8 Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak dan Berkualitas Untuk Hidup Lebih Produktif

HeyDeeRahma.com – 8 Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak dan Berkualitas Untuk Hidup Lebih Produktif | Anyway, kali ini aku bakalan sharing knowledge yang aku dapatkan ketika datang ke acaranya Serta Mattress Indonesia. Itu loh, #1 Matras dari Amerika yang ternyata sudah ada di Indonesia sejak tahun 2000 dan matrasnya sudah banyak digunakan di berbagai international hotel chain.. Ngomongin matras, tentu saja berkaitan dengan masalah tidur. Pernah nggak ngerasa cape banget, tapi kok malah badan berasa tegang dan susah bobo? Atau bawaannya begadang mulu, padahal sebenernya begadang keseringan juga gak baik buat kesehatan diri sendiri. I’ve been there too! So, that’s why aku pengen sharing juga sama temen-temen beberapa cara yang bisa dilakukan supaya kualitas tidur bisa diperbaiki menjadi lebih nyenyak. Check this out!

1. Hindari Minum Kafein di Sore Hari

Kafein nggak hanya ada di dalam kopi saja, teh pun juga memiliki kandungan kafein. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein di sore hari ternyata bisa mempengaruhi kualitas tidur kita lho, guys! Jadi, sebaiknya biar kamu lebih mudah tidur nyenyak di malam hari, kurangin deh konsumsi kafein menjelang jam tidur.

2. Matikan Smartphone Sebelum Tidur

Jaman sekarang, smartphone tuh udah jadi pacar kedua yah. Dibawa kemana aja, termasuk pas lagi mau tidur. Padahal ngecek timeline instagram atau nonton youtube menjelang waktu tidur malah bikin mata sulit merem lho karena efek blue screen dari ponsel. Mendingan, pas mau tidur, ponsel kamu langsung dimatiin atau silent mode aja.

3. Mandi Dengan Air Hangat Di Akhir Aktifitas

Tubuh kita sebenarnya baik, dia memberi tahu kita kapan dia membutuhkan istirahat. Kalo sudah capek, kamu bisa mandi dengan air hangat atau minum susu hangat yang akan membantu kamu lebih rileks sebelum tidur. Kedua kegiatan tersebut juga bisa meningkatkan produksi hormon melatonin alami yang membantu kamu agar merasa lebih rileks, mengantuk, dan akhirnya mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

4. Olahraga Di Pagi Hari

Terasa kan setiap habis olahraga, badan jadi lebih fresh dan bersemangat? Memang, sesibuk apapun kita, the best time untuk olahraga sebaiknya dilakukan saat pagi hari karena dengan berolahraga di pagi hari akan membantu kamu mengatasi insomnia.

5. Gunakan Pendulum dan Lakukan Stretching

Sering dong pas udah rebahan mau tidur kok malah pikiran melalangbuana, dan akhirnya malah nggak jadi tidur? Menurut tips dari Hypnotherapist Expert, Mbak Diana Elsa Vonie, ada hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat pikiran kita lebih rileks, yaitu menggunakan pendulum. Caranya, taruh pendulum ini di depan wajah kita, kemudian fokuskan ke satu titik hingga badan ngerasa rileks. Mbak Diana juga menambahkan, terapi pendulum ini akan membuat kita lebih tenang secara emosional yang berpengaruh besar terhadap kualitas tidur. Body strecthing sederhana juga akan membantu melemaskan otot tubuh yang kaku.

6. Buatlah Kamar Tidur Dalam Keadaan Tenang  

Untuk menciptakan kamar yang nyaman dan tenang, kamu bisa menambahkan tirai jendela, menggunakan selimut, dan menyetel AC dengan suhu antara 20-23 celcius (tidak terlalu dingin). Jangan lupa matikan lampu saat tidur supaya kamu bisa tidur lebih nyenyak.

7. Perbarui Mindset Soal Tidur dan Rutin Konsumsi Makanan Sehat

Banyak yang masih menggunakan mindset tidur adalah akhir hari, padahal sebenarnya tidur adalah awal dari hari kita. Dari tidur yang nyenyak, badan akan lebih segar, melakukan aktifitas juga lebih semangat. Menurut Nutritionist Alvin Hartanto, tidur juga sebenarnya adalah kewajiban, bukan kebutuhan. Tidur berkualitas juga dipengaruhi oleh makanan dan olahraga yang tepat. Memang sangat disarankan oleh Alvin, sebaiknya 3-4 jam sebelum tidur tidak mengkonsumsi makanan lagi dan pilih makanan yang sehat seperti buah dan sayur.

8. Pilih Sleeping Matress Berkualitas

Aspek yang paling penting selain olahraga dan makan, adalah menggunakan sleeping matress berkualitas untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Matrass yang bagus biasanya memperhatikan 2 komponen: comfort dan support. Yang bersentuhan dengan kulit langsung dan bikin tidur nyaman adalah comfort. Sementara, bagian bawah yang berfungsi menunjang tulang belakang tubuh kita adalah support. Di produknya Serta, ada beberapa layer yang terdiri dari matress fabric, wool, latex, dan memory foam.Uniknya, matress fabric-nya Serta sudah menggunakan teknologi adaptive cooling system yang membuat kita merasa tetap adem walaupun berkeringat saat tidur. Kebayang dong ya, bobo pake Serta makin bikin tidur nyenyak? :)

Jujur ya, beneran loh pas nyoba langsung, Matras SERTA terasa nyaman dan lembut. Kalo soal kualitas sih, SERTA sudah diakui sebagai #1 Matras di Amerika… Beberapa temenku pas aku ngomong soal SERTA, juga mengakui kualitas dan merekomendasikan SERTA. Nah, buat yang mau kepo lebih lanjut soal Serta, langsung aja ya cusss ke websitenya di http://www.serta.co.id  atau instagram @sertamatressid ya dengan hashtag #SertaHealthyLifestyle!

Kenapa Tidur Harus Berkualitas?

Kemarin, aku sudah share di instagramku @heydeerahma bahwa tidur sangat penting di kehidupan manusia karena 1/3 usia manusia digunakan untuk tidur. Tahukah kamu jika tidur nyenyak memiliki 2 fase? Pertama, Fase Deep Sleep yang bisa ngebantu tubuh kita mengembalikan kembali kesehatan fisik saat tidur setelah seharian beraktifitas. Kedua, Fase Rapid Eyes Movement (REM) dimana kesehatan emosional dan mental kita diperbaiki. Naaah, untuk mendapatkan 2 fase itu dalam tidur, dibutuhkan kualitas tidur yang baik, nggak cukup hanya tidur sebentar saja, karena sebenarnya tidur yang baik itu berkisar 7-8 jam per harinya.

Menurut Serta Satisfaction Study 2015, kualitas tidur seseorang juga bisa berkurang karena kurangnya kenyamanan, body and back support, dan temperatur ruangan yang pas. Jadi, untuk mengatasinya, memang harus memperhatikan 8 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Untuk Hidup Lebih Produktif yang sudah aku tulis diatas, guys. Kalo tidur sudah nyenyak, metabolisme tubuh pun juga akan berjalan dengan baik, karena di saat malam hari, hormon yang ada di dalam tubuh kita akan membantu proses pembakaran lemak tubuh secara optimal :)

Oke, sekian sharing aku dalam postingan blog kali ini tentang 8 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Untuk Hidup Lebih Produktif based on my point of view dan informasi yang aku dapatkan dari 3 narasumber yang hadir di acara Serta: The Essentials of Healthy Lifestyle di Living Soul Plaza Indonesia hari Rabu, 21 Maret 2018 lalu. Kalo ada yang mau nambahin tips penting biar tidur bisa lebih nyenyak sesuai pengalaman pribadi kamu, please do share di komentar ya!

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

signforblog

FOLLOW MY SOCIAL MEDIA

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan foto dan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin menggunakan foto atau mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

===

Others articles related to travel and lifestyle:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

10 Comments

  1. Thanks banget ya mba informasinya, sangat bermanfaat tentunya.
    Beberapa waktu ini saya sulit sekali tidur diawal malam, tidurnya pasti tengah malam atau menjelang pagi, nampaknya perlu dicobain nih tipsnya.

  2. Tidur yang nyenyak dan berkualitas itu memang penting bin penting banget. Kalau tidurnya berkualitas pas bangun rsanyya enakk…banget

  3. Salam Mbak Dee…
    Boleh nggak menambahkan tips?
    Pertama, nggak usah pake bantal. Katanya tidak pakai bantal malah membuat tidur lebih berkualitas serta sehat.
    Kedua, usahakan sebelum tidur tidak minum banyak air (plus buang air kecil) supaya malam nggak kebangun heheee…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *