Menginap di Bandara Changi. Why Not?

liburan-ke-singapura

Singapura.

Ya, negara ini terbesit begitu saja di kepala ketika saya sedang menikmati cake rasa keju manis buatan Bakerzin di sebuah mal di Jakarta.

Sejak awal tahun lalu, saya memang sudah berencana pergi ke negara ini, namun ada saja halangan yang membuat saya harus rela mengurungkan niat plesiran ke negeri singa.

“Kayaknya bakalan seru nih kalo bisa sampai road trip ke Penang dari Singapura”, kata bisikan diri saya dalam hati.

“Jadiin lah, Dee..”, bisikan dalam hati terus mendesak saya.

OK, sambil ngemil cake keju yang endesss, akhirnya muncul ide gila buat road trip Singapura-Penang, dan sepenuh hati ingin mewujudkannya. Entah berapa hari trip ini bakal berjalan, pokoknya cuma kepikiran beli tiket berangkat dulu ke Singapura, soal pulang pikirin nanti aja selama kondisi perjalanan. You only live once, right? Why bother to out of your comfort zone?

***

Dari kegiatan kongkow cantik sore hari di Bakerzin, mulailah saya mencicil susunan itinenary trip ke singapura di sela-sela kerjaan dan trip ke sumbawa.

Saya punya waktu 2 minggu buat nyelesein semuanya, sebelum beli tiket pesawat CGK-SIN. Berhubung saya golongan darah A (orangnya detail banget bo!), setiap perjalanan pasti harus prepare informasi yang detail, paling nggak buat tahu daftar tempat yang bakal dikunjungi, rekomendasi wisata kuliner, sampai alternatif kendaraan selama liburan di singapura ataupun kendaraan untuk road trip singapura ke penang. Karena itin yang lengkap mempengaruhi barang bawaan, besar koper, dan outfit yang dipake buat liburan. Mwahahaha. Maklum, turis manja.

***

“Ihhh.. Kok gak selese-selese nih ya itin-nya!”, batin saya dengan kondisi mental setengah gak sabar, setengah lelah riset di depan layar macbook.

Ternyata, nyusun itinenary sendirian gak mudah ya, gaes! Risetnya butuh waktu lama, sementara waktu saya juga gak banyak. Berpacu dengan melodi.. Eh waktu..

Akhirnya, di tengah perjalanan bikin itinenary, saya berubah pikiran untuk road trip dari singapura ke melaka saja. Pertimbangannya, waktu dan flow liburan yang kayaknya kalo terlalu diburu-buru, nanti malah gak nikmati perjalanan.

Yawis, decision has been made. Mari fokus selesaikan bikin rencana perjalanan ke singapura dulu. Soal destinasi lainnya, pikirkan nanti saja, yang penting sampai dulu ke singapura.

***

bandara-soekarno-hatta-terminal-3

The day has coming.

Driver grabcar sudah sampai di rumah saya, dan siap mengantar saya pergi ke Bandara Soekarno-Hatta. Kebetulan waktu itu dapat driver yang seru diajak ngobrol sepanjang jalan. Perjalanan juga berjalan mulus, gak ada macet, dan sampai di bandara tepat waktu.

Ahh. Dalam hati saya membatin.. It’s a good day, good laugh, with a good weather. Semoga bisa jadi awal perjalanan yang seru.

***

Sampai di Soetta, pesawat saya harus delay selama 1.5 jam dari waktu penerbangan yang dijadwalkan. No worries, I’m still happy, and enjoy the moment of waiting, asalkan tidak harus menunggu Rangga hingga satu bulan purnama, yes! Lelah hati adek, Bang!

***

HELLO BANDARA CHANGI!

liburan-ke-singapura

Penerbangan berjalan lancar, makanan yang disajikan juga sangat nikmat, namun pesawat yang saya tumpangi tidak bisa langsung landing, karena ada larangan sementara dari bandara Singapura, sehingga pesawat harus berputar-putar dulu beberapa menit sebelum bisa masuk ke landasan bandara Changi.

bandara-changi-singapura

Saya mendarat di Terminal 1 Changi pukul 21.00 waktu lokal singapura. Keluar imigrasi, saya langsung ambil bagasi di conveyor, dan berencana eksplor ke Terminal 2 naik kereta transit dari Terminal 1. It’s free, dan available sampai jam 12 malam.

menginap-di-bandara-changi

Bandara Changi merupakan bandara terbaik di seluruh dunia yang ramai 24 jam, dengan fasilitas yang lengkap untuk memanjakan siapapun yang singgah disini. Gak usah khawatir soal ketersediaan wi-fi, pilihan minuman/makanan, hingga tempat rebahan buat menginap di bandara. Kamu bisa milih kok, mau nginap di hotel maupun nap rooms yang banyak tersebar di area bandara Changi, atau nyobain ngemper di bandara–which is the last option bisa hemat bujet kamu, karena sekali nginap di nap room aja bisa 80SGD untuk 3 jam. Mending buat jajan kuliner, kan?

bandara-changi-bandara-terbaik-di-seluruh-dunia

Kalo saya kemarin sempet nyobain experience tidur di area Viewing Mall Bandara Changi di Terminal 2. Alesannya, disini lebih sepi, dan gak serame kalau tidur di Terminal 3. Saya juga kepengen lihat sunrise yang diselingi dengan pemandangan pesawat terbang yang lagi mau take-off maupun landing. Syahdu banget deh momennya…

tap-water-di-bandara-changi

Mau ke toilet dan minum air dari tap water juga gampang karena lokasinya berdekatan. Very comfortable. Cuma yang perlu diperhatiin, Bandara Changi kalo malam dingin banget, gaes.. Siapin deh baju hangat, kaos kaki, dan gunakan celana panjang biar aman. So, buat kamu yang masih ragu buat menginap di bandara changi nggak usah khawatir lagi ya!

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

Share this to your friends:

heydeerahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

39 Comments

  1. Hai aku mau nanya nih viewing gallery itu tepatnya lewatin apa dylu ya di changi, patokannya dimana bentar lagi mau jalan2 ke SG nih hehe

  2. Kak mau tanya itu keluar imigrasi dulu ya baru ke t2 trus ke viewing gallery?? Atau gmn? Pla infonya
    Thks

  3. Kak jelasin dong cara menuju viewing mall. Soalnya dalam waktu dekat mau ke singapore dan berencana nginep di bandara

  4. Hi :) aku mau tanya, kamu nginepnya di area transit atau keluar imigrasi dulu ya pas di Changi? Aku pernah nginep di area transit thn 2015 dan aman2 aja. Tp katanya skrg kayak banyak petugas yg usir2in org yg nginep di area transit ya? :) mau infonya yaaa. Soalnya aku mau nginep di Changi minggu depan. Terima kasih :)

    • Hi Verta, kebetulan waktu aku ke singapura, aku keluar imigrasi dulu baru cari tempat istirahat. Tapi kalo diskusi sama temenku yang baru pergi ke singapura, bisa kok nginap di area transit di T2 lantai atas tanpa keluar imigrasi aman-aman aja kok. Safe trip ya Verta :D

  5. Ya ampuuun jadi penasaran lihat matahari terbit di bandara dengan latar belakang pesawat landing atau take off. Cakep banget kali yak. Hangat gitu.

  6. mandi di bandara ada tempatnya Dee?

    Btw, aku blm sempet k sumbawaa… padahal april kemaren kayanya udah mantep banget jalan ke sana…huhu

    • Aku sih nggak ngalamin experience mandi di bandara, karena langsung ambil mobil dan ke penginapan pagi harinya.
      Wah, semoga kamu ada kesempatan ke Sumbawa ya. Jangan lupa mampir ke Pantai Rantung. Sunsetnya ketje abisss, Firsty!

  7. Sendirian tuh? Keren deh. Changi emang bagus, selalu ada yg baru di Changi. Tahun lalu saya trip jalur Singapur-Malaka-Kuala Lumpur-Singapur, tapi bareng rombongan. Dari Kuala Lumpur pakai sleeper train ke Singapur.

    • Pakai sleeper train kayaknya juga seru ya, Kak Levina?
      Tadinya aku mau SG-JB-Melaka-KL-SG, tapi di perjalanan mikir, mending langsung ke JKT dari KL aja hahaha.
      Maklum, ga pakai itenenary kalo travelling, beli tiket berangkat aja, abis itu impulsif tergantung di jalan gimana :))

  8. Seruu bangett sih deee…aku juga pengen deh bisa ngebolang antar negara wkwkwwk..dulu ke singapura pakai kapal feri dari batam karena saudara ada yang tinggal di batam jadi ga sempat singgah di bandaranya ternyata fasilitasnya lengkap banget jadi orang ga perlu kwatir kalo sementara ga dapat tempat tinggal atau delay pesawat seharian. Aku baru mampir blogmuu..seru cerita travelingnya deee :)

    Mona

  9. Haha saya suka tuh nginep di Changi, biasanya karena ambil tiket murah jadi transit di Singapore dulu, daripada buang duit buat akomodasi, mending nginep aja di Changi 6-8 jam gak masalah. Aman, nggak ngebosenin tempatnya, banyak tempat makan dan tempat ngopi, dan internet kenceng pastinya.

    • Ahahaha benar sekali, Bayik :D
      Generasi mobile, gak bisa lepas dari internet yes…

      Mau kemana ituh transit ke Spore dulu, Kak Bayik?

      • Dulu jaman Backpackeran… mau ke Bangkok, dari JKT-SIN lalu nyambung SIN-BKK. Trus pas pulang dari Kamboja-Vietnam, dari Hanoi transit dulu di SIN sebelum ke Jakarta. Jaman-jaman masih muda hahaha.

        Bener, mumpung masih muda masih berenergi, cobain semuanya mumpung bisa :D

  10. Wiih, bandara Changi termasuk salah satu dari 10 bandara terbaik di dunia ya. Ngiri nih bisa kesana juga… :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *