3 Alasan Kenapa Harus Menjelajahi Jawa Timur dengan Kereta Api

HeyDeeRahma.com – 3 Alasan Kenapa Harus Menjelajahi Jawa Timur dengan Kereta Api | Kereta api adalah angkutan primadona orang Indonesia meski faktanya moda transportasi ini cuma bisa dinikmati secara terbatas di beberapa provinsi saja. Andaikan seluruh Indonesia tersambung rel kereta, pesawat udara akan menemukan lawan yang sepadan sebagai angkutan massal kecintaan masyarakat.

Buat aku pribadi, naik kereta adalah perjalanan yang menyenangkan. Perjalanan naik kereta membuatku melihat perspektif dan pemandangan baru dari setiap stasiun pemberhentian dan titik-titik perjalanan yang dilewati. Kesibukan orang lalu lalang di stasiun, tak pernah bosan membuatku terkesima. Apalagi, aku juga bisa menikmati pemandangan alam pegunungan, sawah, dan sungai yang indah sepanjang jalan menuju tujuan dari atas kereta yang aku tumpangi.

Tercatat, perjalanan solo-ku saat naik kereta sudah mencapai kota Solo, Semarang, Jogja, hingga Surabaya. Jujur saja, memang kereta api sangat lekat sekali kenangannya membersamai perjalananku saat travelling. Sehingga aku tak sabar membagikan postingan ini untuk kamu yang punya rencana liburan di Jawa Timur dalam waktu dekat. Aku juga sangat menyarankan teman-teman traveller untuk sering melirik jadwal kereta Indonesia agar bisa menyesuaikan dengan jadwal kosongmu.

Berikut adalah tiga keindahan yang bisa kamu dapatkan saat menjelajahi jalur rel kereta di Jawa Timur.

‘Napak Tilas’ Film 5cm

  

sumber:re-digest.web.id

Did you know, guys. Sebenarnya, sebelum ada film 5cm, kereta Matarmaja jurusan Jakarta Pasar Senen – Kota Malang memang sudah populer. Salah satu alasannya adalah karena harga tiket kereta Matarmaja yang super murah untuk standar angkutan yang menghubungkan kedua kota tersebut.

Berkat adanya film 5cm, popularitas kereta api Matarmaja pun jadi semakin menanjak. Makin banyak anak muda ibukota yang memanfaatkan fasilitas tiket murah yang dimiliki oleh rute ini. Cuma dengan sekitar seratus ribuan Rupiah, kamu bisa menjangkau kota yang penuh keindahan, Malang dengan jarak tempuh sekitar 16 jam.

Perjalanan dengan kereta Matarmaja memang khas. Sebagai kereta api kelas ekonomi, bukan perkara susah untuk menemukan teman seperjalanan. Perjalanan yang jauh bakal ‘memaksamu’ untuk berkomunikasi dengan oranglain ketika rasa bosan menghampiri. Ditambah lagi, pemandangan indah sepanjang perjalanan, terutama bangun tidur di pagi hari dengan pemandangan alam Jawa Timur, akan membuatmu semakin jatuh cinta dengan kereta Matarmaja.

Jalur Porong, Saksi bahwa Manusia Nggak Bakal Berdaya Melawan Alam

sumber:kabsidoarjo.com

Bila sudah puas dengan petualangan di Kota Malang, kamu bisa lanjutkan perjalananmu menuju Surabaya dengan KA Penataran, jurusan Surabaya – Malang – Blitar. Salah satu pemandangan unik yang bakal kamu temui di rute ini adalah puing-puing rumah ketika memasuki Porong. Kota ini sempat fenomenal berkat semburan lumpur Lapindo yang dimulai sejak tahun 2006 silam.

Dari satu sumur bor, tiba-tiba muncul semburan lumpur panas dan menjadi genangan raksasa yang menenggelamkan empat desa. Pemandangan ini bakal kamu temukan saat naik kereta dari Malang ke Surabaya, termasuk tanggul raksasa yang kini menjulang dan menjadi daya tarik wisata baru bagi masyarakat yang ingin tahu keajaiban munculnya lumpur Lapindo. Ini bisa menjadi tempat yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan wisata edukasi tentang peristiwa lumpur Lapindo.

Ditemani Pemandangan Indah Menuju Ujung Timur Jawa

sumber:indonesiaferry.co.id

Dari Surabaya, bila waktu liburanmu masih panjang, kamu bisa menempuh perjalanan jalur darat menuju Pulau Dewata, Bali. Nggak perlu khawatir, karena dari Kota Pahlawan, kamu bisa naik kereta langsung menuju ujung timur Pulau Jawa, yaitu Banyuwangi. Sepanjang perjalanan, dirimu akan ditemani dengan alam yang hijau. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan pegunungan dan sawah ladang hingga sampai ke Banyuwangi. Sampai tujuan akhir Stasiun Banyuwangi Baru, kamu tinggal langkahkan kaki sekitar beberapa menit menuju Pelabuhan Ketapang untuk menyeberang menuju Bali dengan kapal feri.

Sounds amazing ya trip dengan kereta api untuk mengeksplorasi area jawa timur hingga perbatasan penyebrangan jawa-bali! Travelling solo ataupun bawa teman, aku sangat merekomendasikan kamu untuk mencoba rute kereta api di Jawa Timur ini. Karena sekarang kereta api layanannya sudah sangat aman, nyaman, praktis, dan menjadi mode transportasi favorit masyarakat Indonesia yang akan menambah pengalaman travellingmu lebih berwarna.

Another tips, pastiin kamu sudah cek jadwal kereta indonesia mulai dari sekarang dan pesen tiket kereta 3 bulan sebelum jadwal keberangkatan ya supaya nggak kehabisan tiket! Semoga bermanfaat! ;)

===

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

LIKE MY BLOGPOST? FOLLOW MY SOCIAL MEDIA:

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

Others articles related to travel and fashion lifestyle:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *