Panduan Keluar Negeri Pertama Kali. Yuk Persiapkan Hal Penting Ini!


HeyDeeRahma.com – Panduan Keluar Negeri Pertama Kali. Yuk Persiapkan Hal Penting Ini! |
Agenda liburan ke suatu destinasi wisata baru menjadi momen yang paling ditunggu oleh sebagian besar #hdrfams. Tujuannya bukan lain agar bisa melepas penat dan menghilangkan stres dari tekanan pekerjaan yang kerap dihadapi setiap hari. Pilihan tempat wisata dan liburan yang dikunjungi pun beragam, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Untuk mengatur seluruh akomodasi tempat tujuan bisa dibantu oleh agen perjalanan terpercaya bila kamu tak ingin repot dalam mempersiapkan semuanya. Tapi, kalau #hdrfams lebih suka perjalanan yang penuh tantangan, pergi travelling sendirian mengeksplor tempat baru tentu bisa lebih menambah pengalaman seru.

Baca juga: 7 Item Seru untuk Make Over Kamar Minimalis Rekomendasi Lifestyle Blogger Dee Rahma

Saat ini, memang banyak millenials yang menjadikan wisata luar negeri sebagai salah satu agenda liburan personal ataupun liburan keluarga yang menarik untuk dilakukan. Pengalaman travelling di negeri orang ini tentu sangat berbeda dengan yang ada di dalam negeri. Tantangannya pun kian menarik, mulai dari perbedaan biaya kurs, atau kendala bahasa di setiap negara yang akan dikunjungi. Berbagai persiapan pergi ke luar negeri ini akan sangat berbeda dibandingkan sekedar liburan ke destinasi wisata domestik. Bahkan, demi bisa mencicipi bagaimana rasanya berwisata ke luar negeri, setiap tahun peminatnya pun terus meningkat. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya DM, E-mail, dan Fanpage Message yang masuk ke heydeerahma.com menanyakan visa jepang.



Apalagi, faktanya kini sudah banyak maskapai penerbangan yang memberikan harga tiket pesawat terjangkau untuk penerbangan ke luar negeri. Misalnya, AirAsia, JetStar, Singapore Airlines, ANA, dan lainnya yang kerap mengadakan berbagai promo tiket pesawat murah yang menggiurkan. Biasanya promo tiket murah ini diadakan maskapai setiap tahunnya. Jadi, tidak heran sudah banyak #hdrfams yang memutuskan untuk berplesiran ke negara wisata populer. Nah, jika kamu adalah salah satu #hdrfams yang tertarik untuk pergi liburan ke luar negeri, namun belum memiliki pengalaman sama sekali, tidak perlu khawatir! Yuk ikuti panduan keluar negeri pertama kali ini agar bisa lebih menikmati perjalanan yang berkesan!

1. Jangan Lupa Untuk Menyiapkan Paspor Dan Visa

 

 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebagai panduan keluar negeri pertama kali sekaligus untuk persiapan perjalanan ke luar negeri yaitu paspor dan visa. Dapat dikatakan bahwa paspor merupakan tiket penting yang harus dimiliki ketika kamu pergi ke luar negeri. Perlu diingat juga, paspor harus sudah tersedia saat kamu melakukan pembelian tiket pesawat. Kalau kamu tidak tahu cara membuat paspor, jangan ragu untuk bertanya pada kerabat atau teman yang sudah memiliki paspor. Ada baiknya, kamu juga mempersiapkan dokumen penting seperti e-KTP, akta kelahiran, dan Kartu Keluarga sebelum pergi ke kantor imigrasi.

Selain paspor, kamu juga harus mengurus visa bila punya rencana liburan ke luar negeri. Sebab, ada beberapa negara yang harus menggunakan visa sebagai syarat utama ketika memasuki negara tersebut. Untuk membuatnya, kamu juga bisa cari tahu tentang cara membuat visa ke luar negeri ini ya, #hdrfams. Namun, sebelumnya, kamu juga harus tahu bagaimana perbedaan visa dan paspor. Sudah tahu belum beda visa dan paspor?

Visa merupakan surat izin untuk masuk suatu negara, sedangkan paspor adalah identitas kamu selama berada di luar negeri. Kedua dokumen penting tersebut harus dimiliki karena merupakan syarat ke luar negeri yang utama. Namun, jika kamu pergi berlibur ke negara-negara ASEAN seperti India, Hong Kong, Korea dan negara Asia lainnya, maka kamu akan bebas visa selama 30 hari, dan hanya 15 hari untuk negara Jepang. Cek juga masa berlaku paspor, karena bila paspor yang kamu miliki akan habis masa berlakunya dalam 6 bulan ke depan, maka paspor tersebut harus diperpanjang dulu, baru bisa digunakan travelling ke luar negeri.

2. Penting Untuk Booking Tiket Pesawat Dan Hotel Terlebih Dahulu

 

 

Panduan keluar negeri pertama kali selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah saat kamu memutuskan untuk liburan ke luar negeri, baiknya pesan tiket pesawat dan hotel dari jauh hari. Selain harganya lebih murah, kamu juga akan terhindar dari kehabisan tiket atau tempat menginap nantinya. Penting juga untuk membandingkan harga tiket pesawat agar bisa memperoleh harga termurah. Dan sebaiknya, #hdrfams juga langsung membeli tiket pesawat pulang pergi sekaligus untuk mempermudah perjalanan kamu nantinya. Sementara untuk tempat penginapan, kamu juga bisa melakukan pemesanan lebih dulu di negara asal, sehingga saat sampai di negara tujuan, kamu tidak lagi harus mencari lagi hotel untuk penginapan. Pilihlah hotel yang berada dekat dengan fasilitas publik dan tidak jauh dari tempat-tempat wisata yang akan dituju.

3. Pelajari Aturan, Budaya, Dan Destinasi Wisata Negara Tujuan

 

 

Tidak ada salahnya kamu cari tahu informasi terkait negara yang akan kamu kunjungi nanti. Kamu bisa mencarinya dalam panduan wisata keluar negeri untuk mempermudah perjalanan liburanmu. Seperti tempat-tempat yang harus dikunjungi, makanan khas, hingga cuaca. Selain itu, kamu juga harus tahu aturan-aturan dan budaya yang berlaku di lingkungan masyarakatnya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nanti. Contoh, seperti tata cara menggunakan transportasi umum, aturan menyebrang jalan, tata cara membuang sampah, dan berbagai kebiasaan warga lokal lainnya. Memahami berbagai hal tersebut akan membantu kamu melakukan persiapan matang sebelum melakukan perjalanan yang sebenarnya. Pahami juga mengenai pakaian yang sebaiknya dikenakan sesuai musim di negara yang kamu kunjungi. Lebih baik menyiapkannya dari negara asal dibandingkan harus mengeluarkan sejumlah uang untuk berbelanja pakaian kan, #hdrfams?

4. Menukar Uang Sesuai Dengan Ketentuan Negara Wisata Tujuan

 

 

Setiap berwisata ke negara lain, tentu saja kamu harus menukar terlebih dahulu mata uang negara asal menjadi mata uang negara tujuan wisata kamu. Sangat disarankan untuk melakukan penukaran mata uang asing ini di dalam negeri agar mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan bila kamu menukar uang di negara tujuan wisata. Resiko kesulitan menemukan money changer dengan rate yang bagus di luar negeri juga mungkin terjadi lho, #hdrfams. Jadi, bawalah uang secukupnya dengan sejumlah cadangan uang berupa US Dollar.



Beberapa rekomendasi tempat penukaran mata uang asing dengan rate yang bagus, diantaranya Peniti, Lumbung, atau Valuta Artha. Nah, untuk yang terakhir, kamu bisa pesan tukar uang melalui whatsapp. Artinya, kamu tinggal kirim pesan untuk request penukaran uang, transfer, kemudian membuat janji untuk pengambilan uang yang ditukar. Lokasinya ada di Mal Ambassador Lt. Dasar Blok H6, bisa kok langsung telepon ke 021 579 35 407. Oh ya, sekarang juga sudah bisa pakai kartu debit Jenius ketika kamu pergi ke luar negeri, rate-nya juga bagus, dan nggak perlu repot tukar uang dalam bentuk fisik.

5. Bawa Barang Sesuai dengan Kebutuhan Saja

 

 

Perhatikan juga mengenai barang yang harus dibawa saat liburan ke luar negeri agar tidak mempersulit kamu nantinya. Pastikan kamu membawa barang-barang yang dibutuhkan selama berada di luar negeri, seperti pakaian sesuai dengan musim negara yang akan dikunjungi. Jangan terlalu banyak membawa pakaian dan gunakanlah alas kaki yang nyaman dan tidak membuat cepat lelah/lecet untuk travelling ke luar negeri, karena biasanya bila yang kamu kunjungi adalah negara maju, tentunya kamu akan banyak berjalan kaki. Perlu juga membawa steker khusus (setiap negara memiliki bentuk kontak listrik yang berbeda) dan kartu/uang cash sesuai dengan mata uang yang berlaku dan barang pribadi yang dirasa penting lainnya. Buatlah catatan lengkap mengenai barang apa saja yang perlu dibawa beberapa hari sebelum keberangkatan agar kamu bisa melakukan double check sehingga nggak ada barang penting yang tertinggal.

6. Susun Itinerary Perjalanan Wisata

 

 

Sebelum berangkat, menyusun rencana perjalanan juga tak kalah wajib agar agenda liburan menjadi lebih terjadwal dan tidak terasa membosankan. Lakukan riset mengenai berbagai obyek wisata yang akan kamu datangi, serta ketahuilah waktu terbaik untuk mendatanginya. Bila ingin lebih detail lagi, tulis juga mengenai harga tiket masuk berbagai destinasi wisata yang akan dikunjungi, serta moda transportasi apa yang akan digunakan saat berada disana. Untuk menghemat waktu dan biaya, sangat disarankan agar kamu mengutamakan pilihan destinasi wisata yang masih berada di satu kawasan atau berdekatan sekaligus. Dalam itinerary perjalanan ini, akan terlihat jelas destinasi apa saja yang bisa kamu kunjungi, tempat penginapan yang tepat, juga bagaimana cara memaksimalkan agenda liburanmu. Sediakan beberapa hari untuk riset untuk menyusun itinerary ya, #hdrfams!

7. Wajib Sampai Bandara Setidaknya 2-3 Jam Sebelum Waktu Penerbangan

 

 

Untuk perjalanan internasional ke luar negeri, biasanya kamu harus melalui proses imigrasi terlebih dahulu. Jadi, sebaiknya datanglah 2 atau 3 jam sebelum keberangkatan agar tidak terlalu tergesa saat ingin check-in dan mengurus bagasi. Apalagi, keberangkatan internasional di bandara besar seperti Jakarta, Singapura, atau Kuala Lumpur memiliki jarak yang cukup jauh dari check-in hingga ke boarding room. Saat proses imigrasi, paspor yang kamu miliki akan dicek dan diberikan cap oleh petigas. Kalau berangkat dari bandara Soekarno-Hatta, kamu akan melewati 3 layer pemeriksaan petugas yang mengharuskan dirimu melepaskan semua peralatan yang terdapat kandungan logam, seperti jam tangan, ponsel, ikat pinggang, dan sepatu yang terdapat material logam.



Benda tajam seperti gunting, pisau lipat, powerbank dengan kapasitas lebih besar dari 10000 mAh, juga cairan lebih dari 100 ml dilarang masuk kabin pesawat. Nah, sampai boarding room, perhatikan pengumuman nomor penerbangan dari petugas agar tidak ketinggalan pesawat ya, #hdrfams! Kalau di pesawat kamu ingin dapat seat dekat jendela, jangan lupa minta kursi pesawat yang berada di baris A atau F saat check-in. Kemudian, saat kamu sudah berada di dalam pesawat, dengarkanlah dengan seksama instruksi keselamatan yang diberikan pramugari maskapai, kenakan sabuk pengaman, dan jangan lupa matikan hp.

8. Urus Imigrasi di Negara Tujuan

 

 

Di dalam pesawat, biasanya pramugari akan membagikan kartu kedatangan yang harus diisi lengkap. Kartu ini wajib disimpan dengan baik hingga sampai kembali ke indonesia. Ini merupakan prosedur naik pesawat ke luar negeri yang harus dilalui oleh semua penumpang pesawat dari indonesia yang hendak liburan ke negara lain. Komunikasi bahasa inggris dasar juga diperlukan karena petugas imigrasi di negara tujuan akan menanyakan dengan singkat apa kepentinganmu singgah di negaranya. Cukup jawab singkat kamu sedang liburan kesana. Setelah itu, petugas akan memberikan cap kedatangan di dalam paspormu.

Baca juga: Panduan Mengurus Visa Jepang Tembus

Sementara, apabila kamu datang ke negara bebas visa seperti negara ASEAN, kamu tidak perlu mengurus visa terlebih dahulu di negara asal, tinggal bawa saja paspor, kamu sudah bisa dapat cap imigrasi ketika sampai di imigrasi luar negeri. Pahami juga turis indonesia seringkali mendapatkan random check ketika liburan ke singapura. Jangan panik! Biasanya, dalam situasi seperti ini, petugas akan membawa kamu ke sebuah ruangan khusus dimana kamu akan diinterogasi disini, ditanyakan mengenai hotel, tiket balik, bahkan tak jarang mereka meminta mengecek ponsel dan dompet yang kamu bawa. Jawab saja seperlunya. Bila sudah lolos dari imigrasi, langkah selanjutnya adalah mencari moda transportasi yang akan membawa kamu ke pusat kota. Sebaiknya, sudah riset sejak dari Indonesia ya, termasuk riset soal harganya agar tidak perlu kebingungan lagi.

9. Pelajari Juga Tata Cara Transit Pesawat

 

 

Sebagian besar penebangan ke luar negeri akan melakukan transit di bandara. Kamu juga perlu tahu apakah pesawat yang kamu tumpangi akan transit dengan satu maskapai atau harus berpindah maskapai. Saat transit berlangsung, ketahui juga apakah kamu harus menunggu di dalam pesawat atau berjalan keluar untuk berganti pesawat. Untuk itu, penting sekali kamu pelajari tata cara transit penerbangan internasional agar perjalanan yang kamu lakukan lancar dan menyenangkan ya, #hdrfams!

10. Selalu Aktifkan Nomor Ponselmu Dan Gunakan Paket Internet Khusus Bila Perlu

 

 

Saat ini ponsel menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Ponsel juga sangat membantu kamu saat melakukan perjalanan ke luar negeri, terutama dalam mencari tempat wisata hingga rumah makan. Sebelum pergi, sebaiknya kamu membeli paket internet khusus untuk mempermudah dalam berselancar di dunia maya saat berada di luar negeri. Atau jika tidak, kamu bisa memanfaatkan fasilitas wifi gratis yang ada di hotel tempat kamu menginap. Ketahuilah bila kamu tetap mengaktifkan nomor Indonesia di luar negeri, maka kamu akan dikenakan biaya yang cukup mahal oleh operator seluler. Belilah kartu simcard lokal di negara tujuan wisata kamu karena akan lebih murah dibandingkan jika kamu terkena biaya roaming.



Itulah beberapa panduan keluar negeri pertama kali yang perlu diperhatikan untuk kamu yang belum pernah pergi ke luar negeri. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan bisa membantu kamu yang merasa takut untuk liburan keluar negeri tanpa agen perjalanan. Nah, apakah kamu punya pengalaman menarik seputar pengalaman liburan atau pun perjalanan ke luar negeri? Yuk berbagi pada kolom komentar, ya!

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

LIKE MY BLOGPOST? FOLLOW MY SOCIAL MEDIA:

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan foto dan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin menggunakan foto atau mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

Others articles related to travel and lifestyle:

HDR2

8 Comments

  1. Info yang sangat bermanfaat, Kaaak. Dulu sebelum berangkat (kemanapun) aku selalu baca-baca blog orang. Jadi sudah lebih prepare :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *