Internet Mengubah Hidup Jadi Lebih Baik

Carilah informasi sebanyak-banyaknya. Perluas pengetahuanmu.

Melalui bantuan internet.

Sebagai sebuah teknologi yang memudahkan setiap orang menemukan informasi dan pengetahuan baru, kehadiran internet kini semakin membuktikan bahwa internet dapat mengubah cara manusia berkomunikasi, berinteraksi, dan berbagi tanpa adanya halangan jarak, waktu, dan tempat.

manfaat-internet-indonesia

* Peran Internet Bagi Pendidikan, Ekonomi, Pemerintahan *

Terwujudnya budaya internet, membuat internet mempengaruhi perkembangan dunia pendidikan di seluruh dunia karena memberikan peran untuk menyebarkan informasi dan pengetahuan secara masif. Semua orang bisa dengan mudah mengakses dan menemukan informasi apapun yang mereka butuhkan melalui mesin pencari Google.

Dari sisi ekonomi, internet telah membantu jutaan orang untuk mengubah kehidupan jadi lebih baik. Ketika dahulu para pebisnis hanya bisa menjual barang secara bertatap muka, kini muncul berbagai situs e-commerce yang bisa membantu pemasaran hingga ke seluruh belahan dunia tanpa adanya kewajiban pertemuan tatap muka antara penjual dan pembeli. Semakin masif usaha penyebaran informasi produk, semakin banyak keuntungan yang bisa diperoleh oleh penjual.

Tak hanya berhenti sampai disitu saja, peran internet ternyata juga merambah sampai kegiatan pemerintahan. Munculnya internet di pemerintahan, otomatis mengubah protokol penyebaran informasi yang rumit, sehingga masyarakat bisa mengakses informasi terbaru pemerintahan lebih cepat dan mudah. Misalnya, seperti pendaftaran PNS online atau informasi pengelolaan dana APDB yang lebih transparan.

situs-dan-internet

* Sejarah Internet *

Perkembangan internet awalnya hanya digunakan sebagai kepentingan militer dan menghubungkan beberapa universitas di Amerika. Namun, seiring berjalannya waktu, internet semakin dibutuhkan oleh publik untuk memudahkan penyebaran informasi secara masif untuk mendukung kehidupan secara pendidikan, ekonomi, pemerintahan dan komunikasi.

Dulu, saya tak mengira kalau internet akan memudahkan hidup saya dalam berkomunikasi dengan saudara yang sedang studi ke luar negeri. Bayangin aja deh guys, kalau sampai hari ini kita harus mengirim pos atau memakai telepon konvensional untuk bisa berkomunikasi dengan orang yang tinggal di benua lain. Berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan? Mahal tentunya.

Di Indonesia, penggunaan internet semakin menjamur dengan munculnya smartphone dan netbook yang murah, tumbuhnya bisnis warung internet (warnet), serta adanya wi-fi gratis di tempat-tempat publik, seperti kampus ataupun cafe yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Perkembangan teknologi internet yang dapat diakses dari ponsel, dimulai dari fasilitas GPRS yang semakin berkembang ke teknologi 4G. Kalau secara teknis, saya sih kurang paham yang ini ya, guys… Mungkin ada yang bisa bantu menerangkannya di kolom komentar… Hehehehe. Tapi, yang pasti, secara kecepatan, semakin tinggi teknologinya, semakin cepat internet yang bisa kamu akses.

top-youtubers

* Sudah Sejauh Mana Memanfaatkan Internet? *

Setiap bertemu dengan siapapun, saya selalu mengatakan kepada mereka, gunakan Google atau Youtube untuk belajar sesuatu. Saya adalah saksi hidup yang membuktikan bahwa internet dapat mengubah hidup seseorang jadi lebih baik.

Secara pribadi, saya banyak menggunakan internet untuk nge-blog, belajar internet marketing, serta mencari resep masakan untuk dipraktekkan setiap ada kesempatan di akhir pekan. And it works. Apapun yang ingin saya pelajari semua sudah tersedia secara gratis di Google dan Youtube. Mimpi saya terdekat, saya ingin mewujudkan mimpi saya untuk aktif berkarya di bidang internet marketing. Saya yakin, adanya internet, bisa membantu saya untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Dulu, Ibu saya tidak paham menggunakan internet, dan banyak waktu Ibu yang terasa kurang produktif. Hingga akhirnya, saya memutuskan untuk memasang internet di rumah dan mengajarkan Ibu menggunakan internet secara perlahan-lahan. Beliau sangat senang, karena dengan adanya internet, beliau bisa belajar dari Google dan Youtube untuk menghasilkan karya rajut yang indah dan berwarna-warni.

Nih, saya kasih contoh lain ya betapa internet bisa mengubah hidup kamu. Beberapa minggu yang lalu, baru saja diadakan pagelaran besar, yaitu Youtube Fanfest yang mendatangkan bintang Youtube terkenal, Sam Tsui dan Bethany Mota. Popularitas mereka berdua datang dari kreatifitas mereka menghasilkan video keren yang diunggah di Youtube, sehingga bisa disaksikan ribuan, bahkan jutaan orang di seluruh dunia.

See? Betapa hebatnya dampak positif yang bisa dihasilkan dari penggunaan internet…

Bahkan, di video ini, seorang petani yang notabene tidak punya kesempatan untuk memiliki fasilitas selengkap kita yang tinggal di ibukota punya semangat belajar memanfaatkan internet agar bisa menghasilkan lebih banyak pendapatan.

 Harapan saya, semoga Indonesia bisa memiliki teknologi internet yang merata hingga ke pelosok desa, sehingga para petani seperti Pak Joko bisa meningkatkan kualitas hidup dan pengetahuannya lewat internet. Saya juga punya mimpi agar Indonesia memiliki akses internet broadband seperti negara Korea Selatan yang dikenal sebagai negara dengan koneksi internetnya yang cepat.

Kalau kamu punya pengalaman menarik seputar internet yang sudah mengubah hidup kamu jadi lebih baik, yuk bagikan aspirasi kamu kepada masyarakat lebih luas. Buatlah sebuah video singkat, untuk diunggah ke twitter/instagram kamu, dan bergabung sebagai bagian dari #IndonesiaDigitalNation!

Kunjungi www.indonesiadigitalnation.com untuk informasi lengkap yaaaa ;)

PS : Sebarkan informasi positif ini ya guys, agar semakin banyak individu yang lebih produktif berkat internet!

Share this to your friends:

heydeerahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

10 Comments

  1. sesuai perkembangan yang begitu pesat, maka internet sudah jadi salah satu faktor yang selalu berperan dalam kehidupan, dibalik semua itu tak hanya hal postif saja yang terdapat dari internet, sebenarnya bagaimana cara kita mempergunakannya apabila baik dan dengan tujuan yang andal insya allah ok, bahkan dari sissi negatifnya banyak dampak buruknya dari internet, salah satunya bagi anak anak dibawah usia umur :)
    nice article good job

    • terimakasih mas atas apresiasinya terhadap tulisanku.
      yap, aku setuju mas, baiknya digunakan untuk hal yang bermanfaat biar gak sayang waktu :)
      kalo untuk anak-anak memang sebaiknya ditunda penggunaan inet sampai agak dewasa atau dibawah pengawasan orangtua..
      salam kenal mas mukhlis..

  2. Makasih kunjungan nya ya mbak.
    Mbak, akupun yg termasuk ga bs hidup tanpa internet.
    Tapi mertua saya masih antipati sama internet karena yg diekspos ya yg negatip2 nya seperti pornoaksi gitu. Dan beliau lebih suka gaya konpensional. Ya beda2 ya masing2 orang :).
    Nice share mbak.

    • Sama-sama Mbak Ratu :)
      Ihhh sama banget Mbak, hidupku hampa tanpa internet hahaha.
      Mungkin mertua Mbak Ratu belum merasakan manfaat internet untuk belajar hal baru…
      Kalau sudah kecanduan pasti seneng deh adanya keberadaan internet :)) Kayak kita ya Mbak… Hehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *