Berbagi Inspirasi Dari Timur Ke Barat

HeyDeeRahma.com – Berbagi Inspirasi Dari Timur ke Barat | Sore itu, aku mendapatkan sebuah notifikasi dari layar ponselku. Terlihat satu pesan yang kusambut dengan gembira, sebuah ajakan dari Ibu Jenny  untuk partisipasi dalam sebuah program sosial bertajuk “Timur ke Barat” yang akan diadakan Newmont tanggal 22-27 Agustus 2016, mulai dari Sumbawa-Surabaya-Jogja-kemudian berakhir di Jakarta.

“Menarik sekali!”, kataku dalam hati. Aku tak menunggu lama untuk mengiyakan ajakan Ibu Jenny tersebut. Kemudian, seminggu setelah aku mendaftar, Ibu Jenny mengirimkan brief singkat melalui e-mailku. Disana terdapat penjabaran program secara detail yang aku pun nggak sabar untuk segera melakoninya. Very excited!

Oya, mungkin teman-teman belum semuanya mengetahui kalo bulan Februari lalu, sebagai salah satu satu pemenang kompetisi menulis Newmont dan MetroTVNews.com yang ikuti, aku berkesempatan untuk pergi ke Sumbawa dalam rangka “Newmont Bootcamp” yang mengajak sekitar 20 orang peserta dari berbagai wilayah Indonesia seperti Jabodetabek, Surabaya, Bali, Jogjakarta, Lombok, dan tentunya dari Sumbawa sendiri untuk datang ke area tambang Newmont untuk melihat langsung proses penambangan PT. NNT. Setiap perwakilan daerah memiliki profesi yang berbeda-beda. Ada dosen, mahasiswa, social media influencer, blogger, PR officer, psikolog, pengusaha, dan lain-lain semakin menambah warna perjalanan selama di Sumbawa.

Baca juga: Diari Perjalanan Ke Tambang Newmont

Keseruan Reuni Dengan Keluarga Batu Hijau Bootcamp

Semua barang sudah kupacking. Aku sudah menyiapkan diri dan fisik untuk kegiatan selama beberapa hari kedepan yang tentunya akan sangat padat. Tak lupa kunyalakan alarm supaya aku bisa terbangun tepat jam 3 pagi, agar tidak ketinggalan flight paling pagi yang akan mengantarkanku ke Yogyakarta.

Tepat pukul 4.30 aku sampai di Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta. Ini kedua kalinya aku ke bandara dini hari. Pertama, waktu mengantarkan kakakku pergi ke bandara untuk bertolak ke Jepang. Nah, yang kali kedua ini, agak sedikit berbeda, karena waktu ini akulah yang akan naik pesawat pagi-pagi buta.

Aku kemudian mengecek grup whatsapp di ponselku, untuk mengabari teman-teman kalo aku sudah sampai bandara. Ternyata, nggak susah menemukan teman-teman #BatuHijauBootcamp di bandara, karena mereka udah standby tepat di depan gerbang masuk terminal 2F. Alamak, walaupun ngantuk, tetep aja berasa semangat karena bisa reunian! Oh, I am so happy to meet them all again!

batu-hijau-bootcamp-tambang-newmont-dari-timur-ke-barat

Bootcampers Jabodetabek ;)

csr-newmont-batu-hijau-bootcamp-dari-timur-ke-barat

Bootcampers dari Sumbawa berkumpul bersama Bootcampers dari Surabaya untuk melanjutkan perjalanan ke Jogjakarta. Menyelesaikan misi Timur ke Barat.

Perjalanan Seru Dimulai Semenjak Kami Menjejak Jogjakarta

epanjang perjalanan, aku manfaatkan waktu untuk mengistirahatkan badan dan mata yang masih kriyep-kriyep. Tak terasa kurang dari dua jam, pesawat sudah  bersiap turun ke landasan Bandara Adi Sutjipto di Jogjakarta.

Jam tanganku menunjukkan sudah pukul 8.30 WIB. Masih banyak waktu yang bisa dimanfaatkan sambil menunggu rombongan #BatuHijauBootcamp dari Surabaya yang akan naik kereta ke Jogjakarta pada hari yang sama kami sampai di Jogjakarta. So, kami mampir sarapan di Warung Makan Jogja SGPC Bu Wiryo untuk sarapan, dan belajar membatik di #SoganBatik.

batu-hijau-bootcamp-kuliner-di-warung-makan-jogjakarta-SGPC-bu-wiryo

Foto kiri atas: Pak Khun mencicipi jamu ala Sogan Batik yang segar! | Foto kanan atas: Griska Gunara, salah satu alumni Batu Hijau Bootcamp mencoba mendesain motif batik sendiri. | Foto bawah: Habis kenyang happy kita, langsung foto-foto! Sekaligus Jumpa dengan blogger Jogja, Mas Nasirullah Sitam.

batu-hijau-bootcamp-tambang-newmont-ke-sogan-batik-jogjakarta

Foto atas: Bootcampers antusias belajar batik di Sogan Batik Jogjakarta | Foto bawah: Sogan Batik mempekerjakan masyarakat yang memiliki keterbatasan difabel.

Cerita Kegiatan Sosial di Sumbawa dan Surabaya

Oya, sebelum aku cerita soal aktifitas sosial yang akan kami lakukan di Jogja dalam rangka program “Timur ke Barat”, aku juga mau sharing sama readers aku yang baik hati mengenai kegiatan #BatuHijauBootcamp selama di Sumbawa dan Surabaya. Nanti di setiap titik kota, kami akan berbagi pengetahuan dan bantuan csr sesuai kebutuhan tiap daerah.

Baca juga: Inilah Kisah Kehidupan Masyarakat Di Sekitar Lingkar Tambang Newmont

Jadi, tadi di awal aku udah cerita kan kalo program “Timur ke Barat” dimulai dari Sumbawa-Surabaya-Jogja-Jakarta yang kegiatannya diisi oleh alumni #BatuHijauBootcamp mulai dari angkatan ke-1 sampai angkatan ke-5. Nah, khusus rombongan Jabodetabek akan mulai partisipasi dalam kegiatan sosial di Jogja dan Jakarta. Untuk kegiatan di Sumbawa akan diwakili oleh 3 perwakilan putera daerah Sumbawa: Mas Aan, Subhan, dan Ikhsan. Sementara itu, kegiatan di Surabaya akan diwakilkan oleh Rahel dan Shouma.

Sumbawa

csr-newmont-batu-hijau-bootcamp-di-sumbawa-program-dari-timur-ke-barat

Antusiasme adik-adik SMP Negeri 1 Maluk saat Bootcampers berbagi pengalaman dan motivasi di depan kelas.

Kegiatan sosial pertama berlangsung di SMP Negeri 1 Maluk yang diisi dengan sesi sharing inspirasi dengan tema “Get Your Amazing Success” yang dilanjutkan dengan sesi dialog interaktif dengan adik-adik untuk berbagi wawasan mengenai potensi diri dan pilihan karir di masa depan. Lokasi kedua aktifitas sosial diadakan di sentra pengolahan coconet serabut kelapa.

Surabaya

batu-hijau-bootcamp-ke-yayasan-tunas-hijau-kenjeran-surabaya

Berbagi pengetahuan untuk mengelola sampah yang ramah lingkungan di Yayasan Tunas Hijau, Surabaya.

batu-hijau-bootcamp-serah-terima-bantuan-ke-yayasan-tunas-hijau-surabaya

Serah terima bantuan PT. NNT kepada Yayasan Tunas Hijau diwakili oleh Pak Ari dan Rahel.

Yayasan Tunas Hijau yang berada di Kampung Nelayan Kenjeran adalah tujuan kedua untuk kegiatan sosial bersama alumni Bootcamp yang diwakilkan oleh Rahel dan Shouma. Teman-teman dari Sumbawa pun ikut serta berkumpul ke Surabaya untuk mendukung kelancaran program “Timur ke Barat” di Surabaya. Disini, para Bootcampers (sebutan bagi para alumni #BatuHijauBootcamp) berbagi edukasi tentang lingkungan dan pengelolaan sampah organik yang diselingi oleh games-games yang seru.

KAGEM, Tempat Belajar Kreatif Bagi Anak-Anak di Jogja

Nah, seru kaaaaan kegiatan kami? Sekarang gentian aku cerita aktifitas sosial yang aku lakukan bareng temen-temen Bootcampers lainnya di Jogjakarta ya!

Setelah selesai kami membatik di Sogan Batik, kami lanjutkan perjalanan ke Yayasan Rumah Belajar Kreatif Kagem yang lokasinya persis di dekat kaki gunung Merapi. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok yang ditugaskan untuk berbagi cerita inspiratif serta mendorong adik-adik Kagem semangat mengikuti lomba. Seru sekali!

batu-hijau-bootcamp-yayasan-rumah-belajar-kreatif-kagem-jogjakarta

Sambutan hangat dari Kagem :)

Selesai dari kegiatan di KAGEM, kami langsung menuju ke Greenhost Boutique Hotel. Itu loh gaes tempat nginapnya Cinta, dkk di film AADC. Aseli, keren banget nih hotel! Konsepnya eco-green, semua kamarnya dihiasi interior dengan sentuhan kayu. Di lantai paling atas Greenhost Boutique Hotel, ada perkebunan sayuran hidroponik yang setiap hari sayurannya dimasak dan disajikan di restoran hotel ini.

csr-newmont-batu-hijau-bootcamp-di-hotel-greenhost-jogjakarta

Perjalanan di Jogjakarta ala geng Cinta AADC. Kami menginap di hotel yang mengusung konsep Green-Eco.

newmont-batu-hijau-bootcamp-makan-gudge-yudjum-di-jogjakarta

Di sela kegiatan sosial, Bootcampers menyempatkan waktu untuk kulineran Gudeg Yu Djum di Jogjakarta.

newmont-batu-hijau-bootcamp-makan-sate-klatak-pak-bari-di-jogjakarta

Menyusuri tempat kulineran Cinta dan Rangga di Sate Klatak Pak Bari, Jogjakarta.

batu-hijau-bootcamp-wisata-di-gumuk-pasir-dan-ulen-sentalu-jogjakarta

Foto atas: Siluet kami di Gumuk Pasir, Jogjakarta. | Foto bawah: Menyusuri sejarah dan cerita kehidupan para raja dan permaisuri jawa di masa lampau saat berkunjung ke Ulen Sentalu, Jogjakarta.

Aktifitas Sosial di Yayasan Benih Kebajikan Al-Hasyim, Jakarta

Hanya semalam di Jogjakarta, kami langsung melanjutkan perjalanan ke Jakarta menggunakan kereta api di malam hari. Pukul 5.30 pagi kami sudah sampai di Stasiun Gambir, Jakarta, dan mencicipi masakan sunda di RM Ampera di daerah Cikini sebagai sarapan pagi kami.

Baca juga: Mengintip Kehidupan Tambang Di Sumbawa

Selesai sarapan kami menuju ke Yayasan Benih Kebajikan Al-Hasyim yang lokasinya ada di Lenteng Agungwhich is jauh banget bok dari Cikini. Ternyata, lokasinya agak sulit dijangkau, dan harus masuk ke dalam sebuah gang. But, when I arrived there, I was suprising karena disambut oleh adik-adik kecil nan lucu. Mereka seumuran kisaran SD sampai SMP.

program-csr-batu-hijau-bootcamp-ke-yayasan-benih-kebajikan-al-hasyim-jakarta

Bootcampers berbagi pengetahuan kepada adik-adik Al-Hasyim yang baru mengetik dan menggambar di komputer pertamakalinya.

batu-hijau-bootcamp-serah-terima-bantuan-csr-newmont

Foto atas: Pak Ari mewakili PT. NNT untuk serah terima bantuan satu paket komputer untuk Yayasan Benih Kebajikan Al-Hasyim di Jakarta. | Foto bawah: Serah terima cinderamata dan bantuan kepada perwakilan Kagem di Jogjakarta.

Disini, kami para Bootcampers membagi anak-anak ke dalam beberapa kelompok untuk membagi pengetahuan kepada mereka cara menggunakan komputer, yang ternyata kebanyakan dari mereka belum pernah praktek memakai komputer. Setiap kelompok ditugaskan untuk menulis dan menggambar sesuai kreatifitas masing-masing, untuk kemudian dipresentasikan di depan kepada semua yang hadir di dalam ruangan tersebut untuk membantu anak-anak ini lebih pede berkomunikasi dan tampil di publik. Aku dapet kelompok anak-anak TK sampai SD. Duh, lucu-lucu banget liat pola tingkah mereka :D

This is not the end…

Acara tak hanya berhenti disini saja. Aku dan teman-teman Bootcampers lainnya dijadwalkan untuk mengikuti kegiatan futsal di sore hari sebelum kami makan malam di All Season Thamrin Jakarta sebagai acara penutup kegiatan CSR Newmont “Timur ke Barat”.

batu-hijau-bootcamp-csr-newmont-nusa-tenggara-dari-timur-ke-barat

Ikut futsal bareng Bootcampers yook! Udah siap nih gaya pake jaket ketje ala Newmont Bootcamp!

I’m so happy bisa terlibat dalam aktifitas sosial seperti “Timur ke Barat” yang bisa menyebarkan manfaat positif kepada sesama. Ilmu yang mungkin biasa saja bagi kita, ternyata bisa sangat bermanfaat buat oranglain lho walaupun sederhana!

Terimakasih untuk Newmont atas pengalaman yang membuka rasa, mengasah jiwa, dan membuka wawasan!

batu-hijau-bootcamp-csr-newmont-nusa-tenggara

Batu Hijau Bootcampers family! :)

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Stay awesome and wear your best smile!