Ingin Kamar Mungilmu Seperti Apartemen Studio? Contek Ide DIY Interior Kamar Ini Yuk!

indonesia-lifestyle-blogger-hdr-apartement-interior-ideas

Saat ini model apartemen berbentuk studio memang cukup digandrungi oleh masyarakat kota besar karena modelnya yang kompak serta harganya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan apartemen premium dengan banyak kamar. Apartemen tipe studio biasanya cocok digunakan oleh pelajar, mahasiswa, pekerja individu, atau keluarga yang belum memiliki anak. Bahkan, di lokasi-lokasi dekat kampus, sekarang juga banyak bermunculan apartemen-apartemen harga terjangkau yang membidik kalangan mahasiswa dan mahasiswi lokal. Menurut survey yang aku temukan, kisaran harga apartemen tipe studio tahun 2017 antara 200 juta sampai 300 jutaan. Apartemen juga banyak dimiliki oleh investor untuk kemudian disewakan di situs-situs listing penyewaan apartemen seperti AirBnB.

Kalo ngomongin apartemen studio, biasanya apartemen tipe studio seperti ini terdiri dari satu kamar ditambah dengan satu kamar mandi. Karena tujuannya memang untuk tempat tinggal individu yang menginginkan punya tempat tinggal yang tidak jauh dari tempat aktifitas sehari-hari seperti kampus atau kantor. Kamar dengan tipe studio tersebut juga bisa dikatakan multifungsi karena lokasi dapur dan ruang tamu ada di dalam satu ruangan yang sama. Secara umum, ukuran apartemen studio sekitar 20 – 35 meter persegi. Kalau kamu mau apartemen studio kamu agar terlihat lebih luas, biasanya ruangan minimalis ini ditambahkan dengan furnitur yang kompak serta mutifungsi seperti yang bisa temen-temen lihat di video Youtube ini.

Ubah Apartemen Studio-mu Jadi Lebih Kece!

Sudah terbayang kan bagaimana bentuk apartemen studio? Tenang aja gaes, kamu nggak perlu nunggu buat punya uang banyak kok buat beli apartemen studio! Soalnya kamu juga bisa menyulap kamar mungilmu yang sekarang menjadi apartemen studio, lho! Coba terapkan ide-ide DIY interior kamar yang aku share di postingan blog aku kali ini buat kamar kamu.

apartemen-studio-interior

Membuat Ruangan Terlihat Minimalis

Kamu bisa mulai dengan menata ruanganmu menjadi minimalis. Gimana caranya? Gampang kok! Maksimalkan ruang di dalam kamar kamu dengan ragam furnitur yang mendukung, misalnya saja dengan menempelkan rak buku atau barang-barang pada dinding. Boleh gunakan frame foto, kaca, atau lukisan. Setelah itu, tambahkan lampu mungil di meja kerjamu, agar kamu bisa membaca buku sebelum tidur. Selain berguna untuk membaca, lampu tersebut juga bermanfaat sebagai sumber cahaya saat tidur.

interior-apartemen-studio

Minimkan Pencahayaan Kamar

Saat menginap di hotel mewah, siapa sih yang nggak berasa nyaman? Suasana hotel yang bersih, nyaman, dengan pencahayaan yang redup membuat tamu hotel merasa rileks saat beristirahat di hotel. Nah, dari sinilah muncul inspirasi untuk membuat interior apartemen yang persis suasananya seperti hotel. Kamu juga bisa mengaplikasikan pencahayaan kamar yang dibuat seminim mungkin agar ruangan terkesan lebih luas dan hangat seperti hotel. Letakkan lampu di pojok atas agar cahaya tidak langsung menyorot ke ruangan, namun bisa mengarah ke langit-langit saja. Pilihan warna yang digunakan, apakah putih atau kuning dapat disesuaikan dengan selera kamu. Tapi, kalau aku pribadi lebih senang pakai warna putih supaya bagus untuk photoshoot.

desain-apartemen-studio

Letakkan Sofa atau Kursi

Agar semakin menambah kesan seperti apartemen, letakkan sofa atau kursi cantik di meja. Jangan lupa kombinasikan warna yang pas dengan ruangan. Hal ini dapat memberikan rasa nyaman saat sedang istirahat atau bersantai bersama keluarga maupun teman. Menurut pengalamanku, kursi yang tepat bisa menambah tingkat kenyamanan suatu ruangan, terutama kamar. Kamu bisa memilih sofa yang cantik, namun juga empuk dan sesuai dengan ergonomi tubuhmu. Sehingga dengan begitu, kamu akan merasa nyaman dan tidak merasa cepat pegal bila ingin membaca buku di sofa kamarmu.

apartemen-studio-jakarta

Tambahkan Ruang Kerja

Jika kamu sering bekerja dari dalam kamar atau punya home office sendiri, kamu bisa menempatkan meja, kursi, atau sofa kecil untuk bekerja. Hias meja kerjamu dengan beragam pernak pernik menarik yang terkesan elegan, seperti bingkai foto, lemari kecil, jam meja, lampu meja, dan lainnya. Atur serapi mungkin agar terlihat lebih menarik dan segar. Kamu pun bisa menambahkan beberapa tanaman hias mini di dalam ruangan yang berfungsi sebagai pembersih udara dalam ruangan ataupun penyejuk ruangan seperti tanaman lidah mertua. Harga tanaman hias juga murah kok, jadi kamu nggak akan keluar banyak untuk membuat ruanganmu terlihat lebih cantik!

Itu tadi beberapa ide DIY interior kamar yang bisa dilakukan untuk merubah kamar kecilmu nampak seperti apartemen studio. Walaupun kamarmu berukuran mungil, bukan berarti selalu terlihat monoton kan? Dengan sedikit kreativitas serta ide, kamarmu akan terlihat seperti apartemen studio! Have fun!

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling kanan atas situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

Share this to your friends:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

6 Comments

  1. Suka sama foto 3 dan 4 :DD
    lebih suka suka banget yang nomor 3, sih jadinya. Kayaknya lebih irit ruangan gitu, ya.
    Lumayan buat inspirasi “nanti” hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *