Jangan Pernah Ngelakuin Hal Ini Di Social Media!

Got ethics? Are you ethical question handwritten with white chalk on blackboard with eraser smudges

Hello folks! Back again with me, Dee!

Saat ini siapa orang yang tidak memiliki media sosial? Hampir seluruh orang di dunia sekarang memiliki akun jejaring sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga Path. Apalagi sekarang sudah banyak handphone canggih yang memiliki kemampuan mumpuni untuk membuka beberapa media sosial sekaligus. Berapapun usianya, mulai dari anak kecil hingga kakek nenek, semua merasa bahwa media sosial memang sangat perlu dimiliki. Sesungguhnya media sosial memang memberikan banyak manfaat bagi penggunanya, seperti menambah teman atau sebagai sarana promosi dalam berbisnis. Namun ada juga beberapa hal yang seharusnya tidak lakukan di media sosial. Apa sajakah itu?

Menuliskan alamat rumah secara lengkap

Hal pertama yang tidak boleh kita lakukan ialah menulis alamat rumah secara lengkap di media sosial. Ingat, media sosial tidak hanya berisi teman-teman kita saja. Namun ada juga orang-orang asing yang tidak kenal. Bukan bermaksud berpikir negatif, namun kita tidak tahu apakah orang asing tersebut memiliki niat baik atau sebaliknya. Lebih baik kita berjaga-jaga diri kan?

Menuliskan kata-kata kasar

Banyak orang yang tidak paham akan sopan santun di media sosial. Media sosial bukan hanya milik seorang pribadi, seperti buku harian atau sejenisnya. Sebaiknya kamu benar-benar menjaga perkataan pada media sosial. Jangan mengeluarkan unek-unek dengan kata-kata yang kasar, terlebih lagi menyinggung perasaan orang atau instansi terkait. Jangan menciptakan pemikiran negatif orang lain tentang kamu karena luapan emosi yang hanya sesaat itu. Toh meluapkan emosi di media sosial tidak akan menyelesaikan apapun, kan?

Mengumbar foto yang tidak pantas

Selain menuliskan kata-kata kasar, mengumbar berbagai foto tidak pantas juga dilarang keras. Menggugah foto-foto yang terkesan vulgar sama sekali tidak memberikan manfaat apapun bagi kamu. Walaupun mungkin teman kamu akan bertambah lebih banyak, namun pribadi kamu akan dilihat dilihat serta dijadikan konsumsi publik. Sudah pasti pandangan negatif juga akan nempel pada kamu.

Curhat yang berlebihan

Ingat, media sosial bukan buku harian yang bisa kamu curhati sesuka hati. Sebaiknya setiap masalah pribadi jangan diumbar di media sosial. Dengan cuhat di media sosial kamu belum tentu bisa mendapatkan simpati dari orang lain, kok. Malahan curhatanmu bisa dijadikan bahan gosip oleh orang lain. Lebih baik curhat langsung dengan orang terdekat di dunia nyata kan?

Melakukan spamming

Tindakan dilarang yang terakhir adalah spamming. Kamu merasa risih tidak waktu menerima pesan yang isinya tidak jelas? Tentu sebal kan? Demikian juga dengan orang lain. Sebaiknya sebisa mungkin kamu menghindari mengirimkan spam kepada orang lain agar mereka merasa tidak terganggu. Jangan sampai karena kamu sering spamming, mereka malah unfriend medsos kamu.

Kelima hal di atas merupakan beberapa hal yang seharusnya tidak dilakukan di media sosial. Mulai sekarang lebih berhati-hati ya dalam bermain media sosial. Dampak media sosial memang banyak memberikan dampak positif, namun jika kamu salah memanfaatkannya malah bisa menjadi bumerang buat kamu sendiri. Setuju, folks?

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

Share this to your friends:

heydeerahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *