Cara Aman Membeli Mobil Bekas

indonesia-lifestyle-blog-hdr-cara-aman-membeli-mobil-bekas-ala-dee

HeyDeeRahma.com – Cara Aman Membeli Mobil Bekas | Memiliki mobil kini menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat kota besar di Indonesia. Apakah untuk dipakai pribadi maupun untuk kebutuhan bisnis, memiliki mobil menjadi bucketlist yang harus direalisasikan segera disamping berinvestasi dan memiliki rumah sendiri. Apalagi saat ini di Indonesia masih belum memiliki moda transportasi yang nyaman, maka banyak orang yang memilih beli mobil untuk menunjang kehidupannya sehari-hari. Namun, tidak semua orang bisa merealisasikan mimpi beli mobil baru karena harganya yang terlampau tinggi menyerupai harga rumah mungil.

Maka, membeli mobil bekas menjadi salah satu solusi yang paling masuk akal bagi mereka yang memiliki dana terbatas. Perlu diperhatikan juga, membeli mobil bekas tidak bisa sembarangan seperti membeli mobil baru yang masih terjamin kualitasnya. Kita harus ekstra teliti sebelum memutuskan membeli mobil bekas. Untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas, coba deh ikuti trik dari Mobil123.com yang mengadakan acara gathering bersama media dan blogger akhir Maret lalu berikut ini.

indonesia-lifestyle-blog-cara-aman-membeli-mobil-bekas

Kudu teliti kalo mau beli mobil bekas, gaes!

Pengecekan Eksterior Mobil Secara Detail

Hal pertama yang harus kamu cek saat membeli mobil bekas adalah memperhatikan detail eskterior mobil bekas. Lakukan pengecekan secara detail di bagian bodi mobil bekas yang kamu incar. Cek apakah ada di bodi mobil terdapat goresan dan cat bodi mobil itu masih mulus. Periksa bagian kaca dan lampu mobil, apakah ada bagian yang retak dan pecah.

Kondisi lampu mobil juga harus berfungsi normal dan memancarkan cahaya yang terang. Terakhir, jangan lupa cek bagian ban mobil, periksa kembali apakah ban masih bagus ataukah sudah aus. Eits jangan lupa gaes, bagian kolong juga harus dicek yaaa, walaupun nggak kelihatan, kalo ternyata ditemukan bahwa kolong mobil bekas yang kamu incar sudah berkarat, bisa jadi mobil bekas itu dijual karena kena banjir!

Performa Mobil Bekas Wajib Dicek!

Untuk mengecek performa mobil bekas, coba tes dengan cara menghidupkan mesin mobil dan perhatikan bunyi mesin yang menyala. Bila mesin mobil terdengar halus dan tidak kasar, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli mobil bekas tersebut. Pastikan juga mobil yang kamu incar masih mudah distarter. Menurut pengalamanku beberapa kali menggunakan mobil bekas, kendala utamanya adalah mobil tersebut susah distarter.

Jadi aspek ini cukup krusial menurutku. Maka, saranku, lakukan test drive untuk mengecek mobil secara menyeluruh. Kamu bisa merasakan mobil bekas itu masih layak dibeli atau tidak ketika mencoba mengoper gigi. Kalau terasa berat dikendarai atau roda mobil terasa berbelok ke kanan atau ke kiri, sebaiknya kamu perlu berpikir ulang untuk membeli mobil itu.

Interior Bersih, Tanda Mobil Bekas Layak Dibeli

Apabila dua hal diatas sudah selesai diperiksa, selanjutnya adalah mengamati kualitas interior mobil, mulai dari setelan AC, karpet mobil, dashboard, kualitas cover jok mobil, dan langit-langit mobil. Tips dari aku, coba set up jok ke depan dan ke belakang untuk mengetahui apakah ada masalah atau tidak di jok mobil bekas tersebut.

Pengalamanku, kamu juga wajib mengecek kaca mobil dengan cara menaikkan dan menurunkan kaca mobil, serta mengecek kualitas wiper saat dinyalakan dan pintu mobil saat dibuka ataupun ditutup. Cobalah juga untuk mengetes semua lampu mobil, mulai dari lampu rem, lampu depan, lampu hazard, dan lampu sein. Periksa juga kualitas antena mobil tersebut dengan menyalakan radio.

Itulah checklist yang harus dilakukan untuk mengecek kondisi fisik mobil bekas yang ingin kamu beli. Selanjutnya, kamu juga wajib mengecek berbagai dokumen kelengkapan mobil bekas, diantaranya:

indonesia-lifestyle-blog-cara-aman-membeli-mobil-bekas-hdr

Kaki-kaki mobil bekas kudu punya performa maksimal biar tetep nyaman di jalan!

Kelengkapan Surat Mobil Bekas

Sering dengar dari teman-teman kan kalo beli mobil bekas juga harus memperhatikan kelengkapan BPKB dan STNK yang asli. Hati-hati gaes kini banyak penipuan berupa penjualan mobil bekas dengan dokumen palsu. Teliti kembali dan pastikan mobil yang dibeli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya untuk memudahkan kamu mengurus proses balik nama dan administrasi lainnya ya, gaes!

Mengecek Fisik di Kantor Samsat

Kalau mau lebih meyakinkan, sebelum membeli mobil bekas, kamu dapat melakukan cek fisik di kantor samsat untuk memastikan informasi yang tertera di dokumen STNK dan BPKB sesuai dengan data fisik mobil bekas kamu diincar. Cara melakukan proses cek fisik ini bisa dilakukan setelah kamu dapat izin dari penjual mobil. Kalau mobil bekas yang dijual tidak bermasalah, tentu saja pemilik akan bersedia bila kamu mengecek fisik mobil di samsat.

Apakah Mobil Memiliki Asuransi?

Terakhir, kamu juga bisa mengecek apakah mobil itu sudah memiliki asuransi. Bila sudah punya asuransi, itu akan sangat baik. Tenang saja, walaupun asuransi masih atas nama pemilik mobil lama, kamu bisa kok mengurus pindah nama apabila kamu sudah setuju membeli mobil bekas tersebut. Caranya, langsung saja ke perusahaan asuransi tempat dimana mobil tersebut didaftarkan, kemudian minta kepada pihak asuransi untuk lakukan balik nama. Siapkan juga dokumen jual-beli yang lengkap supaya proses balik namanya berjalan cepat dan lancar.

Pilih Tempat Penjualan Mobil Bekas Yang Terpercaya

Last but not least, untuk membeli mobil bekas berkualitas, pilih tempat penjualan mobil bekas yang terpercaya. Kamu bisa saja memilih apakah bisa membeli mobil bekas langsung dari orang yang menjualnya secara individual atau memilih showroom sebagai tempat pembelian mobil bekasmu. Bedanya, kalau di showroom kamu akan bisa mendapatkan berbagai macam pilihan tipe mobil bekas, namun harganya akan lebih mahal dibandingkan dengan membeli mobil bekas dari penjual individual atau pemilik mobil tangan pertama secara langsung.

Kunci dari membeli mobil bekas yang berkualitas adalah teliti sebelum membeli dan jangan tergiur sama harga murah! Lakukan semua tips yang aku kasih ya gaes sehingga bisa menghindarkan kamu dari kerugian ataupun penipuan saat proses pembelian mobil bekas. Mudah-mudahan tips diatas berguna ya buat kamu, gaes! Buat kamu yang nggak punya waktu untuk mengecek kualitas mobil bekas di showroom, kamu bisa kok lakukan survei mobil bekas di mobil123.com. Selamat membeli mobil bekas!

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Stay awesome and wear your best smile!

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

Share this to your friends:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

16 Comments

  1. Wihh dah makin yakin ya kalau mau beli mobil bekas sekarang2. Kalau dulu kan ragu karena kurang percaya dengan kondisi mobil serta penjualnya..

    • Sekarang semuanya sudah mudah, dan perusahaan jual beli mobil juga semakin detail melakukan seleksi mobil bekas yang akan dijual. Less worry ya ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *