(Review) HDD Seagate FireCuda, Bikin Kerja Makin Produktif

  indonesia-lifestyle-blog-heydeerahma-review-seagate-firecuda-women-blogger

HeyDeeRahma.com – HDD Seagate FireCuda, Bikin Kerja Makin Produktif | Sebagai blogger yang mostly kerjaannya nulis dan menangkap momen lewat foto, kinerja sebuah laptop sangat diperhitungkan untuk mendukung pekerjaan. Termasuk kebutuhan akan kapasitas memori penyimpanan yang lebih besar untuk memindahkan segudang koleksi foto dari kamera dan ponsel. Belum lagi kalo harus menyimpan beberapa data video yang paling memberikan kontribusi paling besar tergerusnya memori penyimpanan laptop begitu cepat. Sounds familiar to you?

Yes, I’ve been there. That’s why beberapa minggu yang lalu, aku mulai cari info dari temen-temen yang lebih paham soal teknis operasi laptop gini. Yah, you know kalo cewek mana paham sih persoalan teknis begini. Untung aja, aku punya banyak temen yang kerja di industri kreatif yang lebih ngerti. Mereka udah biasa editing video di pc tuh, pastinya spek pc-nya lebih mumpuni dari punyaku.

Melihat masalahku, mereka pun menyarankan kalau aku harus segera upgrade kapasitas hard disk! Tapi, waktu itu belum tahu dan masih belum kebayang, hard disk gimana yang cocok buat kebutuhan kerjaku saat ini. Sampai akhirnya aku dikasih tahu, coba deh pakai HDD Seagate FireCuda. Apa pula itu, pikirku. So, aku riset dulu deh.

HDD apa sih?

Sebelumnya, aku mau jelasin dulu sebenernya apa sih fungsi HDD di laptop atau pc kita? Jangan-jangan sejak awal aku cerita soal HDD, masih ada temen-temen yang belum begitu ngeh benda apa itu HDD. Hehehehe. Biasa deh, cewek mah taunya pakai laptop aja. Asal bisa kuat diajak kerja buat nulis, edit foto atau video. Langsung cuss beli. Hehehe.

HDD memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data pada laptop atau desktop pc. Data yang dimaksud bisa berupa dokumen, foto, gambar, audio, video, juga sistem operasi. Makanya, HDD itu penting banget keberadaannya di dalam pc dan laptop kita. Sementara itu, jenis HDD ada banyak, begitu juga pilihan merek dan kemampuannya. Tinggal pilih sesuai bujet dan kebutuhan saja. Oya, biasanya sih untuk HDD kapasitas besar banyak digunakan oleh video editor, pekerja kreatif, dan gamers. Males kan kalo lagi kerja tiba-tiba nge-lag terus jadi lemot? Ih yang ada mood kerja malah rusak deh…

Why HDD Seagate FireCuda?

Pertimbangan lain memilih HDD biasanya juga tergantung dari data transfer rate. Simpelnya begini, semakin tinggi data transfer ratenya, maka kecepatan saat transfer data dari lokasi satu ke lokasi lainnya akan semakin cepat. Selain itu, semakin tinggi kapasitas HDD, juga akan membantu user untuk menyimpan lebih banyak data. Makin banyak data yang bisa disimpan, berarti makin banyak video dan foto kece yang bisa diback up hihhihi.

Dengan melihat kebutuhan tersebut, maka aku akhirnya riset lebih detail lagi soal HDD, dan finally nemuin satu merek HDD yang terkenal memiliki performa bagus: Seagate. Kebetulan mereka baru saja mengeluarkan seri produk terbaru: Seagate FireCuda, HDD khusus bagi profesional kreatif dalam 2 pilihan ukuran: 2.5 inch (untuk laptop) dan 3.5 inch (untuk desktop pc).

seagate-heydeerahma-indonesia-lifestyle-blog

Desain HDD FireCuda Seagate compact banget, lebih kecil dari ukuran remote ac.

Uniknya, Seagate FireCuda dikatakan sebagai drive hibrida yang memiliki sejumlah besar ruang penyimpanan pada piringan hdd, namun juga punya sejumlah kecil ruang SSD. Fungsi ruang SSD ini adalah sebagai ruang ruang penyimpanan berkecepatan tinggi untuk menempatkan file-mu yang paling banyak diakses. Ibaratnya, seperti laci paling atas di lemari arsip. Kamu bisa memasukkan semua file yang dibutuhkan untuk akses cepat disana, sementara file lain disimpan dengan hati-hati untuk penyimpanan jangka panjang.

Aku pun tertarik dengan nama brand Seagate yang sudah terpercaya sebagai memori penyimpanan data yang berkualitas dan memiliki performa bagus. No wonder ya sekarang juga banyak laptop merek-merek besar yang udah pakai hardisk Seagate seperti Samsung, Asus dan Acer. Lucky me, pas aku lagi butuh hardisk baru, aku dikasih kesempatan buat nyobain Seagate FireCuda 2.5 inch.

Review Penggunaan HDD Seagate FireCuda

Dengan kecepatan 5400 RPM, Seagate FireCuda berukuran 2.5 inch ini memiliki performa yang unggul dalam transfer data. Sayangnya, tingginya RPM ini malah membuat harddisk sedikit panas saat dioperasikan. Don’t worry, hal seperti ini masih wajar kok. Walaupun begitu, setelah dicoba trial dipasang di komputer pc desktop temanku, Seagate FireCuda dengan kapasitas 2 TB ini juga mampu bertahan dihidupkan 48 jam nonstop. Tentu ini jadi keunggulan tersendiri buat Seagate.

Yap, walaupun Seagate SSHD FireCuda 2TB berukuran 2.5 inchi dengan seri ST2000LX001 untuk laptop, ternyata ketika dites dipasang di pc desktop bisa juga loh. Bedanya hanya di ukuran hdd yang lebih tipis dan nomer serinya saja. Oya, selain itu, kapasitas Seagate FireCuda seri ST2000LX001 maksimal hanya 2 TB, sementara Seagate FireCuda seri seri ST2000DX002 untuk pc desktop bisa sampai 4 TB.

indonesia-lifestyle-blog-hdr-seagate-firecuda-review-untuk-pc-desktop

indonesia-lifestyle-blog-hdr-seagate-firecuda-review-untuk-laptop

Grafik saat menggunakan HDD Seagate FireCuda lebih stabil saat transfer data.

indonesia-lifestyle-blog-hdr-seagate-firecuda-review-di-laptop

Mengetes kinerja harddisk menggunakan HD Tune Pro. Transfer rate dan access time lebih tinggi saat menggunakan Seagate FireCuda. Artinya, transfer data bisa makin cepat.

indonesia-lifestyle-blog-hdr-seagate-firecuda-review-heydeerahma

FireCuda bisa dipakai di laptop ataupun pc desktop. Cocok buat pekerja kreatif seperti blogger dan videographer yang membutuhkan ruang penyimpanan besar.

Soal harga, Seagate FireCuda dijual dalam kisaran harga Rp1,600,000-Rp1,800,000 dengan garansi internasional selama 5 tahun. Overall, Seagate FireCuda memang bagus performanya. Untuk transfer data sangat cepat dan sanggup digunakan selama 24 jam nonstop. Harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan harddisk lainnya, namun tentunya harga mahal sebanding dengan kualitasnya. Seagate FireCuda emang cocok dipakai pekerja kreatif yang butuh kecepatan transfer data untuk menunjang kerja lebih produktif dan cepat.

Gimana, ada yang udah pernah coba pakai HDD Seagate FireCuda atau berencana beli HDD tapi masih bingung? Share dong pengalamannya!

Disclaimer: Semua review yang ditulis oleh HeyDeeRahma.com merupakan review yang berdasarkan pengalaman pribadi serta bersifat honest review.

PS: If you feel this information are helpful, inspirational, or giving you enlightenment, please do not forget to share, subscribe, like social media @heydeerahma or just click the share button on the right side of my blog!

See you on the next blogpost.

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

Share this to your friends:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

22 Comments

  1. bentuk hdd-nya emang begitu banget ya kak?
    hmmm.
    aku udah ada 3 hdd semuanya 2 tera. dan semuanya penuh. wakaka

  2. sepakat sekali, kapasitas hard disk sangat pengting buat kita yang suka nyimpen file-file foto dan video, selain utu kapasitas Ram juga sangat penting jika kita menjalankan program-program editing video yg berat macam adobe premiere

    • Nah iya, bener banget kak. Kalo udah punya memori hdd yang gede, jangan lupa lihat juga kemampuan memori ram nya, mampu ngangkat software editing video dan foto nggak.. Biar kerja makin maksimal yaa ;)

    • Yaaa khaaan, kalo cewe mah ngga terlalu pusing mikirin soal spek laptop. Tapi kalo dah error baru kalang kabut. Makanya, kutulis disini biar cewe-cewe bisa kebantu memahami soal hdd dengan cara yang mudah :)

  3. jadi inget HDku yang Seagate juga… Cuma 500GB sih, tapi mendadak g bs dibuka. Awalnya karena kabelnya suka kadang diskonek. Tp pas aku ganti pake kabel lain, g konek juga.
    Akhrnya kuputuskan untuk mendiamkannya dalam genangan air mata. ???

    Btw ini kok kapasitasnya gede bgt ya…. Bgg dah buat paan aja ya. Ahahaha

    • Sebaiknya ada back up data juga di google drive/cloud supaya data yg benar-benar penting tetap tersimpan dengan aman. Hehehe iya, bisa buat nyimpen foto dan video travelling yang buanyaaaak, kak! :)

  4. Membaca tentang harddisk yang handal ini jadi ingat lagi data dan foto-fotoku yang hilang gara-gara hardisk nya rusak. Mungkin kalau dulu saya pakai hardisk canggih ini foto-fotonya masih ada kali ya

    • Pilih harddisk berkualitas emang wajib bun, apalagi kalo sering traveling dan foto.. Biar nggak nangis bombay kalo tetiba harddisknya error.

    • Bisa dong, malah ini aku cobain hdd yang laptop buat di pc hehehe. Sepertinya kalo yang laptop bisa dipakai di pc, namun sebaliknya tidak. cmiiw.

    • Persis! Kalo anak desain emang hdd nya harus punya kapasitas besar kak.. Buat nyimpen back up final desain sama revisi yaaa khaaan.. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *