Kamu Merasa Nggak Pede Sama Diri Sendiri? Yuk Atasi Rasa Minder Dengan Baca Tips Dari Lifestyle Blogger HeyDeeRahma Berikut Ini!

cara-mengatasi-minder-bersama-go-global-indonesia

HeyDeeRahma.com – Kamu Merasa Nggak Pede Sama Diri Sendiri? Yuk Atasi Rasa Minder Dengan Baca Tips Dari Lifestyle Blogger HeyDeeRahma Berikut Ini! | Dulu, aku memiliki ketakutan untuk menunjukkan diri kepada publik. Merasa ngga cantik, kurang pintar, dan ngga pedean. Rasanya lebih baik mengurung diri di kamar saja saat akhir pekan dibandingkan untuk datang ke acara networking bertemu dengan orang-orang baru atau disuruh maju ke depan untuk presentasi. Mau ikutan acara-acara lomba kecantikan pun juga nggak pede karena malu, merasa belum pantas.

Hal ini berlangsung cukup lama, mulai dari SMA sampai awal-awal kuliah. Sampai akhirnya di satu titik, aku menyadari bahwa ketidakpedean terhadap diri sendiri ternyata lebih banyak ruginya daripada memberikan keuntungan, terutama untuk perkembangan diri sendiri. Aku melihat di sekitarku ternyata orang-orang yang pede lebih punya kesempatan untuk berkembang, mereka banyak dipercayakan orang untuk melakukan hal bermanfaat untuk audiens yang lebih luas. Misalnya, jadi speaker di acara seminar membagikan ilmu kepada orang banyak atau jadi manajer proyek yang membawahi beberapa orang tim di sebuah perusahaan.

Titik balikku ada di tahun 2012. Pada masa itu, aku nekad mendaftar sebuah kontes kecantikan di majalah yang temanya menarik sekali. Berawal dari iseng mendaftar tanpa ekspektasi yang tinggi, ternyata aku malah mendapatkan kesempatan sampai ke tahap final bersama 10 orang kandidat lainnya. Aku berhasil melewati tahap seleksi interview dan photoshoot bersama juri-juri dari media. Yay! Waktu itu aku sungguh benar-benar nggak menyangka loh bisa masuk sampai tahap karantina dan final karena awalnya niatku cuma ingin mendapatkan kesempatan untuk menggali potensi diriku dalam acara ini. But, thanks a lot universe, you bring me to this beautiful plan!

Baca: Pengalaman Berharga Dalam Ajang ChicStar 

Dalam karantina, aku banyak diajarkan tentang memaafkan diri sendiri, fokus kepada kelebihan diri sendiri, dan otomatis secara nggak langsung bisa menambah rasa pedeku. Aku juga bertemu dengan para wanita cantik yang memiliki berbagai latar belakang pekerjaan. Mereka smart, percaya diri, juga unik dengan kelebihan yang mereka miliki masing-masing. Sampai sekarang, mereka semua menginspirasiku untuk terus positif, pede, dan terus maju untuk menghasilkan karya yang baik.

Perbanyak Pengalaman Selagi Muda

Tiga tahun kemudian, berawal dari iseng (lagi), aku pun mendapatkan kesempatan yang sama untuk terlibat dalam program Garnier Academy, sebuah ajang pengembangan diri selama 7 hari penuh yang diisi dengan kegiatan workshop 7 Highly Effective Habit, pelatihan make up, fashion styling, dan public speaking. Berawal dari niat pengen belajar make up dan fashion styling, eh kedapetan kesempatan keren gini. Mana bisa kutolak! Ini merupakan satu paket program acara keren yang benar-benar mengubahku jadi lebih baik dari kemarin. Thanks again, universe! 

cara-ampuh-menjadi-percaya-diri-ala-heydeerahma-indonesia-lifestyle-blogger

Memanfaatkan sumber daya berupa waktu yang terbatas secara maksimal untuk menggapai impian.

Oya, kebetulan banget pas kemarin lagi ngaso sore-sore, aku baca artikel di media online, dan aku menemukan informasi tentang konsep kesuksesan 70:20:10 yang udah diuji coba kepada 200 eksekutif di berbagai perusahaan dunia. Konsep yang dibuat oleh McCall, Lombardo, dan Eichinger dari Center for Creative Leadership ini menunjukkan fakta bahwa kesuksesan bisa diraih lewat pengalaman (70%), network (20%), dan pendidikan formal (10%). Nah, dari pengalaman yang udah aku lewatin sebelumnya, aku pun menarik benang merah, memang benar pengalaman menjadi sangat berarti sekali untuk perkembangan diri seseorang, baik dalam karir maupun kehidupan secara umum. That’s why selagi muda, perbanyak kesempatan untuk menambah pengalaman yang nantinya bakal berguna buat kamu di masa depan. Trust me!

Asyiknya Memenuhi Hari Dengan Kegiatan Produktif Semasa Muda

cara-agar-percaya-diri-dan-berani-ala-indonesia-lifestyle-blogger-heydeerahma

Being busy is good for your future!

Menambah pengalaman yang berharga dan rasa pede selagi muda, diantaranya:

Belajar Tampil Di Depan Umum Lewat Kegiatan Organisasi

Masa kuliah rasanya sayang kalo hanya dihabiskan sebagai mahasiswa kupu-kupu alias kuliah-pulang-kuliah-pulang atau sekedar kuliah terus pulangnya nongkrong di mal. Memanfaatkan waktu lowong untuk ikut kegiatan organisasi (apalagi kalo menjabat jadi ketua organisasi) akan sangat ngebantu kamu buat ngasah kemampuan human skill karena terlibat dalam organisasi harus berhubungan dan bekerja dengan banyak orang yang nantinya bakalan jadi makanan sehari-hari di dunia kerja loh! Latih mental percaya dirimu sedini mungkin!

Ikutan Program Magang Global

Sekarang sudah banyak program magang dari perusahaan sekelas internasional yang mau menerima pelajar/mahasiswa dari Indonesia. Manfaatnya apa sih jauh-jauh magang keluar negeri. Eitssss.. Jangan menyepelekan proses magang loh, karena engan ikutan program magang, apalagi di dunia global, maka akan membuat kamu lebih open minded, menghargai perbedaan budaya, serta memiliki pengalaman baru untuk terlibat dalam proyek bersama pekerja asing yang membuatmu lebih luwes dan pede di lingkungan kerja global! Siapa yang nggak mau punya gaji dollar?

Jadi Relawan

Menjadi relawan konservasi laut atau membantu para pengungsi di penampungan tentu akan membuka perspektif baru dalam pikiranmu, mengasah empati, serta mudah beradaptasi terhadap perubahan. Kamu juga akan belajar lebih bersyukur, berbagi, dan tentunya ini akan menjadi pengalaman sekali seumur hidup yang mengubah dirimu. Pengalaman akan jadi guru yang terbaik, bukan?

Ikutan Pertukaran Budaya Dan Bahasa

Dengan ikut serta dalam program pertukaran budaya dan bahasa, kamu akan bisa mengasah kemampuan softskill kamu, serta membuat pola pikirmu lebih luwes dalam menghadapi kompetisi kerja yang sekarang nggak cuma sama pekerja lokal tapi juga global! Selain itu, kamu akan bisa belajar bahasa dan mengenal budaya baru.

Aku juga menemukan hasil riset dari World Economic Forum yang membahas bahwa 3 dari 10 skill yang dibutuhkan kaum muda di tahun 2020 adalah Critical Thinking, Negotiation, dan Emotional Managament. Which is hal ini bisa banget diasah dengan beberapa kegiatan yang udah aku sebutin di poin-poin sebelumnya. Terus biasanya kemudian muncul pertanyaan begini:

“Yah, tapi aku belum tau caranya ikutan magang global, jadi relawan, atau bisa terlibat di pertukaran budaya?”

Yaampun, sekarang jamannya internet bok! Apa-apa bisa kamu cari tahu di Google. Udah banyak kok program pemerintah dan lembaga yang membantu kamu mewujudkan keinginanmu. Yang aku tahu program yang pernah diikuti sama orang-orang keren seperti Anies Baswedan ada di “Go Global Indonesia” (GoGlobalIndonesia.com). Coba deh search keyword tersebut di Google.

Setahu aku lembaga ini udah berpengalaman banget buat bantuin pelajar Indonesia yang kepengen punya pengalaman untuk mengasah pemahaman antarbudaya, dan GGI juga udah ada di 14 kota yang tersebar di 9 negara. GGI juga didukung sama Sentio, Inc., jaringan penyedia pertukaran budaya dan edukasi intercultural yang telah berpengalaman selama 18 tahun—sejak tahun 1947. Pasti belom pada lahir dong umur segitu? Hahaha yaiyalah, itu mah jaman kakek nenek gue masih pacaran kalik!

Last but not least, selalu katakan hal ini kepada dirimu, “Kalau oranglain bisa, kenapa aku tidak bisa?” Jangan takut untuk mencapai #PersonalCapacityGrowth, dan jadikan dirimu pribadi yang positif, kreatif dan peka budaya yuk!

So, are you ready for new exciting experience ahead, dear? See you on the next achievement!

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme 

Share this to your friends:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

5 Comments

  1. Udah telat nih bacanya…. saya udah gak muda lagi :))))) tp masih bisa forward postingan ini ke para ponakan… Be brave, be bold. Don’t think too much just do it… :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *