Pengalaman Mencoba Beragam Fitur Baru Di Dalam Aplikasi Transportasi Online Grab Indonesia

HeyDeeRahma.com – Pengalaman Mencoba Beragam Fitur Baru Di Dalam Aplikasi Transportasi OnlineGrab Indonesia | I always amazed on how technology helps to improve people’s lives. Dari dulu aku memang selalu percaya dengan kekuatan teknologi dan internet yang bisa memberikan beragam pilihan baru kepada seseorang. Sesimpel dengan kehadiran smartphone, internet, serta penemuan inovasi berupa aplikasi transportasi online, yang ternyata dampaknya begitu luar biasa bagi kehidupan banyak orang.update dari aku ;)

Dari sisi pengemudi, mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa memperbaiki kehidupan para driver dan keluarganya. Sementara, di sisi masyarakat, kecepatan mendapatkan transportasi online, baik ojek motor atau mobil tentu saja menjadi kemudahan yang didambakan masyarakat. Terutama ketika sekitar dua atau tiga tahun lalu, saat masyarakat masih sulit menemukan transportasi publik yang reliable, efisien waktu, sekaligus aman yang belum bisa didapatkan pada ojek dan angkutan umum konvensional pada waktu itu (pengalaman pribadi nih, guys!).

Menurutku ini adalah solusi yang sangat cerdas dimana teknologi menjadi jawaban dari kebutuhan akan kecepatan, keamanan, kenyamanan terkait transportasi publik di negeri ini. Bahkan, aku sudah merasakan bagaimana aplikasi transportasi online Grab, memudahkan mobilitasku ketika travelling ke berbagai negara, seperti di Singapura dan Malaysia. Grab pernah jadi penyelamatku untuk mengantar ke hotel ketika terjadi hujan badai deras di Singapura awal November lalu karena waktu itu memang nggak memungkinkan untuk naik Bis atau MRT, apalagi sudah hampir tengah malam. Untung deh ada Grab ;)

3 Fitur Seru Transportasi Online Grab Yang Menjadi Favoritku

Ada beberapa alasan mendasar yang membuat aku menyukai aplikasi Grab yang kurasakan ketika memanfaatkannya untuk travelling atau sekedar mobile di dalam kota berdasarkan pengalaman dan point of view aku pribadi:

1.SAFETY

Soal safety, aku melihat Grab benar-benar ingin memastikan keamanan penumpangnya. Di fitur barunya, aku suka sekali ketika Grab menyematkan “Number Masking” dimana nomer penumpang disembunyikan sehingga bagi penumpang yang kurang nyaman membagikan nomor pribadinya ke orang asing seperti aku, menjadi lebih terlindungi dari segi privasi. Kemudian, kalau kamu punya adik kecil atau keponakan abg, lalu khawatir dan was-was dengan keamanan selama perjalanan pas mereka baru pulang hangout sama temen-temennya, Grab udah bikin fitur “Share My Ride” lho.

Kamu tinggal minta keponakan atau adikmu untuk membagikan lokasi mereka secara real time ketika berkendara dengan Grab. Nanti juga bakal ada detail rincian kendaraan yang dinaiki. Jangan lupa juga pastiin untuk memasukkan tiga nomor telepon penting (bisa keluarga atau pihak berwajib) sebagai emergency contact di “SOS Feature”. Nanti disana ada “Tombol Darurat” yang ketika dipencet akan otomatis memberikan peringatan ke ponsel nomor yang sudah terdaftar sebagai emergency contact. Menurutku fitur ini penting banget sih, namanya di Jakarta kan ya, waspada itu perlu buat mastiin orang kesayangan kamu aman selama perjalanan.

2. SEAMLESS

Aku termasuk penumpang transportasi online yang paling malas menjelaskan soal posisi jemput berulang-ulang kepada driver. Jadi, biasanya yang kulakukan menuliskan detail pakaian yang aku kenakan dan posisi tungguku dengan detail di notes saat order. Namun, ada kalanya informasi seperti itu kurang cukup ketika berada di dalam mal karena ada banyak exit lobby yang kadang akunya juga nggak hapal nama lobby-nya. Hehehe.

Untungnya sih, sekarang Grab udah punya tambahan fitur pengiriman foto dan voice chat untuk berkomunikasi dengan driver di “GrabChat”. Selain itu, ada juga suggested entrance/pick up point yang makin memudahkan aku. Di tempat keramaian atau pick up point yang udah aku pilih ketika order, aku tinggal kirim foto posisiku deh atau infoin driver lewat voice chat. Easy dan penjemputan juga lebih cepat jadinya. Luvvv!

3. FLEXIBILITY

Buat travellers, atau yang punya mobilitas tinggi di dalam kota, menurutku adanya fitur “Change Destination” dan “Multi-Stop” sangat cerdas disematkan oleh Grab. Jadi, aku bisa mengubah destinasi akhirku walaupun sedang dalam perjalanan. Atau pergi ke beberapa tempat sekaligus dengan satu kendaraan Grab yang sama. Ini berguna banget ketika aku lagi hangout sama temen-temen, dan harus nge-drop mereka duluan sebelum sampai ke tujuan akhirku dengan fitur “Multi-Stop”.

Well, at the end kalau berbicara mengenai teknologi, memang tak bisa jauh dari proses pembaharuan aplikasi dalam beberapa periode tertentu. Termasuk ketika aku menyadari beberapa fitur baru Grab tersebut ternyata kian membuat proses pemesanan terasa makin mudah dengan pengalaman perjalanan yang makin terasa aman dan nyaman bagiku. Apalagi buat perjalanan di luar negeri, Grab yang sudah ada di beberapa negara Asia Tenggara juga sudah punya fitur translate yang berguna banget buat berkomunikasi dengan driver. Jadi, kalau pergi ke Thailand, Myanmar, Cambodia yang bahasa pengantarnya bukan bahasa inggris, Grab ngebantu banget! Nggak takut lagi deh salah paham karena perbedaan bahasa pas minta jemput di bandara ke hotel (pengalaman banget nih hahaha).

Kemudian, sebagai user, tentu saja aku apresiasi dengan segala pembaharuan yang dilakukan oleh Grab, apalagi kalau itu makin memberikan kemudahan dan keuntungan buat penggunanya. Hehehe. Aku juga berharap semoga transportasi online bisa terus konsisten berbenah dan fokus bersaing dari sisi teknologi yang membantu pengunannya makin merasa nyaman dan aman dalam perjalanan saat memanfaatkan layanan tranportasi online. Akhir kata, semoga saja pengalaman dan review aku dipostingan kali ini berguna buat kamu ya, guys! Coba share sama aku deh, gimana dengan kalian, apakah sudah pernah memanfaatkan fitur-fitur tersebut atau malah belum tahu? Atau punya tips sendiri biar perjalanan dengan transportasi online makin aman? Share sama aku yuk di kolom komentar! ☺

===

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

LIKE MY BLOGPOST? FOLLOW MY SOCIAL MEDIA:

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

Others articles related to travel and lifestyle:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

22 Comments

    • Hi Sha,

      Terimakasih sudah mampir ke blog heydeerahma.com ;)

      Iyah seru yah fitur multistopnya..

      Jangan lupa follow instagram @heydeerahma ya, Sha!

      Cheers,
      Dee Rahma

  1. Aku termasuk yang udah pakai fitur2 di atas mbak, untuk keamanan aja jd aku sematkan nomor ponsel orang terdekat q supaya kl ada apa2 mereka tau.. Eheheh

    • Hi Ella,

      Terimakasih sudah mampir ke blog heydeerahma.com ;)

      Nice, biar makin aman yah, diatas aku cerita kalo nomer urgent penting banget buat penumpang anak-anak dan orangtua biar lebih safety :)

      Jangan lupa follow instagram @heydeerahma ya, Ella!

      Cheers,
      Dee Rahma

  2. Waah lengkap banget ya ternyata fitur Grab. Ada share my ride sampai change destination. Jujur belum pernah pakai aplikasi ini karena pakai aplikasi sebelah. Ternyata grab lengkap juga sampai bisa share foto lokasi di chat. Jadi pengin install juga nih aplikasinya.

    • Hi Nunung,

      Terimakasih sudah mampir ke blog heydeerahma.com ;)

      Iyah cobain aja, lagi banyak promonya juga hihihi

      Jangan lupa follow instagram @heydeerahma ya, Nunung!

      Cheers,
      Dee Rahma

  3. Aku juga pemakai grab mbak, sekarang memberku sudah platinum, beberapa Kali pakai pointnya untuk gratis isi pulsa Dan potongan harga. Yang Saya suka dari grab ya itu, lebih mudah untuk penentuan lokasi Dan urusan safetynya juga cukup bagus

    • Hi Evrina,

      Terimakasih sudah mampir ke blog heydeerahma.com ;)

      Hehehe betul, lumayan kaan banyak promo yang bisa dimanfaatkan user.

      Jangan lupa follow instagram @heydeerahma ya, Evrina!

      Cheers,
      Dee Rahma

  4. Yes,, aku terbantu banget dg app Grab pas travelling ke Myanmar. Bisa auto translate.
    Pas ketemu sama drivernya malah nggak bisa komunikasi langsung karena kendala bahasa.

    • Hi Kak Dini!

      Thanks ya udah mampir ke blog heydeerahma.com

      Nah ya kan, auto translate itu emang ngebantu banget pas lagi travelling!
      Nggak bisa komunikasi langsung asalkan bisa dianter ke hotel selamat yhaa Kak ^_^’

      Jangan lupa follow instagram @heydeerahma juga ya kak ;)

      Cheers,
      Dee Rahma

    • Hi Kak Hanum!

      Thanks ya udah mampir ke blog heydeerahma.com

      Sekarang jamannya serba praktis ya kak termasuk soal transportasi online hihihi ;p

      Jangan lupa follow instagram @heydeerahma juga ya kak ;)

      Cheers,
      Dee Rahma

    • Hi Kak Dedew!

      Thanks ya udah mampir ke blog heydeerahma.com

      Apalah kita ya bu tanpa taksol hihihi memudahkan banget sekarang buat mobilitas ;)

      Jangan lupa follow instagram @heydeerahma juga ya kak ;)

      Cheers,
      Dee Rahma

  5. Yup, sudah sepatutnya memang aplikasi jaman sekarang mengikuti perkembangan dan memberikan banyak fitur-fitur keamanan baru. Mengadopsi dari aplikasi pesaing pun rasanya tidak masalah selama itu untuk membuat aplikasi menjadi semakin sempurna

    • Halo Darius,

      Makasi ya udah mampir ke blog heydeerahma.com.
      Yaaap, apalagi kalo pembaharuannya semakin memudahkan pengguna yaaa ^_^

      Cheers,
      Dee Rahma

    • Halo Kak Vita,

      Makasih ya sudah mampir ke blog heydeerahma.com.
      Iyaah, untuk naik beberapa kendaraan umum di Jakarta agak bikin was-was memang.
      Jadi, naik transportasi online bisa jadi solusi. Lebih praktis juga ;)

      Cheers,
      Dee Rahma

    • Halo Bang Dzul!

      Makasih ya sudah mampir ke blog heydeerahma.com.
      Nah, ini juga salah satu inovasi yang menguntungkan konsumen yah hehehe.

      Cheers,
      Dee Rahma

    • Halo Kak Hiwaman!

      Makasi ya udah mampir ke blog heydeerahma.com..

      Yap, bener banget, nomer masking berguna banget buat privasi pribadi :D
      Aku pun sangat sukaaa dengan fitur ituu.

      Jangan lupa follow instagram @heydeerahma untuk interaksi yang lebih cepat :)

      Cheers,
      Dee Rahma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *