Alasan Pentingnya Menjaga Area Kewanitaan Saat Travelling

HeyDeeRahma.com – Alasan Pentingnya Menjaga Area Kewanitaan Saat Travelling | Beberapa hari lalu, aku sharing di instagram tentang beberapa travel kit yang wajib aku bawa kemana pun aku pergi. Yaaah, namanya juga perempuan khaan, tentu harus memperhatikan kebersihan dari head to toe, termasuk soal area kewanitaan yang sudah aku bahas sedikit di postingan instagramku itu. So, nggak pakai lama, sesuai janji, di postingan blog aku kali ini, aku akan bahas lebih detail kenapa aku begitu concern dengan kebersihan di area kewanitaan. Check it out!

Mengenal Lebih Dekat Organ Intim Wanita

Sebelum aku bahas lebih detail lagi, aku pengen temen-temen lebih dulu memahami soal anatomi tubuh perempuan sekaligus aset paling penting seorang perempuan: miss v. Tahukah kamu setiap perempuan memiliki bentuk vagina yang berbeda seperti layaknya keunikan sidik jari setiap orang? Begitupun dengan bentuk Labia Majora (Bibir Luar) yang punya bentuk berbeda dalam setiap individu perempuan.

Dengan kondisi yang tertutup setiap hari, area organ kewanitaan biasanya cenderung lembab dan punya potensi untuk menimbulkan masalah kesehatan bila tidak diperhatikan perawatannya. Apalagi saat masa subur, area miss v akan lebih lembab dan mengeluarkan banyak cairan, dan saat masa menstruasi, miss v mengeluarkan darah. Jadi, sudah seharusnya miss v mendapatkan perhatian khusus, terutama soal kebersihannya.

Area dalam organ kewanitaan juga memiliki pH asam dengan adanya Kuman Lactobasillus yang bersifat protektif untuk mencegah infeksi mikroba patogen sebagai penyebab iritasi. Sementara, di bagian luar, terdapat Bakteri Staphylococcus Aureus dan Jamur Kandida yang bila muncul terlalu berlebihan malah akan menimbulkan bisul. So, that’s why kita sebagai perempuan wajib untuk menjaga organ kewanitaan kita dengan sebaik-baiknya.

Resiko Yang Umum Terjadi Saat Liburan

Nah, sudah kenal sama organ kewanitaan kamu khaaan? Selanjutnya, aku mau bahas resiko apa saja sih yang bisa dialami semua perempuan ketika travelling. Biasanya ketika udah asyik sama jadwal liburan, suka lupa tuh buat jaga kesehatan miss v. Padahal penting juga khaan dan nggak sulit loh! Berikut gejala-gejala yang mungkin terjadi pada miss v kamu saat travelling.

  • Keputihan. Keputihan pada wanita ini bisa baik atau buruk. Tandanya, mudah dikenali kok. Bila cairan yang muncul di miss v kamu tidak berbau, warnanya bening, dan teksturnya kental, artinya masih normal. Tapi, kalo sebaliknya dan muncul keputihan gatal, wadaw, berarti udah perlu diwaspadai itu. Soalnya, menurut info penyebab keputihan yang aku dapetin dari Palo Alto Medical Foundation, biasanya setelah aktifitas fisik atau olahraga gitu, kayak naik gunung dan sepedaan keliling kota bisa menyebabkan munculnya keputihan yang lebih banyak daripada biasanya. Pantas aja, sering berasa lebih lembab khaan ya kalo abis aktifitas outdoor lama pas travelling?
  • Infeksi Ragi Vagina. Pernah dong liburan ke pantai dengan cuaca yang cukup panas dan lembab dan harus beraktifitas di luar seharian? Ternyata, menurut studi Dr. Melissa Goist dari Wexner Medical Center Amerika, cuaca yang lembab bisa berpotensi menimbulkan jamur di area miss v yang menyebabkan miss v gatal dan muncul keputihan yang sangat kental gitu. So, taking care of your miss v carefully yaah pas travelling ke area outdoor yang panas!
  • Infeksi Bakteri Miss V. Tadi aku sudah jelaskan bahwa keputihan tidak normal bisa saja datang kapan saja saat travelling, dan menurut British Medical Journal (BMJ), keluhan seperti ini bisa muncul kalo perempuan tidak menjaga kebersihan miss v nya dengan baik. Pernah kan travelling ke suatu daerah tertentu, ternyata toiletnya kotor dan airnya kurang bersih, tapi kitanya gak ada pilihan lain. Ewww, jadinya mesti lebih perhatian nih sama kebersihan miss v kita. Soalnya kalo nggak bersih, keseimbangan flora di miss v bisa terganggu, sehingga muncul infeksi. Hiiy, jangan sampe deh ya!

Tips Menjaga Kebersihan Miss V Selama Travelling

Untungnya sih, dan amit-amit jangan sampai kena gejala-gejala yang udah aku sebutin diatas yaaa… Ikutin aja beberapa tips aku dibawah ini supaya travelling kamu tetap nyaman dan miss v terjaga kebersihannya selama agenda jalan-jalan.

  • Usahakan Sering Mengganti Underwear. Minimal 3-4 kali dalam sehari, saran aku setiap berasa lembab, langsung ganti aja biar organ intim kamu lebih bersih, segar, dan kering.
  • Gunakan Celana Yang Agak Longgar. Ternyata miss v juga perlu sirkulasi udara yang cukup loh biar mencegah gesekan dan infeksi, karena penggunaan celana yang terlalu ketat malah bikin area kewanitaan cepat lembab!
  • Bersihkan Miss V Secara Rutin. Para ahli kesehatan juga menyarankan supaya kita nih para perempuan menjaga kebersihan miss v dengan rajin mencucinya dengan godokan sirih paling tidak satu kali sehari atau setiap mandi. Tapi, biar gak ribet, biasanya aku bawa Resik V Godokan Sirih (aku review sekalian habis ini yaa).

Intinya sih, jaga kesehatan organ kewanitaan kamu sangat mudah asal dilakukan dengan rutin supaya area penting itu nggak lembab dan kena iritasi :)

Review Resik V Godokan Sirih

Serem yaa kalo udah baca resiko-resiko yang bisa muncul ketika saat travelling kurang memperhatikan kebersihan miss v. Mau travelling seru, nanti malah nggak nyaman. Kalau nggak rutin menjaga kesehatan area kewanitaan, bisa timbul bau, gatal, atau keputihan gitu kan malah bikin nggak pede juga khaaan. Huhuhu. Nah, mumpung aku udah ada pengalaman pakai Resik V Godokan Sirih, aku share sekalian yaa review singkatnya disini.

Jadiiii.. Awalnya, aku pakai Resik V Godokan Sirih karena ibuku pernah bilang ke aku, kalo perempuan harus rajin minum jamu sirih atau rebus daun sirih (godokan sirih) biar area kewanitaannya tetap wangi dan bersih. Tapi, lama kelamaan kok berasa repot ya harus ngerebus dulu. Nggak praktis aja gitu kalo pas travelling ;D

Akhirnya, setelah browsing sana sini, aku nemu info soal Resik V Godokan Sirih. Menurut review yang aku lihat dari para Beauty Blogger, dijelasin kalo Resik V ini terbuat dari air rebusan daun sirih yang diperkaya dengan Ektrak Rumput Fatimah dan sudah dilengkapi label Halal MUI buat yang concern soal label halal dalam produk yang dipakai. Artinya, manfaat resik v godokan sirih ini sama dengan kita merebus daun sirih tradisional yang membuat area kewanitaan terasa lebih bersih, wangi, dan membantu mencegah serta mengatasi keputihan pada wanita karena fungsinya sebagai antiseptik alami.

Setelah aku coba, baunya khas daun sirih dan setelah dipakai harum, bikin area miss v keset dan berasa lebih bersih. Cara penggunaannya juga mudah sekali, sebelum penggunaan kocok dahulu, lalu tuang sedikit ke telapak tangan buat membasuh area miss v, dan terakhir bilas dengan air hingga bersih. Resik V biasanya aku pakai setiap habis selesai mandi atau malam hari saja sebelum tidur. Of course aku akan repurchase lagi kalo sudah habis, karena selain lebih praktis (daripada harus merebus daun sirih), harga resik v godokan sirih juga terjangkau, hanya 18 ribuan per botol ukuran 100 ml, wanginya juga enak bikin fresh. Tapi, aku juga berharap ada botol yang lebih kecil dan travel kit friendly sih biar makin simpel dibawa mobile :)

Oke, sekian dulu dari aku untuk postingan kali ini dan sedikit review singkat tentang resik v godokan sirih pembersih kewanitaan. Aku harap postingan yang aku ini bermanfaat ya buat seluruh wanita Indonesia. Eh, nggak mesti wanita juga sih yang baca. Buat kamu yang pria, juga bisa membagikan artikel ini buat perempuan kesayangan kamu sebagai tanda cinta kamu peduli dengan kesehatan perempuanmu :)

 Last, but not least…

Happy International Women Day~!

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

signforblog

LIKE MY BLOGPOST? FOLLOW MY SOCIAL MEDIA

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan foto dan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin menggunakan foto atau mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

 

Others articles related to travel and lifestyle:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

28 Comments

  1. Jadi kemana-mana kita bawa daun sirih terus ngerebus ? Hahaha..
    Kalau aku, traveling pasti bawa disposal panties..praktis gak nambahin cucian dan selalu bersih.. :)

  2. Aku biasa suka minta sirih ke ttangga kak. Ahahaha. Di tetangga lebat banget sampe ke atas atas… Nanem sendiri ga pernah berhasil…

    Btw sirih emang bagus sih untuk antibakteri… Semoga ke depan ada produk khusus antimengingat kenangan bersama mantan. Biar kehidupan di masa depan lebih bayiqqq

  3. Jadi ingat pesan Mama euy..
    Kudu bersih2 pakai godokan daun sirih dulu mah. E sekarang udah Ada paket simpelnya ya? Belom pernah coba pakai euy 😊

  4. udah ga ribet lagi ni, udh ada godokan sirih, aku sempat rajin pake godokan sirih, tapi bikin ndiri di rumah, cuma rebus daun sirih aja.. udah ada kemasan gini malah simple untuk dibawa2..

  5. Aku juga kadang pakai resik v kalau miss v terasa kurang nyaman. Tapi belum pernah coba yang godokan sirih. Terimakasih rekomendasinya ya😂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *