Pengalaman Mampir ke Citra Maja Raya, Kota Baru Terpadu di Lebak Banten

HeyDeeRahma.com – Pengalaman Mampir ke Citra Maja Raya, Kota Baru Terpadu di Lebak Banten | Siapa bilang kesempatan punya rumah idaman pupus begitu saja karena harga rumah berkualitas semakin melambung tinggi setiap tahunnya? Well, memang membeli properti menjadi momok berat bagi sebagian orang karena biaya yang perlu dikeluarkan tidak sedikit untuk mendapatkan hunian impian yang nyaman dan layak ditinggali. Iya apa iya, gaes? Namun, jangan sampai berkecil hati yah! Masih ada kok secercah harapan bagi mereka yang mengidamkan rumah untuk ditinggali maupun untuk dijadikan investasi masa depan. Kebetulan hari Sabtu (18/10) lalu, ketika saya diajak mampir ke Citra Maja Raya, saya mendapatkan informasi, masih ada rumah yang dikembangkan Ciputra Group dengan harga dibawah 200 juta rupiah. So, baca postingan blog ini sampai selesai yah, gaes! :)

Yap, setelah sebelumnya mengembangkan Citra Raya Tangerang, kini pengembang perumahan terkemuka Ciputra Group kembali membangun sebuah kota baru terpadu di wilayah Lebak, Banten, Jawa Barat. Dikenal masyarakat sebagai pengembang yang selalu menjaga kualitas perumahan yang dibangun dengan reputasi baik, Ciputra Group ternyata melihat peluang pengembangan kota baru di Lebak sebagai pusat ekonomi strategis di kawasan Banten sehingga memutuskan untuk mengembangkan kota mandiri baru disana. Apalagi, pembangunan Citra Maja Raya juga didukung oleh Pemerintah RI yang menunjuk kawasan Maja sebagai 1 dari 10 kawasan ekonomi baru publik sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 sehingga menjadikan Citra Maja Raya sebagai wilayah yang diprioritaskan Pemerintah RI dalam bidang pembangunan infrastrukturnya.

Well sebagai salah satu proyek besar yang dikembangkan oleh Ciputra Group, ternyata PT. Ciputra Residence juga menggandeng PT. Hanson International Tbk dan PT. Putra Asih Laksana sebagai mitra Joint Operation dalam pembangunan Citra Maja Raya. Era kolaborasi memang dijalankan benar nih sama Pak Ciputra untuk mewujudkan mimpi membangun kota mandiri yang baru yah, gaes. Bisa dicontoh nih ya sesama content creator dan brand berkolaborasi untuk menciptakan konten yang ciamik dan informatif.  Doain yah semoga mimpiku ini bisa terwujud :)

Baca juga: Baru! Mal Ciputra, Citra Raya Tangerang

Adapun menurut informasi yang aku dapatkan saat berkunjung ke Citra Maja Raya, lahan yang tersedia untuk membangun kawasan kota mandiri Citra Maja Raya ini adalah seluas 2.000 hektar yang sudah mulai proyek pembangunannya sejak tahun 2015. Dan saat ini progress pembangunan Citra Maja Raya terus dikebut untuk melengkapi perumahannya dengan infrastruktur jalan yang lebih baik, transportasi yang memadai, ketersediaan listrik yang stabil, serta terus menambah kelengkapan utilitas kotanya. Mudah-mudahan aja pembangunannya lancar ya, kan seneng juga tuh kalo ekonomi Indonesia makin merata. Jadi, nggak mesti numpuk terus di Jakarta :)

Peresmian Citra Maja Raya

Kedatangan saya ke Citra Maja Raya 18 November lalu bertepatan dengan acara peresmian Citra Maja Raya bersama dengan Duo Menteri: Bapak DR. Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc (Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) dan Bapak Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan RI). Pak Dr. Ir. Ciputra juga turut hadir memberikan speech sekaligus menandatangani prasasti peresmian Citra Maya Raya. Peresmian Citra Maja Raya dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sajian tarian khas Banten yakni Rampak Bedug. Acara juga dihadiri oleh Gubernur Banten Wahidin Halim.

Foto kiri atas: Speech dari Menteri Perhubungan RI, Bpk. Budi Karya Sumadi. | Foto kanan atas: Gubernur Banten Wahidin Halim dan Bapak Ciputra sedang menanda tangani peresmian Citra Maja Raya | Foto bawah: Peresmian Citra Maja Raya secara simbolis bersama pihak Ciputra Group dan Pemerintah RI. (Dok: Liswanti, Lidya F, Dede A.)

Dari luas lahan 2000 Hektar, PT. Ciputra Residence juga tidak lupa untuk membangun kompleks perumahan khusus bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang selaras dengan Program Nasional Pemerintah RI dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 dan Program Pembangunan Sejuta Rumah. Jadi, buat masyarakat yang punya penghasilan minimal 3 juta bisa tuh ambil properti di Citra Maja Raya. Sudah ada 8.000 unit (dari total 10.000 unit) yang disediakan Ciputra Group untuk kalangan MBR. Mau lebih murah lagi? Bisa! Karena di Citra Maja Raya juga akan dibangun 1.000 unit MBR Subsidi yang bisa dibeli dengan memanfaatkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumaahn (FLPP) yang disediakan Pemerintah RI. Baru tahu khaaan ada program ini? Jadi, segera manfaatkan ya nanti kalo sudah launching :)

Sekilas Tentang MBR

Menurut UU No. 11 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, MBR adalah masyarakat yang mempunyai keterbatasan daya beli, sehingga perlu mendapat dukungan pemerintah untuk memperoleh rumah. Ada 3 segmen MBR yang perlu diketahui berdasarkan kemampuan mengakses kepemilikan rumah, yakni:
1) MBR yang telah memiliki tanah atau rumah, namun tidak mampu membangun/memperbaiki rumahnya.
2) MBR yang mampu membeli rumah namun kemampuan untuk mengangsur KPR masih rendah.
3) MBR yang sama sekali tidak mampu membeli rumah.

Melihat 3 segmen di atas, tentu saja pemerintah melakukan cara yang berbeda dalam mencari solusi. Salah satunya bagi MBR yang mampu membeli rumah, namun kemampuan untuk mengangsur KPR tergolong rendah, pemerintah memberikan subsidi dalam bentuk Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Dan pemerintah pun tentu ingin memberikan yang terbaik untuk masyarakatnya. Maka dari itu pemerintah memberikan akses bagi MBR untuk memiliki rumah, dengan program Sejuta Rumah yang memberikan kemudahan dengan cicilan yang sangat terjangkau, serta uang muka yang ringan.

Foto atas: Sesi foto bersama setelah prosesi peresmian Citra Maja Raya | Foto kiri bawah: Speech dari Bpk. Dr. Ir Ciputra. | Foto tengah bawah: Serah terima sertifikat EDGE untuk Citra Maja Raya. | Foto kanan bawah: Speech dari Gubernur Banten Wahidin Halim. (Dok: Liswanti, Lidya F, Dede A.)

Ketika saya menyimak speech yang disampaikan oleh Bapak Budiarsa Sastrawinata (Direktur Utama PT. Ciputra Residence) melalui rilis, beliau menyampaikan bahwa Citra Maja Raya nantinya tidak akan hanya dikembangkan sebagai kawasan perumahan skala kota, namun juga sebagai kota baru terpadu citra maja raya yang akan dilengkapi dengan fasilitas pendidikan, kesehatan, komersial (Eco Plaza), sport club, water park, pasar modern, shuttle bus, sub terminal, dan ruang terbuka hijau (Eco Park). Kurang lebih mirip seperti Citra Raya Tangerang deh gaes, cuma beda lokasi aja :)

Baca juga: Akhir Pekan Seru di World of Wonders Citra Raya Tangerang

Itu baru soal lahan dan fasilitas, gaes. Soal pengakuan di bidang pembangunan berwawasan lingkungan, Citra Maja Raya juga patut diacungi jempol karena sudah mengantongi sertifikasi EDGE (Excellent Design for Greater Efficiency) yang dikeluarkan oleh lembaga International Finance Corporation yang menjadi subsidiary dari World Bank. Catet nih gaes, hanya perumahan yang memiliki rancangan rumah dengan kinerja penghematan energi saja yang bisa mendapatkan sertifikasi internasional ini loh.

Beberapa foto ketika rombongan Menteri, Pejabat Setempat, dan Pak Ciputra melihat rumah contoh serta maket kawasan Citra Maja Raya. (Dok: Liswanti, Lidya F, Dede A.)

Well, keseriusan pengembang Citra Maja Raya menghasilkan perumahan berkualitas sesuai pendekatan Eco Culture yang menjadi konsep dasar PT. Ciputra Residence dalam membangun kota mandirinya memang tak diragukan lagi. Bisa kita lihat track record saat membangun Citra Raya Tangerang, konsep Eco Culture yang berbasis pada pengembangan berwawasan lingkungan berkelanjutan sudah berjalan disana. Dengan Eco Culture, warga sekitar diajak untuk membangun gaya hidup yang ramah lingkungan. Banyak pepohonan, kawasan hijau, dan tersedia track sepeda. Asyik yah?

Mengenai progress pembangunan, sebagian besar pembangunan rumah tahap 1 sudah rampung dan sudah mulai diserahterimakan kepada pembelinya. Dan saat ini Citra Maja Raya sudah memperlihatkan progress pembangunan yang cepat untuk kawasan Boulevard Jalan Utama ROW 40 yang menghubungkan pintu gerbang utama menuju cluster yang sudah rampung, disusul proses penghijauan kota, pembangunan Eco Plaza, Eco Club House, dan Eco Park yang rencananya akan selesai tahun 2018.

Bagaimana Akses Menuju ke Citra Maja Raya Banten?

Akses Menggunakan KRL Menuju Citra Maja Raya
Hunian yang dekat dengan stasiun kereta merupakan salah satu syarat memiliki rumah idaman yang strategis. Melihat kebutuhan seperti ini, Kota Baru Maja pun didesain dengan konsep TOD (Transit Oriented Development), yaitu sebuah pengembangan kawasan yang berbasis pada sistem transportasi massal dan sudah dilengkapi dengan KA Commuterline, Rel Double Track, dan Sarana Stasiun yang lebih nyaman.

Soal stasiun yang nyaman dan modern, saya pun merasakannya dan melihat langsung. Stasiun Maja yang paling dekat dengan kawasan Citra Maja Raya begitu besar, bersih, dengan desain yang modern. Tidak lupa saya memperhatikan detail stasiun yang menyediakan kursi roda bagi penyendang cacat dan penumpang yang membutuhkannya. Sementara itu, untuk harga tiket kereta commuterline sekali jalan dari Stasiun Tanah Abang ke Stasiun Maja dikenakan biaya Rp6.000,- saja. Terjangkau yah!

Kiri: Rute KRL dari Stasiun Tanah Abang ke Stasiun Maja. | Kanan atas: Inilah rupa Stasiun Maja yang modern | Kanan bawah: Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit ke Gerbang utama Citra Raya Maja dari Stasiun Maja. Dok: Google.

Untuk waktu tempuh, saya menilik jam tangan saya dan mengukur waktu saat saya mulai keberangkatan dari Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Maja, saya hanya membutuhkan waktu 1.5 jam saja naik KRL. Udah tiketnya murah, gak kena macet, nyaman lagi, dan hanya menempuh jarak 500 meter dari stasiun untuk menuju ke perumahan. Nantinya, Stasiun Maja ini akan menjadi stasiun penghubung/hub bagi kawasan sekitarnya. Nah, sekarang share dong gaes, ada yang udah pernah coba naik kereta sampai  Stasiun Maja kah atau sempet riset ke Citra Maja Raya? Share yah di kolom komentar! :)

Akses Menggunakan Mobil Pribadi atau Via Tol Menuju Citra Maja Raya
Menurut wawancara singkat saya dengan teman yang sudah pernah survei kesini, untuk menuju ke Citra Maja Raya bisa juga lewat tol menggunakan mobil pribadi. Masuk tol Jakarta-Merak, kemudian Exit di Balaraja Barat KM 37. Nah dari situ, lewat Cisoka lurus aja, nanti ada sign-nya Citra Maja Raya tinggal ikuti saja. Jaraknya dari keluar exit tol sampai kompleks Citra Maja Raya kira-kira 20 km atau ditempuh dengan waktu kurang lebih 30 menit.

Untuk shuttle bus, memang belum ada saat ini, tapi nggak menutup kemungkinan kedepannya bakalan ada, karena memang Ciputra Group biasanya menyediakan shuttle bus untuk para warga perumahannya. Saat ini, sedang dibangun juga ruas tol baru Serpong-Balaraja dan memiliki rencana jalan koridor Pamulang-Maja sebagai akses utama yang linier dengan rencana jalan tol Serpong-Balaraja yang akan mempersingkat waktu menuju ke Citra Maja Raya.

Prospek Citra Maja Raya: Untuk Tempat Tinggal atau Investasi?

Saya sempat membaca beberapa referensi dari internet dan menemukan informasi mengenai Citra Maja Raya yang akan saya compile di postingan blog ini. Tujuannya biar memudahkan teman-teman saja mencari informasi tentang Citra Maja Raya. Sharing is caring :)

FYI, sekarang ini pengembangan tahap 1 sudah rampung dan sudah mulai diserah terimakan ke para pembelinya. Dari 2000 hektar, sudah ada 430 hektar yang dikembangkan pada tahap pertama dengan jumlah unit yang terjual sebanyak 7.000 unit. Sementara itu, tahap kedua yang dinamakan kawasan Kintamani (dengan desain sentuhan gaya Bali) dikembangkan diatas lahan seluas 300 hektar lahan untuk membangun 12.000 unit yang tercatat sudah laku 3.000 unit.

Perumahan citra maja raya tahapan kedua dijual dengan kisaran harga 157-250 juta per unitnya dan bisa dibayar dengan cara mencicil 1-2 juta per bulan. Proyeksinya, sekitar 10-15 tahun kedepan akan dibangun 120.000 unit rumah di kawasan kota terpadu ini. Semetara, kalo liat-liat di sekitar serpong, cluster mini dengan developer baru dan masuk gang lokasinya, rata-rata harga udah diatas 500jtan. Sedangkan, rumah Citra Maja Raya masih dijual dengan harga terjangkau namun memiliki spesifikasi bangunan terbaik dikelasnya, dimana memiliki rangka atap baja ringan, kusen alumunium, plester cat aci luar dalam, plafond gypsum (ruang utama), carport, fasad mewah modern.

Sebagai kota baru terpadu yang nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas gaya hidup dan ekonomi serta infrastuktur yang lengkap, memang citra maja raya sangat menarik untuk dijadikan investasi selagi harga propertinya yang masih terjangkau. Namun tentu saja perlu diperhatikan, melihat perkembangannya, citra maja raya lebih cocok untuk dijadikan investasi dengan jangka waktu diatas 15-20 tahun. Apalagi konsep pengembangan Kota Baru Maja dengan kemudahan akses terhadap fasilitas kota, perumahan, area komersial, ruang terbuka dan sarana publik dengan menghubungkan ke jalur pedestrian/pejalan kaki, jalur sepeda dan transportasi umum (kereta api dan bus) akan memudahkan mobilitas dan aktifitas ekonomi warga yang tinggal di kawasan citra maja raya. Pastikan aja, unit yang kamu beli ada di area yang bagus, dekat ruko, restoran atau jalan besar sehingga kalo dijual kembali untuk investasi jadi lebih mudah.

Melihat potensi kedepannya, sepertinya 5-10 tahun lagi kawasan ini sudah mulai rame, apalagi ada informasi rencana pengembangan bandara di Lebak. Secara geografis, Maja terletak di tengah-tengah antara Kab.Tangerang, Rangkasbitung, dan Serang. Akses dari stasiun ke gerbang utama citra Maja Raya bisa dijangkau dengan kaki sekitar 10 menit. Dan saat ini, Citra Maja Raya sedang membangun 10.000 unit rumah termasuk di dalamnya sekitar 8.000 unit rumah yang dikhususkan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang tidak bersubsidi dengan tipe rumah 36/72 yang dijual dengan harga dibawah 200juta. Selain itu, Citra Maja Raya juga akan segera membangun 1.000 unit rumah MBR Subsidi dengan tipe 22/60 dan 27/72 yang disiapkan 1000 unit. Jadi, masih ada kesempatan beli properti murah dari Ciputra tuh ;)

Seperti kita ketahui, lahan di Jakarta sekarang sudah semakin sempit dan harga makin tak terjangkau, sepertinya melirik kawasan Banten pun bisa menjadi alternatif bagi mereka yang mengidamkan rumah tanpa harus menguras dana begitu besar. Sedangkan, bagi pekerja yang berkantor di sekitaran serpong, tangerang, banten, kawasan citra maja raya bisa dipertimbangkan sebagai tempat tinggal masa depan karena lokasinya nggak begitu jauh dari tiga kawasan tersebut (naik kereta dari serpong ke maja cuma 45 menit). Dibangunnya perumahan MBR di Citra Maja Raya dan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang disediakan pemerintah tentu juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan hunian idaman khaaan…

Well, sebenarnya jawaban dari pertanyaan apakah lebih cocok membeli citra maja raya sebagai tempat tinggal atau investasi tergantung dari kamu, gaes. Tentu saja dapat dilihat dari penghasilan kamu sekarang, tabungan, jarak ke kantor, dan kebutuhan kamu di masa datang. Jadi, pastikan riset mendetail terlebih dahulu sebelum membeli unit properti kamu pertama kali. Yah buat yang berencana beli unit di citra maja raya, semoga saja kota baru maja semakin tumbuh dan berkembang baik sehingga visi untuk menghidupkan kawasan ini sebagai pusat perekonomian Banten bisa tercapai. Apalagi properti bisa berkembang kalo pemerintah ikut semangat membangun infrastruktur supaya ekonomi lebih merata :)

Pro
* Reputasi ciputra yang baik membuat kawasan citra maja raya ini dapat dipertimbangkan untuk dijadikan investasi properti jangka panjang.
* Harga terjangkau dan ada subsidi, cukup membantu buat yang pengen punya rumah harga terjangkau. Ingat, harga tanah gak pernah turun.
* Cocok buat sebagai hunian warga yang tinggal di sekitar serang dan tangerang atau investasi jangka panjang. Biasanya kalo rumah sudah jadi dan fasilitas sudah lengkap, harga unit akan naik tajam.
* Menuju ke citra maja raya naik kereta nyaman. Namun, tempat masih terkesan terpencil, walau ada potensi berkembang ke depannya.

Cons
* Kalo masih banyak aktifitas kerjaan di Jakarta, siapkan waktu agak longgar untuk ke kawasan ini.
* Masih belum banyak pepohonan rindang karena baru dibangun, tapi okelah, kedepannya akan lebih berkembang.
* Jam perjalanan kereta masih jarang.
* Toiletnya masih toilet jongkok untuk tipe RS.

So, itulah overall informasi dari saya soal Citra Maja Raya dan kawasan sekitarnya. Kebetulan saya juga sedang mempertimbangkan investasi properti di masa depan, jadi ini tulisan ini sekaligus untuk pengingat saya biar lebih semangat lagi kerja dan nabung hehehe. Semoga aja informasi yang saya tulis bermanfaat buat kamu yang lagi cari informasi seputar beli rumah di citra maja raya. Kalo ada informasi baru, please do share dan tinggalkan komentar di blogku yah biar yang lain juga kebantu juga dengan informasi dari kamu :)

Tertarik mau beli unit di Citra Maja Raya? Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung hubungi:
Marketing Point Citra Maja Raya: Pasir Kembang, Maja, Lebak, Banten 42381
Telephone: 021-5315-8888
Fax: 021-596-1060
Email: info@citramaja.com
Website: www.citramaja.com
Twitter: @citramajaraya
Instagram: @citramajaraya

===

See you on the next blogpost!

If you feel this information are helpful, inspirational, or giving you enlightenment, please do not forget to share, subscribe, like social media @heydeerahma or just click the share button on the right side of my blog!

Love,

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan foto dan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin menggunakan foto atau mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

Share this to your friends:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *