Ini Ragam Investasi Yang Cocok Bagi Para Kawula Muda Masa Kini

saving-versus-spending

Investasi pemula merupakan sebuah hal yang seharusnya mulai dilirik oleh anak muda masa kini. Bisa diakui bahwa investasi memang memberikan banyak manfaat untuk masa depan. Selain mempersiapkan masa depan, investasi juga berguna untuk berjaga-jaga jika ada sejumlah uang dalam jumlah yang besar dibutuhkan pada waktu yang mendesak dan tiba-tiba.

Namun sayangnya, banyak anak muda yang masih merasa asing dengan investasi, dibandingkan menabung secara rutin di rekening pribadi. Bahkan, banyak yang merasa bahwa investasi baru benar-benar dibutuhkan saat sudah mapan. Padahal, investasi merupakan hal yang harus dilakukan sedini mungkin. Mengapa demikian? Semakin lama jangka waktu yang dilakukan untuk berinvestasi, sekitar 10 hingga 15 tahun misalnya, maka investasi tersebut bisa semakin berkembang.

Semakin muda kamu memulai investasi, kamu bisa semakin agresif dan belajar banyak hal tentang investasi. Tapi, bagaimana jika gagal? Tenang saja, tidak perlu takut mengambil risiko gagal. Kamu masih mempunyai banyak waktu untuk tetap bangkit kemudian mencoba model investasi lainnya. Bisa bayangkan jika kamu mengalami gagal di masa tua?

Lalu, apa saja instrumen investasi yang layak untuk dicoba? Berikut ini merupakan instrumen investasi bagi kawula muda yang bisa kamu coba terapkan.

*** Investasi Saham ***

Investasi saham merupakan salah satu bentuk investasi yang membuat seseorang bisa memiliki suatu badan usaha atau perusahaan tertentu.

Kamu bisa mendapatkan dua sumber keuntungan dari investasi saham, yaitu capital gain dan dividen. Capital gain merupakan keuntungan yang akan didapat oleh pemegang saham ketika melepaskan sahamnya ke pasar. Sedangkan dividen merupakan pembagian keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham setelah mencapai jangka waktu yang telah ditentukan. Bisa dibilang, investasi saham memberikan keuntungan yang cukup tinggi, lho! Namun, risikonya juga cukup tinggi, apalagi jika ada ancaman likuidasi perusahaan atau capital loss yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Sebaiknya, kamu membeli beberapa buku yang membahas investasi saham sebelum memulai menaruh dana investasimu.

*** Obligasi ***

Obligasi merupakan istilah yang dipakai dalam pernyataan hutang dari pihak penerbit obligasi kepada pemegang oblikasi beserta janji untuk membayarkan kembali pokok hutang pada saat jatuh tempo pembayaran. Intinya, obligasi berbentuk surat perjanjian hutang yang dikeluarkan pihak pertama (penerbit obligasi) kepada pihak kedua (pemegang obligasi).

Apabila kamu memilih investasi ini, maka kamu menjadi orang yang meminjamkan dana kepada pihak yang mengeluarkan obligasi. Keuntungannya memang tidak jauh berbeda dengan hutang yang dipinjamkan dengan sistem bunga.

Keuntungan dihitung dari pembagian tingkat suku bunga dengan harga nominal obligasi. Bisa dikatakan investasi ini cukup aman dilakukan karena risiko obligasi lebih kecil. Namun kamu memerlukan modal yang besar untuk melakukan obligasi.

*** Reksadana ***

Investasi yang satu ini merupakan skema investasi yang dilakukan untuk menghimpun dana dari si pemilik modal. Kemudian, disalurkan ke beragam instrumen investasi yang ada di pasar modal. Saran saya, bagi kamu yang masih memiliki modal sedikit, kamu bisa mencoba jenis investasi yang satu ini. Mengapa? Karena berinvestasi di reksadana juga memiliki resiko yang kecil.

Ketiga instrumen investasi tersebut bisa kamu coba terapkan sejak dini. Selain itu, masih ada beberapa jenis investasi lainnya seperti forex trading dan emas. Kamu pilih yang mana? Coba deh tulis di kolom komentar kamu sukanya investasi apa, dan apa sih yang membuat kamu ingin berinvestasi di instrumen tersebut? Apapun pilihanmu, jangan pernah takut mencoba. Selamat berinvestasi!

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

Share this to your friends:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *