Mendadak Jalan-Jalan ke Bali

HeyDeeRahma.com – Mendadak Jalan-Jalan ke Bali | Ketika jiwa muda masih sangat mengelora (cieeeh…), rasanya liburan domestik atau ke luar negeri menjadi kegiatan impulsif yang nggak pernah direncanakan sebelumnya. Termasuk, ketika aku tiba-tiba dapat hadiah tiket pesawat PP Jakarta-Bali dari acara Pop Hotel setelah aku terpilih sebagai 2nd winner livetweet yang akhirnya bikin aku terbang ke Pulau Dewata yang eksotis…

Ngomongin Bali emang nggak pernah ada bosennya, ada banyak pilihan wisata. Mau eskplor gunung? Ada. Mau main di pantai? Ada. Mau kulineran di Bali? Banyak! Mau sekedar leyeh-leyeh di cafe hits? Ada banget! Yah, jadi nggak heran deh banyak The Jakartans yang singgah di Bali buat ngabisin waktu liburannya disana, termasuk aku. Hehehe. Berhubung udah liburan ke bali, tapi nggak disharing pengalamannya di blog, sayang banget deh. So, sekarang aku bakalan tulis ya semua pengalaman aku jalan-jalan ke bali. Check it out!

Icip Kuliner Khas Bali di Made’s Warung

Aku tahu Warung Made Bali dari sebuah postingan blog yang aku temukan di Google. Penasaran dengan restoran populer ini, datanglah aku kesana saat dinner. Tepatnya di Warung Made Seminyak. Aku mencicipi nasi campur dengan sate lilit yang direkomendasikan oleh waiter disana saat aku order makanan. Setiap menu disajikan dengan porsi yang besar (mungkin karena 80% kebanyakan tamunya bule) dan rasanya menurutku enak bumbunya pas. Serunya lagi setiap hari ada live performance seperti Bali Traditional Dance, Legong Dance, Barong Dance, Salsa Dance, atau Live Music setiap malam (jadwalnya untuk aku kasih lihat di foto yah).

Aku puas dengan makanan, layanan, dan suasana restoran yang disajikan Warung Made, sampai aku datang ke-dua kalinya. Mereka menyajikan interior restoran dengan pernak-pernik etnik dengan suasana lampu temaran. Warung Made ini juga punya cabang lain di Kuta, Canggu, Ngurah Rai Airport, dan Benoa. Tapi, karena penginapanku dekat dengan Seminyak, aku pilih datang ke Warung Made Seminyak. Nggak usah khawatir nggak akan kebagian parkir yah kalo kamu kesini, karena parking lot-nya luas sekali. Price masih reasonable menurutku dengan porsi yang besar dan suasana restoran yang asyik.

Overall Rate Warung Made Bali
Service: ⭐⭐⭐⭐⭐
Place & Vibrant: ⭐⭐⭐⭐⭐
Price: ⭐⭐⭐⭐⭐
Food & Beverage: ⭐⭐⭐⭐
.
Saran aku, mendingan kamu datang kesini pagian sebelum jam 7 malam karena seat-nya cepet penuh. Kalau kamu dateng lebih awal, kamu bisa pilih seat yang oke untuk menikmati tarian bali lebih dekat. Oya, makanan bali umumnya pedas, jadi buat yang nggak terbiasa sama makanan pedas, siapkan dirimu yah. Hehehe. Live performance cuma ada di hari Senin, Selasa, Rabu, dan Jumat dari pukul 19:30-21:00 WITA.

Beli Oleh-Oleh di Pasar Seni Sukawati Gianyar dan Joger

Namanya orang Indonesia, kalo jalan-jalan nggak bawa oleh-oleh kayaknya ada yang kurang gitu yah. Kebetulan pas lagi jalan-jalan ke bali, aku cari oleh-oleh di JOGER dan Pasar Seni Sukawati Gianyar. Di Pasar Seni Sukawati Gianyar kamu bisa belanja berbagai kemeja bali, macam aksesoris etnik, dan karya seni seperti lukisan dan patung khas bali. Harganya murah meriah loh (tapi jangan lupa ditawar dulu ya, kadang sama turis suka dimahalin, guys).

Tapi, jaraknya memang lumayan jauh dari pusat kota Denpasar. Sementara kalo ke JOGER, ada banyak kaos, merchandise, gantungan kunci, sepatu, tas unik dengan tulisan yang menggelitik. Adalagi satu pusat oleh-oleh favorit wisatawan di Bali, namanya KRISNA, disini lengkap banget, ada makanan cemilan khas bali, kaos ala bali, lulur bali. Kalau kamu nggak punya banyak waktu ke tempat lain, mampir aja ke KRISNA.

Terkesima Dengan Monumen Perjuangan Rakyat Bali

Sebenernya kesini karena nggak sengaja lewat dan penasaran dengan bentuk bangunan Monumen Bajra Sandi unik. Lokasinya ada di Renon, Denpasar, Bali tepat di depan Kantor Gubernur Kepala Daerah Provinsi Bali. Sekitar lokasinya ini banyak pepohonan teduh. Semacam Monas-nya Bali gitu, guys. Aku perhatikan di sekeliling Monumen Bajra Sandi yang juga sering disebut sebagai Monumen Perjuangan Rakyat Bali ini banyak warga lokal yang berolahraga seperti jogging dan main bola terutama di akhir pekan dan sore hari. Walaupun dibangun sejak tahun 1987, Monumen Bajra Sandi baru diresmikan tahun 2003. Di dalam monumen kamu bisa menyaksikan diorama perjuangan masyarakat Bali menghadapi para penjajah, serta menikmati pemandangan sekitar monumen dari ketinggian.

Menikmati Sajian Tari Kecak di Uluwatu Bali

Namanya jalan-jalan ke bali belum afdol kalo belum ikut menyaksikan pagelaran seni tari kecak Bali di Uluwatu. It’s my first time melihat langsung tari kecak di uluwatu. Aku nggak nyangka antusiasme wisatawan asing terhadap tarian kecak begitu luar biasa. Terlihat dari betapa penuhnya tempat duduk penonton yang hampir 80% kulihat wisatawan asing. Tiket nonton tari kecak di uluwatu sebenernya bisa dipesan on the spot, tapi berhubung aku udah pesan online di uluwatukecakdance.com, jadinya aku tinggal redeem tiket di venue deh. Praktis!

Sebelum mulai lihat tarian kecak, aku sempat eksplor sekitar pura, pemandangannya luar biasa sekali. Entah ya aku tuh suka sekali dengan suasana di bali yang dekat dengan alam dan budaya. Oya, di beberapa tempat memang ada juga pertunjukkan tari kecak, tapi menurutku yang pemandangannya paling bagus ya di Uluwatu.

Menikmati Karya Lukisan di The Blanco Renaissance Museum

Berhubung sempat main ke Ubud pas jalan-jalan ke bali, sekalian deh nyempetin buat datang ke Museum The Blanco yang pernah dijadiin film di salah satu tv swasta. Disini aku benar-benar menikmati setiap karya seni yang diciptakan Blanco dengan suasana museum yang teduh karena disekelilingnya terdapat taman dan pepohonan hijau yang sering dijadikan sebagai tempat acara budaya seperti Ubud Writer’s Festival.

Harga tiket masuk per orang Rp30.000,- dan setiap pengunjung yang masuk diberikan sebuah bunga yang kuselipkan di telinga. Turis banget yah. Hihihi. Lumayan lama deh eksplor museum ini karena ada beberapa lantai yang menyajikan lukisan-lukisan Blanco. Kamu juga bisa beli oleh-oleh khas Museum Blanco di gift shop-nya.

Nikmatnya Kerang Panggang di Wr. Gekko Tuban

Agenda kulineran memang nggak bisa dipisahkan saat travelling. Beberapa jam sebelum pergi ke bandara ngurah rai, aku sempat makan di Warung Gekko Tuban. Disini pesan Sup Ikan Salmon dan Kerang Panggang. Soal rasa oke dan harganya juga masih terjangkau buat bikin kamu kenyang. Cobain deh!

Overall Rate Warung Gekko Tuban
Service: ⭐⭐⭐
Place & Vibrant: ⭐⭐⭐
Price: ⭐⭐⭐
Food & Beverage: ⭐⭐⭐⭐⭐

Dijahilin Monyet di Monkey Forest Ubud

Aku masih ingat perjalanan dari Denpasar ke Ubud bener-bener enjoyable banget suasananya. Sampai di Ubud, langsung deh mengarah ke Monkey Forest Ubud buat cari suasana yang adem dan calming. Disini aku sempet digodain sama monyet yang pengen ngebuka tas aku. Hiks hiks. Untungnya si monyet langsung turun dari pundakku ketika aku jalan lurus terus. Jadi, tips nya kalo digodain monyet di Monkey Forest Ubud, jangan panik dan teriak guys, kalem aja, terus jalan lurus terus, nanti si monyet akan turun dengan sendirinya.

Kalau kamu mau kasih makan buat monyet-monyet yang ada disana, tersedia pedagang lokal yang menjual jagung dan pisang kok. Tapi kalo nggak mau kasih makan cuma lihat aja, nggak apa juga. Best time buat dateng kesini sebaiknya diatas jam 1 siang karena mereka sudah pada kenyang biasanya jadi nggak terlalu agresif godain wisatawan yang dateng. Oya, sebenernya Monkey Forest Sanctuary Ubud ini adalah obyek wisata cagar alam dengan 650 ekor monyet tinggal di dalamnya. Tepatnya jenis kera ekor panjang atau Macama Fascicularis. Di dalam Ubud Monkey Forest juga ada 2 Pura: Pura Dalam Agung Padangtegal dan Pura Madia Mandala. Aku juga melihat kompleks pemakaman, kolam suci, dan candi yang biasanya digunakan untuk proses kremasi.

Makan Sehat di Alchemy Ubud

Selesai eksplor Monkey Forest Ubud saat jalan-jalan ke Bali, rasa lapar dan haus kembali melanda. Akhirnya, kami memutuskan untuk mampir ke Alchemy, sebuah cafe lokal dengan suasana yang sungguh bikin betah. Makanan yang disajikan adalah makanan-makanan sehat dengan bahan utama sayuran segar.

Saking pewe-nya cafe ini, banyak tamu wisatawan asing yang datang kesini sekedar membaca buku. Selain makanan, di Alchemy juga tersedia wewangian Aromatheraphy. Duh, berasa di surga! Recommended deh kalo ke ubud mesti mampir ke Alchemy :)

Menyaksikan Ibadah Warga Lokal di Goa Lawah Bali

Sebenernya Goa Lawah lokasinya agak jauh dari pusat kota denpasar. Lebih dekat dari Bali Zoo dan Pelabuhan Padang Bai. Aku memang nggak merencanakan untuk kesini, tapi berhubung lewat pas pulang dari Pelabuhan Padang Bai, jadi sekalian aja deh! Not much yang bisa dilakukan disini, tapi kegiatan yang bisa dilakukan adalah memperhatikan tata cara ibadah umat hindu dari dekat dan menikmati suasana pura khas bali.

Menyebrang Ke Pulau Nusa Penida Bali

Menurutku, this is one of the best activity kalo kamu jalan-jalan ke bali. Coba deh nyebrang ke Nusa Penida! Memang dulu destinasi ini belum begitu dikenal, tapi sekarang sudah populer dan akses buat wisatawan juga lebih mudah loh! Seriously, setiap temen-temen yang pengen ke bali pasti aku rekomendasiin buat datang ke Nusa Penida, apalagi yang suka adventure ya. Oh by the way, aku sudah pernah cerita lengkap pengalaman jalan-jalan ke nusa penida juga di postingan yang ini. :)

Rekomendasi Transportasi Selama Jalan-Jalan di Bali

Liburan ke bali memang enaknya bawa kendaraan sendiri atau sewa karena lumayan ribet ya kalau pakai transportasi umum di bali. Aku sendiri lebih suka naik motor karena bali lumayan macet, paling make sense kalo di dalam kota ya sewa motor di bali atau pakai grab/gocar. Kecuali, kalo pengen jalan agak jauh dari pusat kota baru sewa mobil. Selama jalan di Bali, aku sewa motor di motordibali.com. Motor yang disewakan masih keluaran terbaru dan bisa janjian buat pengambilan/penjemputan motornya dimana aja. Sewa hariannya mulai dari Rp60.000/day. Sementara, kalau mobil bisa sewa di Ko Afung (0819 1676 9777) harga sewanya Rp250.000 per day udah lepas kunci sama matic!

Travel Pro Tips:

  1. Buat kamu yang nggak suka liburan di waktu ramai, dateng aja ke Bali pas low season, seperti bulan April atau November. Biasanya di waktu low season, harga tiket pesawat lebih murah.
  2. Di bali tersedia berbagai macam penginapan, mulai dari hostel, hotel, sampai villa mewah. Sesuaikan ya dangan bujet dan kebutuhan kamu. Waktu di Bali, salah satu penginapan murah dengan kamar besar yang aku temukan adalah Cozy Stay Hotel Soputan Bali by Avilla Hospitality. 
  3. Makanan khas bali cukup pedas, seperti Ayam Betutu atau Nasi Pedas. Kalau kamu nggak kuat makan pedas, nggak usah dipaksain ya, malah repot nanti kalo sakit perut pas travelling. Hehehehe.
  4. Ada banyak persewaan motor dan mobil di Bali. Pastikan pakai ban tubless kalo mau sewa motor di bali dan sewa mobil keluaran tahun terbaru untuk menjamin kendaraan disewa dalam performa yang baik. Males kan kalau tiba-tiba kendaraan yang kamu sewa mogok pas lagi seru travelling.
  5. Saat hari perayaan nyepi di Bali, aktifias di bandara ngurah rai akan terhenti, untuk mengecek jadwalnya kamu bisa cek situs bali airport.

Nah, itulah pengalaman aku saat jalan-jalan ke bali. Kamu punya destinasi yang ingin kamu kunjungi ke bali kah? Yuk sharing di kolom komentar! :)

===

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

LIKE MY BLOGPOST? FOLLOW MY SOCIAL MEDIA:

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan foto dan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin menggunakan foto atau mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

Others articles related to travel and lifestyle:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

59 Comments

  1. Paraaah seeeh ._. ku dari dulu mupeng ingin ke Bali belom kesampaian sampai sekarang :’ wkwkwk. Adik saya yang masih SMP saja sudah ke Bali awal bulan lalu :’

    Kumerasa kalaah~

  2. bali itu lengkap, ya kulinernya, budayanya, wisata alamnya, sampai oleh-oleh khasnya, makanya orang sering berlibur ke sana ya, saya baru sekali aja ke bali

  3. Aaah senangnya bisa ke Bali. Sudah tiga kali ke Bali tapi tetep aja masih pengin kesana lagi . Belum pernah ke Nusa Penida sih. Kayaknya bagus ya Mbak Dee

  4. Aku suka bilang kalau Bali itu tak habis-habis. Datang lagi, masih aja ada yang bisa didatangi. Bahkan bila cuma mager di Ubud. lovely banget

  5. wah seru bgt kayaknya ya ke bali, saya sih belum pernah ke bali, dari tahun lalu ada rencana kesana tapi gagal huhu

  6. Enak ya kak, dapat voucher tiket dan hotel ke Bali, jadi ngirit bangat ini mah pastinya..

    Kumpulan dari beberapa perjalanan ke bali ini ya kak

    • Smart travellers mesti gituuu hihihihi :D
      Makasi ya kak Idris, udah mampir ke indonesia lifestyle blog heydeerahma.com :)

      Cheers,
      Dee – heydeerahma.com

  7. Mantep mba bisa mendadak kesana he he aku baru pertama kesana tahun 2002 dan sampai sekarang mau kesana tapi belum ada kesempatan lagi. Disana waktu tidak terasa saking asyik mengunjungi objek wisata yang ada hampir di penjuru Bali

  8. Jadi tulisan ini berisi kumpulan perjalanan kak Dee ke Bali dalam kurun waktu tertentu ya. Keren banget bisa menang hadiah ke Bali kak! Aku baru 2 kali ke Bali, itupun semuanya pas study tour sekolah xD

  9. Waaaah selamat ya, dapat tiket pp jakarta-bali.. Uwuuuuwww, akhir tahun ini niatan ke Bali nih mbak, semoga bisa mengunjungi tempat2 diatas yakkk :)

  10. Banyaaakk.. spot di bali keren keren dan ngangenin.. kalau aku tipe orang yang ga mau ribet jadi selalu ambil paket all in jadi tinggal duduk manis hehehe.. btw mba dee jalan jalan sendirian aja nih? Hebat

  11. Banyaakk.. spot menarik di bali banyak banget, lagipula aku bukan orang yang mau repot jadi kalau ke bali selalu ambil paket jadi udah all in tinggal duduk manis hehehe.. wah hebat mba dee jalan jalan sendirian ini?

  12. seru banget kak Rahma :)
    Bali memang selalu menarik ya! aku belum pernah menginjakan kaki di sana tapi September besok mau ke sana hihi
    artikelmu bisa jadi rekomendasiku soalnya aku di sana juga gak lama.
    terima kasih buat artikel informatifnya kak :)

    • Nice, semoga perjalanan ke bali september nanti lancar yaaa, Liana!
      Makasih udah mampir ke blog heydeerahma.com :)

      Cheers,
      Dee – heydeerahma.com

  13. Dadakan piknik ke Bali jelas nggak bakalan ditolak dong yaa,,,
    Bali emang selalu punya hal menarik yang bisa dijelajahi. Aku juga suka banget balik ke Uluwatu, ngadem di Ubud, dan hunting foto cakep di Nusa Penida. Seru.

  14. duh bali lagi bali lagi
    aku jadi pengen ke sana lagi
    apalagi ke bajra sandi bisa liat denpasar dari atas sama belajar perjuangan bangsa Indonesia
    yang belum keturutan nyebrang ke nusa penida
    ah pengen

  15. Lagi-lagi tentang Nusa Penida.
    Benar-benar sangat menggoda.

    Baidewei, subway, waktu di Bali aku sangat terkesan dengan Campuhan Ridge Walk, jalan sedikit saja ke dalam Marwick Ibah, hiruk pikuk Bali langsung terlupakan.

    • Bali memang selalu mempesona ya, kak anna :)
      Mampir ke Nusa Penida nggak waktu kemarin jalan ke bali?

      Cheers,
      Dee – heydeerahma.com

  16. Selalu ada tempat yg baru buat sayabtiap kali baca postingan tentang Bali milik orang lain. Seperti di postingan ini contohnya, aku belum pernah ke monumen perjuangan rakyat Bali dan pengen banget bisa ke sana.

    Terima kasih ya sudah berbagi :)

    • Mampir deh tempatnya kalo sore tuh adem banget dan banyak warga lokal berolahraga disitu :)

      Cheers,
      Dee – heydeerahma.ocm

  17. Pasar Sukowati wajib hukumnya kalau ke Bali hehe :D
    Wah blm pernah ke museum Blanco mbak, sering denger aja dan baca2 di katalog. Moga2 bisa ke Bali lg kapan2, dadakan jg kyknya asyik hehe

    • Tempatnya juga enak banget buat duduk santai abis eksplor monkey forest ubud bali, kang aip :D

      Cheers,
      Dee – heydeerahma.com

  18. Kak Dee, rajin dan teliti banget dalam menuliskan catatan perjalanannya. Jadinya post ini bisa dijadikan rekomendasi bagi yang ingin ke Bali dalam waktu dekat

    • Hehehe, sharing is caring. Salah satu caranya menyebarkan informasi dengan luas dan murah ya melalui blog.
      Seneng juga kalo tulisanku bisa bermanfaat buat yang membaca :)

      Makasi sudah mampir ke blog heydeerahma.com!

      Cheers,
      Dee – heydeerahma.com

  19. Entah sudah berapa kali ke Bali, tapi tidak pernah bosan. Tepat benar mereka menyandang nama Pulau Dewata karena di sini serba indah :)

    • Eksotis dan indah sekali buat liburan kak :D
      Makasi ya udah mampir ke blog heydeerahma.com :)

      Cheers,
      Dee – heydeerahma.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *