Bawa Daku Bertemu Denganmu!

indonesia-lifestyle-blogger-cna-brings-you-home-pic-mix-heydeerahma

“Aku harus membeli mantel dan beberapa perlengkapan musim dingin untuk di Niigata, Ma..”, ujarnya kepada Mama.

Ya, beberapa minggu sebelum keberangkatan, dia sudah mulai mempersiapkan segala keperluan untuk pindah ke Niigata. Mantel, baju hangat, dan berbagai buku bacaan untuk kuliah sudah siap dimasukkan ke dalam koper besar yang akan dia bawa kesana. Tepat di usianya yang ke-25, dia berhasil mewujudkan mimpinya untuk meneruskan studi S2-nya di negeri sakura.

Niigata adalah sebuah kota yang berada di Jepang bagian utara dengan jumlah penduduk sekitar 81.000 jiwa yang dikelilingi oleh pegunungan. Untuk menuju Niigata dari Tokyo, kamu harus menggunakan moda transportasi Pesawat, kemudian menyambung dengan Shinkansen. Saat musim dingin, Niigata akan dipenuhi dengan salju yang cukup tebal yang akan kamu temukan saat bulan Desember hingga Februari.

Aku melihat mata kedua orangtuaku berbinar melihat anaknya berangkat ke Niigata sendirian untuk sekolah lagi. Sudah pasti mereka merasa bangga. Apalagi kami bukanlah dari keluarga kaya yang bisa dengan mudah mengirimkan anaknya kuliah S2 ke luar negeri. Beruntungnya, dia bisa mendapatkan beasiswa penuh untuk mengcover semua kebutuhan kuliahnya disana. Ternyata benar, kerja keras nggak akan mengkhianati.

***

“Doain aku ya, semoga aku bisa lolos wawancara beasiswa di jepang!”, serunya.

Entah sudah berapa kali dia menyebutkan permintaan yang sama ke diriku setiap ia apply beasiswa. Aku pun mengerti dia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk belajar bahasa dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendapatkan apa yang ia mau, yaitu S2 di Jepang.

indonesia-channel-news-asia-indonesia-lifestyle-blogger-heydeerahma

Momen hangout bareng sebelum terpisah jarak.

Aku jadi teringat, dulu, sepulang kantor atau weekend, kami terbiasa berdiskusi mengenai berbagai hal tentang dunia kerja, masa depan, ataupun sekedar ngobrol random di tempat makan favorit kami yang ada dekat rumah. Jadi, aku tahu persis apa yang sedang dia kejar pada waktu itu. Selain mau sekolah lagi, dia juga udah nggak betah tinggal di Jakarta yang kian sumpek.

“Kerja di Jakarta ngabisin waktu. Tiap hari stres dan lelah di jalan menghadapi macet, Dek..”, ungkap dia.

Dua tahun berlalu, kami masih suka hangout bareng di sela-sela kesibukan kami. Aku waktu itu masih kuliah tingkat akhir, dan dia sudah bekerja di salah satu perusahaan swasta di pusat kota. Beberapa kali aku bahkan sempat berkunjung ke kampusnya di Depok untuk membantunya mengurus dokumen untuk keperluan apply beasiswa semasa dia terikat jam kantor. Aku yang suka jalan-jalan ya senang aja ke tempat baru, walaupun Depok emang jauh banget!

***

Menyenangkan sekali rasanya bisa menghabiskan waktu santai bareng dirinya waktu itu. Di akhir pekan, beberapa kali kami pergi bersama adik-adik untuk menonton film atau sekedar makan bareng. Rasanya bahagia bisa melihat anggota keluarga bisa tersenyum bahagia. Energi yang terkuras selama seminggu aktif beraktifitas rasanya kembali penuh. Kalo diinget-inget memang momen seperti ini yang paling bikin kangen ketika dia sedang berada jauh di negeri sakura.

heydeerahma-channel-news-asia-indonesia-lifestyle-blogger

#SisterLove

Sekarang, empat tahun sudah berlalu semenjak keberangkatannya pertamakali Niigata. Dia yang aku ceritakan disini adalah kakak perempuan tertua yang ada di keluarga kami. Doa, kerja keras, ketekunan, integritas, dan nasib baik membawanya lulus S2 dengan skor yang membanggakan, hingga mendapatkan sebuah pekerjaan bagus di kota Tokyo. Aku sangat bangga dengannya. Dengan prestasinya, dia menginspirasi banyak orang.

Tak terbayang kan bagaimana seorang anak perempuan pergi sendirian ke Niigata untuk mengenyam kuliah S2. Mengurus semuanya sendirian, mulai dari apply beasiswa, mengurus kuliah, hingga mencari kerja di kota Tokyo?

Jangan bayangkan, jalannya mendapatkan pekerjaan di Tokyo berjalan mulus. Tahun pertama ia bekerja, aku dan Mama dengan sabar mendengarkan ceritanya bagaimana sulitnya beradaptasi di dalam lingkungan kantor yang penuh dengan orang dari budaya kerja yang sangat berbeda dari budaya kerja di Indonesia.

Sebagai satu-satunya orang Indonesia di kantor, awalnya dia sulit mendapatkan akses komputer secara full untuk menyelesaikan tugasnya dengan baik karena koleganya di kantor kurang suka bila orang asing mengerjakan tugas di kantor mereka. Bahkan, aku dengar dari dia, ada orang kantornya yang dengan sengaja menghapus data pekerjaan yang dibutuhkan dia untuk menyelesaikan proyek yang sedang berjalan. How cruel is that?

Akibat peristiwa ini, dia yang awalnya sangat termotivasi, akhirnya menghabiskan beberapa bulan di kantor barunya dengan mood kerja yang menurun. Hampir saja dia menyerah ingin pulang ke Indonesia karena nggak betah. Tapi pada akhirnya, setelah ngobrol via Facebook Messenger dengan Mama setiap hari, dia memutuskan tetap survive dan bertahan sampai hari ini di Tokyo. And she looks more happier now!

“Sisters make the best friends in the world” – Marilyn Monroe

Bulan November lalu, setelah hampir 2 tahun nggak balik ke Indonesia karena nggak memungkinkan dapat cuti dari kantornya, finally dia balik ke Indonesia untuk holiday selama seminggu. Lumayan deh, buat ngobatin rasa kangen hangout bareng sama dia, tapi jujur aja belom puas sih.

heydeerahma-bawa-daku-bertemu-denganmu-indonesia-channel-news-asia-indonesia-lifestyle-blogger

Seminggu ketemu rasanya masih kurang puas!

Jadi, kalo ditanya sekarang #LagiKangen siapa? Ya, aku bakalan jawab, aku kangen dia yang lagi ada di Jepang! Apalagi, kalo lagi travelling sendirian kemana gitu, dan aku papasan sama kakak beradik yang lagi hangout bareng, aku jadi inget sekaligus kangen momen kebersamaan aku dengan kakakku dulu. Yes, dearest my sister, I’m really really (miss and) proud of you!

PS: Aku bakalan pergi ke Jepang bulan Januari nanti untuk gantian mengunjungi kakakku disana buat temu kangen! Doain ya semoga perjalananku lancar!

Nah, sekarang aku kepo nih, kalo kalian #LagiKangen apa atau siapakah? Share doong di kolom komentar :)

Oya gaes, lewat postingan ini, aku sekaligus mau kasih info ke kalian semua, kalo kalian juga bisa loh berpartisipasi di CNA Brings You Home yang diadakan sama Channel News Asia dan PicMix dengan cara mengirimkan cerita #LagiKangen versi kamu sendiri! CNA Brings You Home akan memilih satu cerita terbaik yang akan dibuatkan Film Pendek yang diperankan oleh si pemilik cerita itu sendiri dan pastinya bakal ditayangkan juga di Channel News Asia loh!

Buat yang belum tahu apa itu Channel News Asia dan PicMix, kenalan dulu yuk! Channel News Asia merupakan stasiun televisi berbasis di Singapura yang menampilkan program berita, documentary, talkshow, dan interview. Sedangkan, PicMix adalah sebuah platform sosial media untuk komunitas yang mempunyai tool photo editing yang keren banget, gaes! Kalian wajib cobain fitur-fitur photo editing-nya dengan mengunduh PicMix di Android ataupun iPhone kalian. Tenang aja, gratis kok!

Masih belom punya ide buat submit cerita #LagiKangen? Tonton dulu yuk video Teza Sumendra yang udah ikutan sharing cerita #LagiKangen di bawah ini.

Gampang kan, gaes? Yuk ikutan #CNABringsYouHome juga! Buat info lengkap dan pendaftarannya, langsung aja klik http://bit.ly/2ieUx5T ya!


PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!
See you on the next blogpost.

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

 

Share this to your friends:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

115 Comments

  1. Aaaa jepang.. AKu juga pengen banget mbak ke Jepang.
    Mimpinya sudah ada dari 2 tahun yang lalu dan berharap semoga bisa terwujud jadi nyata secepatnya.. aamin

  2. Aaaa jepang.. AKu juga pengen banget mbak ke Jepang.
    Mimpinya sudah ada dari 2 tahun yang lalu dan berharap semoga bisa terwujud jadi nyata secepatnya..

  3. Awalnya aku kira kamu kembar loh kak.
    foto paling atas memperlihatkan kemiripan kalian (yaialah kan kakak adek ya).
    duuh aku jadi kangen orang – orang tercinta di Palembang :’)

  4. #LagiKangen pengen jalan-jalan bareng sama anak dan suami, puas-puasin selfie dan wefie apalagi dengn latar belakang fenomena blue sky, pantai, gunung dan bunga-bunga.

    Semoga dimudahkan, Aamiin…

    Kayaknya ini kunjungan perdana aku ya, salam kenal dari bumi Borneo ya :).

    • Hehe yuk ditulis mba Anna, supaya cerita #LagiKangen bisa diwujudin terus masuk tivi deh :)

      Waah jauh banget dari Borneo. Salam kenal ya Mba Anna :’)

  5. dua kakak beradik yang keren, aku belum berani study atau traveling sendirian ke negeri orang mbak, salut banget, apalagi Jepang, sukses buat Mbak dan juga sang kakak

  6. Lagi kangen sama orang rumah akibat liburan tidak bisa pulang dan baca post ini, sesuatu bgt Kak Dee, sharing yang menarik :”) semoga lancar perjalanan ke Jepang-nya

  7. waaah, kakak aku jg di Jepang.. dan udah beberapa kali pengen kesana ngga jadi-jadi.. huhuhu.. semoga tahun ini terlaksana juga ke Jepang :D

  8. Hi Dee.. maaf baru balik ke sini karena faktor L ;)

    Kisah yang menarik dan memikat, sekaligus inspiring. Moga perjalananmu ke Jepang untuk jumpa sang kaka, lancar dan membawa bahagia. Jangan lupa oleh-oleh cerita, yaa…

  9. Kisah yang bikin terharu. Bikin aku ikut kangen juga. Tapi sayangnya orang tua yang kukangenin sudah tiada, mba?.

    • Makasi Mas Fauzi~ Cieee kisah SMA yang mana nih? Share dooong~ Tapi emang biasanya masa-masa SMA dan Kuliah paling banyak yang ngangenin.

  10. Ngangenin orang yang bikin bangga itu rasanya berjuta. Kaya sekarang, gue juga #lagikangen sama almarhum bokap, dia bikin gue bangga karena berhasil ngegedein gue dengan kerja keras tanpa kenal lelah. Semoga gantian gue yang bisa bikin dia bangga.

    • Ah iya, memang ya nggak kebayang apa aja yang udah dilakuin oleh ortu buat memenuhi kebutuhan anak-anaknya. Semoga bokap bisa tenang disana dan harapanmu bisa terwujud ya, Kak Agustaf :’)

  11. Keren ya, berjuang sendiri untuk bisa berhasil di Jepang. Banyak yang kepengen, hanya sekadar kepengen, tapi membayangkannya saja sudah takut. :)

  12. Wah inspiratif banget kk Dee kisahnya. Klau aku lagi kangen sama siapa ya? Emmm kangen dengan seseorang yang jauh disana haha.

    Sukses buat Kak Dee!

  13. Wuah, semoga perjalanan ke Jepangnya lancar. Jadi keinget cerita temen juga yang lulusan Jepang dan sempat kerja di sana lima tahun. Semoga bisa mengobati kangennya dan semoga terpilih ya Kak ceritanya :)

  14. Waaaaaaahhhh, semakin ciamik lho Dee ini ceritanya. Kalo aku lagi kangen siapa yaa ? Seru terus bacanya. Kapan nih bisa sharing tips & tricks nya ?

    Anyway sukses buat keinginan kedepan ya Dee. All the best !

  15. Waaaa ceritanya bagus dee, senangnya punya kakak perempuan yang bisa dijadikan sahabat. Itu yang bikin aku kangen dan pingin banget, sayangnya, aku cuma cewek sendiri di rumah, hiksss. Gudlak ya, semoga menang, dan jalan-jalan ke Jepangnya kerreennnn

  16. Wah keji juga yah orang jepang kalau kerjasama dengan orang kita? hahahahah… eniway, semoga sukses hajat ingin kembali ke Jepangnya. salam buat doraemon dan nobita… titip salam buat announcer stasiun kereta disana… soalnya mendadakinget kata2 yang sering kudengar saat nunggun kereta: Ïchiban seng”. hahahahah

  17. Kisah yang sangat inspiratif. Semoga apa yang ada di blog ini bisa menjadi acuan saya untuk meraih harapan saya di kemudian hari

  18. Wah, hebat ya kakaknya Dee, berjuang sendirian di negeri orang, dan bs bertahan walaupun koleganya spt itu! Keren :)

    Aku #lagikangen … … … :D

  19. Dari dulu aku pengen liburan ke Jepang, tapi belum tercapai hingga sekarang. Sharing yang kamu tulis di blog ini sangat inspiratif. Salam yah buat Kakakmu yang ada di sana. Keren tulisannya, mengalir dan enak dibaca. ?

    • Semoga cita-citanya segera tercapai ya, Kang :D Monggo dishare kalo artikelku bermanfaat biar makin meluas inspirasinya ke seluruh Indonesia :)

  20. Sekarang sih aku lagi kangeeeen banget sama makanan India buatan nenek di Sukabumi! Jadi waktu itu aku main ke Sukabumi buat kondangan, sekalian lah main ke nenek “jauh” yang tinggalnya di Sukabumi. Nah nenek aku ini orang keturunan Pakistan – India. Lantaslah disana aku cobain masakan kari India dan roti prata buatan beliau. Hhhhhmmmmmm enaaaaakk banget! Sekarang kalau makan makanan India pasti selalu ngebandingin sama buatan beliau. Grandma food is always the best!

    • Mainnya jauh banget, Mey! Ayo ditulis juga ceritanya terus dikirim deh lewat link yang aku sebutin di blogpost aku, Mey! Siapa tahu nanti bisa dibikin filmnya sama #CNABringsYouHome :)

  21. Cerita yg inspiratif. Kakaknya adalah contoh ideal orang Indonesia yg selalu berjuang walau di negeri orang. Ga patah Semangat dan suksess

    Kalau boleh jujur nggak #lagikangen siapa2. Takut Baper.

    Tapi #CNABringsyouhome itu menarik juga ya dibikinin film

  22. Seru ya punya kakak yang bisa diajak bertukar ide dan hal-hal positif. Kelihatan banget kompaknya dan saling membangun. Salamin buat Kakak ya. Btw met jalan-jalan ke Jepang ya Kak. Ples #LagiKangen versi Kak Dee bisa di-film-in. hv a good day

  23. Inspiried banget dengan kisah sang kakak
    Spirit luar biasa, bangga sebagai bangsa Indonesia

    Ahhh ajak ajak kalau ke jepun ??

  24. Seru yaaa…punya sister sepantaran.
    Inget sm adekku yg sekarang lg s3 di Iowa. Dulu zaman sama2 msh single ya ngebolangnya bareng dia…
    Meski aku kakaknya dlm banyak hal dia lbh “dewasa” di banding aku hehe

    • Ih keren banget adenya Bunda Ophi di Iowa. “Kabur” dari Indonesia sepertinya memang lebih menjanjikan ya~ Hahahaha~ Ah iya, momen ngebolang bareng kakak perempuan memang yang paling bikin kangen.

  25. Kakaknya See sangat menginspirasi. Cara Dee ngangeni dia, so sweet…

    Kalau aku apa yah yg sedang aku kangeni? Hahahaha…ada deh

  26. Saudara perempuan memang temen jalan-jalan yang paling asyik….
    Aku sama adikku dulu juga sering jalan2, ketika dia menikah berasa banget bedanya, apalagi dia pindah daerah ikut suami. Kangeeen jalan bareng lagi… Huhu

    Nice story kak Dee :))

  27. Kak Dee :’) terharu bgt aku bacanya, ga kebayang LDR sejauh itu sama saudara perempuan bakal gimana. Btw have fun trip to Jepunnya yah! I’m looking forward to the story :D

  28. Btw. Nggak itu udah kata baku dalam kamus bahasa indonesia kak. Jadi nggak perlu di italic. Hehe.

  29. Waaaaaaa. Mauan juga ke jepang. Mau liat patung hachiko sama mau liat bunga sakura turun dari atas pohon. Aaaaaahh. Daebak sekali pasti. Ka dee. Semoga beruntung ya bercumbu mesra dengan kakak :) ku doakan dr sini.

  30. aku juga #lagikangen nih tante :)
    kayaknya dia juga sama lagi rindu (#eaaa)
    etapi, kami sama-sama gengsi sih.
    cowo ga peka, yang cewe jaim. gitu aja terus sampe ladang gandum dihujani meteor coklat dan jadilah koko crunch…

    • Makasi Kak Yayat~ Kakak juga keren tuh bisa nonton MotoGP langsung~ Daftarin aja Kak ceritanya ke #CNABringsYouHome siapa tahu beruntung :D

  31. Wah, luar biasa kk nya dee, adiknya g kalah seru semangatnya. Apaaa mau ke jepun ? Wiii awal tahun yg menyenangkan ya dee, btw siapa aja boleh ijutan submit cerita kangen nya?

  32. Hiksss haru banget ceritanya. Sama kakak itu memang beda ya dee kangennya. Duh jadi kangen kakak juga.

    Asyik semoga perjalanan ke jepangnya dan ketemu si kakak lancar ya sista. .

    • Ayo kak Ira, tulis juga cerita #LagiKangen kakaknya, siapa tahu bisa ketemuan dan seseruan bareng pas ceritanya kepilih buat dibikin film sama #CNABringsYouHome ;)

      Amin amin amin. Makasi ya doanya, Kak Ira :)

    • Ah iya, LDR-annya ga parah amat lah ya kayak Jkt-Tokyo. Tapi untungnya sekarang udah ada internet, kalo kangen tinggal videocall hehehe. Kalo jaman dulu mesti pake telpon luar negeri dan mahal pula :D

  33. aaah mbaak, jadi tambah pengen ke Jepaaanngg deh. ikut donk januari nanti, hihihi

    anw, kalo aku lagi kangen banget sama temen ngumpul dulu nih. udah pada nikah udah susah buat ngumpul, bener2 gak bisa semuanya. padahal di jakarta semua tapi bisa setahun sekali ketemunya, huhuhuhuhu…

    • hayoook ikutan~ nah iya biasanya kalo sudah nikah pada susah diajak kumpul ya, agenda makin padat merayap… coba dikirim aja ceritanya ke #CNABringsYouHome siapa tahu kalo ceritanya jadi film, temen-temennya jadi ikut semangat ketemuan buat masuk tipi rame-rame :p

  34. Aku kangen masa-masa kecil nga ada cicilan…. wkkkkkk…. have fun ya dee buat jalan2nya ke Jepang. Next year semoga bisa jalan juga k sana.

    • Konsistensinya yang patut diacungkan jempol yah ;)
      Coba ditulis ceritanya, biar nanti rasa kangennya diwujudin dalam sebuah film sama #CNABringsYouHome.

  35. Bikin aku haru kak. Salam untuk saudara yang di Jepang ya. Semoga terus membanggakan keluarga dan kak dee bisa segera nyusul kesana untuk temu kangen atau kuliah dan kerja disana juga. Biar #LagiKangen nya ganti ke doi. Hehehe

    • Ah, semoga selain haru, juga menginspirasi ya biar lebih semangat meraih mimpi :’) Hehehe, amin amin amin yang baik baik diaminkan saja :) Ah, gantian aku dengerin cerita #LagiKangen versi kamu dong, Berry…

  36. Wow cerita yang so sweet antara adik kaka yaa..
    Emang paling seneng kalo dah rumpies bareng sister tuh ya. Apalagi ini jauh banget, ahh pastinya kehilangan..

    Mengamini doa De untuk ke Jepang bulan depan ya.

    Kalo sekarang aku lagi kangen sama sahabat yang selalu baik sama aku.hiks

    • Hehehe, iya nulisnya sampe terharu sendiri inget momen kebersamaan bareng si Kakak :) Jangankan sisters, ngerumpi bareng sama tetehku di Bandung ini aja juga bikin ngangenin.

      Amin amin amin doain semoga lancar semuanya yah. Coba teh ditulis terus daftarin ke #CNABringsYouHome siapa tahu nanti ceritanya bisa dibikin film~

    • Ah, mama nggak ada yang ngalahin deh, paling bisa bikin kangen dengan kasih sayangnya, masakan buatannya, perhatiannya. Semoga Mamanya Kak Kurnia damai disana ya :’)

    • Ah iya, kalo terbiasa ngobrol dan hangout sama adik perempuan memang terasa kehilangannya ketika jauh. Semoga adiknya Bunda Tuty damai disana ya :’)

  37. Ini persis kayak aku sma dulu hrs bersaing dengan kakak kelas utk mendapatkan beasiswa monkukagagusho. Namun sayang aku blm mendapatkan beasiswa itu. Mgkn suatu saat aku akan ke Jepang, entah traveling/mengejar ilmu di sana.

    • Oya, beasiswa Monbugakusho memang banyak sekali peminatnya. Sebenarnya selain dari pemerintah Jepang, ada juga beasiswa dari perusahaan Jepang sebagai alternatif jalur beasiswa. Semoga next kesampaian ya mimpinya ke Jepang ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *