9 Cara Praktis Menghemat Pengeluaran Bulanan

HeyDeeRahma.com – 9 Cara Praktis Menghemat Pengeluaran Bulanan | Salah satu penyebab terpuruknya kondisi finansial seseorang adalah karena minimnya komitmen mengelola keuangan secara disiplin, atau belum terbiasa melakukan penghematan pengeluaran bulanan. Belum lagi, sebagian besar orang enggan merinci anggaran bulanan yang dikeluarkan, termasuk abai dalam membuat perencanaan keuangan, serta menentukan tujuan keuangannya.

Pahamilah terlebih dahulu, seberapa besarnya pendapatan yang diperoleh setiap bulan, tentu saja akan terus habis tak tersisa bila tidak diimbangi dengan pengelolaan finansial yang disiplin. Dari sekian banyak financial problem yang dialami banyak orang, cara mengatasinya sebenarnya sangatlah mudah, yaitu dengan mulai belajar disiplin dalam menghemat pengeluaran bulanan. Dengan cara menghemat uang belanja bulanan, artinya uang dari pendapatan bulanan masih tersisa banyak, sehingga akhirnya bisa diinvestasikan kembali untuk kebutuhan lain di masa depan.

Sebelum memutuskan tujuan keuangan, ada baiknya mulailah berlatih untuk menghemat pengeluaran bulanan. Berikut cara menghemat uang bulanan rumah tangga.

9 Cara Hemat Pengeluaran Bulanan Yang Mudah Diterapkan

1. Membuat Anggaran Bulanan 

Cara mulai menyusun anggaran untuk kebutuhan bulanan bisa dimulai dari membuat daftar kebutuhan dasar yang menjadi prioritas. Dari sana, akan muncul jumlah nominal yang dibutuhkan untuk kebutuhan sebulan penuh. Setelah menetapkan anggaran rutin bulanan, fokuskan pada pemenuhan kebutuhan dasar yang ditetapkan, sehingga pengeluaran yang tidak perlu, atau di luar anggaran pokok tersebut bisa diminimalisir.

2. Tekan Keinginan, Fokus Pada Kebutuhan

Tips menghemat pengeluaran bulanan selanjutnya adalah mencatat semua kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulan. Kebutuhan rutin, seperti biaya kos/cicilan apartemen/cicilan rumah, makan harian, transportasi, biaya listrik, anggaran pulsa bulanan tentu saja perlu dicatat dengan detail. Beragam keinginan yang seringkali muncul di luar kebutuhan pokok tersebut seharusnya bisa lebih ditekan. Contohnya, pergi ngopi ke kafe setiap hari, nongkrong saat akhir pekan di café fancy, menonton film setiap minggu ke bioskop, atau memborong pakaian bermerek yang mahal.

3. Teliti Membeli Dengan Harga Yang Lebih Murah

Bila lebih teliti lagi, sebenarnya ada pilihan barang yang berkualitas, yang tidak tergantung pada pertimbangan merek semata. Saat berbelanja, bandingkan saja kedua merek dengan tipe produk serupa. Kemudian setelah itu, selalu pilihlah harga yang lebih murah sebagai salah satu cara menghemat pengeluaran belanja bulanan. Bayangkan, bagaimana dengan berbelanja banyak? Ingatlah selalu dengan tujuan finansial bulanan yang ditetapkan. Kalau hendak menghemat pengeluaran bulanan, segera upayakan secara konsisten untuk selalu membandingkan harga saat berbelanja bulanan, apapun kebutuhannya.

4. Manfaatkan Promo Cashback Supaya Lebih Hemat

Sembari rajin membandingkan harga dari berbagai merek produk kebutuhan bulanan, cara menghemat belanja bulanan sederhana yang bisa dilakukan adalah memaksimalkan promo cashback dari Shopback. Dengan proses pendaftaran yang mudah, belanja lebih hemat karena mendapatkan cashback dari transaksi online yang dilakukan saat berbelanja di e-commerce besar Indonesia, seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada. Cashback itu sendiri merupakan pengembalian dana berupa cash atau uang virtual dengan jumlah tertentu sesuai dengan presentase promo yang ditawarkan setiap e-commerce melalui situs Shopback. Yuk daftar Shopback sekarang juga!

5. Langsung Menyisihkan Pendapatan 

Dalam menyisihkan pendapatan, gunakan metode 60/20/20 yang umum untuk membagi pos pengeluaran. Rinciannya adalah 60% untuk kebutuhan prioritas, 20% dana darurat, kemudian 20% untuk investasi. Dengan membagi menjadi beberapa pos ini, maka diketahui jumlah uang yang harus dikejar untuk memenuhi pendapatan bulanan ideal. Serta memahami bagaimana pendapatan yang ada wajib dipecah sesuai kebutuhan.

6. Melakukan Pencatatan Setiap Pengeluaran

Kalau di awal harus membuat anggaran bulanan, selanjutnya di tahap ini adalah wajib melakukan pencatatan rutin setiap pengeluaran. Tujuannya, agar mengetahui setiap pengeluaran dan kebutuhan apa yang paling besar dikeluarkan setiap bulan sehingga yang tidak perlu bisa ditekan.

7. Melakukan Monitor Arus Kas Setiap Bulan 

Untuk bisa disiplin menghemat finansial bulanan, maka yang tidak boleh dilewatkan adalah rutinitas memonitor arus kas pendapatan vs pengeluaran setiap bulannya. Dari sekian banyak pengeluaran yang ada, dari aktifitas monitoring inilah, informasi mengenai kebutuhan yang harus diprioritaskan, dikurangi, atau dicarikan alternatif yang lebih murah. Agar memudahkan aktifitas monitoring pendapatan vs pengeluaran, gunakan saja aplikasi digital seperti Google Spreadsheet, Microsoft Excel, Money Manager, atau MoneyLover.

8. Buat Rekening Terpisah

Tips menghemat belanja bulanan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membuka rekening baru supaya setiap pos kebutuhan lebih aman terjaga. Rekening terpisah ini juga bisa dijadikan tabungan untuk dana darurat yang sifatnya liquid diambil ketika suatu saat membutuhkan uang ekstra di luar pengeluaran rutin. Lakukan riset biaya per bulan, nominal saldo yang harus mengendap di dalam rekening, serta biaya lain sebagai pertimbangan saat melakukan seleksi perbankan agar tabungan tidak terkuras dengan potongan yang tidak perlu.

9. Hindari Utang

Nominal besar atau kecil, sebaiknya hindarilah utang. Contohnya, seperti menggunakan kartu kredit yang bisa menguras pendapatan karena harus membayar bunga cicilan bulanan. Bila terpaksa berhutang pun, hitung dahulu dengan teliti bunga, serta biayanya, jangan terjebak dengan lingkarang hutang yang malah merugikan!

===

Tips Hemat Pengeluaran Bulanan: Kesimpulan

Mudah kan untuk diterapkan? Jangan lupa untuk bandingkan pengeluaran bulanan dari waktu ke waktu, ketahui berapa persen yang bisa dihemat, untuk kemudian diinvestasikan setelah dikurangi pengeluaran pokok bulanan. Uang yang dihemat bisa diputar kembali untuk berbagai keperluan produktif, seperti DP rumah pertama/apartemen/mobil, memulai bisnis, mempersiapkan biaya nikah, menabung untuk biaya pendidikan anak, dana pensiun, bahkan dana darurat juga perlu disiapkan sejak dini supaya nilai uang bisa bertambah setiap tahunnya.

Apakah kamu punya pengalaman seputar berhemat pengeluaran bulanan? Yuk tanyakan di DM instagram @heydeerahma atau tinggalkan komentar di bawah ini! 

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

signforblog

FOLLOW MY SOCIAL MEDIA

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan foto dan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin menggunakan foto atau mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

Others articles related to money talks and lifestyle:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *