#CiptakanPeluangmu Dalam Ulang Tahun Tokopedia Ke-6

Beberapa minggu lalu, saya mendapatkan sebuah undangan untuk menghadiri ulangtahun dari partner saya, Tokopedia. Di undangan itu tertulis, acara akan berlangsung tepat saat perayaan kemerdekaan negara tercinta (17/8), dari sore hingga malam hari. Hampir saya lupa melakukan reservasi karena padatnya kesibukan setelah libur lebaran membuat kotak masuk dalam surat elektronik terus bertumpuk. Untung saja, mas Joko Tokopedia mengingatkan saya untuk segera lakukan reservasi. Doh! Untung nggak ketinggalan acara ultahnya. Lagipula, acara ini juga sekaligus menjadi ajang silahturahim saya dengan tim Tokopedia setelah hari raya.

APA SIH TOKOPEDIA ITU?

Tokopedia merupakan perusahaan internet yang memiliki visi untuk membangun Indonesia lebih baik lewat internet, dengan cara memungkinkan setiap individu maupun pemilik bisnis asal Indonesia untuk membuka dan mengembangkan bisnis online mereka secara mudah dan gratis, sekaligus memungkinkan pengalaman berbelanja online yang lebih aman dan nyaman.

Pada Oktober 2014, Tokopedia berhasil menjadi perusahaan internet pertama asal Asia Tenggara yang mendapatkan investasi sebesar 100 juta Dollar dari SoftBank dan Sequoia Capital. SoftBank merupakan investor dibalik kesuksesan Alibaba, sementara Sequoia Capital merupakan investor di balik kesuksesan Apple, Google, Youtube, Instagram, dan WhatsApp. Investasi ke Tokopedia membuktikan bahwa Indonesia sudah dipandang mampu melahirkan perusahaan teknologi kelas dunia yang mampu bersaing secara global.

Bangga yah, ternyata hasil karya anak Indonesia nggak kalah keren sama punya bule. Bahkan, investor dengan reputasi yang baik secara global berani lho, berinvestasi ke Tokopedia.

***

ULANGTAHUN KE-6 TOKOPEDIA

Sampai di venue pukul 18.00, di lobby Hotel Intercontinental terlihat banyak papan bunga dari berbagai institusi dan media bertuliskan ucapan selamat ulangtahun ke-6 yang ditujukan kepada Tokopedia. Tidak sulit kok menemukan lokasi acara ini, dari lobby, sudah ada petunjuk dimana acara Tokopedia akan berlangsung. Kemudian, panitia meminta saya untuk melakukan registrasi dahulu yang akan ditukar dengan nomor kursi dan goodybag Tokopedia yang berisi kaos #CiptakanPeluangmu, PowerBank Tokopedia, dan Mechandise Stiker Tokopedia.

selamat-ultah-tokopedia

kue ultahnya lucuk, yah (credit: mira sahid)

powerbanknya en stiker yang unyu <3 <3

powerbank en stiker yang unyu dari tokopedia :D (credit: dokumentasi pribadi)

Selesai registrasi, saya pun diarahkan untuk menuju eskalator yang menuju ke bawah, dan masuk ke dalam ruangan besar dimana di dalamnya sudah menunggu Joko, tim Tokopedia yang berbaik hati mengundang kami, 5 special blogger untuk datang ke acara ulangtahun Tokopedia yang ke-6. Namun, sangat disayangkan, ternyata dari 5 blogger yang diundang, hanya 3 yang bisa hadir, yaitu Mak Mira Sahid, Mbak Katerina Travelerien, dan saya sendiri, Dee Rahma. Senang sekali, ternyata di acara ini, secara gak sengaja, saya juga bisa ketemu dengan teman saya, Mak Mira Sahid, yang kemarin baru saja bantuin saya bikin #GiveAwayLebaranYay! Jadi bisa ngobrol dan selfie bareng deh! Di ruangan ini, kita dijamu dengan makan malam, sebelum naik ke Grand Ballroom Hotel Intercontinental menikmati acara inti.

***

Oke, back to acara ulangtahun Tokopedia. Masuk ke dalam Grand Ballroom, panitia dengan sigap menanyakan nomor tempat duduk yang diberikan saat registrasi, kemudian mengarahkan saya ke tempat duduk saya. Setelah opening act tarian tradisional Indonesia, acara kemudian dibuka oleh Founder Tokopedia, William Tanuwidjaya. Berikut kutipan yang beliau sampaikan kemarin.

william-tanuwidjaya-tokopedia

william tanuwidjaya menyampaikan visi tokopedia (credit: mira sahid)

“Ketika memulai Tokopedia, kami mengalami sendiri sulitnya mendapatkan kepercayaan saat memulai bisnis baru tanpa modal kredibilitas dari track record masa lalu. Kami sempat ditolak dimana-mana, namun kami yakin walau masa lalu tidak lagi bisa diubah, masa depan ada di tangan kita sendiri. Dari pengalaman inilah, kami berkomitmen untuk meruntuhkan tembok-tembok penghalang bagi masyarakat Indonesia yang ingin memulai bisnis dengan cara menyediakan platform marketplace yang gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja untuk menciptakan peluang mereka. Kami akan tumbuh bersama mimpi-mimpi besar dari para UMKM Indonesia karena di Tokopedia, kami selalu percaya bahwa kesuksesan hanya bisa didapatkan dengan cara membantu orang lain menjadi lebih sukses. Bagi kami, inilah model bisnis paling indah di dunia,” tutup William Tanuwijaya. 

inspiring-story-tokopedia

seller inspiring story tokopedia (credit: mira sahid)

seller-award-tokopedia

tokopedia seller award (credit: mira sahid)

project-pop

acara #tokopedia6 dimeriahkan project pop (credit: mira sahid)

tokopedia-6th-anniversary

ketemu juga sama mak katerina di #tokopedia6, dikenalin sama mak mira sahid (credit: mira sahid)

mira-sahid

reuni kecil bersama mak mira di #tokopedia6 (credit: dokumentasi pribadi)

Acara ulangtahun ke-6 Tokopedia kemarin juga sekaligus sebagai launching kampanye #CiptakanPeluangmu Tokopedia yang bertujuan mengajak para merchant untuk berbagi pengalaman, ilmu dan keterampilan melalui kegiatan roadshow ke berbagai kota di Indonesia, sehingga bisa lahir lebih banyak bisnis-bisnis kecil baru lainnya yang mampu membawa dampak positif bagi diri mereka sendiri serta lingkungan sekitar mereka. Great ideas, Tokopedia!

Selamat ulangtahun ke-6, Tokopedia! Semoga semakin menginspirasi jutaan masyarakat Indonesia untuk mandiri secara ekonomi menciptakan peluangnya sendiri!

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

6 Comments

  1. Bagi kami, inilah model bisnis paling indah di dunia,” tutup William Tanuwijaya. Makna yang tersirat dalam sambutannya, saya melihat ada semangat tanpa lelah dari mereka, saya melihat ada kebersamaan yang erat satu sama lainnya, saya melihat ada banyak mimpi yang terus diwujudkan secara bersamaan, dan hal-hal tersebutlah yang akhirnya bisa membuat Tokopedia bisa sampai seperti sekarang.

  2. sy juga jualan di tokopedia mba, dg 3 toko. emg sangat membantu buat jualan apalagi pemula kyk sy

    • banyak bangettt mbaaa tokonya.. semoga sukses dan berkah yaa jualannya.. :)

  3. Baru tahu kalo ada pesta anniversary Tokopedia, meriah ya acaranya. Asiknya bisa hadir dalam acara kece dan dapat goodybag :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *