Bagaimana Cara Menuju Sumbawa dan Lombok?

HeyDeeRahma.com – Bagaimana Cara Menuju Sumbawa dan Lombok? | Mengeksplor bagian timur Indonesia menjadi salah satu travel bucket list yang pernah kutulis dalam dream book beberapa tahun lalu. Sudah banyak cerita yang kudengar dari teman sesama traveler jika semakin ke timur, maka semakin indah landscape tanah air. Benar-benar bikin penasaran kan? Sampai suatu hari, aku punya kesempatan bisa menjejak di tanah sumbawa dan lombok. Dan kini, aku siap berbagi dengan teman-teman mengapa sumbawa dan lombok wajib dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup.

Rekomendasi Destinasi Obyek Wisata di Lombok dan Sumbawa?

Wisatawan lebih mengenal Lombok dengan adanya Gunung Rinjani yang menjadi tujuan favorit para pendaki. Pulau ini terletak di sebelah timur Bali dengan ibukota Mataram.

Sementara itu, Sumbawa yang juga merupakan bagian dari wilayah Nusa Tenggara Barat letaknya berada di sebelah timur. Untuk mencapai Sumbawa dari Lombok, kamu harus menyebrang pulau.

Kalau kamu suka wisata yang menyatu dengan alam dan wisata budaya, di Lombok dan Sumbawa banyak banget pilihannya. Nih, aku kasih beberapa referensi ya.

LOMBOK

Wisata Alam: Pantai Senggigi, Cakranegara, Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan, Gunung Rinjani, Pantai Kuta, Sembalun, Tetebatu, Air Terjun Sendang Gile, Gili Nanggu, Gili Sundak, Gili Tangkong, Hutan Monyet Pusuk, Sentanu, Pantai Pink (Kawasan Lombok Timur), Air Terjun Dewi selendang, Desa Bilok Petung.

Dari sekian banyak daftar wisata alam di lombok yang ada, aku baru bisa mengunjungi 3 dari 18 destinasi tersebut, yaitu Pantai Senggigi (dimana aku menghabiskan waktu sore hari di pinggir pantai senggigi menikmati sunset dan makan malam romantis), Pantai Kuta, dan Pantai Pink. Sebenarnya, destinasi lain di Lombok yang cukup popular dikunjungi oleh turis adalah Gili yang suasananya kurang lebih mirip seperti Kuta Bali dengan dentuman musik dari setiap bar yang berjejer sepanjang pantai.

Penduduk lokal di Desa Sade masih menjaga budaya leluhur mereka. Bisa dilihat dari bangunan-bangunan disana yang masih menggunakan arsitektur khas Suku Sasak. Mereka juga percaya bahwa wanita belum boleh menikah bila belum bisa menenun kain songket.

Wisata Budaya: Rambitan, Desa Sade, Sukarara, Masjid Bayan Beleq, Pura Suranadi, Pura Lingsar, Taman Narmada, Taman Mayura, Masjid Kuno Bilok Petung, Desa Banyumulek.

Untuk wisata budaya, aku baru bisa mengunjungi Desa Sade saat kedatanganku ke Lombok. Disini aku melihat rumah adat suku asli lombok yang masih mempertahankan budaya lokal dimana setiap wanita yang tinggal di desa ini wajib bisa menenun sebelum bisa menikah. Berkunjung ke Desa Sade juga berarti siap-siap belanja untuk beli kain tenun yang cantik buat membantu perekonomian warga lokal.

SUMBAWA

Saat aku berada di dalam kapal mendekati Pelabuhan di Sumbawa, aku sudah melihat betapa cantiknya alam Sumbawa. Beberapa referensi wisata yang bisa dikunjungi saat liburan ke Sumbawa: Bala Kuning, Dalam Loka, Dusun Pamulung, Desa Poto, Desa Tepal, Dusun Talwa, Gili Bedil, Gili Keramat, Liang Petang, Museum Daerah Sumbawa, Pantai Ai Loang, Pantai Ai Manis, Pantai Kencana, Pantai Lapade, Pantai Saliper Ate, Pulau Kenawa, Pantai Sili dan Pantai Maci, Pulau Bungin, Pulau Kaung, Pulau Moyo, Situs Ai Renung, dan Teluk Saleh.

Kalo ngobrolin Sumbawa, banyak orang yang penasaran sama air terjun cantik di Pulau Moyo. Padahal, masih banyak loh destinasi wisata di sumbawa yang menarik buat dikunjungi. Rekomendasi aku, coba datang ke Teluk Saleh, Pantai Ai Manis, dan Pulau Bungin. Tiga tempat ini menyediakan pemandangan yang indah serta pengalaman traveling yang berbeda dari tempat wisata alam kebanyakan.

Pernah denger ada kambing makan kertas di Sumbawa? Nah, coba datang ke Pulau Bungin. Atau kamu mau coba menikmati pemandangan bawah laut yang indah dengan hutan tropis di sekitar pantainya? Datang saja ke Pantai Ai Manis atau Teluk Saleh. Buat yang punya hobi surfing di alam bebas bisa datang ke Pantai Sili dan Pantai Maci. Atau kamu bisa juga coba kegiatan mendaki Gunung Tambora yang dulu letusannya pernah membuat hampir separuh dunia terlihat gelap gulita karena abu volkanik menyebar sangat luas dan masif. Amazing ya Indonesia?

Pantai Benete (atas) dan Pantai Rantung (bawah). Dua pantai cantik yang sempat saya abadikan fotonya saat traveling ke Sumbawa.

Seorang teman bahkan sempat menjejak Pulau Kenawa yang lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Poto Tano. Buat yang suka menyelam di air laur yang jernih atau sekedar menyusuri pantai berpasir putih halus dengan pemandangan alam yang beautifully awesome, Pulau Kenawa jadi destinasi wisata Sumbawa yang wajib dikunjungi!

Aku sendiri hanya sempat mengeksplorasi pantai bersih nan sepi selama kunjunganku ke Sumbawa, yaitu Pantai Maluk, Pantai Rantung, dan Pantai Lawar. Datang sendiri kesini, melihat betapa indahnya landscape Indonesia membuat mata dan pikiranku terbuka… Gila! Inilah Indonesia yang sesungguhnya! Benar-benar indah!

Cara Menuju ke Lombok dan Sumbawa 

TRANSPORTASI DARI BALI KE LOMBOK

Ada dua cara untuk menuju Lombok dari Bali:

  • Menggunakan pesawat. Kalau kamu pilih menggunakan pesawat, dari segi waktu memang lebih efisien, cepat, dan praktis. Namun, biayanya juga lebih mahal, bisa kena sekitar Rp250.000-Rp300.000 sekali jalan dari Bali ke Lombok.
  • Menggunakan kapal.
Dari Pelabuhan Tanjung Benoa
  • Dari Pelabuhan Benoa, kamu bisa naik Narooma Fast Boat yang berangkat setiap jam 8 dan 10 pagi. Biasanya sih paket penyebrangan ini sudah include sama free pick up dari dan ke pusat kota seperti Kuta, Seminyak, Sanur, dan Ubud.
  • Perlu diperhatikan juga, tentunya kalau naik fast boat, kapal ini hanya bisa mengangkut penumpang saja, kendaraan tidak bisa. Harganya juga lebih mahal menurutku, jadi aku sih kurang merekomendasikan naik fast boat ya.
Dari Pelabuhan Padangbai
  •  Bila kamu berangkat dari pusat kota Denpasar ke Pelabuhan Padangbai, maka kamu bisa naik shuttle bus Perama yang berangkat dari Ubud, Kuta, Sanur, Lovina, dan Kuta dengan harga tiket Rp40.000-Rp60.000 per orang.
  • Kapal di Pelabuhan Padangbai bisa mengangkut kendaraan motor dan mobil. Harganya tentu berbeda dan lebih murah bila kamu tidak membawa kendaraan ke atas kapal.
  • Membutuhkan waktu 4-6 jam perjalanan menuju Pelabuhan Lembar (Lombok). Dari Pelabuhan Lembar, bisa lanjutkan perjalanan ke pusat kota melalui Terminal Mandalika.

TRANSPORTASI DARI LOMBOK KE SUMBAWA

Untuk menuju ke Sumbawa dari Bandara Internasional Lombok Praya, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Kayangan. Dari pelabuhan, kamu bisa naik kapal menuju Pelabuhan Poto Tano dengan waktu tempuh 2 jam menyusuri Selat Alas yang memisahkan pulau Lombok dan Sumbawa. Harga tiket perorangan Rp20.000 untuk sekali perjalanan.

Pro Traveler Tips:

  • Jangan lupa bawa  obat mabuk untuk penyeberangan dengan kapal dan usahakan isi perutmu dengan makanan berat sebelum berangkat.
  • Jarak dari pusat kota Denpasar ke Pelabuhan PadangBai cukup jauh sekitar 2 jam. Berangkat lebih pagi lebih baik walaupun jadwal kapal dari Pelabuhan Bai ke Lombok lebih banyak, dibandingkan jadwal kapal dari Pelabuhan Bai ke Nusa Penida.
  • Buat yang lagi galau dan patah hati, travelling sendirian ke Lombok dan Sumbawa jadi obat patah hati sekaligus pengalaman yang luar biasa bahwa hidup ini indah, gak ada yang perlu disesali. Move on, cuy!
  • Banyak juga foto pre-wedding yang dibikin di Pulau Kenawa atau Air Terjun Pulau Moyo. Mungkin yang mau wedding bisa juga coba disini. Kalau aku yang belum kesampaian malah pengen ke Labuan Bajo yang katanya sih gak kalah indah.
  • Selalu ambil jadwal penyebrangan kapal di pagi hari atau siang hari supaya bsia sampai Sumbawa sebelum gelap. Lebih aman buat solo traveler, apalagi cewek.
  • Di Indonesia, masalah umum bagi traveler adalah transportasi umum yang kurang memadai dan informasi yang kurang jelas mengenai destinasi wisata tertentu. Pastikan kamu riset dan booking kendaraan (bila perlu sewa kendaraan) dulu sebelum jalan.

Ada yang berencana traveling ke Sumbawa dan Lombok? Atau malah udah pernah kesana juga? Share pengalamannya di kolom komentar yuk biar bisa sharing lebih banyak hal tentang Sumbawa dan Lombok!

PS: If you feel this information are helpful, inspirational, or giving you enlightenment, please do not forget to share, subscribe, like social media @heydeerahma or just click the share button on the right side of my blog!

See you on the next blog post.

Love,

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

Share this to your friends:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

10 Comments

  1. Pantai Selong Belanak belum dimasukin tuh mbak.. salah satu pantai terbagus loh.
    Deket Senggigi ada pantai Nipah, pantainya bersih dan tergolong sepi.
    Kalai mau merasakan damainya hidup tanpa kendaraan bermotor, lebih baik ngecamp di Gili Kondo. xixixi

  2. belum pernah ke sumbawa. temenku tinggal di sumbawa. temenku yang lain pernah ke sumbawa. dan mereka tuh kadang iming2in pemandangan yang bikin engen gigit sendal tetangga. huhuhuh…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *