Manfaat Traveling Untuk Kesehatan Mental

HeyDeeRahma.com – Manfaat Traveling Untuk Kesehatan Mental | Bagiku pribadi, selain kesehatan fisik, hal penting lain yang tak boleh dilupakan adalah tentang kesehatan mental. Setuju nggak, guys? Salah satu cara untuk menyeimbangkan kesehatan mental, adalah dengan traveling. Bahkan, kalau ngobrol dengan teman-teman milenial, mereka menganggap kaya experience itu penting, bahkan mungkin lebih penting dari sebuah kepemilikan terhadap benda materialistik semata-seperti kendaraan pribadi.

Selain itu, menurut hasil studi dari Cornell University yang dikemukakan oleh Thomas Gilovich, ditemukan bahwa kebahagiaan tidak selalu harus dengan membeli sesuatu yang kita inginkan, karena sifatnya sementara. Menariknya, pengalaman unik yang dimiliki seseorang, seperti traveling dikatakan bisa memberikan kebahagiaan lebih lama, dibandingkan bila diukur dengan batasan materi saja. Gimana kalau menurut kamu, guys?

Mengapa Traveling Bermanfaat Positif Bagi Kesehatan Mental

Bisa Membantu Meredakan Stres

Rutinitas harian yang dilakukan setiap hari tentu saja bisa memunculkan rasa jenuh, sehingga perlu melakukan suatu aktifitas yang bisa me-recharge energi, serta menenangkan diri. Bagiku, traveling adalah cara paling ampuh untuk menurunkan level hormon kortisol penyebab stres. Satu atau dua hari digunakan untuk staycation di dalam kota saja, yang diisi kegiatan eksplor kuliner lokal juga sudah cukup menyenangkan, kok!

Sumber Pembelajaran/Learning Source Baru

Bagiku, hal yang paling seru saat traveling adalah sensasi ketika antusias mengunjungi tempat asing, menyusun budget liburan, serta membuat schedule itinerary! Itu saat pre-travel ya. Saat perjalanan juga makin seru, karena bisa belajar bahasa lokal, serta berinteraksi dengan masyarakat setempat yang bisa memberikan wawasan baru sehingga perspektif hidup menjadi lebih luas.

Meningkatkan Kreativitas Juga Manfaat Traveling, Lho!

Selain untuk kesehatan mental, hasil studi dari Columbia Business School yang diprakarsai oleh Profesor Adam Galinsky, menggambarkan bahwa bila seseorang individu mengunjungi tempat baru, kemudian merasakan hidup diantara masyarakat lokal setempat, di saat inilah kemampuan kognitif individu bisa berkembang, sehingga mendorong kreatifitas untuk tumbuh.

Misalnya, dalam mengatur itinerary sekaligus budget perjalanan ke luar negeri, traveller dituntut untuk bisa cerdas mengelola keuangannya agar tidak keluar dari alokasi biaya yang sudah ditetapkan sebelum pergi ke negara tujuan. Atau saat ketinggalan kereta, maka kamu harus bisa putar otak mencari alternatif transportasi lain, sehingga kreatifitas sangat diperlukan saat traveling.

Menguatkan Mental Di Dalam Diri

Ada kalanya rencana yang kita buat saat traveling tidak berjalan mulus di lapangan. Di momen seperti inilah, mental di dalam diri kita terasah. Saat berhadapan dengan lingkungan yang kurang familiar, maka kesabaran, penguasaan diri, mental, serta emosi diuji. Dengan begitu, personal growth juga berkembang dari sisi kedewasaan emosional, dan kita bisa tumbuh sebagai pribadi yang lebih sabar, fleksibel, kuat, dan selalu berfokus pada solusi.

Menambah Level Kebahagiaan

Masih berdasarkan hasil studi dari Cornell University, membuat rencana perjalanan atau liburan ternyata bisa membantu menaikkan level kebahagiaan, dibandingkan saat menunggu datangnya mobil baru yang bersifat kebendaan materialistik. Ini adalah bukti nyata bahwa seseorang lebih bahagia ketika akan merasakan pengalaman baru, dibandingkan materi baru.

Pada akhir perjalanan, dan sepulang ke rumah, biasanya aku juga lebih bersyukur dengan semua pengalaman yang dialami dalam perjalanan, lebih menghargai perbedaan, juga pulang dengan perspektif hidup yang baru. Jadi, bagiku investasi pengalaman lewat traveling penting, karena punya segudang manfaat yang baik dari sisi pengetahuan, dan kesehatan mental kita.

Jangan lupa, guys! Hal yang nggak kalah penting diperhatikan saat traveling adalah kesehatan! Anyway, aku punya tips tambahan nih, kalau kalian sedang traveling, buat jaga-jaga better kalian install apps HaloDoc deh. Tujuannya, supaya kalau dalam perjalanan kalian ada kendala kesehatan, misalnya tiba-tiba flu/demam pas perjalanan musim dingin atau nggak cocok sama makanan lokal sehingga bikin kalian sakit perut, kalian bisa langsung konsul ke dokter via online.

Apakah kamu punya pengalaman seputar manfaat traveling yang berkesan atau punya suatu opini tentang kesehatan mental? Yuk tanyakan di DM instagram @heydeerahma atau tinggalkan komentar di bawah ini ya!

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

signforblog

FOLLOW MY SOCIAL MEDIA

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan foto dan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin menggunakan foto atau mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

Others articles related to travel and lifestyle:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *