Panduan dan Pengalaman Bikin Visa Jepang Mudah dan Pasti Tembus

HeyDeeRahma.com – Panduan Bikin Visa Jepang Mudah dan Pasti Tembus | Bisa dikatakan Jepang adalah salah satu negara yang menjadi destinasi wisata populer bagi masyarakat Indonesia. Apalagi sejak tanggal 30 September 2014 lalu, Warga Negara Indonesia yang memiliki E-Paspor diberikan privilege khusus bebas visa jepang. Syarat untuk bebas visa ini juga sangat sederhana, kamu hanya tinggal melakukan registrasi khusus visa waiver di Kedubes Jepang sebelum keberangk atan dan yang paling bikin happy, visa waiver itu sudah bisa digunakan untuk memasuki Jepang berkali-kali (maksimal 15 hari dalam sekali kedatangan) selama 3 tahun. Yay liburan ke jepang jadi makin mudah ya!

Nggak heran ya dengan kebijakan tersebut, Jepang makin populer saja di kalangan pecinta travelling. Bahkan, menurut data yang disampaikan oleh Kepala Bagian Konsuler Kedutaan Jepang Hiroshi Matahira, awal tahun 2017, aplikasi visa ke jepang meningkat 30% dan lewat aplikasi e-paspor meningkat hingga 40%. Lantas, apa sih perbedaan antara visa dengan paspor biasa dan visa dengan e-paspor? Eits, sabar guys, baca postingan ini sampai habis ya, karena aku bakalan share semua hal tentang panduan dan cara membuat visa jepang terbaru khusus di blog HeyDeeRahma.com buat kamu yang mau urus visa ke jepang!

Apa Beda Bikin Visa Jepang di Kantor Kedutaan DAN Bikin Visa Jepang di Japan Visa Application Center (JVAC)?

Saat saya membuat visa ke jepang akhir tahun lalu, saya masih mengurusnya di Kedutaan Besar Jepang yang terletak di Jl. M.H. Thamrin No. 24 Jakarta Pusat (dekat Plaza Indonesia). Namun, menurut rilis media terbaru dari Kedutaan Besar Jepang, mulai 15 September 2017 Kedutaan Besar Jepang di Jakarta TIDAK MENERIMA lagi aplikasi visa, KECUALI untuk registrasi bebas visa e-paspor, visa diplomatik dan visa dinas, transfer visa dari paspor lama ke paspor baru, dan penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.

Lokasi Kedutaan Besar Jepang di Jakarta

Pssst.. Ada beberapa layanan pendukung yang tersedia di JVAC loh, seperti: Bantuan pengisian formulir aplikasi, photo booth buat kamu yang belom sempet foto buat apply visa, fotokopi, informasi pengecekan status visa melalui sms, pengiriman paspor oleh kurir, dan kemudahan pembayaran visa menggunakan alternatif pembayaran kartu kredit. Asyik kan? Tapi perlu diperhatikan juga ya guys, tentunya ada tambahan biaya tertentu untuk menikmati fasilitas-fasilitas tersebut. Informasi lengkap, klik info disini.

Lokasi Japan Visa Application Center di Lotte Avenue Jakarta

Bagaimana Prosedur Pengajuan Visa di JVAC?

Lalu, kalo mau liburan ke jepang, mesti urus visa kemana dong? Tenang aja guys, mulai dari 15 September 2017, Kedubes Jepang menunjuk Japan Visa Application Center (JVAC), sebuah pusat layanan terpadu untuk mengajukan visa ke Jepang untuk melakukan kepengurusan visa jepang, terutama untuk yang berdomisili di dalam wilayah yurisdiksi Kedubes Jepang di Jakarta (cek disini). Lokasi JVAC ada di Mal Lotte Shopping Avenue (Jl. Prof Dr Satrio Nomor 3-5, Jakarta) di lantai 4 unit 33, tepat di sebelah Bioskop XXI. FYI, sangat disarankan untuk melakukan janji temu sebelum kedatangan ke JVAC supaya kamu nggak nunggu antrian terlalu lama. Klik disini untuk pendaftaran janji temu pengajuan aplikasi visa jepang.

Pengajuan Aplikasi Visa Pengambilan Dokumen Visa
Khusus Agen 09:00 – 13:00 10:00 – 13:00
Khusus Aplikasi Individu 09:00 – 17:00 10:00 – 15:00
Waktu Libur Hari Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional/Libur Kedutaan Tutup

Jam Operasional Pengajuan dan Pengambilan Visa Jepang di JVAC

Apa Beda Pengajuan Visa Dengan Temu Janji Online Dengan Datang Langsung Ke JVAC?

Bila dokumen pengajuan visa sudah lengkap, kamu bisa memilih apakah ingin mengajukan visa ke JVAC dengan cara: 1) Melakukan TEMU JANJI (APPOINTMENT) ATAU 2) Pengajuan visa jepang dengan DATANG LANGSUNG ke JVAC.

Sebenarnya di JVAC di Lotte Shopping Avenue membuka 15 loket yang melayani pengajuan visa. Namun, untuk menghemat waktu kamu, aku sarankan kamu lakukan reservasi pengajuan visa dulu sebelum datang ke JVAC (klik disini). Kemudian, bila sudah mendaftar temu janji secara online, kamu akan mendapatkan surat konfirmasi melalui e-mail. Simpan atau cetak surat itu untuk ditunjukkan ke petugas JVAC. Bagi aplikan yang sudah membuat janji temu online akan diberikan prioritas, sementara yang datang langsung ke JVAC akan mengantri lebih lama. Berikut panduannya mengurus visa jepang di JVAC:

1) Serahkan surat konfirmasi temu janji online kepada petugas
2) Serahkan semua dokumen aplikasi visa yang dibutuhkan.
3) Siapkan biaya visa dan biaya layanan. Bisa tunai/dengan kartu kredit/debit.
4) Tunggu 5 hari kerja untuk finalisasi diterima atau tidaknya aplikasi visa kamu.
5) Bila kamu mengajukan aplikasi di VFS, kamu dapat mengetahui status aplikasi visa jepang kamu disini.

FYI guys, walaupun proses pengajuan dan pengambilan visa jepang dilakukan di JVAC, namun keputusan kamu dapet visa jepang atau nggak tetep dibawah wewenang pihak Kedubes Jepang yah! Jadi, saran aku, lengkapi semua dokumen persyaratan yang diminta. Jangan sampai ada yang ketinggalan, karena bila dokumen tidak lengkap, aplikasi visa jepang kamu tidak akan diproses oleh Kedubes Jepang!

 

Pengajuan Aplikasi Visa Jepang. Mesti Siapin Dokumen Apa Aja?

Berhubung lebih banyak yang mengajukan visa liburan ke jepang, maka saya berikan informasi dokumen yang wajib dilampirkan bersama aplikasi visa wisata dengan biaya sendiri menurut pengalaman pribadi. Berhubung ada 2 jenis paspor yang berbeda: paspor biasa dan e-paspor untuk aplikasi pengajuan visa, maka saya bagi 2 jenis ya disini. Berikut dokumen sesuai jenis paspor:

DOKUMEN PASPOR BIASA

(1) Formulir aplikasi pengajuan visa. Unduh disini.
(2) Paspor asli (Paspor lama mesti dilampirkan apabila kamu baru memperbarui paspor kamu dan Paspor harus memiliki sisa masa berlaku minimal 1 tahun untuk diterima)
(3) 1x Foto Berwarna (Ukuran 4,5 cm x 4,5 cm dengan latar belakang putih polos yang diambil dalam 6 bulan terakhir, akan ditempel di formulir permohonan visa).
(4) Surat Sponsor Berbahasa Inggris dari Perusahaan/Surat Keterangan Kerja (Untuk Karyawan)/SIUP (Untuk Wiraswasta). Surat ini wajib dilampirkan untuk meminimalisir resiko masuknya imigran gelap ke Jepang. FYI, surat keterangan kerja bisa minta ke bagian HRD. Bila tidak memungkinkan punya surat sponsor dari perusahaan, bisa juga menyertakan surat sponsor dari orangtua yang menyatakan kamu pergi ke jepang dengan biaya sendiri dan akan kembali ke Indonesia dalam waktu yang telah ditentukan yang ditandatangani diatas materai 6.000. Jika ada orang lain/anggota keluarga yang ikut bepergian maka dicantumkan nama dan status orang tersebut.
(5) Dokumen Bukti Keuangan (3 Bulan Terakhir) sebagai jaminan bahwa uang yang ada di tabungan kita cukup untuk menghidupi kita selama travelling.
(6) Fotokopi Kartu Keluarga dan Fotokopi KTP (harus dicetak diatas kertas A4 dan tidak boleh dipotong).
(7) Fotokopi Kartu Mahasiswa/Surat Keterangan Belajar (Khusus pelajar)
(8) Bukti Pemesanan Tiket PP Pesawat. Harus PP untuk membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang.
(9) Bukti Pemesanan Booking Hotel. Saya selalu menggunakan situs FindyMyFare.com untuk pesawat dan Booking.com untuk hotel dengan sistem free cancellation dan pilihan bayar saat tiba di hotel.
(10) Itinerary/Rencana Perjalanan. Unduh disini. Tidak usah terlalu detail. Waktu saya 3 minggu di Jepang, saya hanya menuliskan secara garis besar kegiatan per minggunya, seperti mau ke kota mana saja beserta kegiatan per minggu dari saat masuk hingga keluar jepang.
(11) Slip gaji 3 bulan terakhir (untuk karyawan).

BONUS: Berbagai Informasi Dokumen Pengajuan Visa Ke Jepang! Cek di Akhir Artikel

Dokumen lainnya dengan kebutuhan tertentu:
a) Jika disponsori oleh anak maka lampirkan fotokopi akte kelahiran anak yang dapat membuktikan hubungannya.
b) Jika disponsori oleh menantu maka lampirkan fotokopi akte nikah anak dan akte kelahiran anak yang dapat membuktikan hubungannya.
c) Jika status pensiun maka surat diketik diatas kertas putih polos dan ditanda tangani sendiri.
d) Jika istri ikut bepergian, lampirkan fotokopi akte nikah.
e) Jika anak ikut berpergian dan masih sekolah, maka lampirkan: Fotokopi kartu pelajar, Fotokopi akte kelahiran, Surat keterangan dari Sekolah asli.
f) Untuk anak yang belum mempunyai KTP, formulir ditanda tangani oleh kedua orang tuanya.
g) Untuk Visa Bisnis harus ada undangan diatas kop surat perusahaan dari Jepang.

DOKUMEN E-PASPOR

Hanya 2 dokumen saja yang diserahkan ke petugas visa di Kedubes Jepang saat mengurus visa waiver: E-Paspor dan Formulir pengajuan visa yang bisa diunduh disini. Mudah banget yah! Keuntungan lain pakai E-Paspor:
*Gratis gak pakai visa, bisa masuk ke Jepang maksimal 15 hari.
*Gak perlu urus dokumen segambreng kalo mau liburan ke Jepang maksimal 15 hari.
*Cepet, 2-3 hari jadi!

Note: Semua dokumen tidak boleh distaples, tidak boleh terlipat, dan harus dicetak diatas kertas ukuran A4.

Berapa Minimal Uang Di Tabungan Yang Harus Saya Siapkan Untuk Mengajukan Aplikasi Visa Jepang?

Pada dasarnya, proses pengajuan hingga pengambilan visa memerlukan waktu 5 hari kerja untuk paspor biasa, terhitung dari hari pengajuan visa jepang. Sementara itu, minimal uang yang wajib mengendap di rekening kamu tergantung dari lama waktu berlibur kamu. Alokasikan uang sekitar 1-1.5 juta per hari bila kamu ingin liburan ke jepang, Jadi, kalo kamu mau ke jepang selama 10 hari, maka jumlah tabungan yang harus ada di rekening kamu adalah 1.5 juta x 10 hari = 15 juta.

Rekening koran bisa kamu dapatkan di masing-masing bank kamu, tinggal datang ke CS dan minta untuk cetak rekening koran. Biasanya mereka akan bertanya dokumen rekening koran akan digunakan untuk apa. Jawab saja untuk pengajuan aplikasi visa jepang, nanti mereka akan lampirkan surat pengantar yang berisi keterangan jumlah saldo di rekening yang ditujukan ke Kedubes Jepang. Setiap bank memberikan biaya yang berbeda untuk permintaan cetak rekening koran. Ada yang free, ada yang Rp50.000 sekali cetak. FYI, ada juga sih teman yang hanya mencetak mutasi rekening 3 bulan terakhir dari internet banking dan tembus, tapi saya sih belom coba.

Punya E-Paspor, Bagaimana Cara Mengurus Visa Waiver?Lebih Baik Urus Visa Di Kedubes Jepang atau JVAC?

Sudah saya sebutkan kini WNI pemegang E-Paspor memiliki privilege bebas visa dengan syarat registrasi pra keberangkatan untuk kunjungan maksimal 15 hari sekali datang ke jepang. Pendaftarannya bisa dilakukan di Kedubes Jepang langsung atau JVAC (klik disini). Bedanya kalo urus di Kedubes Jepang, kamu tidak dikenakan biaya layanan tambahan alias gratis seperti kamu urus visa e-paspor di JVAC Lotte Shopping Avenue yang dikenakan biaya Rp115.000.

Cara registrasinya juga mudah kok. Kamu tinggal isi formulir visa e-paspor visa jepang (klik disini) dan membawa e-paspor asli kamu ke Kedubes Jepang dengan waktu proses 2 hari kerja. Kalo visa sudah selesai, maka paspor kamu akan ditempeli oleh Visa Waiver. FYI, buat kamu yang punya E-Paspor keuntungannya, kamu bisa berulang kali mengunjungi jepang selama 3 tahun berturut-turut dengan waktu sekali kunjungan maksimal 15 hari. Itulah perbedaan dasar antara paspor biasa dengan e-paspor untuk mengajukan visa jepang. Asyik kan?

Beberapa hal yang harus diperhatikan:

1) Visa Waiver hanya berlaku untuk kunjungan singkat (wisata, bisnis, dan kunjungan teman/keluarga). Selain kunjungan singkat, wajib mengajukan visa jepang standar.
2) Punya rencana tinggal di Jepang lebih dari 15 hari? Tentu saja kamu harus mengajukan visa seperti pemegang paspor biasa.
3) Registrasi bebas visa tidak dikenakan biaya (gratis) di Kedutaan Besar Jepang dengan proses registrasi adalah 2 hari kerja.
4) Hati-hati! Jika kamu tidak mengajukan registrasi bebas visa sebelumnya, maka kamu akan dicekal di bandara Jepang. Hiiiy, jangan sampe deh ya, guys! Karena kalo sampe dicekal atau melakukan pelanggaran hukum di Jepang, tidak akan diizinkan masuk ke jepang kembali.

Mudahnya Bikin Visa Waiver di Kedubes Jepang. 2 Hari Jadi!

Mudah sekali untuk mengajukan aplikasi visa waiver di Bagian Konsuler Kedutaan Besar Jepang Jl. M.H. Thamrin no. 24, Jakarta. Begini langkah-langkahnya:

– Serahkan E-Paspor dan formulir aplikasi permohonan bebas visa yang sudah diisi lengkap.
– Kamu akan dikasih 1 lembar kertas kecil sebagai bukti penyerahan dokumen yang harus diserahkan ke petugas saat pengambilan paspor.
– Tunggu 2-3 hari kerja. Jika visa jepangmu sudah approve, maka pihak kedubes akan menempelkan stiker bebas visa di paspor. Inilah stiker sakti yang membuatmu bisa masuk ke jepang dengan masa tinggal maksimal 15 hari dan berlaku selama 3 tahun.
– Pengajuan visa waiver di Kedubes Jepang tidak dikenakan biaya alias GRATIS.

Memasuki area kedubes, seperti biasa kamu akan dicek keamanan dan wajib meninggalkan KTP. Kemudian, kamu akan diarahkan ke suatu ruangan yang khusus untuk kepengurusan visa yang berisi kursi tunggu, loket, dan meja pengisian formulir aplikasi visa jepang. Akan ada petugas yang menanyakan kepentingan kamu datang kesana, dan memberikan nomor tiket untuk mengantri. Bila tidak ada petugas yang berjaga, carilah mesin pencetak tiket dengan tulisan Embassy of Japan untuk mengambil nomor antrian. Pilih tombol ‘A’ untuk kepengurusan visa ya, bukan tombol ‘B’ yang dikhususkan untuk layanan administrasi orang Jepang. Ikuti juga jadwal operasional kedubes jepang saat ingin mengurus dan mengambil visa waiver berikut ini:

Pengajuan Aplikasi Visa Waiver di Kedubes Jepang Pengambilan Dokumen Visa Waiver di Kedubes Jepang
Jam Operasional Kedubes Jepang 09:00 – 12:00 13.30-15:00
Waktu Libur Hari Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional/Libur Kedutaan Tutup

Sediakan uang tunai sejumlah biaya registrasi visa e-paspor, karena pihak Kedubes Jepang tidak menerima debit/kartu kredit. Ingat ya, hanya pemegang e-paspor saja yang bisa mengurus visa waiver di kedubes.

Berapa Biaya Membuat Visa Jepang? 

Kedubes Jepang JVAC
E-Paspor GRATIS Rp115.000 per paspor
Single Entry Tidak bisa di Kedubes Jepang Rp370.000+Rp155.000 per paspor
Multiple Entry Tidak bisa di Kedubes Jepang Rp740.000+Rp155.000 per paspor
Transit Tidak bisa di Kedubes Jepang Rp90.000+Rp155.000 per paspor

Biaya visa akan dibebaskan untuk warga negara asing yang mengunjungi prefektur Miyagi, Fukushima, atau Iwate. Mohon siapkan pemesanan hotel dan simpan faktur/catatan pemesanan Anda untuk referensi di masa mendatang. Selain itu, Penumpang yang ingin melakukan perjalanan ke Okinawa untuk tujuan wisata dan tiba di udara di bandara Okinawa dengan tiket pemesanan dapat mengajukan visa tanpa biaya.

Kalo Saya Tinggal di Luar Jabodetabek Mesti Ajuin Aplikasi Visa Jepang Kemana?

Setiap pengajuan visa berdasarkan alamat KTP, jadi buat kamu yang tempat tinggal atau domisilinya berada di bawah wilayah yurisdiksi Konsulat Jenderal Medan, Surabaya, Denpasar, dan Kantor Konsuler Makassar, maka pengajuan visa jepang tetap dilakukan di konsulat jenderal atau kantor konsuler masing-masing. Klik disini untuk informasi lengkapnya

Selain Visa Liburan ke Jepang, Ada Apa Saja Tipe dan Jenis Visa Jepang?

Berencana liburan ke jepang? Kalo begitu, kamu harus ajukan aplikasi Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Wisata dengan Biaya Sendiri. Namun, selain untuk kebutuhan kunjungan liburan ke jepang, ada juga lho jenis visa lainnya yang bisa diajukan WNI saat ingin masuk ke negara Jepang. Inilah daftarnya:

(a) Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Kunjungan Keluarga.
(b) Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Kunjungan Keluarga (apabila Pengundang adalah WN Jepang yang berdomisili di Indonesia).
(c) Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Teman.
(d) Visa Kunjungan Sementara Berkali-kali (Wisata).
(e) Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Bisnis.
(f) Visa Khusus (Visa Pelajar/Bekerja/Pelatihan/Menetap dalam jangka waktu tertentu).
(g) Visa Transit.
(h) Visa Single Entry Untuk Tujuan Group Tour Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) Yang Diselenggarakan Oleh Travel Agent Yang Ditunjuk.

Nah tinggal dipilih deh kebutuhan visamu yang mana. Silahkan apply visa jepang sesuai dengan kebutuhan kamu masing-masing ya!

Pengalaman Membuat Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Kunjungan Keluarga.

Biasanya untuk visa seperti ini yang terjadi adalah pihak keluarga pengundang yang tinggal di Jepang mensponsori biaya perjalanan atau memberikan tempat tinggal untuk keluarga dari Indonesia selama di Jepang. Namun, bisa juga kamu membiayai perjalanan sendiri. Visa kunjungan sementara untuk kepentingan jangka pendek dengan tujuan kunjungan keluarga, kunjungan teman, kunjungan wisata, kunjungan bisnis, dan lain-lain berlaku maksimum 90 hari.

Berikut dokumen yang harus dilampirkan untuk mengajukan visa kunjungan sementara untuk keluarga:

1) Surat undangan yang menyatakan teman/keluarga kamu mengundang untuk datang ke jepang dimana surat ini harus menjelaskan hubungan pengundang dengan kamu sebagai traveller. Tambahkan juga informasi tentang siapa yang bertanggungjawab atas biaya perjalanan dan biaya hidup selama tinggal di Jepang.
2) Surat jaminan dan alasan mengundang di Jepang.
3) Surat keterangan kerja pihak sponsor/penjamin.
4) Bukti keuangan atau slip gaji pihak sponsor selama tiga bulan terakhir.
5) Fotokopi identitas penjamin/sponsor/Alien’s Registration Card
6) Fotokopi paspor dan surat izin tinggal pihak sponsor beserta suami/istrinya.
7) Fotokopi bukti hubungan keluarga dengan penjamin: Akta Kelahiran/Kartu Keluarga.
8) Fotocopy Kosekitohon/Family Register dari penjamin atau bagi yang menikah atau anak dari orang Jepang.
9) Surat keterangan dari Universitas di Jepang bila yang di kunjungi masih sekolah.

Biasanya pihak pengundang yang tinggal di Jepang memiliki cap khusus yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat kok yang bisa dijadikan bukti legalisir dokumen-dokumen tersebut. Minta juga kirimkan hasil scan dokumen yang sudah diisi oleh pihak pengundang melalui e-mail. Jadi, bila pihak Kedubes/JVAC bertanya, kamu bisa memberikan bukti percakapan e-mail bahwa memang benar dokumen tersebut sudah dilegalisir. Menurut pengalaman pribadi, saya hanya melampirkan poin no. (1), (2), (3), (4), (5), (6), dan (7). Ditambah formulir aplikasi pengajuan visa, paspor asli, foto 4.5 cm x 4.5 cm, dokumen rekening koran pribadi, fotokopi KTP pribadi, bukti tiket pesawat PP, dan itinenary. Banyak yah? Gpp, demi visa tembus! :D

Hasilnya, setelah ribet ngurusin semua dokumen, VISA APPROVED 30 DAYS~!

Travel Pro Tips:

  • Lengkapi semua persyaratan dokumen dan perhatikan ketentuan dokumen dari kedubes. Jangan sampai ada yang kelewatan supaya mempermudah proses appy visa jepang. Kalo dokumen lengkap pasti tembus. Kalo gagal, Kedubes Jepang biasanya memberikan jeda waktu 6 bulan sebelum apply visa kembali.
  • Berangkat lebih pagi ke kedubes jepang bila kamu berencana apply visa e-paspor, karena saya datang jam 9 saja sudah antri banyak.
  • Siapkan cash kalo mau apply visa e-paspor. Saya waktu itu lupa bawa cash, jadi harus cari ATM dulu di Plaza Indonesia huhuhu. Jangan ditiru yah, cukup buat jadi pengalaman saya aja.
  • Akses ke Kedubes Jepang Jakarta gampang kok, bisa naik TransJakarta, kemudian turun di Halte Indonesia. Jalan kaki sedikit 10-15 menit sudah sampai ke Kedubes Jepang.
  • Akses ke Lotte Avenue Mall memang agak rumit. Saya sarankan naik ojek/taksi online aja kalo tidak membawa kendaraan sendiri.
  • Buat pekerja bebas/freelancer, lampirkan saja bukti rekening koran dan surat referensi dari orangtua yang menyatakan kamu berpergian dengan waktu tertentu dan akan kembali ke Indonesia.

BONUS: Berbagai Dokumen Pengajuan Visa Ke Jepang

Well, akhirnya sampai juga di penghujung tulisan cara membuat visa Jepang terbaru di blog HeyDeeRahma.com! Semoga informasi lengkap dan update terbaru cara membuat visa Jepang diatas bisa bantu kamu yang akan pergi ke Jepang ya, guys. Kalo ada pertanyaan, boleh tinggalkan komentar, e-mail, DM Instagram, Inbox Fanpage, anything! Aku akan coba bantu kalian yang masih bingung cara bikin visa ke jepang!

PIN ME UP!

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

LIKE MY BLOGPOST? FOLLOW MY SOCIAL MEDIA:

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan foto dan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin menggunakan foto atau mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

Others articles related to travel and lifestyle:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

92 Comments

  1. wahh.. lengkap banget nih panduannya, makasih mbak, kebetulan ada rencana nge-trip pertengahan tahun nanti :-)

    • Sip deh Kak Arief! Semoga nanti visa jepang kamu tembus dengan mudah yaa setelah ikuti panduan dari blog HeyDeeRahma.com :)

  2. Aku belum mau ke Jepang dalam waktu dekat. Tapi post ini aku bintangi, karena jelas dan berguna banget. Buat manggil semesta juga agar cepat membuka jalan 👍👍

  3. Ini lengkapnya pake banget kak, makasi banyak udah shareee 😍. Hiks ternyata pake e-Pasport lebih banyak utgnya ya 😂 kayaknya habis ini bakal beralih

  4. Wah, komplit bener! Sangat berguna buat yang mau ke Jepang. Aku masih nabung-nabung cantik sih, hihi.. jadi aku izin bookmark aja dulu ya kakaa…

    • semoga tabungannya cepet kekumpul, terus terbang ke jepang deh! :D
      silahkan saja di bookmark untuk keperluan apply visa jepang tembus…

  5. lengkap banget, ngurus visa Jepang jadi terlihat mudah, rekomend nih buat traveler yang mau kesana, makasih sist infonya

  6. Thanks banget mba untuk informasinya yang lengkap banget, tentunya sangat bermanfaat sekali untuk mereka-mereka yang ingin membuat visa Jepang.

  7. wooo,, ke jepang emang dah jadi citacita saya semenjak kuliah sih mbak, kalo ada panduan bikin visa gini kan jadi lebih gampang ceritanya buat prepare kesana.
    TFS ya mbak, suangad membantu sekale

  8. Thn depan mau ke jepang lg. Berarti ntr visanya apply di jvac yaa.. Jd lbh mahal :D. Tapi ya sudlah… Mnrtku, visa jepang ini paling gampang sih sbnrnya. Malah dibanding visa korea, jepang lbh ga ribet :). Pas apply yg korea aku rada deg2an krn banyak baca yg ditolak. Untungnya keterima juga.
    Thn depan nanti mw ke jepang bareng temen2, mereka pada kuatir, krn takut tolak itu. Tp udh aku yakinin, visa jepang mah kemungkinan ditrimanya jauh lbh besar . Jd santai ajalah. Apalagi buat karyawan yg memang jelas pekerjaannya..

    • Wuiiih, yang mau ke jepang.. Iya lebih mahal, tapi katanya memang kebijakan seperti ini dibuat karena wisatawan yang mau ke jepang semakin membludak, jadi kedubes jepang menunjuk perwakilan deh buat urus visa jepang :D

      Menurut pengalaman iya sih visa jepang gampang, asal dokumennya lengkap :)

  9. sedang menunggu epassporku jadi nih mbak, deg-degan soalnya mepet sama keberangkatan, moga berhasil. thanks infonya mbak, ku baca lengkap tadi

  10. Super komplit penjelasannya. Pembaca jadi mudah memahami “how to” nya. Keren mbak tulisannya.
    Moga esok, entah kapan sy bisa ke Jepang sekeluarga. Amin :)

  11. Wih kebetulan banget tadi liat info di fb ada tiket promo jkt-jepang cuman 1 jutaan, berangkatnya sih sekitar okt 2018. Baca artikel super lengkap kayak gini jadi tergiur pengen ke Jepang *-*

  12. Waahh lengkap dan informatif. Thanks Rahma!
    Wah berarti saldo rekening kita kalau mau ke Jepang bukan min 30 juta ya, tapi 1.5juta dikalikan berapa harinya ya. Aku masih paspor biasa. Next kalo udah ada rencana ke Jepang aku langsung change ke epaspor. Bakal ngunjungin artikel ini lagi.

    • betul seperti itu hitungan kisaran bujet pergi ke jepang :)
      sama, aku juga masih paspor biasa, super ribet ngurus dokumen ini itu, tapi worthed jadi tahu deh prosesnya :)

    • Dulu ke jepang juga jadi mimpi buat aku, akhirnya pakai law of attraction.
      Bikin paspor dulu, eh dua tahun kemudian beneran bisa pergi ke jepang!
      Semoga kesampaian ke Jepang ya, Kak Reni! :)

    • Sama-sama, monggo dibookmark dan dishare ke temen-temen yang membutuhkan informasi visa jepang terbaru Kak Yosa :)
      Semoga nanti makin cepat terwujud impian jalan-jalan ke jepang! :)

  13. Wah lengkap banget ya. Makasih udah share. Anakku punya cita2 dpt beasiswa ke Jepang, kebetulan sepupu & keponakan ada yg sdh stay disana bbrp tahun.

    • Monggo silahkan saja kalo bermanfaat dibookmark atau dishare ke temen-temennya yang mau urus visa ke jepang.
      Makasi Om Nduut :D

  14. mudah juga bikin visa untuk jepang, selain itu harus bener menghitung biaya selama disana, jika salah perincian bisa tekor kak. secara perhari biaya yang dibutuhkan cukup besar.

    setelah baca ini jadi punya niat buat ke Jepang, tapi harus rajin menabung dan update info terus

    • betul kak, semoga adanya blogpost panduan bikin visa jepang terbaru ini bisa membantu temen-temen yang pengen ke jepang yah :D

      makasih udah mampir ke blog HeyDeeRahma.com!

  15. kereeeeeeeeeeennnn… sekarang bacanya masih agak agak bingung, nanti kalo udah iya kesana, akan baca lagi, pasti lebih paham hehehe.
    makasih kak heydeeeee inpohnyaaaaaa :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *