Lezatnya Mpek Mpek Ny. Kamto

Dulu, saya pertamakali makan mpek-mpek waktu SMP, karena pas banget di depan sekolah saya ada warung kecil yang menjual aneka mpek-mpek asli Palembang. Masih teringat rasa kuah mpek-mpek yang pedes sekaligus segar. Taburan timun dan bumbu mpek-mpek semakin menambah kesegaran dan rasa gurih yang terasa nikmat ketika disantap selesai pulang sekolah.

Semenjak itu, mpek-mpek jadi makanan favorit saya. Beragam menu mpek-mpek seperti Bulat, Kapal Selam, Lenjer, Kulit, Tahu, Tekwan, Keriting, dan Lenggang semuanya sudah pernah saya cicipi. Rasa khas daging ikan yang ditemukan dalam setiap gigitan mpek-mpek saya jamin membuat siapapun yang memakannya akan merasa rindu dengan kuliner khas Palembang ini.

Memiliki bahan dasar ikan tenggiri yang dicampur dengan telor, tepung, air, dan sedikit garam, mpek-mpek biasanya disajikan dengan mie kuning, irisan-irisan timun yang segar, dengan saus khas mpek-mpek berwarna kecokletan. Saus ini berasal dari bahan-bahan seperti gula merah, cabe rawit halus, ebi halus, garam, dan bawang putih. Endessss banget deh!

mpek-mpek-ibu-kamtompek-mpek-ibu-kamto

Salah satu rekomendasi tempat makan mpek-mpek yang berkualitas, adalah restoran bernama Mpek-Mpek Ny. Kamto yang ada di Solo dan Jogjakarta. Kebetulan, kalau saya waktu itu, sedang ada dinas ke Solo, jadi saya sempat mencicipi Mpek-Mpek Ny. Kamto yang ada di Mal Solo Paragon. Walaupun berada di dalam mal, harganya masih cukup terjangkau kok. Setiap mpek-mpek seharga Rp6.000-Rp10.000an. Cukup beli 2-3 jenis mpek-mpek favorit kamu—seperti Lenggang, Lenjer, Kulit, Kapal Selam, Bulat, Keriting, Tekwan, dan Tahu—ditambah mie kuning atau bihun, kamu sudah bisa merasa sangat kenyang. Soal minuman, kamu bisa memilih beragam minuman kemasan dingin ataupun memesan satu gelas teh hangat. Oya, saus khusus mpek-mpek disini ada dua jenis, yang manis dan pedas. Kedua saus ini ada di dalam botol yang berbeda, jadi buat kamu yang kurang suka pedas, jangan khawatir yaaa ;)

mpek-mpek-ibu-kamtompek-mpek-ibu-kamto

Overall, dari segi makanan, saya suka kulineran disini, karena harganya murah, kebersihan terjaga, dan pelayanannya ramah. Interior disini juga unik lho guys, begitu kamu masuk ke dalam restoran Mpek-Mpek Ny. Kamto yang ada di Mal Solo Paragon, kamu akan dibawa masuk ke dalam suasana warung pecinan jaman doeloe yang interior ruangannya sengaja dibuat menjadi dua tingkat. Nah, kebetulan saya waktu itu sengaja memilih di lantai 2, karena disini, saya bisa menikmati pemandangan jendela dan hiasan sangkar burung kuno ala kota pecinan. Amboiii nikmat sekali menikmati pemandangan ini sambil mencicipi enaknya mpek-mpek yang lezat. Dalam hati saya berbisik, suatu saat saya pasti akan kembali kesini bila ada kesempatan lagi bertandang ke kota Solo.

20150421_185743 20150421_185821 20150421_190230 20150421_185950 20150421_190020 20150421_190037
Mpek Mpek Ny. Kamto – Ground Floor, Solo Paragon, Jl. Yosodipuro, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139 – Telp: (0271) 727446 – Buka: 10.00-21.00WIB.

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

Share this to your friends:

heydeerahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

6 Comments

  1. Loh di Solo juga mba? Ini tempat makan pempek favorite aku. Hahaha, biasa duduk di deket wastafel , biar gampang cuci tangan kalo kena kuah lengket nya. Hehe

    • Ndak, aku di Jakarta kak. Kebetulan aja tiap main ke kota-kota lain suka icap-icip. Nah, kuliner yang satu ini salah satu kuliner favoritku di solo :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *