7 Negara Dengan Wisata Tur Sepeda Terbaik Yang Membuat Liburanmu Menjadi Lebih Berkesan

indonesia-travel-blog-hdr-bicycle-tour

HeyDeeRahma.com – 7 Negara Dengan Wisata Tur Sepeda Terbaik Yang Membuat Liburanmu Menjadi Lebih Berkesan | Seminggu lalu saat merapihkan folder foto di harddisk eksternal, aku menemukan fotoku saat liburan di Pulau Pari. Di foto itu, aku bersama beberapa teman terlihat sedang berkendara sepeda dengan wajah sumringah. Beruntung, kami menginap di sebuah homestay yang menyediakan banyak sepeda untuk rombongan kami sehingga bisa menikmati sore santai dengan bersepeda keliling pulau.

Melihat foto itu aku jadi kepikiran, someday kalo ada kesempatan buat jalan-jalan lagi, seru juga nih wisata tur sepeda kemana gitu bareng teman-teman. Experience beda pasti bisa dapat cerita seru yang baru nih! Akhirnya, setelah riset, aku menemukan beberapa negara dengan wisata tur sepeda terbaik. Tulisan ini sebagai catatan pribadiku kalo someday ke negara-negara tersebut, aku pengen ah menyempatkan diri bersepeda lagi. Ini daftar negaranya:

1. Menikmati Eksotisme Maroko Sambil Bersepeda

indonesia-travel-blog-hdr-maroko-bike-tour

Source: morocco.ab.ma

Maroko sangatlah mudah diakses dari Asia dengan menjamurnya tiket penerbangan murah. Tak heran, Maroko mulai menjadi destinasi populer bagi turis. Buat yang suka liburan sambil adventure dengan bersepeda, bisa coba melewati rute pesisir Agadir dan Essaouira. Atau menikmati perjalanan dari Marrakesh yang melewati pegunungan, serta Lembah Draa hingga ke gurun Sahara dekat Zagora. Trek ini hanya untuk pesepeda yang sudah advance karena akan ada banyak menempuh jalan tidak beraspal dan banyak berkemah.

2. Jepang, Kota Bersih dan Rapi Dengan Budaya Bersepeda

indonesia-travel-blog-hdr-jepang-bike-tour

Source: cyclingtoursjapan.com

Januari lalu aku sempat bertualang ke Jepang selama kurang lebih 3 mingguan. Tujuannya pengen “nyamar” jadi warga lokal disana, merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat lokal. Ya, aku memang nggak buru-buru ketika travelling dan menargetkan harus ke tempat tertentu. Aku menyebutnya slow travel. Di Jepang aku melihat warga lokal bersepeda dari satu tempat ke tempat lain kalau tidak naik kereta. Karena naik taksi sangat mahal disana. Enaknya, dengan kondisi seperti itu, tur sepeda di Jepang menjadi sangat nyaman karena tidak perlu berebut jalanan dengan kendaraan bermotor lain. Selama tur sepeda di Jepang kamu juga bisa menikmati pemandangan kuil khas negeri sakura. Atau datanglah ke Kyoto untuk berkeliling naik kota ke tiap sudut kota!

3. Chile, Destinasi Wisata Tur Sepeda Populer di Amerika Selatan

indonesia-travel-blog-hdr-chile-bike-tour

Source: cyclingabout.com

Banyak global traveller yang merekomendasikan Chile sebagai tempat terbaik untuk melakukan tur sepeda! Terkenal sebagai negara penghasil anggur, bersepeda di Chile akan membawamu menikmati suasana bersepeda melewati kebun anggur di Central Valley sebelum berbelok ke arah Pantai Pasifik yang indah. Atau gunakan trek dari kota kolonial bersejarah di Santa Cruz dan lanjutkan perjalanan dengan sepeda untuk mengunjungi desa-desa kecil di Chile!

4. Bali, Nikmati Bersepeda di Surga Bumi Nan Eksotis

indonesia-travel-blog-hdr-bali-bike-tour

Source: balibiketrips.com

Terakhir ke Bali tahun lalu, aku menemukan Bali sebagai tempat yang nyaman untuk beristirahat sejenak dari kesibukan bekerja di kota besar. Disini, turis yang menikmati tur dengan sepeda akan menemukan keindahan alamiah yang dibalut dengan nuansa budaya lokal Bali yang kental. Sepanjang perjalanan bersepeda, kamu akan menemukan kuil-kuil, patung, dan pemandangan pantai yang indah. Jangan lupakan juga kuliner bali yang khas untuk memanjakan indra pengecapmu. Daerah Ubud di Bali terkenal sebagai destinasi wisata tur sepeda.

5. Telusuri Angkor Wat Kamboja dengan Bersepeda

indonesia-travel-blog-hdr-cambodia-bike-tour

Source: intrepidtravel.com

Siapa yang tak kenal Angkor Wat di Kamboja? Bagaimana kalau mencoba pengalaman baru mengeksplorasi Kamboja dengan bersepeda? Disini, banyak pilihan trek buat pecinta sepeda, kamu bisa memilih apakah ingin bersepeda sambil melewati jalur hutan, mendaki gunung, atau bersepeda di sekitar destinasi wisata populer seperti Angkor Wat. Kamu juga bisa mengkombinasikan tur sepeda Kamboja-mu dengan tur ke Thailand atau Vietnam. Tapi, untuk casual bike tour, aku rekomendasikan Kirirom National Park dengan track yang kece dengan dikelilingi hutan pinus yang cantik.

6. Bersepeda Sambil Menikmati Pemandangan Gunung Veronica di Peru

indonesia-travel-blog-hdr-peru-bike-tour

Source: adventurecycle-touringhandbook.com

Trek sepeda di Peru tak jauh dari jalur tanah yang melewati jalur llama dekat dataran tinggi Andes di sekitar Chincero. Sepanjang perjalanan alam akan menyajikan pemandangan air biru kristal dan lembah kaya pertanian hijau dari kejauhan. Tak hanya itu saja, trek bersepeda di Peru akan memberikan kesempatan bagi travellers untuk melewati (bahkan mampir) ke komunitas tradisional Andes yang belu terjamah. Oh ya, jangan lupakan Gletser Chicon dan pemandangan puncak gunung yang tertutup salju di Gunung Veronica..

7. Menikmati Sejuknya Udara Segar di Canada

indonesia-travel-blog-hdr-canada-bike-tour

Source: theloop.ca

Prince Edward Island adalah salah satu provinsi kecil di Kanada yang cocok untuk pesepeda pemula karena treknya tidak terlalu berbukit. Selama perjalanan menyusuri pulau ini, pemandangan yang disajikan adalah perbukitan, hutan, dan garis pantai yang indah. Sementara itu, untuk perjalanan yang lebih santai, trek yang dapat dipilih adalah sepanjang Waterfront Trail di Ontario. Jalur tersebut akan melewati Niagara Lake, Ontario, hingga ke Quebec. Perjalanan panjang maupun pendek dapat dilakukan di sepanjang pesisir Danau Ontario. Mulailah dari sarapan pagi di Kingston yang bersejarah, kemudian lanjutkan perjalanan sampai ke timur menuju Thousand Island.

Terlihat menyenangkan dan seru ya liburan sambil bersepeda? Adventure-nya terasa, experience-nya juga beda, dan pastinya nggak bakal terlupakan. Pastiin aja pas sebelum ikutan tur sepeda, ikuti semua briefing keselamatan wajib yang biasanya dikasih dari pemandu lokal sebelum mulai nge-trip. Keamanan sepeda, penggunaan helm sepeda dan sarung tangan biasanya menjadi hal penting yang nggak boleh terlupakan ketika ikutan tur sepeda.

Kalo kamu belum punya helm sepeda dan aksesoris sepeda yang kece, coba deh cek dan beli aja di MatahariMall.com buat nemenin trip bersepedamu agar lebih aman. Yaaa, minimal wajib beli buat nemenin kamu sepedaan di dalam kota dulu deh atau pas cfd-an. Hehehehe. Oya, pas kemarin buka situsnya, aku lihat harganya macem-macem mulai dari yang 300 ribuan sampai 1 jutaan ada. Menurutku, baik murah ataupun mahal, yang pasti harus cari yang berkualitas ya biar aman selama biking karena helm sepeda diciptakan untuk melindungi kepala dan demi keamanan diri sendiri dalam perjalanan. Setuju dong, gaes?

Semoga next time temen-temen bisa cicipin liburan ala biking tours ya!

PS: If you feel this information are helpful, inspirational, or giving you enlightenment, please do not forget to share, subscribe, like social media @heydeerahma or just click the share button on the right side of my blog!

See you on the next blogpost.

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

Share this to your friends:

heydeerahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *