Ini Alasan Mengapa Saya Pilih Naik Kereta Api Saat Travelling

HeyDeeRahma.com – Ini Alasan Mengapa Saya Pilih Naik Kereta Api Saat Travelling | Pergi naik transportasi kereta api sekarang memang sudah semakin nyaman. Selain itu, yang paling menyenangkan adalah bebas hambatan dari macet, yang seringkali bikin stres di jalan. Apalagi sekarang pesan tiket kereta api resmi KAI juga lebih mudah. Bisa lewat online travel agent atau langsung go show datang ke kantor agennya.

Saya naik kereta terakhir kali saat pergi ke Solo-Jogja untuk shooting mini series bersama Kemenhub bulan November lalu. Videonya sudah rilis di IGTV instagram @heydeerahma lho! Mengajak satu keluarga pergi naik kereta juga pernah untuk berpergian mudik. Bahkan, business trip saya ke Jakarta-Bandung-Jakarta pun jadi semakin efisien waktu ketika naik kereta api.

Kereta Apa Saja Yang Dapat Dipesan Melalui KAI?

Sejarah pengalaman panjang saya dengan moda transportasi menimbulkan kesan tersendiri. Perbaikan layanan kereta api, mulai dari pembenahan cara pemesanan tiket, hingga kenyamanan di dalam gerbong saya rasakan semuanya. Tapi, apakah #HDRfams tahu? Ada beberapa jenis kereta yang bisa dipilih, disesuaikan dengan waktu, hari, dan kelas yang diinginkan. Berdasarkan regional, kereta api dibagi menjadi KAI Lokal dan KAI Luar Jawa.

Pembagiannya, KAI Lokal diantaranya terdiri dari KA Kalijaga, Walahar Ekspres, Pandan Wangi, Cilamaya Ekspres, Jatiluhur, Siliwangi, Bandung Raya Ekonomi, Lokal Cibatu, Kedung Sepur, Bhatara Kresna, Solo Ekspres, Prambanan Ekspres, Sidomukti, KA Bandara YIA, Ekonomi Lokal (Daop 8), Jenggala, Dhoho, Dhoho-Penataran, Tumapel, Penataran Dhoho, Penataran, dan KRD Ekonomi (Daop 8). Sedangkan, kereta api luar Jawa terdiri dari Lembah Anai, Minangkabau Ekspress, Sri Lelawangsa, Cut Meutia, Sibinuang, Seminung/Way Umpu, dan Kertalaya.

Alasan Mengapa Travelling Naik Kereta Api Seru

Setiap orang tentu memiliki alasan yang berbeda-beda mengapa lebih memilih moda transportasi kereta api saat berpergian. Kalau dilihat dari perkembangan layanan kereta api yang makin nyaman saat ini sih, tentu saja bikin saya ketagihan untuk naik kereta lagi. Alasan lainnya suka naik kereta api, kurang lebih begini:

1. Anti Macet Macet Club

Yes! Naik kereta api paling nikmat itu nggak akan kena macet! Tinggal naik kereta, dan duduk cantik aja deh selama perjalanan ditemani sejuknya pendingin ruangan di dalam gerbong! Waktu juga terasa lebih efektif, dan energi lebih tubuh lebih terjaga maksimal saat tiba di tempat tujuan. Jadi, kalo sampai tujuan mau langsung eksplor destinasi wisata, udah bisa langsung ON deh buat siap ekplor!

2. Bisa Melihat Pemandangan Hijaunya Alam

Hal yang satu ini bagi saya adalah pengalaman yang sangat mahal untuk bisa menikmati pemandangan hijaunya alam yang udah jarang ada di kota besar seperti Jakarta! Sembari lihat ke arah jendela kereta, saya sebagai penumpang bisa melihat rumah penduduk lokal, hamparan sawah hijau yang luas, sungai yang masih alami dengan jelas! Benar-benar momen seperti ini terasa menyenangkan sekali untuk refereshing supaya nggak ngerasa bosan selama perjalanan.

3. Hemat Harga Tiket Perjalanan & Nyaman

Adanya tipe pilihan kelas ekonomi dan eksekutif di kereta tentu saja bisa memberikan pilihan bagi kamu yang ingin lebih berhemat dalam suatu perjalanan. Tinggal disesuaikan deh sama budget yang ada! Walaupun ada dua jenis gerbong pun, semuanya juga sudah terasa nyaman karena sudah dilengkapi fasilitas AC. Jadi, nggak ada lagi deh cerita kepanasan, atau nggak bisa tidur nyenyak pas naik kereta malam! Hehehehe.

4. Pemesanan Tiket Yang Mudah

Memesan tiket saat ini tak perlu lagi harus mengantri panjang yang membuat lelah. Apalagi pesan tiket kereta api resmi KAI disini. Tinggal pesan lewat sistem online, lalu melakukan pembayaran via transfer ATM atau e-banking, voilaaaa kamu langsung bisa dapetin tiketnya deh! Mudah dan cepet banget sih buat millenials yang kaum rebahan pun. Hehehehehe.

Terakhir, jangan lupa ya untuk cek ulang semua barang dan dokumen yang akan kamu bawa sebelum travelling. Jangan sampai ada yang ketinggalan, terutama dokumen penting seperti kartu identitas, ATM, dan pastinya tiket kereta api itu sendiri dong! Happy travelling, #HDRfams!

Apakah kamu punya pengalaman menarik seputar travelling menggunakan kereta api? Aku juga membagikan tips travelling dengan kereta api di instagram @heydeerahma lho. Yuk berinteraksi disana juga dengan mengirimkan DM atau tinggalkan komentar!

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

signforblog

FOLLOW MY SOCIAL MEDIA

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan foto dan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin menggunakan foto atau mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

Others articles related to travel and lifestyle:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

2 Comments

  1. Bener banget nih, naik kereta api bisa lihat pemandangan alam nan indah di sepanjang perjalanan. Soalnya, beda sama bus yang rutenya terbentang membelah kota-kota, kereta api banyak yang justru lewat hutan, juga pinggiran pantai. Kalau naik kereta dari Tegal/Pemalang/Pekalongan ke Semarang atau sebaliknya, di daerah Batang bisa lihat laut deket banget. Seru!

    • Hi Eko,

      Terimakasih sudah mampir ke blog heydeerahma.com, jangan lupa follow instagram @heydeerahma ya!

      Nah, iya jadi nilai tambah kalau bisa lihat pemandangan laut sekalian! Apalagi sekarang kereta api udah nyaman banget buat travelling.

      Regards,
      Dee Rahma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *