Pengalaman Mengembangkan Dana Di Akseleran, Mulai Dari 100 Ribu

HeyDeeRahma.com – Pengalaman Mengembangkan Dana Di Akseleran, Mulai Dari 100 Ribu | Sebelum saya membahas lebih jauh mengenai pengalaman mengembangkan dana di Akseleran, ada baiknya membaca terlebih dahulu blogpost saya sebelumnya berjudul Peer-to-Peer Lending Indonesia sehingga bisa menjadi lebih familiar dengan istilah P2P Lending.

Selain cara konvensional (seperti deposito, saham, emas), P2P Lending kini mulai dilirik oleh para millenials dan generasi z yang dikenal menyukai experience baru, termasuk dalam hal finansial. Kemudahan memulai dari nominal terkecil Rp100.000 pun membuat saya tertarik mencoba mengembangkan dana di fintech P2P Lending Akseleran.

Mengapa Menggunakan P2P Lending Akseleran?

Inilah pertimbangan ketika saya ingin mulai mengembangkan dana melalui P2P Lending, diantaranya:

1. Wajib Sudah Terdaftar dan Berizin di Otoritas Jasa Keuangan

Saya mengecek di laman website OJK disini dan menemukan informasi bahwa Akseleran sudah terdaftar di OJK dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019. Data ini menunjukkan bahwa Akseleran sudah mendapatkan izin dari OJK terkait seluruh kegiatan pinjam-meminjam melalui P2P Lending Akseleran, sehingga terjamin, legal, dan aman bagi masyarakat.

2. Tingkat Nilai TKB90 Untuk Mengenal Risiko Pendanaan

Sebelum memutuskan untuk mencoba pendanaan di platform P2P Lending legal, aman dan menguntungkan seperti Akseleran, saya juga memperhatikan tingkat nilai TKB90 yang menjadi pertimbangan penting bagi saya pribadi.

Hal ini karena terkait kinerja atau performa perusahaan fintech P2P Lending tersebut dalam mengembalikan dana lender. Semakin tinggi persenan nilai TKB90, cenderung makin aman untuk memberikan pendanaan di dalamnya karena inilah yang menjadi indikator tingkat keberhasilan perusahaan fintech tersebut dalam menyelesaikan kewajiban pinjam-meminjam bisa diselesaikan dalam jangka waktu sampai dengan 90 hari terhitung sejak jatuh tempo. FYI, nilai TKB90 Akseleran yang saya cek per tanggal 1 September 2020 adalah 98.4%.

3. Strategi Manajemen Risiko P2P Lending

Tujuan seorang investor menanamkan dana ke sebuah platform P2P Lending tentu saja untuk membuat uang yang dimiliki dapat tumbuh berkembang. Bahkan, jangan sampai uang hilang karena mendapat kerugian dari kegiatan pengembangan dana yang dilakukan.

Namun, perlu dipahami juga dalam kenyataannya kegiatan pinjam-meminjam apapun itu memiliki dua sisi risiko: untung dan rugi. Termasuk ketika hendak memberikan pendanaan di P2P Lending. Maka dari itu, kenalilah terlebih dahulu segala risiko yang mungkin terjadi ketika memutuskan untuk memberikan pendanaan di platform P2P Lending.

Cara risetnya adalah membaca dengan teliti bagaimana platform P2P Lending tersebut memberikan filter kepada Peminjam Dana (Borrower). Fitur seperti credit scoring, pemberian agunan, adanya asuransi, bisa menjadi pertimbangan untuk dipelajari lebih lanjut sebelum memulai pendanaan.

Menimbang Pencegahan Risiko Kerugian P2P Lending

Untuk platform P2P Lending Akseleran, pendekatan yang dilakukan berupa Credit Scoring, Pilihan Pencairan Agunan, serta Proteksi Asuransi sebagai pencegahan risiko kerugian.

1. CREDIT SCORING

Setiap pinjaman yang telah rilis di Akseleran sudah tercantum nilai credit scoring. Jadi, tinggal disesuaikan saja dengan profil risiko yang anda miliki. Penilaian kelayakan serta risiko pinjaman pelaku usaha yang mengajukan Pinjaman Dana (Borrower) ke Akseleran menggunakan Internal Credit Scoring System berdasarkan 3 hal utama, yakni Keuangan, Agunan, dan Credit Behaviour.

Credit Scoring ini juga memudahkan Investor/Lender untuk mendanai suatu proyek atau kampanye, dimana semakin tinggi tingkatan Credit Scoring, maka aktivitas peminjaman cenderung lebih aman.

2. AGUNAN

Adanya sistem agunan di dalam platform secara tidak langsung memberikan ‘rasa aman’ bagi Investor/Lender seperti saya. Karena apabila Borrower terpaksa mengalami gagal bayar, maka agunan bisa dicairkan sebagai alternatif pembayaran.

Lebih dari 98% proyek pinjaman di Akseleran beragunan, yang terdiri dari bentuk tagihan (invoice financing/pre-invoice financing), capex financing, dan inventory financing.

3. PROTEKSI ASURANSI

Hal lain yang memberikan ‘rasa aman’ ketika memutuskan memberikan pendanaan di platform Akseleran adalah tersedianya proteksi asuransi. Di saat resiko gagal bayar bisa terjadi kapan saja, adanya proteksi asuransi ini memungkinkan Investor/Lender tetap mendapatkan kembali 85% dari uang pokok yang sudah dipinjamkan.

Itulah 3 hal penting yang saya pertimbangkan sebelum mulai pendanaan P2P Lending seperti Akseleran untuk mendapatkan imbal hasil dari proyek yang saya danai.

Pengalaman Mendapatkan Imbal Hasil Dari P2P Lending Akseleran 

Saya mengenal Akseleran sejak awal tahun 2020. Namun, baru mencoba menjadi Investor/Lender sejak bulan September 2020 di sebuah proyek Pinjaman Beragunan & Proteksi Asuransi Usaha Produsen Coconut Oil. Imbal hasil nanti akan terlihat 4 bulan setelah melakukan pendanaan pertama kali di Akseleran. Sejauh ini saya memiliki pengalaman positif dalam menggunakan aplikasi P2P Lending Akseleran dengan proses yang mudah bagi pengguna baru seperti saya.

Memulai Pendanaan di Aplikasi P2P Lending Akseleran

Bagi pembaca yang ingin mencoba mengembangkan dana melalui Akseleran, silahkan ikuti langkah ini:

1. Tahapan Registrasi

Akseleran dapat diunduh di aplikasi Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS) atau melalui website akseleran.co.id. Selanjutnya, pilih Daftar dengan mengisi semua data yang diminta. Kemudian, siapkan KTP dan NPWP sebagai syarat Daftar Akun Baru.

Di Akseleran juga ada program referral, dimana Pemberi Dana Pinjaman (Lender) bisa mendapatkan bonus saldo Rp100.000. Lumayan kan untuk menambah funding! Silahkan bisa pakai kode referral saya: AKSLDESHINTA368515.

Pemilik referral akan mendapatkan 0,5% dari pendanaan yang berhasil dilakukan selama 6 bulan ke depan (tidak mengurangi saldo funding anda sama sekali, malah bertambah Rp100.000, lho). Mubazir, bila melewatkan kesempatan ini!

2. Mulai Memberi Pinjaman

Gunakan menu Beri Pinjaman untuk mulai memberikan pendanaan ke Borrower. Meskipun belum Daftar Akun, tetap bisa kok melihat-lihat terlebih dahulu kampanye pinjaman yang sedang rilis di Akseleran, namun tidak bisa melihat proyek lebih detail.

Ada banyak opsi di Akseleran, seperti Pinjaman Bisnis UKM, Pengadaan Alat, Pinjaman Jasa, dan lainnya. Ada baiknya Daftar Akun dahulu sehingga bisa melihat semua detail kampanye, agunan, tujuan pendanaan, info usaha & detail pinjaman, serta histori pinjaman sehingga bisa memastikan kelayakan pembiayaan suatu kampanye yang menguntungkan bagi anda.

3. Mengecek Portofolio Pendanaan Berjalan

Setelah sukses Beri Pinjaman, semua portofolio pendanaan Akseleran dapat dicek melalui menu Laporan Saya dimana kampanye, profit, dan cicilan pokok bisa terlihat detail.

Sebagai eksperimen, saya mencoba mengembangkan dana mulai Rp100.000 untuk mendapatkan imbal hasil dari sebuah proyek Pinjaman Beragunan Usaha Produsen Coconut Oil dengan tenor 4 bulan. Bunga yang saya dapatkan adalah sebesar 15% dengan cicilan pokok sebesar Rp100.000 yang akan dikembalikan full saat akhir tenor.

Kesimpulan

Dari pengalaman saya, Akseleran sudah memenuhi aspek penting yang menjadi acuan saya sebelum melakukan Pendanaan. Memulai pendanaan dari Rp100.000 menjadi nilai lebih Akseleran bagi mereka yang baru mencoba platform P2P Lending sebagai cara untuk mengembangkan uang. Untuk lebih maksimal, saya sangat menyarankan untuk melakukan strategi compounding dimana bunga yang didapatkan setiap bulan diputar kembali. Bila ingin Daftar Akun Baru, jangan lupa gunakan kode referral saya untuk mendapat bonus Rp100.000! Selamat Mencoba.

Bagikan pengalaman berinvestasi di platform p2p lending yuk di kolom komentar! Atau bisa mention @heydeerahma di instagram.

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

signforblog

FOLLOW MY SOCIAL MEDIA

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan foto dan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin menggunakan foto atau mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

Others articles related to personal finance and lifestyle:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *