Naik Kereta ke Bandara Soetta Dari Stasiun Manggarai

HeyDeeRahma.com – Naik Kereta ke Bandara Soetta Dari Stasiun Manggarai | Lihat judul postingan blog gue kali ini pasti pada bakalan muncul pertanyaan. Emang udah ada kereta buat ke bandara soetta langsung? Yes, jawabannya udah ada, gaes! SOON! Kemarin gue baru aja diundang buat datang ke acara uji coba kereta bandara soetta. Gue happy banget bisa menjadi salah satu digital influencer yang diundang buat nyicipin fasilitas publik terbaru besutan PT. Railink yang merupakan anak perusahaan PT. Kereta Api Indonesia.

Belakangan ini gue memang sering bolak-balik ke bandara. Kebetulan aja rumah gue deket sama bandara soetta, jadi nggak terlalu makan waktu di jalan. Cumaaa, gue sempet juga kepikiran, apa kabar ya temen-temen yang rumahnya jauh dari bandara soetta? Pasti mereka butuh waktu berapa jam buat nyampe bandara ya? Secara makin kesini macetnya Jakarta makin unpredictable! Setuju nggak, gaes?

Beberapa kali pas gue jalan ke bandara juga sempet ngeliat kemacetan parah di gate menuju pintu bandaranya karena saat peak time memang banyak orang yang keluar masuk bandara menggunakan mobil pribadi. Bayangin aja deh: mobilnya banyak, penumpang tiap hari membludak, tapi gate bandaranya terbatas. Akhirnya, macet yang tadinya kita temuin di tengah kota saja, eh menular ke bandara juga! Kusut gak loe?

Nah, makanya ketika gue ngeliat bandara beberapa bulan ini lagi sibuk ngebangun jalur kereta baru, gue optimis dua permasalahan tadi, yaitu masalah waktu dan kemacetan bisa terpecahkan dengan adanya pilihan moda transportasi kereta api bandara yang menurut gue relatif bebas macet, lebih cepat dan efisien waktu karena kereta api punya jalur sendiri.

APA BEDA SKY TRAIN DAN KERETA BANDARA SOETTA?

Jadi nanti bakalan ada dua jenis kereta api di bandara: kereta api railink bandara soetta dan sky train soetta. Keduanya punya tujuan yang berbeda. Kereta api railink bandara soetta berangkat dari stasiun manggarai ke stasiun bandara soetta menggunakan jalur commuterline dan melewati jalur kereta baru menuju stasiun bandara soetta. Sedangkan, sky train hanya mengantar penumpang antarterminal di area bandara saja. Bila kamu ingin naik kereta bandara, maka untuk melanjutkan ke terminal yang dituju harus menyambung lagi dengan sky train dari stasiun kereta soetta.

“Nantinya layanan kereta bandara soetta berangkat dari Stasiun Manggarai melewati Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.”

Gue punya temen, namanya Dira. Dia tinggal di Tebet. Tiap ke bandara soetta dia harus punya alokasi waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Bayanginnya aja udah berasa tua di jalan kan, gaes? Kalau ada alternatif kereta bandara soetta, dia udah bisa tuh berangkat dari Tebet ke Stasiun Manggarai aja. Dira bisa beli tiket pakai sistem ticketing PT. Railinik yang disebut Airport Railways Ticketing System (ARTS) yang bisa diakses melalui Vending Machine di stasiun, Kalau nggak mau repot, bisa juga beli tiket via internet booking atau aplikasi mobile yang dikembangkan oleh PT. Railink.

Well, memang buat sebagian orang yang tinggalnya jauh dengan bandara soetta, permasalahan transportasi ke bandara ini jadi momok yang berat. Harapanku, dengan adanya alternatif kereta api bandara ini, semoga bisa memudahkan turis maupun warga lokal untuk pergi ke bandara dengan lebih mudah dan nyaman.

REVIEW INTERIOR DAN KENYAMANAN KERETA BANDARA SOETTA

Perjalanan menggunakan kereta api bandara soetta terasa sangat nyaman. Dengan interior berwarna abu-abu, setiap kursi penumpang dengan set 2-2 per baris terasa empuk dan lega. Jarak antarkursi depan dan belakang juga sangat luas sehingga tetap nyaman bagi penumpang. Dalam setiap gerbong kereta juga terdapat tempat penyimpanan bagasi di dekat pintu masuk kereta. Tentu ini sangat memudahkan bagi penumpang yang membawa koper atau bawaan yang agak besar. Tersedia juga koneksi wi-fi dan layar lcd yang diisi oleh informasi posisi stasiun berikutnya.

Fasilitas yang ada di dalam gerbong kereta api bandara: lcd, kursi nyaman dan leg room yang lega, baggage rack, serta usb charger di setiap kursi.

 Oya, tak perlu khawatir juga kalau baterai smartphone elo udah kritis, di tengah jok penumpang terdapat sumber listrik dengan 2 slot usb. Setiap rangkaian kereta bandara berisi 6 gerbong yang dapat menampung 272 penumpang. Rencananya akan ada 10 train set untuk mengantar penumpang ke bandara soetta, gaes!

Didalam toilet ada baby changing station juga buat mommy yang berpergian dengan bayinya. Setiap toilet juga dilengkapi dengan wastafel.

Saat uji coba kemarin, waktu tempuh dari stasiun manggarai ke stasiun akhir hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam tanpa macet. Walaupun harga tiket kereta bandara belum dirilis secara resmi, tapi aku berharap semoga harganya nggak lebih dari Rp150.000. Mungkin PT. Railink juga bisa mempertimbangkan jika penumpang naik dari stasiun yang berbeda, tarifnya bisa disesuaikan lagi. Gue pikir worthed lah ya kalau kamu kerja di sekitaran Sudirman atau tinggal di daerah Bekasi, Depok, Bogor bisa naik kereta ke bandara langsung tanpa worry lagi kena macet dan lebih efisien waktu juga.

Semoga aja awal tahun depan kereta bandara soetta sudah full beroperasional ya, gaes!

PIN ME UP!

PS: If you feel this information are helpful, inspirational, or giving you enlightenment, please do not forget to share, subscribe, like social media @heydeerahma or just click the share button on the right side of my blog!

See you on the next blog post.

Love,

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

Share this to your friends:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

39 Comments

  1. uwaaaw semoga lekas disahkan keretanya
    biar nggak macet-macet lagi

    kalo kereta yang kelas ekonomi, kira-kira ada nggak ya?
    atau minimal yang kayak KRL gituuu… cuma 3ribuan
    hmmm talah asal ngomong :D

  2. So helpfull mba infonya, saya pernah tueun bandara soetta trus naik gocar. Macet banget mbak. Smg bs jd alternatif moda transportasi di jkt. Btw salam kenal dari jogja.

  3. Ada wifinya ? asek sekali tu ,bisa-bisa saya tidak mau turun deh. Karena terlalu asek berselancar dunia maya ,wah kenapa saya tidak dapat undangan ya ? biar bisa meriview juga. Keretanya sungguh aman dan nyaman sekali.

  4. Waaaahhh… adanya kereta api dari Manggarai menuju Bandara Soeta dan sky rail di Soeta antar terminal ini benar2 suatu solusi canggih terkini ya mbak Dee. Masyarakat pasti bahagia banget nih bisa sampai 1 jam lebih aja menuju bandara, tapi lumayan juga tarifnya ya. Semoga harga tiketnya bisa ‘disederhanakan’ lagi siapa tau kan nanti makin terjangkau dan berbondong2 penumpangnya. Nice info tq yach mbak.

  5. Kereta itu menjadi transportasi yang paling ideal di tempat yang padat. Karena jalurnya sendiri; pun kalau fasilitasnya bagus, dan jamnya teratur makin baik.

  6. Saya ke Bandara aja belum pernah, hahaha….. Ndeso pisan!

    Tapi setidaknya jadi tau perbedaan antara sky train dan kereta Bandara Soetta.

    Nice sharing yah

  7. waaah ada baby changing station-nya, ini hal penting buat para mamah2 yg punya bayik, jadi pas lagi otw naik railink ke soetta bisa ganti diapers dengan aman

  8. Haduh gue kapan bakal menikmatinya, semoga saja ikutan deh merasakan fasilitas kenyamanan yg ditawarkan
    tdk pun tidak apa ya ikut bangga juga toh masih satu negara selamat deh buat yg bakal menikmatinya

  9. Hi mba dee salam kenal dri bandung hehehe.. wah aku jadi pengen naik kereta itu deh ii keren interiornya.. apalgi kalau harganya bisa d bawah 100 k pasti ud banyak tu peminatnya hehe

  10. Wuih dalem interiornya keren banget.. jadi pengen nyoba pake kereta itu deh.. btw kalau 100 rb agak murah sist.. apalagi bisa dibawah 100 k kayaknya pasti semua anak anak abg gaul lebih milih ni kereta.. salam kenal juga mba tsantik..

  11. Hemmm semoga layanan ini segera hadir di terminal lebak bulus. Eh tapi kan lebak bulus blm ada stasiun keretanya. Hahahah

  12. Syukurlah

    Dengan begini permasalahan seperti naik taksi kemahalan dan naik damri mesti bangun pagi jadi nggak ada lagi hihihihi

    Aku pribadi lately jadi lebih suka bolak balik padang-jkt via bandara halim mbak, karena bisa via kereta sampe stasiun cawang. Terus nyambung ojek/car onlinedari stasiun cawang udah deket banget.

    Tapi kalau udah ada transportasi bandara yang praktis gini pasti bakal lebih sering via soeta lagi deh ini kalo pulkam hehehe

    Salam kenal ya mbak ^^

  13. Akhirnya ada alternatif transportasi umum cepat yang terhubung dengan bandara Soekarno-Hatta. Saya nggak tinggal di Jakarta sih mbak, tapi ngebaca cerita mbak kalau ke bandara aja butuh waktu 2-3 jam, lama amat yak! Kalau saya di Pekanbaru sini, dalam waktu 2-3 jam udah bisa bolak-balik dari rumah-bandara 4-6 kali tuh -_-

    Semoga kereta api ini bisa membantu mengatasi masalah kemacetan dan waktu tempuh tersebut. Semoga juga transportasi umum ini bisa dirawat dengan baik oleh pihak pengelola dan penggunanya :D

    Salam kenal ya mbak Dee!

  14. kereeen! Semoga secepatnya bisa jalan! Solusi kemacetan banget ini.. semoga rute ke Bandara juga banyak ya keretanya aamiin

  15. Wow! Keren banget ya keretanya. Jadi pengen naik kereta juga, soalnya belum pernah naik kereta, kecuali kereta kuda alias delman, hehehe.

  16. Yeay bentar lagi ada kereta ke Soetta. Eh tapi harganya jangan mahal-mahal dong. Kalau di atas 100 ribu, mending naik taksi online nggak sih… *gak mau rugi* :))

  17. wahh.. akhirnya ada kereta untuk ke Bandara senangnya ^^ semoga harganya bisa disesuaikan ^^. Tapi, jadi kepikiran kalau untuk yang penerbangan pagi, rasanya bakalan sulit untuk bersaing dengan pengguna CL demi ke manggarai dulu x(

  18. Waaaah, gak sabar mau coba naik kereta ke bandara. Dari dulu Bus Damri jadi andalan. Tapi aku yg skrng tinggal di Bekasi ngerasain bgt lo kalau harus ke soeta di jam2 rawan pulang kerja. Pernah sampai hampir 4 jam gegara tolnya macet parah. Semoga nanti harganya juga se-friendly Damri hihi.

    • Hopefully! Aku sih berharapnya tarifnya disesuaikan sama jarak, Nia :)

      Jadi kalau naik dari Manggarai bisa lebih mahal dibandingkan naik dari stasiun-stasiun selanjutnya. Semoga aja ya 😄

    • Mempertimbangkan fasilitas di dalam kereta, kenyamanannya, dan efisiensi waktu yang diberikan, gak apa sih mahal sedikit, asal kualitas jadwal kedatangan keretanya jelas, bisa tepat waktu sesuai jadwal, dan tersedia sejak subuh biar bisa kejar early flight hehehe.

      Yang pasti, kereta bandara banyak dinantikan teman-teman di lingkar sekitar Jakarta ya.. :)

  19. Keren banget nih kereta bandara. Ada colokan buat charging sementara tersedia juga ruang untuk mengganti pakaian bayi. Keretanya pasti bagus banget interiornya. Sayangnya belum ada yang dari Tangerang

  20. Waah manteb ni mau nyoba deh ntar
    Secara gw dr bogor kudu ke manggarai dl ya

    Semoga harga tiketnya gak mehong secara damri kam cuma 50 ribu wkwkwk

    Pernah nyobain yg kereta bandara kualanamu ke medan, kereenn juga

    Sukaes buat Railink

    • Iya dong harus coba.. Menurutku kalo bisa lebih cepat, gak apa juga sih lebih mahal dari damri. Malas kena macet Bun.. Hahaha 😆

      Kereta bandara kualanamu juga satu manajemen sama kereta bandara soetta kok 😄

  21. Dari rumahku, Kelapa Gading ke bandara kira-kira 1 jam an. Itu kalau flight pagi. Gak kebayang kalau mau pergi siang atau sore.

    Semoga harganya beneran di bawah 100ribu ya kalo bisa hahahaha (nawar lebih rendah lagi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *