Mudah! Ini 9 Cara Cepat Jual Rumah Dengan Harga Tinggi

HeyDeeRahma.com – Mudah! Ini 9 Cara Cepat Jual Rumah dengan Harga Tinggi | Salah satu impian saya dalam waktu dekat adalah memiliki tempat tinggal sendiri. Sambil mempersiapkan diri dan mengumpulkan dananya, saya juga mencari informasi mengenai beberapa cara cepat jual rumah dengan harga tinggi sebagai referensi bila suatu saat saya ingin berpindah kota. Apalagi, sekarang sudah ada isu santer mengenai perpindahan ibukota ke Kalimantan.

Memang, urusan jual rumah tidak mudah bagi sebagian besar orang awam seperti saya. Maka, disini saya rangkum beberapa informasi. Tujuannya, agar pembaca heydeerahma.com juga mengetahui cara cepat jual rumah agar bisa segera laku di pasaran. Ketahui juga bahwa bila bicara soal rumah, jenis properti ini termasuk non-liquid assets.

Ini artinya barang dengan tipe non-liquid seperti ini tidak mudah diperjualbelikan dengan cepat.  Walaupun dalam kenyataannya, permintaan di pasar cukup tinggi. Mungkin pembaca heydeerahma.com juga bertanya-tanya, mengapa hal ini bisa terjadi? Alasannya tak lain adalah karena harga jual rumah yang kian meningkat setiap tahunnya, sehingga banyak pertimbangan matang yang harus diperhatikan saat ingin membeli hunian impian.

Itulah semua problem dan tantangan yang dihadapi saat ingin menjual rumah. Lantas, bagaimana cara jual rumah cepat bila ingin cepat pindah? Jangan khawatir, ada beberapa tips kok yang bisa kamu coba pada saat menjual sebuah rumah, baca lengkap di bawah ini ya!

Cara Cepat Jual Rumah dan Harga Tinggi

Pada dasarnya, ada banyak sekali cara cepat jual rumah yang bisa kita lakukan. Namun, perlu diingat menjual rumah dengan harga yang sangat murah pun tidak menjamin hunian tersebut dapat terjual dengan cepat. Selain memancing kecurigaan dari calon pembeli, mematok harga rumah terlalu murah juga berisiko menimbulkan kerugian bagi si penjual. Berikut cara cepat jual rumah yang tepat.

1. Cari Tahu Harga Pasaran Di Lokasi Rumah Berada

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara cepat jual rumah adalah mencari tahu harga pasaran di lokasi rumah tersebut berada. Harga rumah di setiap kota dan daerah tentu berbeda-beda. Maka dari itu, untuk menetapkan harga yang pas, cari tahu harga pasaran rumah di daerahmu. Sesuaikan harga dengan kondisi dan spesifikasi bangunan, semakin baik maka semakin mahal harga jualnya.

2. Cara Cepat Jual Rumah Mudah, Sebelum Listing, Lakukan Renovasi/Reparasi Jika Dibutuhkan

Masih meneruskan cara cepat jual rumah sebelumnya, perlu diketahui juga bahwa apabila kondisi bangunan rumah tidak prima, maka jangan ragu untuk melakukan reparasi atau renovasi kecil-kecilan, agar harga jualnya menjadi meningkat. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memasarkan sebuah rumah adalah cek kondisi atap dan gentengnya, struktur bangunan, talang air atau pembuangan, hingga instalasi lisriknya.

3. Lengkapi Dokumen Legalitas Rumah

Mungkin ada yang belum paham dokumen legalitas rumah apa saja yang harus disiapkan sebagai cara jual rumah lebih efektif, diantaranya adalah sertifikasi asli rumah, PBB asli, AJB asli, dan blue print rumah yang ingin dijual. Semua dokumen ini tentu saja penting karena menjadi bukti sah atas kepemilikan rumah tersebut. Lagipula, secara logika, tentu saja tidak ada orang yang ingin membeli rumah berstatus ilegal atau masih dalam sengketa, bukan?

4. Cara Cepat Jual Rumah Mudah, Manfaatkan Situs Jual-Beli Rumah

Sekarang, sudah ada banyak sekali situs jual-beli rumah yang bisa dimanfaatkan sebagai cara jual rumah cepat. Meski begitu, jangan asal dalam memilih situs properti yang kamu gunakan ya, pilihlah laman yang benar-benar terpercaya dan kredibel dalam memasarkan sebuah rumah, seperti laman properti 99.co Indonesia yang merupakan situs jual-beli properti terbesar yang ada di Indonesia.

Tidak hanya properti jenis tipe rumah saja yang dijual di 99.co Indonesia, tapi juga terdapat apartemen, ruko tanah, dan berbagai properti lainnya yang penjualannya/pembeliannya bisa dilakukan melalui situs 99.co. Apalagi sekarang bisa dilihat pengguna dan listing yang tersedia juga banyak, sehingga peluang rumah dapat terjual lebih cepat tentu kian besar!

5. Cantumkan Foto & Informasi Rumah Secara Lengkap & Jelas

Masih terkait dengan cara cepat jual rumah yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam membuat listing penjualan properti, tentu saja kamu harus melampirkan foto dan berbagai informasi penting terkait rumah yang ingin dijual pada laman properti tersebut. Beberapa informasi penting yang harus dicantumkan, diantaranya adalah alamat rumah, spesifikasi bangunan, kondisi bangunan, fasilitas sosial dan umum yang ada di sekitarnya, akses, dan tentu saja harga rumah. Kemudian, foto rumah yang dilampirkan juga harus jelas, yang diambil dari segala angle, tidak buram, dan berkualitas baik sehingga memperlihatkan kesan profesional.

6. Gunakan Jasa Agen Properti Profesional 

Meski telah dipasarkan melalui situs jual-beli rumah, tidak ada salahnya juga apabila kamu menggunakan jasa agen properti profesional untuk mengoptimalkan cara jual rumah yang sedang kamu lakukan. Selain itu, agen properti sendiri merupakan orang yang kompeten dalam menjual/mencari properti yang kita butuhkan, sebab mereka pasti sudah dibekali ilmu dan informasi terkait dunia properti terkini. Namun, apabila kamu khawatir jika keuntungan penjualan rumah berkurang karena menyewa jasa agen properti, jangan takut karena agen tersebut hanya mengenakan fee sebesar 2-3 persen dari hasil penjualan rumah kok!

7. Cara Cepat Jual Rumah Terakhir, Posting Lewat Akun Media Sosial

Cara jual rumah efektif berikutnya yang bisa dicoba adalah buatlah sebuah iklan di akun media sosial. Agar lebih efektif, minta teman-temanmu untuk membagikan postingan tersebut di akun media sosial mereka. Semakin banyak orang yang melihat postingan atau iklan jual rumah tersebut, maka semakin besar kesempatanmu untuk menjual rumah tersebut dalam waktu singkat.

8. Ketahui Waktu Terbaik Untuk Menjual Rumah

Menjual rumah juga ada waktunya? Tentu saja! Karena momentum terbaik yang bisa dimanfaatkan sebagai cara jual rumah lebih cepat adalah pada saat suku bunga turun. Sebab, pada saat inilah harga cicilan rumah jadi murah. Maka, manfaatkan momen seperti ini untuk mencari sebuah hunian. Jangan sampai kamu ketinggalan ya bila ingin menghemat budgetmu!

9. Pasarkan Dari Mulut Ke Mulut

Cara jual rumah terakhir yang bisa kamu coba adalah memasarkan rumah tersebut dari mulut ke mulut. Cara yang satu ini dianggap masih cukup efektif, meski tak bisa dijadikan sebagai cara utama. Perlu dicatat bahwa cara pemasaran dari mulut ke mulut ini hanya berfungsi sebagai cara pendukung, apabila kamu sudah melakukan berbagai langkah yang telah disebutkan sebelumnya.

Bagaimana, sekarang kamu sudah tahukan cara jual rumah yang baik dan benar? Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk kamu yang sedang menjual sebuah hunian. Selamat mencoba!

Apakah kamu punya pengalaman seputar cara jual rumah cepat?
Yuk tanyakan di DM instagram @heydeerahma atau tinggalkan komentar di kolom di bawah ini! 

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

signforblog

FOLLOW MY SOCIAL MEDIA

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan foto dan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin menggunakan foto atau mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

Others articles related to travel and lifestyle:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *