Cara Ampuh Mengelola Gaji Bulanan

mengelola-gaji-bulanan-ala-dee

Hello folks! Back again with me, Dee!

Setiap pegawai kantoran pasti selalu menantikan gaji yang diberikan tiap bulan oleh kantor. Tentu saja hal ini lumrah terjadi. Kerja keras yang dilakukan selama sebulan lunas terbayar melalui gaji yang diterima. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa masalah yang sering terjadi ialah sulitnya untuk mengelola keuangan dari gaji tersebut. Terkadang kita sering terlena menggunakan uang gaji untuk hal-hal yang tidak penting. Akhirnya tidak sadar uang tersebut sudah habis di tengah bulan. Lalu, bagaimana cara menyiasati agar hal ini tidak terjadi? Sebaiknya kamu melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengelola gaji bulanmu agar keuangan bisa aman.

Membayar tagihan atau cicilan

Apabila kamu memiliki tagihan hutang atau cicilan, sebaiknya segera bayarkan setelah kamu menerima gaji. Jangan suka menunda-nunda untuk membayar tagihan atau cicilan karena hal ini justru akan menyulitkan kamu di belakang. Menunda hanya akan membuat biaya kebutuhan lainnya menjadi terganggu. Segera bayarkan seluruh tagihan seperti biaya sewa kost, listrik, internet, telepon, cicilan mobil, dan lainnya.

Menyisihkan uang untuk tabungan

Apabila tagihan atau cicilan sudah dibayarkan, sekarang saatnya kamu menyisihkan uang gajimu untuk tabungan masa depan. Mengapa kamu harus menyisihkan uang untuk tabungan di depan? Menyisihkan uang untuk tabungan di awal akan lebih baik daripada menyisakan di akhir bulan. Kalau masih susah nabung, coba deh beli satu toples khusus yang akan kamu gunakan untuk mengumpulkan recehan setiap hari sebagai cara untuk melatih kebiasaan menabungmu.

Membuat perencanaan anggaran bulanan serta laporan keuangan harian

Langkah ketiga yang bisa dilakukan ialah membuat perencanaan anggaran bulanan serta laporan keuangan harian. Kamu bisa membuat perencanaan anggaran bulanan menjadi dua bagian, yaitu kebutuhan primer dan kebutuhan tersier. Kemudian buat juga laporan keuangan harian yang kamu keluarkan. Siapkan catatan untuk mencatat seluruh pengeluaranmu setiap hari. Setelah itu, bandingkan antara rencana anggaran bulanan dengan laporan keuangan harian yang telah kamu buat. Apabila keduanya sesuai, maka bulan itu kamu telah berhasil mengelola keuangan dengan baik. Namun jika laporan keuangan harian malah membengkak, itu berarti kamu perlu menyusun strategi kembali untuk penghematan di bulan depan.

Memakai dua rekening sekaligus

Agar keuanganmu semakin aman, sebaiknya kamu membuat dua rekening bank yang berbeda. Mengapa demikian? Dengan memiliki dua rekening yang berbeda, kamu bisa memilah-milah uang yang kamu miliki. Rekening pertama dipakai untuk keluar masuk uang, misal menerima gaji, belanja, dan membayar tagihan. Sedangkan rekening kedua digunakan khusus untuk menabung.

Bijaksana dalam memakai kartu kredit

Jangan pernah berpikir bahwa mempunyai kartu kredit merupakan hal yang membahagiakan karena kamu akan bebas berbelanja. Pergunakan kartu kreditmu dengan cara yang cerdas dan bijaksana. Pergunakan kartu kredit hanya untuk barang yang benar-benar dibutuhkan. Kemudian setelah menerima tagihan pembayarannya, kamu harus membayar sesegera mungkin.

Beberapa cara di atas dapat kamu lakukan untuk menyelamatkan keuanganmu selama sebulan, bahkan untuk jangka panjang juga. Punya tips seru lainnya seputar pengelolaan gaji? Share yukkk di kolom komentar!

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

Share this to your friends:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

10 Comments

  1. Thankyouu tipsnya Mba.. Aku juga punya 2 rekening, 1 rekening gaji dan keperluan sehari-hari yang ATMnya ada dimana-mana, 1 rekening tabungan yang ATMnya langka, jadi ga gatel ambil duitnya ahahah :D

  2. Hai Mbak…
    Salam kenal. Artikelnya membawa energi positif ke pembaca. Saya dah berlakukan 2 rekening, tapi… krn punya online shop, rasanya butuh 2 lagi. Hihihi…. salah satunya ya itu…. uang umpatan. ;)
    TFS ya…

    • Salam kenal juga, Mbak Susi :)

      Waaah, makasih yaaa jadi semangat rutin menulis kalo ada yang komen gini :’)
      Nggak kebanyakan itu kalo 4 rekening? Hahaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *