My Cup of Story: Suka Minum Kopi? Jangan Sebut Dirimu Coffee Lover Sebelum Mengenal 5 Jenis Kopi Indonesia Yang Mendunia Ini!

5-jenis-kopi-indonesia-yang-mendunia

HeyDeeRahma.com – My Cup of Story – Suka Minum Kopi? Jangan Sebut Dirimu Coffee Lover Sebelum Mengenal 5 Jenis Kopi Indonesia Yang Mendunia Ini! | Sudah sering dengar dong kalo Indonesia dianggap seperti surga dunia karena kaya akan sumber daya alam? Terbukti, bangsa Eropa saja berambisi untuk menguasai tanah Indonesia yang subur. Berbagai tanaman yang sangat berharga untuk perdagangan masa lampau, seperti rempah, sawit, cokelat, kopi, teh, dan gula sangat mudah tumbuh di tanah Indonesia sehingga menjadi incaran para penguasa dan pedagang yang singgah kesini.

Memang, awalnya kopi bukanlah komoditas Indonesia asli, namun berasal dari dataran Arab yang mulai mengenal kopi sejak abad ke-11. Sehingga, dulu kedai kopi banyak bermunculan di Persia, Mesir, Suriah, dan Turki sekaligus sebagai sarana untuk bercengkrama sesama warga. Kalau kita sekarang, istilahnya ngopcan alias ngopi-ngopi cantik gitu deh cinn!

***

Sejarah Kopi Di Indonesia

Kabar mengenai nikmatnya aroma minuman kopi yang tenar di tanah Arab pun sampai juga ke Belanda. Singkat cerita, kopi dibawa oleh Belanda dari Malabar (India) ke Batavia (Indonesia) sejak tahun 1696. FYI, kopi Arabika merupakan salah satu jenis kopi yang pertamakali masuk ke Indonesia melalui kota Batavia (Jakarta).

Tanah yang ditanami kopi pun berkembang dari Batavia hingga ke Priangan, Sumatera, Bali, dan Sulawesi. Namun, sekitar tahun 1725-1780, ternyata diketahui bahwa jenis kopi yang sangat digemari oleh kalangan bangsawan Eropa adalah Kopi Jawa sehingga akhirnya kopi ini dianggap sebagai kopi terbaik di dunia pada abad ke-19. Bangga dong ya pastinya kalo kopi Indonesia disukai londo!

kopi-organik-terbaik-di-indonesia

Kebiasaan minum kopi di Indonesia diperkenalkan oleh Belanda sejak tahun 1696.

Pada perkembangannya, walaupun kopi dari Jawa sangat digemari bangsa Eropa, persoalan baru kemudian muncul. Tanaman kopi yang sudah tumbuh subur di Indonesia terserang hama yang membuat tanaman kopi tidak bertahan lama. Sehingga pemerintah Belanda pada masa itu berusaha mencari solusi lain dengan menanam jenis kopi baru di tanah Indonesia, seperti Liberika dan Robusta demi memenuhi kebutuhan pasar dunia yang waktu itu mencapai 90 ribu ton antara tahun 1880 -1884.

Setelah kemerdekaan Indonesia diraih, seluruh perkebunan kopi di Indonesia terkena dampak nasionalisasi sehingga peran Belanda sebagai pemasok utama kopi dunia pun berakhir. Nah, mulai dari sini deh bermunculan perkebunan kopi yang dikelola oleh rakyat.

Mengenal Kopi Indonesia Yang Populer Di Dunia

Kini, negara penghasil kopi terbesar disandang oleh Indonesia, Brazil, Kolombia, Ethiophia, dan Vietnam. Peringkat pertama diraih oleh Brazil yang jumlah produksi kopinya sepertiga dari total produksi dunia yang didominasi oleh kopi jenis Arabika. Sementara itu, Indonesia berada di urutan ke-4 dengan mayoritas produksi untuk kopi Robusta dan Arabika.

sejarah-kopi-di-indonesia

Indonesia kaya akan sumber biji kopi berkualitas dengan harga jual yang tinggi di pasaran internasional. Salah satu biji kopi yang hanya diproduksi di Indonesia dengan harga paling mahal adalah Kopi Luwak.

As you need to know, kopi Arabika diibaratkan sebagai kopi yang memiliki kualitas super di dunia biji kopi. Umumnya, kopi Arabika tumbuh di lahan yang memiliki ketinggian di atas 1000 meter dari permukaan laut dengan kondisi udara yang sejuk.

Nah, di Indonesia sendiri, ternyata banyak kopi lokal yang dicari oleh berbagai pecinta kopi dari seluruh dunia, loh! Yuk, mari kita kenali 5 jenis kopi Indonesia yang mendunia ini!

1. Kopi Gayo Aceh

Hanya bisa tumbuh di dataran tinggi, Kopi Gayo Aceh termasuk dalam jenis kopi Arabika yang secara umum banyak dibudidayakan di wilayah dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Oya, asal nama Gayo sendiri berasal dari nama suku asli yang mendiami daerah ini, gaes! Setiap pohon kopi Gayo memproduksi buah pertamanya dalam waktu tiga tahun. Kerennya lagi, ternyata lahan penanaman kopi di Tanah Gayo mencapai 80 Ha sehingga dikenal sebagai daerah penghasil produksi kopi terbesar di Asia!

Untuk mengenali karakteristik kopi Gayo Aceh juga mudah kok. Kamu bisa melihat ukurannya yang agak besar dan berwarna hijau gelap. Selain itu, setelah kopi diolah, aromanya terasa harum tanpa rasa pahit dengan sedikit cita rasa gurih. Karena rasanya yang unik dan khas, Kopi Gayo menjadi kopi yang cukup populer di kalangan coffee lover yang ada di seluruh dunia. Apalagi kopi Gayo dikenal juga sebagai kopi yang dalam proses penanamannya dilakukan dengan cara organik tanpa bahan kimia yang ramah lingkungan sehingga kopi Gayo juga seringkali disebut sebagai kopi organik terbaik di dunia.

2. Kopi Mandheling Medan

Mandheling merupakan sebuah nama suku asli di wilayah Sumatera Utara. Untuk menempuh kabupaten Mandhelinga tempat suku ini bermukim, diperlukan waktu tempuh hingga 12 jam dari kota Medan. Dikenal sejak tahun 1878, kopi Mandailing termasuk dalam jenis kopi Arabika yang hanya bisa tumbuh baik di ketinggian minimal 1200 m di atas permukaan laut.

Dengan karakter aroma yang sangat kuat, sedikit rasa asam, serta presentasi kopi yang kental, Kopi Mandailing juga semakin unik dengan adanya cita rasa floral dengan rasa cokelat yang manis sesaat kamu selesai mencicipinya.

3. Kopi Bali

Rasakan taste kopi dengan rasa buah-buahan yang asam sekaligus menyegarkan ketika mencicipi Kopi Bali Kintamani. Hal ini disebabkan Kopi Bali ditanam bersamaan dengan aneka sayuran dan buah jeruk dengan sistem “tumpang sari” sehingga di dalam biji kopi menyerap cita rasa buah yang lembut dan tidak berat. So, buat kamu coffee lovers yang mau liburan ke Bali, jangan lupa ya borong Kopi Bali Kintamani!

4. Kopi Toraja

Dengan kandungan asam yang rendah, Kopi Toraja menjadi salah satu kopi yang digemari oleh para coffee lovers. Taste-nya juga lebih earthy, mirip seperti cita rasa yang dikandung oleh Kopi Sumatera. Kopi ini sangat terkenal dan selalu diburu oleh penikmat kopi sejati!

5. Kopi Wamena

Tumbuh subur di lokasi yang sejuk di ketinggian 15 ribu kaki dari permukaan laut, Kopi Wamena merupakan jenis kopi Arabika yang memiliki karakteristik harum, halus, dengan after taste yang manis. Selain itu, ia memiliki kafein yang paling sedikit diantara jenis kopi lainnya. Dikenal juga sebagai kopi organik dengan kualitas yang sangat baik, Kopi Papua seringkali disamakan dengan Kopi Premium Blue Montain dari Jamaika.

Kopi, Gaya Hidup, dan Fashion

giordano-limited-edition-cup-of-story-bersama-nulisbuku

Menuangkan kecintaan terhadap biji kopi Indonesia melalui t-shirt eksklusif.

Sejarah panjang kopi di Indonesia ternyata memunculkan inspirasi positif untuk menghasilkan karya kreatif yang mensinergikan antara fashion, penulis, dan ilustrator yang digagas oleh Giordano Indonesia.

Berdasarkan kejelian melihat tren kongkow di coffee shop yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat di kota-kota besar Indonesia, sekaligus makin populernya kopi Indonesia di mata dunia, Maka, Giordano membuat kampanye khusus yang mendukung gaya hidup masyarakat pecinta kopi dengan tema My Cup Of Story.

giordano-promosikan-kopi-khas-indonesia-melalui-cup-of-story-coffee-collection

Menikmati kopi hangat dan fashion show sambil ditemani musik dari Endah N Rhesa di acara Cup of Story: Coffee Collection Giordano.

So, melalui kampanye ini, Giordano ingin menunjukkan karakter unik dari setiap jenis kopi Indonesia yang juga merepresentasikan karakter individu yang tentunya memiliki kelebihan dan keunikannya masing-masing. Warna netral seperti hitam, putih, dan beige menghiasi koleksti terbaru Giordano dalam Coffee Collection tahun ini.

PROS & CONS

giordano-coffee-collection

Pilih yang mana, gaes? ;)

Overall, aku suka dengan desain dan pemilihan warna yang dibuat oleh Giordano dalam Coffee Collection ini. Secara tampilan desain, aku suka dengan ilustrasi yang didukung dengan quotes inspiratif. Sesuai dengan visi aku untuk menyebarkan konten positif sebanyak mungkin. Well, kalo soal warna, ini lebih ke personal taste aku sih yang suka warna-warna pakaian netral supaya gampang di mix n match.  Mungkin buat kamu yang lebih suka warna colorful, bakalan boring kali ya dengan warna netral yang dikeluarkan Giordano untuk koleksi Coffee Collection. 

Solusinya, kamu bisa juga pilih seri lain dari limited edition dari Giordano yang mengeluarkan warna-warna cerah seperti Beware of Bears. ATAU kamu malah punya ide seru tentang tema desain dan warna untuk koleksi Giordano selanjutnya? Share yuk di kolom komentar!

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Stay awesome and wear your best smile!

Love,

signforblogFacebook | Twitter | Instagram | Migme 

Share this to your friends:

heydeerahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

7 Comments

  1. Hampir setiap wilayah Indonesia yang mempunyai dataran tinggi pasti ada Kopinya mbak :-)
    Seperti Enrekang, Temanggung, Bajawa, dan lainnya. Indonesia memang terkenal dengan Kopinya :-)

    • Betul mas, kopi indonesia buanyaaak sekali jenisnya, tapi yang lima ini cukup populer dan digemari penikmat kopi di seluruh dunia. Penasaran ya jadinya dengan aroma dan cita rasa kopi di setiap daerah ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *