26 Cara Cerdas Menghemat Bujet Liburan Akhir Tahun Ala @HEYDEERAHMA

Siapa sih yang nggak mau diajak liburan, apalagi di akhir tahun gini banyak banget promo tiket pesawat murah yang bertebaran di internet. Jelas, promo-promo ini bikin mupeng. Tapi, sebagian orang mungkin masih merasa khawatir soal bujet liburan akhir tahun. Padahal, kalau lebih cermat merencanakannya, kamu malah bisa lebih hemat lho dengan memanfaatkan promo yang ada.

Saya punya beberapa tips yang akan saya bagikan ke kamu untuk membantu kamu menyiapkan bujet liburan hemat saat akhir tahun. Yuk marilah stay tune baca blog saya.

* Tiket Pesawat *

tiket-pesawat

1. Rencanakan pembelian tiket pesawat sejak jauh-jauh hari, dan kalau bisa, daftarkan e-mail kamu ke semua maskapai penerbangan yang ada, jadi ketika ada promo, kamu bisa langsung tahu informasinya.

2. Manfaatkan beragam situs pembanding harga tiket pesawat: Tiket2.com, Traveloka, atau Tiket.com untuk mendapatkan informasi harga tiket termurah dari berbagai maskapai.

3. Tahukah kamu penerbangan transit lebih murah dibandingkan penerbangan langsung? Kamu bisa lho memanfaatkannya untuk menghemat bujet kamu.

4. Hematlah ruang dalam bagasimu, karena semakin banyak barang yang kamu bawa, semakin tinggi biaya bagasi yang dibebankan kepada kamu. Gunakan koper dan travel bag yang ringkas.

5. Berencana belanja baju baru di destinasi wisata yang akan kamu kunjungi? Pertimbangkan untuk membawa baju-baju lama kamu agar kamu meninggalkannya supaya tidak menambah beban bagasimu.

6. Membeli tiket pulang-pergi sekaligus akan lebih murah dibandingkan dengan membeli salah satunya saja.

* Makanan *

makanan

7. Pengeluaran ketiga terbesar setelah tiket pesawat dan akomodasi adalah bujet untuk makanan selama travelling. Temukan tempat makan termurah yang ada di kota tujuan liburan kamu. Pastikan makanan yang kamu pilih cukup ramah untuk perut kamu, dan tentunya lezat.

8. Kalau kamu punya rencana menetap agak lama di suatu kota atau negara saat travelling, sesekali cobalah untuk membuat masakan sendiri. Selain lebih hemat, kamu akan merasakan pengalaman yang berbeda dari biasanya.

9. Setiap hotel memberikan pilihan sarapan dan makan malam setiap tamu melakukan booking hotel. Namun, untuk menambah pengalaman sekaligus menghemat bujet liburan kamu, bisa juga kok mencoba makanan lokal dengan harga yang jauh lebih terjangkau dari makanan hotel.

* Sewa Mobil *

sewa-mobil

10. Ketahuilah bahwa penyewaan mobil akan mengenakanmu biaya yang lebih tinggi ketika harus mengantar kamu di luar dari area operasionalnya. Jadi, pastikan kamu sudah menyiapkan kontak sewa mobil lainnya ketika punya rencana pindah ke daerah yang berada di luar area operasional persewaan mobil tersebut.

11. Pelajari paket yang disediakan oleh persewaan mobil yang ingin kamu gunakan. Beberapa usaha sewa mobil memberikan layanan asuransi, dan beberapa lainnya tidak.

12. Biasanya secara umum, paket persewaan mobil belum termasuk bensin, uang parkir, dan tol. Kamu juga bisa memilih menggunakan driver atau lepas kunci.

13. Ukuran mobil yang digunakan akan berbeda saat travelling berdua teman kamu dan saat bersama keluarga. Gunakan mobil dengan ukuran yang sesuai yaaa dengan jumlah rombongan yang ikut serta dalam perjalanan kamu.

* Transportasi *

transportation

14. Lakukan perjalanan di malam hari untuk naik bus, kereta, atau pesawat karena hal ini akan bisa membantu kamu menghemat bujet akomodasi. Kamu bisa beristirahat di ketiga pilihan moda transportasi ini saat perjalanan malam hari.

15. Ingin menghemat biaya akomodasi lebih banyak? Pilih transportasi yang memerlukan waktu sedikit lebih banyak untuk mencapai destinasi wisata selanjutnya, seperti bus menuju Tana Toraja yang memerlukan waktu beberapa jam untuk mencapainya. Di sepanjang perjalanan kamu bisa beristirahat sejenak.

16. Gunakan transportasi umum sesering mungkin. Ingat, kamu ingin berhemat dalam liburan kali ini, dan hindari menggunakan taksi.

* Mata Uang *

money-currency-exchange

17. Pertimbangkan nilai tukar mata uang negara yang akan kunjungi untuk liburan. Tentu kamu harus bekerja keras lebih ekstra untuk bisa liburan ke Eropa dengan mata uang Euro-nya, dibandingkan dengan liburan ke negara Asia yang biaya hidupnya relatif lebih murah.

18. Temukan bank dan ATM yang bisa memberikan nilai tukar uang yang terbaik bagi perjalanan kamu.

* Akomodasi *

akomodasi-perjalanan

19. Kamu bisa saja merencanakan liburan di kota kecil yang masih berdekatan dengan ibukota. Selain lebih murah, kamu pun punya pengalaman liburan dengan suasana di pinggir kota yang lebih tenang.

20. Coba gunakan AirBnB untuk menemukan pengalaman yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan akomodasimu. Pilih ukuran kamar yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan gunakan penawaran potongan harga promo AirBnB.

21. Manfaatkan kamar dengan jenis ranjang twin agar kamu bisa share cost dengan teman seperjalananmu.

* Shopping Time *

belanja-selama-liburan

22. Beberapa bandara memiliki duty free shop yang bisa memberikan harga lebih murah dari tempat belanja lainnya karena tidak dikenakan pajak. Hemat bujet liburan kamu dengan belanja disini.

23. Kebanyakan orang Indonesia senang belanja ke Singapura, dan temukan beberapa toko yang bisa memberikan refund pajak belanja terhadap pembeli agar kamu bisa belanja lebih hemat.

* Beberapa Tips Umum Agenda Perjalanan *

tips-perjalanan

24. Bila ada kesempatan berjalan kaki ke destinasi wisata selanjutnya, pertimbangkan untuk memilih jalan kaki untuk menikmati momen liburan dan mengambil beberapa foto di spot yang menarik.

25. Pergi di saat off-season. Selain lebih murah, destinasi wisata yang akan kamu kunjungi akan lebih sepi dan murah daripada liburan saat peak season.

26. Travelling nggak hanya melulu untuk destinasi wisata yang sangat jauh. Lihat lingkungan di sekitar tempat tinggal kamu yang belum pernah kamu eksplor, dan temukan pengalaman baru dari sana.

Gimana, sudah siap untuk liburan akhir tahun dengan lebih hemat, guys?

Love,

signforblog

Facebook | Twitter | Instagram | Migme

Share this to your friends:

heydeerahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

14 Comments

    • Makasih kak cumi udah mampir ke blog aku :)
      Mungkin abis ini perlu dibikin artikel ya, cara cerdas menghemat bujet liburan akhir tahun ala travel blogger indonesia? hihihihi

  1. setuju banget,
    traveling bukan melulu soal jalan-jalan ke destinasi wisata yg jauh-jauh/luar daerah. Tak jauh dari tempat tinggal kita juga mmeiliki peluang yg sama utk di eksplore sebagai tujuan wisata. Dan saya sejak lama pengen keliling desa saya

    • ayoo dong liburan… mumpung lagi banyak tiket murah…
      atau plesir aja ke tempat yang deket-deket dari rumah, bogor dan puncak bisa jadi alternatif :)

  2. Tips oke nih Mak.
    Jadi, memang harus punya daftar e-mail penerbangan2 yang ada di Indonesia ya, biar bisa dapat info …. okeh :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *