Indonesia Fashion Week 2015

Menarik mengamati setiap perkembangan lifestyle di ibukota Jakarta. Setiap tahun, ada saja tren yang muncul. Kemudian, tren ini diikuti oleh mayoritas masyarakat urban Jakarta yang ikut latah supaya dianggap kekinian mengikuti zaman. Sounds familiar?

***

Well, forget about the “latah” things yang jadi karakter umum masyarakat Indonesia. Kali ini saya mau membahas pengalaman dan pengamatan saya ikut serta dalam sebuah event akbar yang wajib diikuti siapapun yang mau mengikuti zaman, terutama bagi para fashion darling, yaitu acara Indonesia Fashion Week 2015.

Berlangsung 26 Februari – 1 Maret 2015, Indonesia Fashion Week pertama kali digagas oleh tahun 2012, dan memiliki tujuan ambisius membawa Indonesia menjadi pusat mode sejajar London, Milan, New York, dan Paris. Tahun 2015 ini, 747 brand lokal dan internasional ikut memamerkan produk mereka di area trade show, sementara di panggung mode, ada lebih dari 230 desainer, baik dari negeri sendiri maupun manca negara yang unjuk koleksi.

all black supaya kelihatan seperti supermodel :p

Industri fashion yang memiliki potensi 200 Triliun ini membuat IFW berkomitmen untuk menggembleng sekitar 100 brand yang akan disiapkan ikut serta berkompetisi secara global, bukan hanya dari segi kreativitas, tapi juga kesiapan produksi, kontinuitas standardisasi, dan kontrol kualitas demi mewujudkan target Indonesia sebagai kiblat mode dunia tahun 2025 yang didukung oleh Kemetrian Ekonomi Kreatif Indonesia.

mendapat undangan fashion show dari desainer Lenny Agustin

Secara personal, saya sangat senang ada acara besar yang mendukung merek dan desainer lokal untuk masuk ke pasar global dan mengedukasi masyarakat untuk menghargai karya lokal anak-anak Indonesia. Suatu hal yang sangat sulit sekali bila tidak dimulai dari membuat big movement seperti IFW ini, mengingat habit-nya orang Indonesia masih lebih memilih branded items dibandingkan produk lokal.

orang singapura juga suka batik indonesia!

Di sisi lain, bergaul dengan seorang desainer lokal Indonesia yang memproduksi outfit batik bergaya modern, juga membuat saya mengerti bagaimana kendala mereka dalam produksi, distribusi, dan branding. Saya harap adanya IFW ini juga semakin membuka wawasan masyarakat, nggak hanya merek luar yang punya kualitas bagus. Kita pun punya banyak resources dan produk yang luar biasa keren. Selamat merenungkan.

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

 

Share this to your friends:

heydeerahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *