Gimana Caranya Menghasilkan Uang Sambil Travelling?

Hello great people! Back again with me, Dee!

Pernah nggak sih kepikiran gimana caranya tetap bisa menambah pemasukan selama travelling? Atau kamu memang sudah punya rencana untuk travelling dalam jangka waktu yang lama sambil bekerja yang familiar dengan istilah “workation”? Well, emang nggak ada yang lebih menyenangkan kalau bisa travelling sekalian kerja secara bersamaan. Nggak cuma dapat uang, tapi kamu juga bisa merasakan berbagai pengalaman yang seru saat travelling sambil kerja. Prinsipnya, jangan sampai pekerjaan membuatmu menunda melakukan perjalanan travelling ke kota dan negara yang berbeda. Hehehehe. Cobalah beberapa pekerjaan ini untuk bisa mewujudkan rencana work-travelling kamu!

Tutor

tutor

Kalau kamu punya latar belakang pendidikan sebagai fotografer, graphic designer, web developer atau konsultan IT, gunakan skill kamu itu untuk mendapatkan uang sembari pergi travelling. Mulai dari sekarang, mulai deh sering-sering upload portofolio karyamu di berbagai marketplace freelancer, seperti Upwork, 99design, Freelancer.com, Fiverr. Atau kamu bisa juga mulai masuk ke dalam grup Facebook untuk membangun network ke orang-orang lokal atau ekspatriat untuk mendapatkan pekerjaan sebagai tutor bahasa dengan fee yang menarik.

Tour Guide

tour-guide

Bekerja di sekitar destinasi wisata sebagai tour guide dapat membantu kamu mengasah bahasa asing, sekaligus bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara. Pastikan kamu bisa membuat para tamu merasa nyaman dalam perjalanan dengan melontarkan beberapa jokes untuk membuat mereka terhibur selama trip bareng kamu sebagai tour guide. Berminat bekerja sebagai tour guide? Datang saja ke beberapa agency perjalanan yang biasanya membuka lowongan untuk tour guide yang bekerja paruh waktu selama peak season. Selesai bekerja, kamu bisa menggunakan waktu luangmu untuk jalan-jalan ;)

Reporter Majalah Wisata

reporter-wisata

Punya bakat menulis sekaligus fotografi bisa membantu kamu untuk mendapatkan uang sembari travelling. Beberapa media wisata memang seringkali menerima tulisan dan foto dari penulis lepas atau travel blogger untuk tayang di majalah/koran/online media. Bangun networking dengan editor dari berbagai media wisata apabila kamu ingin mencoba pekerjaan ini.

Terlibat Dalam Acara Kebudayaan & Seni

art-performing

Bangun network dengan organisasi travel dan tour, terutama yang memiliki jadwal perjalanan ke negara-negara lain. Kamu juga bisa bergabung dalam keanggotan sirkus, band, pertunjukkan tari, atau teater yang biasanya sering melakukan tur ke luar negeri. Namun, pastikan kamu sudah mengalokasikan waktumu untuk berkomitmen latihan dengan rutin. Memang, cara ini memerlukan kerja ekstra dan dedikasi, namun kalau tujuan akhirmu adalah jalan-jalan sambil bekerja, mengapa masih ragu mencobanya?

Menjual Stok Foto

photostock

Selama perjalanan, kamu senang sekali mengambil foto berbagai tempat wisata yang sedang kamu kunjungi dengan kamera andalanmu. Namun, sesampai di rumah, foto-foto tersebut hanya tersimpan rapi di dalam hard disc-mu. Daripada mubazir dan sia-sia, lebih baik foto-foto karyamu tersebut kamu unggah di berbagai marketplace yang khusus menjual stok foto, seperti Shutterstock. Nanti, ketika ada yang membelinya saat kamu sedang travelling, kamu akan mendapatkan uang dari sana. Menarik, bukan?

Pramugari

pramugari

Lolos dalam tes pramugari memang perlu persiapan yang matang. Namun, apabila kamu sudah bisa melewati tes ini, dan bekerja sebagai pramugari fulltime, kamu akan bisa mendapatkan kesempatan travelling ke seluruh dunia. Selain dapat uang banyak, kamu juga bisa travelling di sela-sela waktu kerja apabila penerbangan transit agak lama. Salah satu seorang teman saya yang sudah menjadi pramugari Garuda Indonesia, kini sudah menjejak Amsterdam, Vietnam, Papua, Afrika Selatan, Amerika, dll.

Street Performer

street-performer

Punya bakat menari, bermain musik, atau seni lainnya? Di luar negeri banyak traveller yang menunjukkan aksi keren di bidang seni untuk menambah pemasukan. Lumayan deh bisa beli makan dan biaya penginapan di hostel untuk sehari. Pastikan juga udah riset ya, tempat mana aja yang boleh dipakai untuk street performing, biar nggak kena masalah dari hukum setempat.

Tips Sebelum Berangkat Workation

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mewujudkan rencana travelling sambil bekerja, buatlah sebuah daftar pekerjaan yang sekiranya bisa dilakukan sambil travelling. Pertimbangkan seberapa banyak mobilitas yang diperlukan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut, dan perhatikan apakah kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang dikerjakan dengan bantuan internet dan laptop secara online. Jangan lupa ya, apabila kamu mempertimbangkan untuk bekerja secara online, siapkan akun Paypal untuk mempermudah masalah pembayaran.

Punya tips lain seputar pekerjaan yang bisa dilakukan sambil travelling? Yuk share di kolom komentar ;)

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

Share this to your friends:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

3 Comments

  1. mostly “traveling” ku keluar negeri dari ikutan short course atau traning gitu Dee, belajar gratis, dibayari (meski tdk besar), dan bonus bija jalan2 hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *