ku memang berbasis experience yang unik. Makin beda, makin seru!

Oke, langsung aja ya..

Glamping Experience di Mongolian Camp The Highland Park Resort Bogor

Sebenarnya aku sudah lama ingin menuliskan cerita pengalamanku menginap di Mongolian Camp The Highland Park Resort Bogor ini sejak lama. Tapi, ya gitu deh, sampai akhirnya baru bisa nge-draft hari ini. Apalagi aku kan pengennya semua tulisan di blog HeyDeeRahma.com nggak sembarangan isinya, harus berkualitas. Jadi, emang butuh waktu yang lama buat nyelesain sebuah tulisan di blog ini.

Awalnya aku pengen nyobain glamping di Mongolian Camp ini karena aku lihat review-nya di sebuah online magazine lokal gitu. Tapi, baru bisa terwujud beberapa bulan ke depan setelahnya. Mayan deh, daripada manyun. Hehehe. Memang konsep glamping yang diusung sama The Highland Park Resort Bogor ini kalo kuperhatikan memang mirip seperti tenda besar khas suku Apache di Amerika dan suku Mongol yang tinggal di perbatasan China dan Rusia. Mirip juga sama vibe-nya Tomorrowland Festival yang hype itu.

Lokasinya yang masih di sekitaran Bogor dan nggak jauh dari Jakarta jadi alasan yang tepat untuk mencoba glamping di  The Highland Park Resort Bogor. Apalagi buat pekerja kantoran dan anak kuliahan yang suka mepet waktu liburannya (dan waktu cutinya). Kadang, melarikan sejenak dari riuhnya ibukota tanpa harus keluar pulau jadi alasan paling make sense untuk kembali mengumpulkan kembali semangat bekerja ketika dilanda kejenuhan. Pasti pernah kan merasakan seperti itu? Butuh refreshing, lihat pemandangan yang cakep terus menghirup udara yang sejuk. Ahhh.. Sudah jangan dibayangkan saja, lebih baik segera booking The Highland Park Resort Bogor.

Anak-anak pasti suka main di perosotan ini. Kolam renangnya juga nggak terlalu dalam.

 

Yap, memang namanya The Highland Park Resort Bogor, tapi di kepalaku yang tertancap adalah Mongolian Camp. Karena memang seperti itu yang aku baca dari review-review di google. Lebih-lebih karena Mongolian Camp lebih mudah diucapkan dan diingat daripada The Highland Park Resort Bogor. Hehehe. Konon, katanya memang sang pemilik resort terinspirasi membuat penginapan ala Mongolian ini setelah pulang liburan dari Mongolia. Aku pun amazed dengan segala kelengkapan fasilitas yang ada di dalam resort ini, diantaranya:

 Kids- Friendly Facility  Kolam renang dengan konsep waterboom, Equestrian club for kids, Mini-zoo, Kids playground, Fishing pond.
General Facility Flying fox, Lapangan futsal indoor, Meeting camp, Ballroom, Equestrian club for professional, Karaoke, Edu-camp/Outbound, Mini-golf, Jogging track, Shooting range, Billiard, PingPong, Food reflexology.

Wuih, lengkap banget khaan guys, fasilitasnya! Sepertinya kalo cuma 1 malam menginap disini memang nggak bisa mengeksplor semua fasilitasnya deh yaaa. Hehehe. Tapi, memang kalo buat kegiatan outing perusahaan gitu atau family gathering cocok sih, apalagi yang kesini buat liburan sama anak-anak. Menurutku, pemandangan indah yang menghadap Gunung Salak langsung, fasilitas lengkap dengan banyak spot instagramable, serta tersedianya berbagai aktifitas seru buat anak-anak dan dewasa jadi daya tarik The Highland Park Resort Bogor.

Menikmati jagung bakar di depan api unggun :)

 

Waktu aku punya kesempatan nginep disini, setiap malam hari biasanya di depan restoran tersedia minuman hangat dan jagung bakar yang bisa diambil secara gratis gitu, guys. Kalo pun kamu mau buat acara family gathering atau outing gitu biasanya The Highland Park Resort Bogor juga bisa nyediain acara api unggun sambil makan barbekyu dan jagung bakar pas aku tanya sama petugas disana. Asyik banget yah. Apalagi pas aku kesana, berasa banget cuaca di The Highland Park Resort Bogor terasa dingin saat malam hari.

Equestrian Club di The Highland Park Resort Bogor

Udah jadi ciri khas HeyDeeRahma.com untuk membagikan pengalaman staycation dan travelling yang unik. Salah satu fasilitas yang bikin penasaran disini selain bentuk penginapannya yang instagramable ala Suku Mongol adalah Equestrian Club di The Highland Park Resort Bogor. Nah buat yang belum tahu, Equestrian Club itu sederhananya adalah Klub Berkuda.

Baru tahu juga kalo di Mongolian Camp ini juga punya beberapa istal yang berisi beberapa kuda yang bisa ditunggangi oleh tamu, baik anak-anak maupun dewasa untuk mengelilingi resort. Masih jarang sih yang infoin soal ini di blog, soalnya memang lokasi istal ini agak jauh kebelakang.

Keberadaan aktifitas berkuda di The Highland Park Resort Bogor ini ternyata terinspirasi dari budaya Mongol dimana masyarakatnya yang nomaden banyak menggunakan kuda sebagai transportasi utama dalam kesehariannya. Sehingga anak-anak kecil disana banyak yang sudah dikenalkan aktifitas berkuda sejak masih belia. Untuk biaya sekali naik kuda di The Highland Park Resort Bogor untuk anak-anak dikenakan Rp30.000. Cukup terjangkau yah buat nyenengin anak-anak :)

Pengalaman Cobain Glamping, Soal Makanan, dan Pilihan Tipe Kamar di  The Highland Park Resort Bogor

Pertama kali sampai ke lokasi, dari parkir mobil menuju meja resepsionis perlu jalan kaki sekitar 5 menit melewati sebuah terowongan pendek sebelum sampai lobi. Tiap tamu yang sudah reservasi diberikan jus jeruk sebagai welcome drink. Soal makanan dan minuman saat sarapan, banyak sekali variasi yang disediakan, kurang lebih sama dengan makanan yang disajikan di hotel pada umumnya, seperti nasi, mie, sereal, lauk pauk, salad, roti, kue. Yang agak beda paling ada singkong goreng, ubi rebus, lontong sayur, bubur kacang hijau, dan ketan hitam. :)

Lihat gedung putih itu, di lantai 1 ruang resepsionis, di lantai ke-2 restoran.

 

Tempat sarapan ada di restoran yang lokasinya berada di lantai 2 dari meja resepsionis. Di lantai yang sama dengan restoran, aku melihat bar corner dan ruang bermain anak. Sepertinya memang resort ini memiliki extra concern untuk anak-anak, dan bisa dikatakan The Higland Park Resort Bogor sangat kids-friendly. Pas nyobain berenang, ternyata kolam renangnya juga nggak begitu dalam, cuma sekitar 90-1,2 meter gitu. Anak-anak pasti seneng juga deh main perosotan di kolam renangnya The Higland Park Resort Bogor.

 TIPE KAMAR INFORMASI TAMBAHAN
Apache Camp

Kapasitas: 2-5 orang per kamar.

Harga: Rp1.500.000/malam

Seperti namanya, sudah kebayang kan guys, bentuk tendanya kerucut menjulang keatas persis seperti kediaman suku Apache di Amerika. Kalau aku perhatikan, setiap rangka dari Apache Camp terbuat dari kayu jati yang dibalut terpal putih tebal. Jadi, nggak bisa ngobrol terlalu kencang sih, karena bisa kedengeran keluar secara cuma dibalut terpal putih kaan.. Tapi, buat cobain experience glamping, okee lah.. :)

Mongolian Condotel

Kapasitas: 2-6 orang per kamar.

Harga: Rp2.000.000/malam

Aku perhatikan ini tipe kamar yang paling banyak di Mongolian Camp. Standard, Superior, Deluxe, dan Barrack adalah jenis kamar yang bisa kamu pilih sesuai dengan bujet liburan kamu. Perbedaannya diantara keempatnya adalah lokasi paling jauh/dekat ke resepsionis, kapasitas orang per kamar, dan perbedaan interior.

Paling dekat dengan kolam renang, bisa pilih tipe Standard seharga 2 juta untuk kapasitas maksimal 6 orang dewasa. Mau interior yang lebih eksklusif, bisa pilih Superior seharga 2,250 juta atau Deluxe seharga 2,5 juta yang lokasinya lebih ke atas. Kalo mau murah meriah saat group tour, bisa pilih Barrack yang muat hingga 25 orang.

Tree House

Kapasitas: 2-5 orang per kamar.

Harga: Rp2.500.000/malam

Menurutku, tipe Tree House juga cukup unik dengan desain natural dan interior kayu yang mewah. Bayangin aja kamu tinggal di rumah pohon gitu, guys. Dari pilihan tipe kamar yang ada, Tree House lebih ekslusif dan privat.  
Tipe dan Harga Kamar di The Highland Park Resort Bogor

 

Untuk tipe Apache, dari luar  emang kelihatan sempit sih, tapi ternyata di dalam fasilitasnya seperti resort pada umumnya kok, lengkap dengan tempat tidur dan kamar mandi yang semua bagian lantainya sudah keramik. Jadi, nggak bakal takut dinyamukin deh karena nggak langsung bersentuhan dengan rumput. Inilah experience glamping yang berbeda dan unik. Kalo soal tipe mana yang paling oke, menurutku disesuaikan saja sih dengan kebutuhan dan bujet kamu :)

Sekedar info aja, fasilitas standar di setiap kamar adalah tempat tidur queen (bisa piluh double atau twin), sofa bed, tv kabel, shower dengan air hangat, handuk, toiletries, telepon, ac, lemari, kamar mandi dalam (kecuali yang tipe barrack). Aku sendiri menginap di kamar tipe Deluxe yang didalam sudah dilengkapi semua fasilitas yang udah aku sebutin.

Penampakan salah satu interior kamar The Highland Resort Bogor

 

Satu kamar memang luas ternyata di dalamnya, dan pas dateng sudah disuguhi air mineral dan ada sandal hotel buat 2 orang. Tapi, nggak ada kulkas dan brankas seperti pada hotel yang pernah aku inapi. Wifi-pun nggak sampai kamar, hanya di lobby saja. Tapi, it’s okelah, soalnya kan tujuan liburan emang buat puasa dari internet dan hape. Hehehe.

Kesimpulan

Nikmatnya menghirup udara segar di pagi hari ketika menginap di The Highland Resort Bogor

 

Dari segi konsep, glamping experience yang disajikan oleh The Highland Park Resort Bogor memang unik dan berbeda dengan penginapan lainnya. Hanya saja, dengan harga jutaan untuk penginapan sekelas resort, rasanya kurang “wah” aja interior kamar dan servis makanan yang diberikan disini. Berasa standar dan kurang nendang. Ambience secara keseluruhan sih oke banget buat refreshing, apalagi pemandangan Gunung Salak-nya yang mempesona bisa dinikmati dengan suasana yang sejuk. Jendela besar yang berada di depan restoran di lantai 2 juga memberikan amazing view. Overall, tempatnya seru buat family vacation, acara LDK sekolah, atau corporate gathering gitu menurutku. Kalo ditanya mau balik datang lagi atau nggak, rasanya buat aku, cukup satu kali visit saja untuk memadam rasa penasaran :)

Rate The Higland Park Resort Bogor
Room: 4/5 – Food: 4/5 – Service: 4/5 – Facility: 5/5

Travel Pro Tips:

  • Sebelum kesini, cek dulu aja availability di situs booking online, seperti Booking.com. Bisa sekalian booking disitu. Dan jika nggak dapet room pas mau booking online, coba reservasi via telepon langsung ke hotelnya.
  • Usahakan bangun pagi hari, karena udaranya bersih dan segar. Pemandangan Gunung Salak-nya juga kece.
  • Kalo menginap disini, kamu juga bisa ekplor Curug Nangka, Curug Luhur, atau Pura Parahyangan Agung Jagatkarta yang lokasinya nggak jauh dari resort.
  • Bisa gunakan fasilitas golf car dari resort kalo dapat kamar yang lokasinya di belakang.
  • Sebelum masuk ke area resort, banyak Indomaret dan Alfamart. Beli aja jajanan cemilan roti, coklat, aqua bila diperlukan. Soalnya kalo sudah di-resort jauh kemana-mana.
  • Sebagian besar tipe room menggunakan bahan terpal dengan kontruksi kayu jati yang tidak kedap suara. Perhatikan ya jangan terlalu berisik kalo lagi ngobrol biar gak kedengeran tetangga sebelah hehehe.
Kalo nginap di Apache Camp, harus naik tangga ini dulu :)

Akses Menuju Mongolian Camp The Highland Park Resort Bogor

Mongolian Camp memang nggak terlalu jauh dari Jakarta, kalo nggak macet palingan 2-3 jam sudah sampai ke The Highland Park Resort Bogor. Kira-kira sekitar 25 km dari keluar Tol Jagorawi di Baranangsiang, Kota Bogor. Nggak susah kok nyari lokasinya kalo ngikutin Google Map. Cuma perlu diperhatikan aja guys, jalanan menuju ke Mongolian Camp ini lumayan berkelok, terus bikin was-was kalo berpapasan dengan kendaraan lain di depan, karena seinget aku jalurnya cuma muat buat 1 bis besar gitu.

The Highland Park Resort Bogor – Mongolian Camp
Alamat: Jl. Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Kec. Tamansari
Kab. Bogor, Jawa Barat, Indonesia 16610
No. Telp: +62 251 848 5 777
Website: The Highland Park Resort Bogor (klik untuk booking)

Jadi, kapan nih guys mau cobain ber-glamping ria di Mongolian Camp The Higland Park Resort Bogor? Yuk mulai rencanakan dan sesuaikan dengan jadwal liburan kamu dari sekarang! Semoga review bisa ini membantu teman-teman yang lagi cari referensi hotel di sekitaran bogor atau puncak yah! Kalo ada pertanyaan soal hotel atau tips staycation/solo travelling jangan ragu tanya aja di kolom komentar atau email aku, aku usahakan jawab sebisa aku :)

Disclaimer: All based on my experience and honest review as a guest in The Highland Park Resort Bogor.

PIN ME UP!

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

signforblog

LIKE MY BLOGPOST? FOLLOW MY SOCIAL MEDIA

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan foto dan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin menggunakan foto atau mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

 

Others articles related to travel and lifestyle:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *