21 Cara Mudah Hemat Uang Tanpa Bikin Ribet

HeyDeeRahma.com – 21 Cara Mudah Hemat Uang Tanpa Bikin Ribet | Mudah diucapkan tapi masih sulit diterapkan bagi sebagian orang. Setuju tidak? Memang, banyak yang ingin hidup lebih hemat, tapi nyatanya masih sulit mengontrol pengeluaran bulanan sendiri.

Apalagi kini makin banyak godaan iklan, diskon, promo yang mudah menghampiri di social media, serta yang datang dari berbagai penjuru lain. Di luar itu, sebagai individu bertanggungjawab, tentu menyisihkan penghasilan menjadi dana darurat juga perlu dipikirkan dan dilakukan secara rutin.

21 Cara Mudah Hemat Uang Tanpa Bikin Ribet

Tidak mudah memang berusaha keras menekan biaya hidup agar tidak termakan gengsi semata dengan tekanan sosial yang begitu mendalam. Menabung dan menyisihkan sebagian penghasilan untuk diinvestasikan menjadi suatu perjuangan yang cukup berat bagi sebagian kalangan.

Namun, sebenarnya bila dilihat secara cermat, cara hidup hemat mudah dilakukan bila mengikuti 20 tips berikut kok. Yuk simak ulasan lengkapnya!

1. Mulai Belajar Disiplin Mengelola Uang

Pada dasarnya, mengatur keuangan tidak sulit asal dilakukan dengan konsisten, dan sudah memahami berbagai istilah finansial dasar. Pahami apa itu cashflow, utang, piutang, dividen, bunga, cashback, diskon untuk menimbulkan kesadaran hidup hemat.

2. Memisahkan Tabungan Di Rekening Alternatif

Ini merupakan cara mudah hidup hemat yang mudah dijalankan. Tinggal ke bank untuk membuka rekening baru, maka sudah bisa menyisihkan sebagai uang pendapatan ke rekening tersebut. Tidak usah membuka rekening tabungan dengan akses ATM, karena rekening ini akan dijadikan sebuah wadah untuk menyimpan tabungan yang sudah disisihkan dari gaji.

Gaji bulanan yang diterima, langsung ditransfer ke tabungan alternatif ini. Tips lain, supaya uang di rekening alternatif ini tidak terpakai, lakukan cetak buku tabungan setiap 4-5 bulan sekali. Lalu, setiap menerima bonus, segera setor langsung juga ke rekening alternatif. Prinsip dasarnya, bila pendapatan bulanan naik, maka jumlah nominal yang disetor juga disesuaikan.

3. Membuat Catatan Rutin Pengeluaran, Serta Lakukan Evaluasi

Salah satu cara hemat uang gaji yang efektif adalah dengan mencatat setiap pengeluaran rutin per bulan. Di artikel sebelumnya yang ada di tautan ini, sudah dijelaskan bagaimana membuat catatan rutin pengeluaran, beserta rekomendasi aplikasi digital yang memudahkan pencatatan. Setiap akhir atau awal bulan, lakukanlah analisa budgeting, apakah ada items pengeluaran yang bisa ditekan sehingga bisa lebih menghemat di bulan selanjutnya.

4. Cari Partner Yang Satu Visi Dalam Penghematan Pengeluaran

Ada beberapa orang yang membutuhkan dukungan dari sekitarnya untuk merealisasikan suatu hal, termasuk cara hemat uang gaji. Maka, agar lebih bersemangat dan mengontrol pengeluaran yang ada, jangan sungkan meminta dukungan partner dalam mengelola finansial, misalnya sahabat, atau ibu rumah tangga bisa mengajak semua anggota keluarga berhemat.

5. Hindari Belanja Impulsif

Salah satu pengeluaran terbesar yang bisa mengganggu cashflow tabungan atau investasi seseorang adalah berbelanja dengan impulsif. Jadi, hindarilah membeli sesuatu secara mendadak, atau membeli suatu barang di luar pos pengeluaran bulanan yang telah ditetapkan. Apabila bukan bersifat wajib dan kebutuhan prioritas, sebaiknya tidak usah. Tahan diri dari godaan beragam promo diskon. Biasanya, dari belanja impulsif seringkali muncul penyesalan.

6. Usahakan Selalu Membayar Tunai, Hindari Hutang Yang Tidak Perlu

Cara hemat uang gajian setiap bulan yang juga mudah dilakukan adalah tidak menggunakan kartu kredit bila tidak untuk pengeluaran produktif, misalnya untuk menunjang pekerjaan. Memang, menggunakan kartu kredit membuat praktis, karena tidak perlu membawa uang tunai banyak di dalam dompet. Namun, perlu diperhatikan dan dihitung juga bunga yang wajib dibayar bila memutuskan bertransaksi menggunakan kartu kredit.

7. Tidak Harus Selalu Beli Barang Baru, Barang Bekas Pakai Juga Bagus!

Ini adalah cara hemat uang belanja yang juga mudah dijalankan. Bila sering tergoda membeli berbagai barang di luar pos pengeluaran, coba deh pertimbangkan untuk membeli barang tersebut dengan kondisi bekas pakai. Apalagi harga barang second juga bisa lebih murah, dimana kualitasnya juga bisa diteliti ketika saat akan melakukan pembelian.

8. Lawan Kebiasaan Buruk Pemborosan!

Kebiasaan buruk pemborosan yang tidak terkontrol tentu akan berpengaruh pada finansial seseorang. Coba gali kembali bagaimana kebiasaan dan gaya hidup yang dilakukan selama ini. Apakah cukup hedon banyak nongkrong di kafe atau jajan cemilan? Uang yang dikeluarkan untuk gaya hidup yang sebenarnya bisa ditekan ini bisa dialihkan untuk berinvestasi.

9. Efisiensi Biaya Transportasi Harian

Sebagai salah satu pos pengeluaran rutin, biaya transportasi harian ini porsinya cukup besar. Tapi, masih bisa ditekan kok sebagai cara mudah hemat uang. Misalnya, mengganti transportasi dari mobil ke motor sehingga menjadi lebih hemat ongkos. Atau malah mempertimbangkan naik transportasi umum saja bila dirasa lebih bisa membantu penghematan.

10. Jaga Stamina Karena Sehat Itu Mahal!

Memang, setiap bulan harus ada biaya kesehatan yang disisihkan supaya ketika dibutuhkan, sudah punya tabungan finansial khusus kesehatan. Namun, yang lebih penting lagi adalah menjaga kesehatan itu sendiri agar tidak mudah sakit. Apalagi, biaya kesehatan tidak murah, lho. Maka dari itu, jagalah kesehatan diri dengan rajin berolahraga, minum banyak air putih, serta istirahat yang cukup. Mencegah lebih baik daripada mengobati, kan?

11. Menambah Pundi Penghasilan Baru

Tujuan dari menambah pundi penghasilan baru adalah bisa menambah sumber pendapatan yang bisa memberikan lebih banyak pilihan gaya hidup. Misalnya, bisa menjalani hobi travelling keliling dunia. Hidup sederhana menjadi kunci, tingkatkan penghasilan menjadi caranya, sehingga pundi tabungan dan investasi pun terus meningkat.

12. Tidak Perlu Bersaing Gaya Hidup Dengan Tetangga/Teman Kerja

Cara mudah hemat lainnya selain mengontrol pengeluaran adalah menahan diri agar tidak mudah iri dengan kesuksesan tetangga yang gaya hidupnya mewah. Hal seperti ini pada dasarnya bersifat semu, dan tidak akan pernah habis, malah bisa membuat hidup lebih boros. Fokus pada kekuatan, juga situasi diri. Lakukan hal yang lebih baik dibanding tahun lalu.

 13. Jangan Memaksakan Membeli Sesuatu Di Luar Kemampuan

Bagi perempuan yang seringkali tidak tahan tergoda dengan promosi diskon, tentu saja patut diacungi jempol. Ketahui bahwa bila sebuah online shop menawarkan buy 1 get 1, maka bukan berarti harus melakukan pembelian saat itu juga. Ingat pada pos pengeluaran rutin, bila memang tidak masuk ke dalam daftar kebutuhan, maka jangan tergoda.

14. Pilih Teman Satu Visi, Pilihlah Pergaulan Yang Tepat

Pernah dengar pepatah, “Orang di sekitarmu akan mempengaruhi kamu menjadi apa”?. Artinya, bila pergaulan sekitar berisi kaum mapan finansial, maka jumlah kekayaan anda hampir menyerupai rata-rata 5 orang di sekitar.” Artinya, penting sekali untuk memilih pergaulan. Bila dekat dengan yang sukses mengelola finansial, maka gaya hidup anda akan menyerupainya.

15. Selalu Cek & Bandingkan Harga Sebelum Membeli

Bila masih boros dalam berbelanja, terutama saat banyak promo online shop, maka mulailah untuk melihat dan bandingkan harga, serta kualitas produk/jasa sebelum membelinya. Dengan membangun kebiasaan cerdas berbelanja, maka cara hemat uang belanja bisa tercapai.

16. Maksimalkan Promo Cashback Untuk Menghemat Belanja

Selain membandingkan harga, cara mudah hidup hemat adalah dengan memaksimalkan promo cashback dari Shopback saat berbelanja di e-commerce online, seperti Tokopedia, Lazada, Zalora, Bukalapak, Blibli, dan lainnya. Di sini juga bisa lihat berbagai potongan diskon juga lho!

Bila nanti cashback yang terkumpul sudah banyak, maka bisa digunakan kembali untuk berbelanja lho! Proses pendaftarannya juga sangat mudah, langsung saja daftar Shopback sekarang juga.

17. Ajak Semua Anggota Keluarga Berhemat

Diskusikan tujuan keuangan keluarga dengan pasangan dan anak sangat membantu lho untuk mencapai tujuan finansial yang ingin diraih! Jadi, buka komunikasi terbuka dengan mereka.

18. Berikan Hadiah Pada Diri Sendiri Ketika Sukses Meraih Sesuatu

Setelah bekerja keras di kantor, pekerjaan, atau bisnis, maka memberikan reward kepada diri sendiri termasuk menjadi salah satu cara untuk mencintai dan menghargai diri sendiri. Taka da salahnya kok memberikan hadiah pada diri sendiri supaya terpacu meraih prestasi lebih banyak.

19. Menghargai Waktu Yang Ada

Cara hemat uang jajan secara tidak langsung bisa dilakukan dengan cara menghargai waktu. Benar perkataan dalam pepatah, “Waktu adalah uang”. Artinya, setiap waktu yang dilewati, sebisa mungkin harus dimanfaatkan maksimal sehingga mendapatkan hasil materi. Maka dari itu, untuk menambah pundi tabungan, waktu lowong bisa untuk lakukan pekerjaan sampingan.

20. Kenali Semua Kebutuhan Yang Harus Dipenuhi Setiap Bulan

Pengeluaran terbagi menjadi dua, yakni pengeluaran pokok rutin dan pengeluaran tidak mendesak. Dengan mengenali sebuah kebutuhan pokok rutin, maka akan lebih mudah membaginya di dalam catatan finansial saat penghasilan gaji diterima.

Uang akan langsung diprioritaskan pada kebutuhan pokok yang mendesak, sehingga terhindarkan dari biaya penalti yang tidak perlu, seperti membayar tagihan kartu kredit, listrik, atau cicilan.

21. Gunakan Sistem Amplop Dalam Mengatur Anggaran Finansial Bulanan

Ini menjadi cara hemat uang belanja bulanan yang sudah dilakukan turun temurun oleh orang zaman dulu. Namun, sekarang bisa dilakukan dengan cara membagikan uang penghasilan yang masuk ke rekening lain sebagai alternatifnya. Misalnya, untuk transportasi ada alokasi tersendiri, begitu juga untuk hiburan, pakaian, makanan, dan tagihan lain.

Yuk Mulai Komitmen Berhemat!

Memang, terkadang terasa berat ketika harus menabung padahal uang yang dimiliki sedikit. Walaupun begitu, agar cara mudah hemat tetap harus berjalan sesuai komitmen agar tujuan finansial menabung dan berinvestasi lebih banyak bisa tercapai. Jadi, sangat disarankan juga setiap penghasilan yang diperoleh, sebaiknya langsung ditransfer ke tabungan, sebelum dipakai untuk membayar tagihan pokok. Dengan demikian, komitmen berinvestasi berjalan baik.

Apakah kamu punya pengalaman seputar cara mudah hemat uang tanpa bikin ribet ? Yuk tanyakan di DM instagram @heydeerahma atau tinggalkan komentar di bawah ini! 

PS: Kalo informasi ini berguna buat kamu, bantu aku untuk terus semangat berkarya lewat tulisan dengan cara klik salah satu tombol social media yang ada di bagian paling bawah situs blog aku ini. Dan jangan lupa share, subscribe, like sosial media aku yaaa!

See you on the next blogpost.

Love,

signforblog

FOLLOW MY SOCIAL MEDIA

Facebook | Twitter | Instagram

===

Dilarang menggunakan foto dan tulisan dalam blog heydeerahma.com tanpa seizin pemilik blog. Silahkan kirim e-mail ke heydeerahma.com apabila ingin menggunakan foto atau mengutip sebagian informasi dari situs blog heydeerahma.com.

Others articles related to money talks and lifestyle:

Dee Rahma

Just call me DEE. I love to share all the things related to LIFESTYLE & TRAVEL. HEYDEERAHMA.com is created to capture my stories and hobbies on travel, fashion, beauty, and daily tips. Enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *