6 Pertimbangan Penting Sebelum Mengambil Pinjaman Online

HeyDeeRahma.com – 6 Pertimbangan Penting Sebelum Mengambil Pinjaman OnlinePengalaman hidup mengajarkan saya bahwa memiliki money management yang baik adalah salah satu skill hidup yang wajib dikuasai setiap individu. Kesalahan finansial yang fatal bisa berdampak ke orang di sekitar kita, termasuk keluarga. Namun, saya juga paham, bagi sebagian orang, ada kalanya kebutuhan hidup mendesak datang tanpa tedeng aling sehingga secara terpaksa harus mengambil pinjaman finansial dari pihak lain.

Hal ini tidaklah salah. Kenapa begitu? Selama dilakukan dengan sadar dan perhitungan yang matang, menurut saya mengambil bantuan finansial, seperti dari fintech pinjaman online terpercaya seperti Tunaiku untuk menyelesaikan masalah keuangan malah cukup membantu. Nah, kali ini saya akan berbagi tips kepada teman-teman pembaca, bagaimana cara memilih pinjaman online yang aman, dan berbagai pertimbangan penting yang wajib diperhatikan sebelum benar-benar mengambil bantuan finansial dari pinjol.

1. Pastikan Aplikasi Pinjam Online Tersebut Sudah Terdaftar OJK

Ini adalah syarat mutlak untuk memastikan pinjaman online tersebut aman dan dijalankan sesuai dengan ketentuan umum yang sudah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun aturan yang dibuat oleh OJK terhadap perusahaan fintech pinjaman online pelopor seperti Tunaiku diantaranya terkait dengan cara penagihan, besaran bunga, dan keamanan privasi data nasabah. FYI, Tunaiku merupakan sebuah produk finansial dari PT. Bank Amar Indonesia Tbk yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sejak tahun 2014. Jadi, apabila teman-teman menemukan fintech pinjaman online yang belum terdaftar di OJK, maka patut waspada ya!

2. Transparansi Bunga Pinjaman Dengan Nilai Wajar 

Bunga yang ditetapkan oleh pinjaman online perlu juga kamu riset dahulu sebelum memutuskan transaksi. Batas wajar nilai bunga yang ditetapkan OJK sendiri adalah tidak boleh dari 0.8% per hari. Jadi, kalau ada yang menawarkan pinjaman online dengan bunga 1% per hari atau 30% per bulan, sebaiknya nggak usah diambil ya, teman-teman!

3. Informasi Kontak Jelas & Tersedianya Layanan Konsumen 

Sebagai konsumen, teman-teman punya hak untuk dapat berkomunikasi dengan layanan konsumen pinjaman online yang dipilih. Sehingga bila terjadi suatu kendala bisa dengan mudah dihubungi dan mendapatkan solusi. Silahkan cek website Tunaiku untuk mendapatkan kontak layanan konsumen dan alamat kantor yang jelas.

4. Memiliki Pilihan Tenor Panjang

Ketika melakukan riset beberapa pinjaman online, perika kembali benefit yang diberikan, misalnya seperti bunga ringan. Atau seperti Tunaiku yang memiliki tenor panjang hingga 20 bulan dengan limit peminjaman sampai 20 juta rupiah. Hal ini menjadi benefit menarik yang perlu dipertimbangkan ketika fintech lain hanya menyediakan tenor kecil dengan limit pinjaman yang lebih kecil.

5. Memahami Informasi Kebijakan Privasi & Denda Pinjaman

Untuk menghindari resiko penyalahgunaan data, cek bagian FAQ perusahaan pinjaman online dan pastikan fintech tersebut tidak menjual data pribadi ke pihak lain demi alasan keamanan. Perhatikan juga perhitungan jumlah denda keterlambatan pengambalian pinjaman apabila pembayaran cicilan terpaksa tidak dapat ditunaikan untuk memahami resiko pinjaman online dengan lebih baik.

6. Disiplin Bayar Sebelum Tanggal Jatuh Tempo

Ini adalah hal yang sederhana, namun bila terlupakan bisa sangat fatal akibatnya. Setelah pinjaman online cair, ingatlah kapan jatuh tempo dan batas akhir pembayaran hutang. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari denda bila pinjaman online yang dipilih menerapkan kebijakan tersebut. Ingat ya, selalu ada resiko ketika menunggak pinjaman online, be wise.

Itulah 6 pertimbangan penting sebelum mengambil pinjaman online terpercaya dan aman yang perlu kamu perhatikan dengan bijak sebelum benar-benar memutuskan bertransaksi. Semoga bermanfaat!

Punya pengalaman seputar transaksi pinjam online? Share di kolom komentar ya! Atau bisa mention @heydeerahma di instagram.

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

signforblog

FOLLOW MY SOCIAL MEDIA

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan foto dan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin menggunakan foto atau mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

Others articles related to personal finance and lifestyle:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *