Tips Mengejar Sunrise di Borobudur

liburan-berburu-sunrise-di-borobudur-bareng-dee-lifestyle-blogger-dan-traveller-indonesia

HeyDeeRahma.com – Tips Mengejar Sunrise di Borobodur | Kini liburan sudah menjadi kebutuhan hidup, tak hanya sebagai gaya hidup saja. Harga tiket pesawat murah dan banyaknya promo travel semakin membuat industri pariwisata menggeliat setiap tahunnya. Bahkan, tak jarang yang rela mengambil cuti kerja untuk mendapatkan pengalaman berlibur ke tempat impian. Ataupun memanfaatkan long weekend untuk menjelajah kota baru sendirian sebagai solo traveller maupun bersama teman, pasangan, dan keluarga.

Jogja adalah salah satu destinasi wisata favorit bagi mereka yang hanya punya waktu sedikit menghabiskan waktu liburan di sela kesibukan harian. Siapkan saja waktu 3 hari 2 malam untuk menjelajah beberapa destinasi wisata favorit jogja, seperti Borobudur, Prambanan, Malioboro, dan Candi Ratu Boko. Maka, kamu sudah bisa merasakan pengalaman liburan yang seru seperti yang aku rasakan kemarin saat menghabiskan long weekend di Jogja bareng sama #BigBirdJalanJalan.

 

 

Jogja, Kota Kenangan Yang Selalu Ngangenin

Dikenal sebagai kota kenangan, Jogja membuat traveller jatuh hati kepada kota ini. Budaya masyarakat yang ramah dan suasana kota yang bersahaja, membuat semua orang yang pernah kesini rindu untuk kembali menjejak kota Jogjakarta. Tak heran ya kalau AADC 2 pun mengambil lokasi syuting di kota ini. Jogja memang tak habisnya menyediakan suasana nyaman dan tentram bagi siapapun tamu yang datang. Cocok banget buat kamu yang ingin refreshing dari mumetnya ibukota.

Baca juga: Spot Spot Romantis Yang Ada di Kota Jogja

Buat aku pribadi, Jogja itu penuh kenangan. Mengawali hobi solo travelling saat tahun pertama ya ke Jogja. Destinasinya Malioboro dan Candi Prambanan. Alasannya simple, soalnya waktu itu aku cari destinasi wisata yang mudah diakses dengan cara jalan kaki dan naik bis Trans Jogja. Lagipula, aku hanya punya waktu kurang dari 10 jam untuk mengeksplorasi Jogja, jadi hanya bisa mencapai dua tempat wisata saja. Dan kalo aku inget-inget kembali, aku sudah empat kali menjejak Jogjakarta dalam 2 tahun terakhir. Ngangenin sih!

tips-berburu-sunrise-di-borobudur-bareng-indonesia-lifestyle-blogger-heydeerahma

Kiri atas dan kanan bawah: Gudeg Yu Djum dan Pecel Berkah Malioboro jadi kuliner wajib ketika main ke Jogja. Kiri bawah: Mampir makan siang di Orang Utan Resto. Kanan atas: Diorama masa kemerdekaan RI di Benteng Vrederburg Jogja.

Sebagai kota dengan penuh sejarah, Jogja juga sangat toleran terhadap perayaan Nyepi. Kamu bisa menemukan suasana seperti di Bali dengan melihat Upacara Melasti di Pantai Ngobaran dan Pantai Parangkusumo atau melihat Pawai Ogoh-Ogoh di Pura Banguntapan yang biasnaya berlangsung akhir bulan Maret. Sementara itu, setiap tahun di candi Prambanan diadakan Upacara Tawur Agung bagi yang memiliki keyakinan Hindu. Bedanya suasana nyepi di Bali dan Jogja adalah kamu nggak akan menemukan Jogja sepi seperti Bali saat Nyepi. Destinasi wisata akan beroperasional seperti biasa. Jogja memang unik.

Satu hal lagi yang aku suka di Jogja: murah meriah! Kalau travelling kesini tuh kita nggak perlu merogoh dompet sampe jebol, karena akomodasi, tempat wisata, kulineran, sampai oleh-oleh semua dibanderol dengan harga yang bener-bener terjangkau. So gaes, kapan lagi mau main ke Jogja?

Mengejar Sunrise di Borobudur

Menurut riset yang aku temukan di Google, waktu terbaik untuk mengunjungi Jogja adalah antara bulan Maret hingga Agustus. So, ketika kemarin ada kesempatan buat jalan ke jogja waktu long weekend, ya aku hayuk aja! Apalagi aku sudah lama ingin ke Candi Ratu Boko yang sampai tahun kemarin belum kesampaian kesana. Nah, buat kamu the Jakartans yang udah bosen liburan long weekend cuma di sekitaran Jakarta dan Bandung, maka kota Jogja bisa jadi alternatif liburan kamu. Mudah kok buat mencapai Jogja, bisa naik kereta, pesawat, atau bis seperti Big Bird yang nyaman. Rekomendasiku, sesekali coba juga deh jadwalin buat berburu sunrise di Borobudur.

berburu-sunrise-di-borobudur-bareng-indonesia-lifestyle-blogger-dee (1)

Kiri atas: Ramainya candi Prambanan ketika long weekend. Kanan atas: Sangat disarankan datang ke Candi Borobdur menggunakan guide, jadi bisa sekalian belajar sejarah. Bawah: Yay! Akhirnya kesampaian main ke Candi Ratu Boko.

Berada di Magelang, Jawa Tengah, Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia yang dibangun sekitar abad ke-8 masa Dinasti Syailendra. Destinasi wisata yang juga dikenal sebagai salah satu keajaiban dunia ini menjadi destinasi wisata langganan para wisatawan lokal maupun turis mancanegara. Salah satu tokoh dunia yang pernah mampir kesini memburu sunrise adalah Mark Zuckerberg, pendiri Facebook.

Kalau kamu berencana menikmati sunrise di Borobudur, datanglah saat bulan Maret sampai Oktober yang merupakan waktu terbaik untuk menikmati sunrise di puncak Borobudur. Pastikan kamu sudah sampai di candi Borobudur pukul 04.30 WIB supaya nggak kelewatan momen sunrise dengan pemandangan stupa Borobudur yang syahdu. For your information gaes, jumlah wisatawan yang datang ke puncak Borobudur melonjak diantara bulan Agustus sampai Oktober.

dee-travel-tips-berburu-sunrise-di-borobudur-bareng-indonesia-lifestyle-blogger-heydeerahma

Jalan kaki sedikit dari Manohara Hotel, sudah bisa langsung ke Borobudur.

Tempat terbaik untuk menikmati sunrise di puncak Borobudur adalah melalui area Manohara Hotel yang lokasinya berada di dalam kompleks candi dengan harga Rp220.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp320.000 untuk turis mancanegara. Nah, buat yang nggak mau ribet pesen tiket ke Manohara, kamu bisa ikutan trip bareng sama Big Bird yang pernah kuikuti. Tinggal pesen dan duduk santai di perjalanan. Semuanya udah diurusin mulai dari transportasi hingga tiket masuk tempat wisata.

Kebetulan banget waktu berencana berburu sunset di Borobudur akhir bulan Maret kemarin, aku ikutan tournya #BigBirdJalanJalan. Sudah nggak asing dong dengan Big Bird, gaes? Itu loh bisnya Blue Bird Grup. Selain mengoperasionalkan taksi, Blue Bird Grup juga membuka bisnis di bidang penyewaan bis pariwisata dan pengiriman barang dengan nama Iron Bird. Tapi yang terakhir nggak akan aku bahas disini ya gaes. Aku akan bahas tentang dukungan Blue Bird terhadap pariwisata Indonesia.

berburu-sunrise-di-borobudur-bareng-indonesia-lifestyle-blogger-dee

Eksotisme dan peninggalan sejarah di Candi Boko dan Prambanan bikin #TurisManja terkesima dan nggak tahan buat ootd.

Ternyata, #BigBirdJalanJalan ini udah ada sejak November 2016 dengan rute awal Jungle Land Bogor, Bandung, dan Cirebon. Katanya sih trip buat ketiga destinasi wisata ini selalu full, gaes. Sementara itu, kemarin pas aku ikutan #BigBirdJalanJalan ke Jogja itu adalah pertamakalinya Big Bird membawa rombongan piknik hore ke Jogjakarta dengan tema Borobudur Sunset Trip. Agenda trip kali ini, aku jalan-jalan di sekitaran Borobudur, kulineran di Malioboro dan Gudeg Yu Djum, mampir ke Candi Boko, Benteng Vredeburg, Keraton Jogja, sama Prambanan. Seneng banget balik lagi ke Jogja, apalagi udah lama pengen ke Candi Boko tapi belum kesampaian terus!

berburu-sunrise-di-borobudur-bareng-indonesia-lifestyle-blogger-dee (2)

Kiri atas dan kiri bawah: Ke jogja ditemani BigBird yang nyaman. sepanjang jalan nyetirnya ngga ugal-ugalan, selow aja bikin #TurisManja ngga sport jantung selama perjalanan. Kanan bawah: Hotelnya juga asik banget, tinggal jalan kaki sedikit, dah langsung nyampe ke Malioboro.

Overall untuk trip ini, untuk biaya 990 ribuan sekali jalan ke beberapa destinasi utama jogja cukup okelah naik Big Bird, nyaman di dalam bisnya. Ada fasilitas karaokean, kursinya bisa disetting kanan kiri supaya nggak terlalu berdempetan, perjalanan juga lancar, dan hotelnya bersih. Oya, karaokean di dalam Big Bird pilihan lagunya banyak plus mic-nya ada dua jadi bisa banget kalo mau duet nyanyi di dalem bus atau bisa juga bawa DVD sendiri buat disetel disitu. Hahaha niat banget yah!

dee-in-travel-berburu-sunrise-di-borobudur-bareng-indonesia-lifestyle-blogger-heydeerahma

#TurisManja main ke Keraton Jogjakarta, jangan lupa foto sama Abdi Dalem dan OOTD yes.

By the way, kalau ada kesempatan ke Jogja lagi, aku pengen banget bisa mampir ke tempat-tempat ini:

  • Dinner di Warung Oman Bu Ageng. Menawarkan masakan Jawa dan Kalimantan, warung makan ini ternyata milik seniman Butet Kertaradjasa. Lokasinya ada di Jalan Tirtodipuran 13 Yogyakarta (tepat diseberang Batik Roro Jonggrang).
  • Taman Sari. Berkali-kali ke Jogja, aku belum sempet kesini. Penasaran aja sama arsitektur gedungnya yang campuran Jawa, China, Hindu, dan Eropa. Yes, aku emang pecinta arsitektur gedung tua! Kayaknya enak sore-sore main kesini.
  • Lunch di House of Raminten. Ini merupakan salah satu tempat makan yang terkenal di Jogja. Lokasinya di Jalan Faridan Muridan Noto No. 7, Gondo Kusuman, Kota Baru.

Sementara itu dulu sih list-nya, kalo ada destinasi seru di Jogja yang nggak mainstream, boleh dong kasih tahu aku di kolom komentar. So, udah siap belom gaes piknik lagi ke Jogja? Atau ada yang mau piknik bareng sama #TurisManja?

dee-travel-berburu-sunrise-di-borobudur-bareng-indonesia-lifestyle-blogger-heydeerahma

Kiri: #TurisManja belajar jadi cupid di Prambanan, biar mahir memanah asmara. Cie cie.. Kanan: Pose bahagia si #TurisManja ketika piknik ke Borobudur. Bebas lepas, hilang semua beban hidup #lohkokcurhat.

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Stay awesome and wear your best smile!

Love,

signforblogFacebook | Twitter | Instagram | Migme

 

Share this to your friends:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

64 Comments

  1. aku baru sekali k jogja kakk. wkwkw. itu pun pas masih SMA karena ada tur ke sana… ke borobudur pas siang2 banget. ampun dah panasnya….. kalo solo travelling ato sekelompok gt kan seru…. bs lebih menikmati keindahan boirobudur…. sekalian jadi foto model. ahahah

  2. Suka susah bangun pagi, euy… tapi bener banget, Yogya emang selalu ngangenin, selalu feel hommy.

  3. Itu naik big brd nya dari Jkt menuju Jogja langsung kah? Btw, aku juga bbrp kali ke Jogja, tapi blm pernah ke Borobudur dan Prambanan, wkwk. Parah. Ok, masuk schedule insyaallah^^

  4. wah cantik bener si Borobudur ini. terakhir ke sana sudah puluhan tahun lalu. setelah baca artikel ini jadi pengen ke sana lagi :(

    • Iya nih jadi bisa seseruan main panahan di bawah rimbunnya pohon yang ada di kompleks Borobudur. Yok main ke Borobudur lagi, Kak Tyo! :)

    • @cucukake: Syahdu banget menikmati sunrise di Borobudur. Pastikan aja datang kesana pas musim panas ya, jadi bagus pemandangannya ;)

  5. itu kalo mau liat sunrisenya di manohara hotel bayarnya mahal juga yaa, beda lagi sama tiket masuk borobudurnya yaa?

    • Biasanya kalo ikut tur, langsung sepaket sih kak Cita :) Dan kalo masuk dr Manohara bisa dpt sunrise, snack, kopi, dan bisa eksplor Borobudur sampai sore jam 5.

  6. Waaa asik banget di sana ya Dee.., jadi pengen ke Borobudur lagi deh, trakhir ke sana entah brp belas tahun lalu hehehe

    • Hayuk ke Borobudur lagi, sekarang makin rapi. Terus kalo rencana kesana enaknya hire personal guide jadi tahu sejarahnya :)

  7. baru tau ada program big bird jalan-jalan, kalau ke borobudur seringnya udah sampai siang haru dapetnya malah kepanasan mbak hoho

    • Iya kak Evrina, aku juga baru tahu, dan baru nyobain pertamakali di trip ini :) Next coba dateng pagian biar dapat sunrise kaaak!

  8. Jogja emang ngangenin bangat. Duuh jadi pengen ke jogja lagi.

    Makasiih tipsnya Mba, semoga saya bisa berjumpa sunrise di Borobudur :)

    • Iyo kak vicky, kemarin aku cobain trip perdana sunrise ke Borobudur sama BigBird. Coba aja searching di google soal BigBird Jalan-jalan :)

    • Yok ke jogja lagi, Teh Lis.. Berburu sunrise Borobudur hihihi. Eh sebenarnya ini Magelang sih ya, tapi ngga jauh dr Jogja :)

    • Ah, aku malah belum pernah naik gunung. Maklum, Turis Manja nih, kak Wichan :)) Tapi iya juga sih ke Candi kalo dah siang panas bener huhuhu. Makanya dateng pas pagi sambil berburu sunrise lebih oke tuh ;)

    • @Kak Fariz: Ah iyaa, gudeg mah wajib kalo pas main ke Jogja! Iya asyik, udah pernah cobain berburu sunrise Borobudur?

  9. Jogja, jogja buat aku sebuah kota yg benar2 istimewa. Aku baru 2 kali kesna,tp aku masih bisa merasakan keramahtamahannya. Wisata budaya, wisata alam,semuanya lengkap. Suasana jogja memang ngangenin.

    • Djogja memang kota penuh kenangan buat semua orang ya, kak Siti! ;) Paling suka sih wisata kulinernya mah kalo main ke Jogja :))

  10. Asyik. Akhirnya kesampean juga, ya, ke Ratu Boko. :D Jadi kangen pengin ke sana lagi. Waktu itu ke sana siang-siang. Padahal kalau sore kan sunset Ratu Boko bagus banget. :(

  11. Ya ampun aku cuma 8 km dari Borobudur dan belum pernah mengejar sunset ke sana haha. Kayanya aku bakalan cobain next long weekend mbak!

  12. Ena ya mbak, bisa tinggal nikmatin perjalanan dan diaturin semua sama burung biru. Sekarang Borobudur juga udah makin keren, semoga bisa kesana lagi hehe.

    • Yes ghea, udah ga pusing lagi atur itinenary :) Borobudur sekarang udah dibawah manajemen UNESCO, selain itu karena makin banyak pencurian patung Buddha dari Borobudur, pengamanan dan cctv juga makin ketat. Ngga papa deh ya, asalkan peninggalan bersejarah macam gini bisa tetap lestari :)

      Amin mudah-mudahan next bisa ke Borobudur lagi sama mamasnya setelah halan-halan ke Turki yaa :)

  13. poto sunrisenya mana issshhh? Hahaha *ditimpukDee*
    Sepertinya ena jalan-jalan tinggal duduk manis pake burung gede :D

      • iya kak, belum pernah :(
        hahaha, iya sih kak, di Magelang, cuma Jogja lebih bisa ngejualin Borobudur timbang Jawa Tengah, jadinya ya banyak yang taunya Borobudur di Jogja, sama kaya Prambanan gitu juga :D

  14. Terakhirke sini 2006 lalu. Saat itu belum akrab dengan sosial media. Jadi posenya, ala-ala pas foto gitu.
    Yogja… memang selalu membuat kita ingin “pulang” ya…
    Semoga bisa ke sini lagi, suatu hari nanti.
    Aamiin…

    • hihihi kalo pose sekarang mah harus mikir busana ootd sampe pose nya segala ya kak, dulu mah yang penting ada fotonya udah seneng :)

      yes, kalo diajak ke jogja lagi aku pun mau, apalagi sekarang kereta api udah pewe banget :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *