Kenali Manfaat Kafein yang Terkandung di dalam Secangkir Kopi

kenali-manfaat-kafein-dalam-secangkir-kopi-indonesia-lifestyle-blogger-heydeerahma

HeyDeeRahma.com – Kenali Manfaat Kafein yang Terkandung di Dalam Secangkir Kopi | Ngopi sudah menjadi kebutuhan utama warga Jakarta. Setiap pagi bisa kita lihat betapa sibuknya kedai-kedai kopi di perkantoran Jakarta untuk memenuhi pesanan para coffee lover yang membutuhkan mood booster di pagi hari berbentuk secangkir kopi hangat. Menjelang office hour dan akhir pekan, kedai kopi malah menjadi semakin rame karena banyak dijadikan pilihan tempat hangout ataupun bagi mereka yang ingin bekerja dengan suasana cozy.

Aku pribadi dulu kalo lagi suntuk nulis, biasanya suka milih tempat ngopi yang cozy dekat rumahku. Itung-itung ganti suasana biar ada ide baru. Tapi kalo diinget-inget lagi, sekarang aku udah jarang ngopi di luar kecuali mau meeting sama klien, karena sekarang aku udah punya coffee machine sendiri yang lebih praktis dan murah. Lumayan uang jajannya bisa dipake saving buat dialokasiin ke investasi yang lebih produktif kan. Oke sip #DeeBijak.

Baca juga: Menghabiskan Waktu Berkualitas Dengan Nescafe Dolce Gusto

Secara umum, memang tradisi ngopi sudah ada di Indonesia sejak zaman dulu, aku pun pernah membahas beberapa jenis kopi asli Indonesia yang sangat digemari oleh para coffee lover di seluruh dunia di blogpostku yang ini. Hobi masyarakat Indonesia yang doyan ngumpul dan ngobrol membuat kedai kopi selalu ramai dikunjungi. Melihat fenomena ini, maka ada beberapa film dan novel yang diciptakan karena terinspirasi dari kopi, sebut saja Filosofi Kopi. Siapa yang nggak kenal film ini?

Mengenal Kafein Lebih Dekat

manfaat-kafein-bagi-kesehatan-para-pecinta-kopi-di-indonesia

Menurut Wikipedia, kafein sebenarnya adalah zat dari senyawa alkaloid xantina yang bisa ditemukan dalam banyak jenis tumbuhan seperti biji kopi, biji coklat atau kakao dan daun teh.

Sebagai kegiatan rutin yang dilakukan masyarakat di seluruh penjuru dunia, kreasi minuman kopi menjadi semakin beragam. Kopi tak hanya dinikmat oleh kalangan dewasa, tapi juga remaja. Berbagai sumber mengatakan bahwa banyak manfaat yang dirasakan oleh para penikmat minuman hitam beraroma harum dan tajam yang sangat khas ini sehingga membuatnya makin disukai.

Bila membahas tentang minuman yang dalam bahasa Inggris disebut coffee ini, maka yang akan terlintas di pikiran kebanyakan orang adalah kandungan kafein yang ada di dalamnya. Kafein adalah zat yang memberi rasa pahit pada jenis-jenis minuman dari tanaman-tanaman tersebut. Namun memang kandungan kafein dalam masing-masing tumbuhan itu berbeda-beda kadarnya.

Apa Sih Manfaat Kafein Buat Kesehatan?

manfaat-kafein-untuk-diet-kecantikan-cek-di-blog-heydeerahma-indonesia-lifestyle-blogger

Memang, banyak asumsi yang mengemukakan bahwa zat kafein ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Tapi jika dikonsumsi dengan jumlah dan takaran yang tepat, ternyata kafein bisa memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan loh gaes, seperti yang dijelaskan dalam uraian tentang manfaat kafein berikut ini:

  1. Kafein dapat membantu mengurangi dan menghilangkan rasa kantuk. Sudah lazim di masyarakat bahwa mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein bisa membuat tubuh bugar dan terhindar dari rasa kantuk. Kafein yang memiliki kandungan zat perangsang psikoaktif juga diuretic kadar ringan yang mampu merangsang produksi hormon adrenalin menjadi lebih banyak sehingga hal ini dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan menghilangkan rasa kantuk.
  2. Kafein baik untuk meningkatkan daya ingat. Pembuktian tentang manfaat kafein untuk meningkatkan daya ingat didapat dari hasil riset yang dilakukan oleh peneliti dari John Hopkins University dari Amerika Serikat yang melakukan penelitian terhadap 160 orang sukarelawan yang jarang mengkonsumsi kafein. Kepada 160 orang ini, mereka memberikan 2 perlakuan yang berbeda untuk tujuan penelitian ilmiah, yaitu sebagian diberi asupan 200 mg kafein, sedangkan sisanya hanya diberi asupan kafein buatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa daya ingat para sukarelawan yang mengkonsumsi kafein saat diberi tugas menghafal gambar dan sebagainya, ternyata jauh lebih baik dari pada sebagian lainnya yang hanya diberi kafein buatan.
  3. Kafein dapat mencegah penyakit berbahaya yang menyerang fungsi otak seperti Parkinson dan Alzheimer. Dua penyakit penurunan daya ingat ini dapat dicegah dengan kandungan zat diuretic ringan dan perangsang psiko aktif yang ada dalam kafein. Selain itu, ternyata kandungan zat dalam kafein dapat mencegah penyakit yang berasal dari usus besar dan juga penyakit kanker kulit. Kafein juga diyakini bisa mengurangi resiko penyakit kencing manis (diabetes mellitus). Konsumsi kafein dalam jumlah dan dosis tertentu ternyata mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh sehingga dapat mengurangi resiko dari diabetes.
  4. Kafein bisa meningkatkan energi dan mengembalikan stamina yang menurun setelah aktifitas berat. Kandungan alkaloid xantina dalam kafein dapat membantu tubuh memproduksi banyak hormon epinephrine yang memancing peningkatan hormon adrenalin, dan hal ini akan sejalan dengan meningkatnya energi didalam tubuh.
  5. Kafein dalam minuman kopi bisa membantu menurunkan kelebihan berat badan. Menurut hasil penelitian ternyata kafein dalam kadar tertentu dapat membantu menekan nafsu makan dan menghilangkan rasa lapar sehingga sangat efektif dalam membantu program diet kamu buat yang lagi pengen ngelangsingin badan.

See… Manfaat kopi ternyata sangat banyak ya, gaes! Nggak heran banyak banget kedai kopi yang bertebaran untuk memenuhi kebutuhan para pecinta kopi. Bahkan, sebagian orang rela sengaja berburu kopi ke berbagai penjuru Indonesia buat nyicipin taste kopi Indonesia yang unik sekaligus belajar bikin kopi yang benar karena salah penanganan, bakal rusak tuh taste kopinya.

So, when will we have our coffee time, my fella readers?


PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!
See you on the next blogpost.

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

14 Comments

  1. Owalah, pantes kalau minum kopi nulisnya jadi lebih lancar gitu. Bisa meningkatkan daya ingat, toh. Asyik. :D

    Cuma, masih berusaha mengurangi, sih, akhir-akhir ini. Jadi sering tidur larut soalnya. Wahaha.

  2. Kalo kopi kebanyakan gula juga bisa bikin diabetes kali ya? Hahaha
    Kopi item yg bikin mules itu biasanya kopi yg nggak pake ampas. Atau bisa juga air yg dipake nyeduh suhunya kurang panas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *